3 Langkah Cara Membuat Sebatang Profil List Gypsum


Cara mencetak sebatang profil list gypsum | List gypsum, lis gypsum, atau les gypsum, atau bisa juga di bilang profil list gypsum adalah salah satu hiasan interior rumah untuk mempercantik dan memperindah sebuah penampilan ruangan pada bagian atas langit - langit rumah, dengan kata lain profil list gyspum ini adalah bingkainya plafon rumah. 

Ibarat sebuah foto yang di tempel di dinding, jika tidak ada bingkainya maka tentunya foto akan kurang sedap di pandang, bukan ????
profil list gyspum merupakan salah satu hiasan interior rumah yang biasa di aplikasikan di atas langit - langit rumah atau plafon gypsum.
Sumber Foto Via facebook / sukabumi pusaka gypsum
Begitu juga dengan sebuah plafon di ruangan rumah anda, jika tidak ada bingkainya maka plafon di rumah anda akan kelihatan jelek.

Untuk itu segeralah pasang aksesoris profil list gypsum ini untuk plafon ruangan rumah anda, mau itu ruang teras, ruang tamu, ruang tengah / ruang keluarga, ruang kamar tidur, dapur, dan lain - lain. 

Jika di tempat anda tidak ada seorangpun spesialis untuk pemasangan profil list gypsum ini, apa lagi seorang spesialis untuk cetaknya, anda bisa melakukan sendiri di rumah,

karena pada kesempatan kali www.larantukagypsum.com akan mencoba membahas bagaimana cara pembuatan list gypsum, bagaimana cara cetak profil lis gypsum, lalu  bahan - bahan apa saja yang di perlukan untuk pencetakan sebatang list profil gypsum ini :

Ok, berikut ini adalah rinciannya :

Bahan - Bahan yang di Perlukan :
  1. Tepung Gypsum
  2. Air
  3. Minyak Tanah
  4. Minyak Goreng
  5. Serat Fiber
  6. Tali Plastik (tali rapia)

Alat - Alat Yang di Butuhkan :
  1. Cetakan List Gypsum
  2. Meja 2 Meter Setinggi Pinggang
  3. Ember Kecil (Ember Cor).
  4. Kuas Tangan
  5. Pisau Plamir.

Cara Pembuatannya :

1. Persiapan Pertama Yang Harus Di Lakukan :

Pertama - tama yang di persiapkan adalah Cetakan Gypsum atau Mal gypsum. Tanpa cetakan gypsum ini maka jangan harap anda akan bisa membuat atau mencetak sebatang les gypsum. Dan cetakan List Gypsum ini juga biasanya sudah tersedia satu paket dengan alat tariknya, dimana fungsi alat tarik ini adalah untuk meratakan, menyesuaikan, atau merapihkan permukaan bagian belakang list gypsum dengan bentuk lest gypsum itu sendiri.

Jika sudah maka selanjutnya letakan Cetakan List Gypsum tersebut pada meja yang mempunyai ukuran panjang 2 meter yang sudah di siapkan, jika anda sudah menyiapkannya. Karena Cetakan atau Mal gypsum umumnya memiliki panjang di 2 meter lebih misalkan : 210 cm, 220 cm, 240 cm, dan lain - lain. 

Namun Jika anda belum memiliki meja, maka persiapkan dengan cara membuatnya terlebih dahulu mejanya sesuai dengan kebutuhan yang di perlukan. Maksudnya agar nanti pembuatan list gypsumnya berjalan aman, lancar, dan nyaman.

Setelah cetakan gypsum di letakan di atas meja maka selanjutnya adalah mengolesi cetakan tersebut dengan minyak tanah yang sudah di campur dengan minyak goreng. Cara mengolesinya yaitu dengan menggunakan kuas tangan yang sebelumnya sudah di persiapkan.

Oles seluruh permukaan cetakan gypsum dari ujung cetakan yang satu sampai ujung cetakan satunya lagi. Oles sampai merata ya, jangan sampai ada yang terlewat. 

Karena tujuan dari pengolesan ini adalah agar nantinya list gypsum yang di cetak dan ketika mau di angkat itu tidak melekat, atau menempel pada cetakan. Dengan kata lain pembuatan sebatang list gypsum, lis gypsum, les gypsum, profil gypsum, akan mulus dan lancar jaya...

Dan ketika pengolesan cetakan gypsum, mal gypsum gypsum, selesai di lakukan maka pembuatan list gypsum, lest gypsum gypsum, les gypsum, atau profil gypsum pun siap di mulai.

2.  Persiapan Kedua Yang Harus Di Kerjakan :

Persiapan ke dua yang harus di kerjakan adalah mencampur tepung gypsum dengan menggunakan air pada sebuah ember kecil atau ember cor yang sudah di persiapkan sebelumnya. 
Lalu kemudian tepung gypsum yang sudah bercampur dengan air itu di aduk dengan menggunakan jari jari tangan sampai tepung gypsum bercampur, sampai tepung gypsum halus, sampai tepung gypsum benar - benar aduk.

Perbandingan tepung gypsum dengan airnya adalah : 4 : 2 (Tepung gypsum 4 dan airnya 2). Jika di rasa pencampuran tepung gypsum kurang air atau terlalu kental maka bisa di tambah air. 

Begitupun sebaliknya jika pencampuran tepung gypsum terlalu banyak air maka bisa di tambahkan lagi tepung gypsumnya dengan air. 

Dan jika di rasa pencampurannya sudah pas dan sudah di aduk sampai halus, maka langkah selanjutnya adalah Penumpahan hasil adukan tepung gypsum ke dalam cetakan gypsum.

3. Penumpahan Adukan Tepung Gypsum Pada Cetakan Gypsum.

Komposisi pencampuran yang baik antara tepung gypsum dengan air hanya anda sendiri nanti yang bisa merasakannya nantinya.

Artinya terlalu banyak tepung atau terlalu banyak air itu anda yang mengatur, dan nanti bisa terlihat pada waktu pengangkatan list gypsum, apakah pada list gypsumnya ada banyak berlubang atau tidak mulus, atau malah sebaliknya ?? 

Itu semua di sebabkan pada waktu pencampuran tepung gypsum dengan air. tadi, dan berarti harus di cari lagi takaran yang pasnya.

Jadi untuk mendapatkan takaran yang pas untuk menghasilkan list gypsum yang baik anda harus mendesain ramuannya sendiri ya, rugi tepung sedikit nda apa - apalah. 

Karena setiap proses pasti ada lika - likunya, dan semua tidak ada yang instan melainkan butuh proses.key.

Selain itu, pembuatan list gypsum ini juga tergantung pada kondisi cuaca di wilayah anda, jika cuaca panas menyengat, maka takaran untuk pencampuran tepung gypsumnya juga akan sedikit berbeda dengan takaran yang biasa di pakai untuk di dataran dingin.

Jadi ketika anda sudah mendapatkan takaran yang pas, maka selanjutnya adalah menumpahkan adukan tepung gypsum tersebut ke atas cetakan list gypsum atau mal gypsum yang sudah di persiapkan pada poin pertama.

Adapun cara tumpah adukan tepung gypsumnya adalah sebagai berikut :

1. Tumpahkan adukan tepung gypsum pada cetakan gypsum secara merata, terarah, dan terisi, mulai dari ujung yang satu, lalu ketengah, sampai keujung satunya lagi. 

Penumpahan jangan terlalu menumpuk, dan juga jangan di habiskan adukan pada ember. Sisakan sedikit paling minimal seperempat dari adukan tepung gypsum tersebut untuk penumpahan berikutnya ketika peletakan fiber selesai di lakukan.

2. Jika di rasa cetakan sudah terisi merata dengan adukan tepung gypsum, maka selanjutnya adalah meletakan serat piber di atas adukan tepung gypsum yang sudah di tumpahkan ke cetakan gypsum.  Fungsinya adalah sebagai penguat agar ketika list gypsum diangkat tidak patah. 

3. Lakukan peletakan serat fiber ini secara merata dan Lakukan agak cepat. Karena jika lambat sisa dari adukan yang masih ada di ember kemungkinan akan cepat mengering.

4.  Letakan Tali plastik atau tali rapia pada ujung adukan tepung gypsum dan di buat melingkar atau talinya di buat berlapis. Fungsinya untuk nanti menggantung list gypsum pada paku ketika hendak di angkat.

5.  Setelah itu tumpahkan kembali sisa adukan tepung gypsum ke atas cetakan gypsum atau keatas serat - serat fiber yang tadi sudah di letakan. Tumpah sampai merata ke seluruh permukaan cetakan gypsum atau mal gypsum atau ke tumpahan - tumpahan adukan tepung gypsum atau ke serat - serat fiber.

6.  Jika sudah tertumpah semua adukan tepung gypsumnya, maka selanjutnya adalah penarikan atau perataan adukan tepung gypsum dengan menggunakan penarik yang sudah tersedia satu paket dengan cetakan gypsum. 

7.  Lakukan penarikan di permukaan cetakan gypsum dengan menggunakan alat tarik sampai merata dan sampai serat - serat fiber tidak nyangkut. Lakukan terus berulang - ulang minimal sampai 4 kali penarikan. 

Lakukan penarikan dari ujung satu sampai ujung satunya lagi, sehingga adukan tepung gypsum tidak ada yang terbawa. Jika ada adukan tepung gypsumyang terbawa maka itu adalah sisa - sisanya dan boleh di buang jika seluruh permukaan sudah tertutupi.

8. Namun jika belum tertutupi atau ada yang belum mulus atau ada yang masih kelihatan dasar cetakannya, maka tambal dengan menggunakan sisa - sisa adukan tepung yang terbuang dari hasil tarikan tersebut, 

kemudian tarik ulang kembali sampai betul - betul mulus dan tidak ada yang terlihat permukaan dasar dari cetakan tersebut.

9.  Setelah penarikan di rasa mulus dan selesai, maka tinggal menunggu adukan tepung gypsum agak semu mengering atau agak agak kering atau ketika sudah di sentuh sudah tidak lembek namun masih basah. 

Jadilah tunggu sejenak ya, maksudnya adalah untuk nanti pembersihan bagian - bagian pinggir cetakan gypsum, atau bagian - bagian sisi pada list gypsum.

10. Setelah adukan tepung gypsum agak - agak semu mengering, maka lakukan pembersihan pada bagian - bagian pinggir cetakan gypsum atau pada bagian - bagian sisi list gypsum atau pada jalur penarikan yang menggunakan alat tarik tadi. 

11. Pembersihan di lakukan dengan menggunakan pisau plamir dari ujung satu sampai ujung satunya lagi dan pada bagian sisi kiri dan kanan list gypsum. 

12. Pembersihan juga di lakukan pada ujung - ujung list gypsum dimana bilamana ada serat - serat fiber yang terurai, maka ratakan dengan menggunakan pisau plamir. dan ketika selesai maka tunggu lagi sejenak sampai adukan tepung gypsum benar - benar kering. 

Dalam hal ini adalah kering angkat artinya adalah kering yang sudah bisa diangkat namun belum bisa di pasang, melainkan harus di jemur dulu sampai  6 jam paling sebentar, atau 1 hari paling lama, tergantung dari cuaca di tempat anda.

13.  Ketika pembersihan pembersihan pinggiran list gypsum selesai, maka selanjutnya pembersihan semua sisa sisa tepung gypsum yang sudah mengering dengan menggunakan kuas. 

Buang semua satu arah keujung sampai list gypsum benar - benar bersih. Jika sudah bersih, mulus, maka list gypsum siap di angkat.

4. Pengangkatan List Gypsum Dan Langsung Gantung Di Paku.

Pelan - Pelan Sayang......!!!! Lakukan pengangkatan list gypsum dengan pelan dan pakai perasaan jangan pakai otot. Sebelumnya ketuk - ketuk dulu pada bidang cetakan gypsum bagian pinggir. 

Lakukan pengangkatan mulai dari ujung satu yang ada tali plastiknya. Ketika sudah ada yang terangkat sedikit pada bagian sisi list gypsum maka masukan jari tangan satu lalu mainkan jarinya agar bisa mengangkat list gypsum secara pelan. sementara tangan satu tetap memegang bagian list gypsum yang sudah terangkat. lalu lakukan pengangkatan satu arah sampai ujung satunya.

Apabila list sudah terlepas dari cetakan, selanjutnya simpan list gypsum tersebut dengan cara di gantung pada dinding tembok yang tingginya kira - kira sama atau lebih sedikit dengan ukuran panjang list gypsum tersebut. 

Gunakan list gypsum tersebut apabila sudah sampai benar - benar kering.

Untuk lebih jelasnya silahkan tonton video Cara Cetak Profil Gypsum berikut ini :


Jika anda membutuhkan lebih dari satu les gypsum, maka lakukan kembali tahapan pengerjaannya seperti yang sudah di jelaskan di atas.

Dan jika pada pembuatan list gypsum yang pertama gagal, seperti yang sudah di jelaskan pada poin 3 yaitu tidak mulusnya hasil list gypsum, maka permasalahannya ada pada campuran atau adukan tepung gypsum dengan air, maka pikirkanlah cara untuk membuat takaran yang pas.

Semoga bermanfaat dan jika ada yang tidak di mengerti, boleh kira berkomentar di bawah postingan ini...!!!!


0 Response to "3 Langkah Cara Membuat Sebatang Profil List Gypsum"

Posting Komentar