Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Apa Itu Gipsum Menurut Ilmu Kimia dan Fungsinya.

Sebelumnya sering kami bahas tentang gypsum mulai dari plafon gypsum, list gypsum, hingga ke bagaimana cara pasang dan perawatan sampai memperbaiki yang gipsum board rusak.

gipsum gips

Akan tetapi pengertian gipsum menurut ilmu kimia belum pernah di bahas, meski itu 1 kata atau 2 kalimat tentang apa itu gipsum belum pernah di temukan dalam isi halaman situs ini.

Maka dari itu, pada kesempatan pembuatan artikel kali ini akan kami lengkapi pembahasan gipsum gypsum tentang pengertiannya menurut ilmu kimia dan fungsinya untuk apa.

Sebagaimana diketahui, selama ini kami hanya mengulas seputar plafon gypsum melulu yang selalu di bahas. Sementara, pengertian gipsum itu sendiri belum pernah di ketahui asal mula keberadaannya.

Gipsum

Gipsum, ada juga yang menyebutnya gypsum dan istilah lainnya yang lebih pendek dan singkat ialah gips (gyps). Gips merupakan salah satu contoh mineral dengan kadar kalsium tinggi! Dengan kata lain, gipsum sangat di dominasi oleh kadar kalsium tersebut pada kandungan mineralnya.

Adapun jenis gipsum yang paling umum di temukan di belahan dunia dalam bahasa kimia nya, ialah hidrat kalsium sulfat dengan rumusnya CaSO₄.2H₂O. Jadi gipsum itu sendiri merupakan salah satu dari beberapa jenis mineral yang teruapkan.

Mengutip wikipedia gipsum memiliki beberapa karakter atau ciri khas, seperti berikut:

Warna Colorless to white, sebagai berikut:
  • reddish brown or gray brown,
  • pink,
  • blue,
  • tan,
  • with impurities may be yellow.
Berat Jenisnya, ialah:
  • 2.31 - 2.33
Alabaster (Pualam):
  • fine-grained,
  • slightly colored.
Belahan:
  • Perfect on,
  • distinct on
Bentuk Kembaran:
  • Very common on
Bias ganda:
  • δ = 0.010

Fungsi

Gipsum sudah telah dipergunakan sebagai bahan alternatif material bangunan, dimana ini sesungguhnya sudah di kenal secara luas sejak dari dulu.

Menurut situs rumah.com, gipsum seringkali dimanfaatkan dalam industri kontruksi sebagai material plafon, partisi, penyekat, hingga pembentuk dinding dan ini menurut pendapat kami sangat betul sekali.

Oleh karena, kami dilapangan seringkali memanfaatkan gypsum untuk bahan material dalam beberapa pekerjaan dalam dunia konstruksi bangunan tersebut.

Asal

Gypsum adalah salah satu dari banyaknya jenis mineral dimana proses terbentuknya mineral ini, oleh karena akibat dari proses penguapan!

Adapun, bagaimana proses terbentuknya mineral terjadi merupakan hasil dari pengendapan air danau maupun laut yang kaya akan kandungan garamnya.

Drywall

Apa itu Drywall? Drywall merupakan terjemahan dari bahasa inggris, artinya adalah panel yang terbuat dari kandungan kalsium sulfat dihididrat baik dengan adiktif ataupun tanpa adiktif.

Umumnya drywall diekstrusi di antara kertas pendukung dan lembaran kertas tebal sebagai pelapis, yang kemudian di pergunakan untuk material konstruksi langit-langit bangunan (plafon) dan dinding interior.

Jadi, drywall merupakan istilah kata dalam bahasa inggris dan juga merupakan istilah resmi yang di pilih oleh mensin pencari google sebagai kata ganti dari papan papan gipsum atau gypsum board.

Sedangkan orang indonesia menggambarkan drywall ini sebagai bagian dari skrup atau bahan pelengkap dalam proses pembuatan rangka atap baja ringan maupun plafo dan partisi gypsum.

Kesimpulan

Jadi kalo boleh menyimpulkan pengertian gypsum menurut ilmu kimia dalam pembahasan kali ini, ialah salah satu contoh mineral dengan kadar kalsium yang mendominasi pada mineralnya.

Gipsum yang paling umum ditemukan ialah jenis hidrat kalsium sulfat dengan rumus kimia CaSO₄.2H₂O. Gipsum ialah salah satu dari beberapa mineral yang teruapkan.

Itulah informasi yang dapat kita sampaikan, yaitu tentang pengertian gipsum menurut ilmu kimia disertai juga dengan fungsi dari gypsum itu sendiri dalam industri kontruksi bangunan.

Apakah ini bisa membantu? Sekian dan terimakasih sudah berkunjung dan menyimak. Semoga, ini bermanfaat.