Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

23 Jenis Ikan Hias Yang Cantik Untuk Di Pelihara Dalam Aquarium.

Memiliki peliharaan ikan hias yang cantik dalam aquarium dirumah memang dapat membuat sang pemiliknya bisa menjadi lebih rileks dan santai, terutama sehabis bekerja menjalani rutinitas kerja seharian yang seringkali memunculkan stress.

jenis ikan hias cantik

Maka dari itu dengan adanya hewan peliharaan dalam rumah salah satunya, yakni jenis ikan hias cantik di kolam aquarium seringkali dapat membuat spirit atau semangat meningkat kembali.

Sebagian besar orang umumnya lebih memilah ikan hias guna di jadikan hewan peliharaan dimana ini dapat juga memperindah tampilan suasana dalam rumah yang bisa pula membuat nyaman penghuninya.

Selain itu, dengan memelihara ikan hias dalam rumah sangat berguna sekali guna kesehatan tubuh, seperti dapat menurunkan detak jantung dan tekanan darah serta bisa membantu pemiliknya dalam mengatasi stress.

Kebanyakan orang memelihara ikan hias di kolam dalam tanah. Akan tetapi bila sobat tidak mempunyai lahan tanah yang terbatas, maka dapat memeliharanya di aquarium dalam rumah.

Dalam penataan aquariumnya dapat menaruh atau mempergunakan batu karang, batu kerikil, tumbuh - tumbuhan, dan lain sebagainya didalamnya agar ikan hias bisa berasa hidup seperti hidup dihabitas aslinya.

Memelihara ikan hias disaat sekarang, telah dijadikan sebagai salah satu hoby umum yang sudah banyak dilakukan oleh sejumlah orang - orang di Indonesia.

Tetapi, orang - orang yang suka memelihara ikan hias pada dasarnya tidak hanya 1 jenis saja terutama buat seorang kolektor ikan hias, biasanya mempunyai beragam jenis ikan hias dengan berbagai ukuran dan harga.

20 Jenis Ikan Hias Cantik Dalam Aquarium

Ternyata, terdapat berbagai macam jenis ikan hias yang cantik dari mulai ikan hias air tawar hingga air laut. Meski begitu, jika berbicara tentang kemudahan dalam hal perawatannya, jenis ikan hias air tawarlah yang paling mudah merawatnya.

Pasalnya, ikan hias air tawar tidaklah repot dari segi mengisi atau mengganti airnya baik dalam aquarium maupun kolam.

Berikut ini, sejumlah ikan hias cantik yang biasa dipelihara oleh kebanyakan para pecinta ikan khususnya di Negara Indonesia dimana jenis ikan hias yang akan kami ulas ini mempunyai proses perawatan yang mudah dan gampang! Yuk, simak hingga selesai.

1. Ikan Hias Guppy Lokal.

Ikan Hias Guppy Lokal
Mungkinkah sobat gypsum sudah pernah melihat jenis ikan hias semacam ini? Walau termasuk kedalam golongan ikan hias yang agak sulit di pelihara, tetapi ikan ini mempunyai harga yang cukup ekonomis alias terjangkau dengan model warna yang bervariatif.

Ikan hias Guppy Lokal ini hadir oleh karena adanya proses perkawinan silang yang dilakukan antar para peternak ikan.

Saat memelihara ikan guppy lokal, sobat mesti memastikan pH air dalam aquariumnya harus dalam kondisi segar dan seimbang. Tidak hanya ini, sobat juga mesti memperhatikan gerak geriknya secara berkala.

Misalnya, bila ikan guppy lokal jarang bergerak? Maka, sobat perlu mengganti air dalam aquarium sesegera mungkin agar ikan guppynya bisa kembali aktif bergerak.

2. Ikan Hias Oranda.

Ikan Hias Oranda

Ikan hias cantik yang satu ini, sebetulnya masih termasuk kedalam kerabat ikan mas koki. Namun, pada ikan hias oranda terdapat bentuk topi pada bagian kepalanya yang terlihat unik dan menarik.

Selain itu bagian lekuk tubuh, bentuk dan gerakannya juga sungguh terlihat begitu cantik juga mempesona serta indah dilihatnya.

Jika sobat ingin memelihara jenis ikan hias oranda ini caranya seperti cara pelihara ikan hias pada umumunya. Sehingga, masih terbilang cukup mudah dalam memeliharanya.

Dengan perawatan yang mudah seperti halnya merawat ikan hias pada umumnya secara benar, maka ikan hias oranda juga bisa berkembang biak dengan baik dan akan tetap awet.

3. Ikan Hias Ranchu.

Ikan Hias Ranchu

Ikan ranchu merupakan jenis ikan hias cantik dimana ikan ini, ialah raja diraja ikan mas koki dengan berpenampilan indah dan sangat terlihat eksotis pada bagian bentuk tubuhnya yang agak sedikit membungkungkuk serta menggemaskan.

Tidak hanya itu, ikan hias ranchu ini juga memiliki ekor yang dapat tumbuh hingga memanjang yang membuat keanggunannya sungguh terpenuhi.

Jika, sobat berniat memelihara ikan hias ranchu juga tidak akan sulit. Karena sama halnya dengan memelihara jenis ikan hias koki pada umumnya, yakni cukup memperhatikan kualitas air, filter, dan pakannya saja.

4. Ikan Hias Lemon.

Ikan Hias Lemon

Lemon disini tentunya bukanlah sebuah nama buah-buahan ataupun nama seorang pemain bintang mobile legend, melainkan nama jenis ikan hias lemon yang bisa sobat pelihara dalam aquarium di rumah.

Ikan hias yang mempunyai nama gelar lemon ini, memang bentuknya hampir sama persis dengan buah lemon termasuk juga dengan warnanya sama - sama berwarna kuning.

Selain itu, ikan lemon tergolong jenis ikan hias yang mempunyai daya tahan tubuh yang terbilang kuat juga termasuk kedalam ikan yang cukup agresif! Sehingga, akan sangat sulit jika sobat ingin menggabungkannya dengan jenis ikan hias lainnya.

5. Ikan Hias Swordtail.

Ikan Hias Swordtail

Swordtail merupakan jenis ikan hias cantik yang mempunyai bentuk tubuh yang runcing layaknya pedang pada bagian ujung ekornya.

Oleh karena ciri khasnya itulah, ikan hias yang satu kerap diberi sebutan dengan ikan hias pedang.

Kendati begitu, bagian runcing pada ekor yang bagaikan pedang ini hanya terdapat pada ikan Swordtail jenis jantan saja.

6. Ikan Hias Manfish.

Ikan Hias Manfish

Manfish juga merupakan jenis ikan hias cantik yang dapat sobat pelihara di aquarium dalam rumah oleh karena sifatnya yang bisa berbaur dengan jenis ikan hias lainnya.

Sehingga, bagi sobat yang suka memelihara lebih dari 1 jenis ikan dalam satu aquarium. Maka, bisa memilih ikan hias manfish ini sebagai salah satu pilihannya.

Ikan hias manfish itu sendiri, mempunyai ciri khas sirip yang memanjang dengan bentuk badannya pipih. Selain ini, terdapat banyak beragam macam warna pada tubuh ikan ini yang membuatnya sangat cocok untuk sobat jadikan sebagai ikan yang cantik untuk menghiasi aquarium dalam rumah dimana harga nya pun tergolong ekonomis.

7. Ikan Hias Botia.

Ikan Hias Botia

Jenis ikan hias botia merupakan ikan noktural yang aktifnya suka dimalam hari dan cukup banyak digemari bahkan diincar oleh kebanyakan penyuka ikan hias di Negara Indonesia.

Model tampilannya yang sungguh unik membuat ikan hias yang satu ini akan sangat cocok dipelihara dalam aquarium di rumah.

Ikan hias botia terbagi kedalam beberapa macam jenis, diantaranya adalah sebagai berikut:
  • botia india,
  • botia morleti,
  • botia badut,
  • dan botia macan.
Kelima jenis ikan hias botia tersebut merupakan yang paling di gemari dan paling banyak di incar oleh para penyuka ikan hias untuk di koleksi dalam aquraium di rumah.

8. Ikan Hias Arwana.

Ikan Hias Arwana

Siapa yang tidak kenal dengan ikan hias yang satu ini, namanya ialah Arwana! Ya, ikan arwana merupakan salah jenis ikan cantik yang biasa dipelihara oleh kebanyakan penyuka ikan hias dalam aquairum.

Dibalik sebutan Arwana sebetulnya masih ada sebutan lainnya untuk jenis ikan hias yang satu ini, yaitu ikan kayangan, ikan payung, hingga ada sebagian orang yang menyebutnya dengan sebutan ikan naga.

IKan Arwana memiliki ciri khas pada bentuk tubuhnya yang dapat tumbuh hingga sangat besar dengan sisiknya mengkilat yang dapat membuat model tampilannya terlihat sangat mewah dan memukau.

Terdapat jenis ikan hias arwana yang terbilang popular di Negara Indonesia ini! Beberapa diantaranya, ialah:
  • ikan arwarna golden red,
  • ikan arwarna super red,
  • dan ikan arwarna silver.

9. Ikan Hias Clown Fish.

Ikan Hias Clown Fish

Apakah sobat gypsum sudah pernah mendengar tentang ikan hias yang satu ini? Tahukah sobat, bahwa jenis ikan ikan ini pernah terkenal dalam sebuah film layar lebar dengan judul filmnya, ialah "Finding Nemo".

Ya, ikan hias Clown Fish ini pernah berkiprah di film Finding Nemo. Namun, hidupnya harus berada di air laut. Sehingga, bagi sobat yang tinggal di area dekat pantai akan sangat mudah memelihara ikan laut jenis ini dalam aquarium.

Kendati begitu, buat sobat yang tinggalnya jauh dari lokasi pantai atau air laut juga tidak terlalui sulit jika ingin memeliharanya.

So, tinggalah sobat menempatkan terumbu karang saja dalam aquariumnya! Maka, ikan hias pastinya serasa hidup didalam habitat aslinya, betul?

10. Ikan Hias Louhan.

Ikan Hias Louhan

Sesudah ikan arwana yang terbilang popular, terdapat ikan hias louhan yang juga lumayan terbilang popular dikalangan pecintan ikan hias.

Ikan hias louhan mempunyai ciri khas berbentuk jenong pada bagian kepalanya dan jenongnya ini secara sepintas hampir sama mirip dengan ikan oranda, namun tak sama.

Oleh karena bentuk bagian kepalanya yang jenong tersebut, ikan louhan merupakan ikan hias yang tergolong mahal harganya.

Jika corak warna pada bagian seluruh tubuhnya terlihat lebih unik lain daripada yang lain! Maka, harga ikan louhan pun akan semakin melambung tinggi alias akan sangat mahal harganya.

Selain itu perlu juga sobat ketahui, bahwa bentuk jenong pada kepalanya juga mencirikan ikan hias louhan ini sangat agresif terhadap ikan hias lainnya.

Sehingga dengan kata lain, jika sobat ingin memelihara ikan hias louhan ini dalam aquarium? Maka, mesti memeliharanya tersendiri dan jangan campurkan dengan jenis ikan hias lainnya.

Apalagi ikan hias yang masih kecil atau lebih kecil ketimbang ikan louhannya, jika disatukan dalam satu aquairum! Maka, ikan louhan akan dengan mudah memangsa ikan - ikan hias kecil tersebut.

Jadi, oleh karena keunikan pada kepalanya yang jenong disertai pula warna unik ditubuhnya membuat ikan hias louhan ini di anggap sebagai simbol keberuntungan oleh semua para pecinta ikan hias khususnya di Negara Indonesia.

11. Ikan Hias Black Ghost.

Ikan Hias Black Ghost

Nama ikan hias cantik jenis yang kesebelas, ialah ikan hias black ghost. Sesuai dengan namanya black ghost yang berarti warna pada tubuh ikan berwarna hitam mistik.

Ikan black ghost oleh beberapa pecinta ikan hias, biasa disebut pula sebagai ikan penari balet oleh karena gerakan berenangnya bisa maju mundur dan jungkir balik layaknya tarian balet.

Ya, gerakan gemulai yang bisa jungkir balik dan maju mundur tersebut bisa dilakukan oleh ikan hias black ghost oleh karena bentuk tubuhnya yang menggelambir.

Sehingga, dengan bentuk tubuh yang menggelambir memungkinkan gerakan ikan hias black ghost dapat bermanuver majur mundur dan jungkir balik dengan spektakuler.

Ciri - ciri ikan hias black host beberapa diantaranya, ialah:
  • bentuknya pipih,
  • sirip yang panjang,
  • warna hitam pada seluruh tubuhnya.
Selain itu, ikan hias black ghost ternyata sangat menyukai serangga - serangga kecil dalam air dan jentik - jentik nyamuk untuk dimakan.

12. Ikan Hias Corydoras.

Ikan Hias Corydoras

Istilah lain corydoras, sebagian orang menyebutnya dengan sebutan kata tikus dan ini artinya ikan hias corydoras ini biasa disebut juga dengan ikan tikus.

Yup, ikan corydoras oleh sejumlah pecinta ikan hias biasa menyebutnya istilah lain, yakni ikan hias tikus oleh karena cara berenangnya sangat cepat layaknya semacam tikus yang berlari.

Bila sobat gypsum hendak memelihara ikan hias corydoras ini dalam aquarium di rumah, maka mesti membuat suasana dalam aquariumnya haruslah menyerupai dengan habitat aslinya seperti di sungai Amazon,

Kebiasaan berenang ikan hias corydoras, yakni didasar air dalam aquarium terutama aquarium yang dasar atau permukaannya berupa pasir.

Selain itu, dengan bentuk tubuhnya yang unik ikan corydoras ini akan sangat cocok dijadikan sebagai ikan hias cantik yang bisa sobat pelihara dalam aquarium di rumah dimana ikan ini memiliki kebiasaan memakan kotoran sisa makanan dari jenis ikan hias lainnya.

13. Ikan Hias Discus.

Ikan Hias Discus

Discus disini bukanlah sesuatu persoalan yang membutuhkan discus terlebih dahulu baru memutuskannya. Istilah discus yang kami maksud ini merupakan nama jenis ikan hias yang cantik untuk di pelihara dalam aquarium di rumah.

Habitat asli ikan hias discus, yakni diperairan sungai Amazon! Pola garis yang terdapat pada tubuhnya memiliki fungsi guna mempertahankan diri dari ikan predator yang datang menyerangnya.

Ikan hias discus tergolong kedalam ikan kelas tinggi (high class). Maka dari itu, model tampilan ikan discus bisa dikatakan sungguh begitu sempurna dan dapat di bandrol dengan harga yang tinggi untuk setiap ekornya.

So, buat sobat yang ingin memelihara ikan hias dalam aquarium dirumm sekaligus bisa menguntungkan. Maka, bisa memilih ikan hias discus sebagai salah satu pilihan peliharaan ikan hias yang tepat.

14. Ikan Hias Oscar.

Ikan Hias Oscar

Ikan bernama oscar ini merupakan salah satu jenis ikan hias cantik yang dapat sobat pelihara dengan mudah dalam di aquraium dalam rumah.

Akan tetapi, jenis ikan hias dengan nama oscar ini termasuk kedalam ikan yang kurang ramah terhadap ikan hias jenis lainnya.

Penyebabnya, ialah ikan oscar mempunyai sifat aktif dan sangat agresif. Sehingga, bagi sobat yang ingin memelihara ikan hias dalam aquarium lebih dari satu jenis, harap dipikirkan dan dipertimbangkan lagi.

Hal yang perlu dipikirkan lagi agar sobat dapat memeliharanya, yakni bentuk aquariumnya haruslah yang agak lebih besar oleh karena ukuran tubuh ikan hias oscar ini terbilang cukup lumayan besar saat ikannya beranjak dewasa.

Ikan hias oscar, mempunyai model tampilan menarik juga menawan yang tidak bisa dibantahkan! Dihabitat aslinya, ikan ini dapat hidup bertahan hidup hingga 10 sampai 20 tahun lamanya, tergantung dari kondisi dan daya tahan tubuhnya.

15. Ikan Hias Rainbowfish.

Ikan Hias Rainbowfish

Jenis ikan hias cantik yang satu ini asal mulanya dari negara Australia dan Asia Tenggara. Ikan rainbowfish termasuk kedalam jenis ikan hias cantik dalam aquarium yang jinak.

Selain sifatnya yang jinak, ikan hias rainbowfish juga bisa tumbuh hingga mencapai 6 inci. Akan tetapi, warna asli yang unik pada tubuh ikan ini baru terlihat setelah ikannya beranjak dewasa.

Kendati begitu, jika sobat menerapkan cara perawatan yang benar pada jenis ikan hias ini. Maka hanya dengan waktu beberapa tahun saja, sudah dapat mempunyai warna yang cerah juga cantik.

16. Ikan Hias Angelfish.

Ikan Hias Angelfish

Ikan hias angelfish ini adalah salah satu anggota keluarga ikan dari jenis ikan Cichlid yang tergolong juga kedalam ikan oscar, parrot, dan discus yang dapat tumbuh hingga 6 sampai 8 inchi dengan beragam macam warna dan pola pada tubuhnya.

Ikan angelfish saat beranjak dewasa akan terlihat lebih agresif. Terlebih lagi aquarium yang sobat buat terlalu penuh, maka bisa jadi akan ramai dan gaduh di dalamnya.

Kendati begitu secara umum ternyata ikan hias angelfish ini tergolong ikan komunitas yang sangat terbilang baik.

Cuma saja, jangan sobat satukan dengan ikan hias lainnya yang ukurannya lebih kecil juga dengan jenis ikan hias terdapat penggigit siripnya oleh karena akan merusak sirip ikan angelfish.

17. Ikan Hias Goldfish.

Ikan Hias Goldfish

Andaikata dilihat secara sepintas dari model bentuk pada jenis ikan hias yang satu ini, ialah ikan hias Goldfish. Maka, hampir mirip dengan ikan hias koi.

Namun ternyata, ada sedikit perbedaan antara goldfish dan koi dimana ikan hias goldfish memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil ketimbang ikan hias koi.

Bilamana sobat tertarik dengan ikan hias goldfish, sobat perlu menyiapkan filter air pada aquariumnya dan juga haruslah rutin dalam mengganti air dari yang tadinya kotor menjadi bersih, jernih, dan segar minimal dalam setiap satu minggu sekali.

18. Ikan Hias Koi.

Ikan Hias Koi

Jenis ikan dengan nama koi ini merupakan jenis ikan hias cantik dalam aquarium yang sangat popular di Negara Indonesia dimana pertama kali di populerkannya, yakni di Negara Jepang pada waktu itu tahun 1920an.

Ikan hias koi ini, merupakan hasil dari perkawinan silang antar sejumlah jenis ikan mas yang berwarna merah dan warna putih.

Ikan koi bisa hidup dalam aquarium, juga dapat tumbuh hingga mencapai ukuran cukup besar dengan warnanya yang tergolong cantik dan bervariatif.

Harga ikan koi juga bervariatif tergantung dari warna yang dimiliki pada bagain tubuhnya. Semakin unik warnanya, maka bisa semakin tinggi harganya.

Percaya tidak percaya, menurut sejumlah pecinta ikan, bahwa ikan koi memiliki mitos yang dapat mendatangkan keberuntungan apabila sobat memeliharanya dalam aquarium dirumah.

19. Ikan Hias Sapu - Sapu.

Ikan Hias Sapu - Sapu

Istilah kata sapu disini bukanlah sebuah pemandangan di depan teras rumah dimana banyak daun - daun berjatuhan lalu sobat melakukan sapu - sapu atau membersihkan daun yang berserakan tersebut.

Sapu - sapu disini tentunya mengarah ke nama jenis ikan hias yang kebetulan nama ikannya sapu - sapu. So, jangan salah tanggap ya. Hehehe...

Ikan jenis sapu - sapu ini mempunyai istilah nama latinnya, yaitu ikan plecostomus dimana karakternya terkesan unik oleh karena terdapat pelat lapis baja pada bagian tubuhnya.

Plat baja pada tubuh ikan hias sapu - sapu tersebut dirasa cukup berat dengan mulutnya agak sedikit terlihat cantik dengan perumpamaan semacam bentuk penghisap yang fungsinya untuk makan memakan alga yang tumbuh didalam aquarium.

Justru oleh karena mulut yang agak terlihat sedikit cantik itulah, ikan hias yang satu ini diberi nama ikan sapu - sapu atau dengan kata lain sebagai ikan pembersih aquarium.

Ikan hias sapu - sapu sedikit berbeda dengan jenis ikan hias lainnya dimana ikan sapu - sapu cukup sulit dalam berkembang biaknya. Cuma orang - orang tertentu sajalah, yang bisa mengembangbiakannya.

Keunikan lainnya pada ikan sapu - sapu ini, yakni dapat hidup lama hingga 20 tahun lamanya dan bisa lebih apabila merawatnya dilakukan dengan cara perawatan yang benar dan tepat.

20. Ikan Hias Platty.

Ikan Hias Platty

Meski ikan plutty ini berukuran kecil yang membuatnya terlihat cantik, mungil dan imoet, namun dia sangat aktif juga suka berkelompok layaknya naruto dengan jurus 1000 bayangannya.

Ikan platty cukup banyak digemari juga terbilang popular oleh para tuan pecinta ikan hias di Negara Indonesia. Ikan hias jenis yang satu ini terdapat beragam macam model warna yang bisa dipilih untuk dipelihara dalam aquarium dirumah.

Selain sobat dapat memelihara dalam aquarium, sobat juga bisa memeliharanya dala galon dimana jumlah ikan hias platty seumpamanya 5 ekor, sobat cukup menyiapkan tangki sebanyak 10 galon air yang cukup besar supaya ikannya lebih berasa hidup seperti di habitat aslinya.

21. Ikan Hias Neon Tetra.

Ikan Hias Neon Tetra

Jenis ikan hias cantik yang kesekian kalinya, ialah ikan neon netro dimana jenis ikan hias yang satu ini mempunyai ukuran tubuh yang kecil dan cukup mudah di rawatnya.

Ikan hias neon tetra ini, sangat cocok untuk sobat jadikan sebagai ikan peliharaan dalam aquarium dirumah. Neon tetra tersedia beragam macam warna cerah yang di inginkan.

Selain itu, terdapat pula garis melintang dengan warna biru pada seluruh bidang tubuhnya membuat ikan hias neon tetra cantik ini tetap nampak terlihat di dalam air yang gelap sekalipun.

Kendati begitu, ikan hias neon netra sebetulnya membutuhkan kadar air yang asam juga lembut dengan suhunya haruslah beriklim tropis. Pasalnya, ikan ini tergolong ikan jenis omnivora.

Jadi, jika sobat hendak memeliharanya dalam aquarium di rumah harus menyiapkan makanan atau pakan berupa tumbuh - tumbuhan, serangga, udang, hingga cacing.

22. Ikan Hias Molly.

Ikan Hias Molly

Jenis ikan hias yang kedua puluh dua, ialah ikan molly dimana ikan hias yang satu ini tergolong spesies ikan yang cuma bertumbuh 3 sampai dengan 4 inchi saja.

Ikan hias molly dapat hidup dan dapat sobat pelihara dalam aquarium di rumah dengan catatan kadar pH'nya mesti mulai dari 0,7 pH hingga 7,8 pH.

Kendati demikian, ikan molly yang terlhiat cantik ini juga dapat beradapatasi dengan baik diberbagai macam kondisi air termasuk air dalam aquarium di rumah.

Selain itu, cara pemeliharaannya cukup mudah juga sangatlah cepat dalam berkembang biaknya. Makanya, sobat jangan kaget saat memelihara ikan hias mollyy lalu secara tiba - tiba ikan mollynya menjadi banyak.

23. Ikan Hias Cupang.

Ikan Hias Cupang

Istilah cupang disini bukanlah tanda merah pada leher kekasih yang sengaja sobat buat disaat ada kesempatan, melainkan nama sejenis ikan hias bernama ikan cupang.

Ikan cupang yang cantik sebagai ikan hias dalam aquarium ini asal mulanya dari Negara - Negara Asia Tenggara, diantaranya ialah:
  • Vietnam,
  • Malasya,
  • Singapura,
  • Brunei,
  • dan Negara Indonesia.
Ikan jenis cupang ini, memiliki bentuk tubuh ikan dan ciri khas yang unik serta lebih cenderung agresif dimana ikan ini tergolong menjadi 3 (tiga) bagian, yakni:
  • ikan cupang aduan,
  • ikan cupang liar,
  • dan ikan cupan hias.
Jika sobat ingin memelihara ikan cupang dengan tujuan sebagai hiasan dalam kolam aquarium, tentunya harus memilih ikan cupang yang golongan hias.

Tapi, jika ingin mengikuti kontes iksn beradu maka bisa pilih ikan cupang dengan golongan ikan cupang untuk aduan.

Adapun untuk ikan cupang liar, entah kegunaannya apa. Namun yang pasti sepertinya bisa untuk melatih diri agar ikan cupang liar bisa menjadi ikan hias dalam aquarium ataukah sebaliknya dipelihara dengan tujuan untuk aduan, tergantung kebijakan yang sobat ambil.

Kendati begitu, sebetulnya ketiga jenis ikan cupang tersebut terbagi lagi berdasarkan jenis lainnya, diantaranya adalah sebagai berikut:
  • serit,
  • slayer,
  • plakat,
  • halfmoon,
  • giant,
  • double taint,
  • dan fancy.
Harga ikan cupang oleh dikalangan para pecinta ikan hias cupang biasa bervarias, tergantung dari jenis dan corak keindahan termasuk warna yang dimilikinya.

Perkembangan Ikan Sejak 1985

Tahukah sobat, perkembangan ikan hias di dunia cukup menjanjikan oleh karena sejak tahun 1985 pertumbuhan dalam nilai perdagangan pertahunnya bisa mencapai diatas 14% dimana nilai ini tidak pernah mengalami kemunduran yang berarti hingga saat ini.

Perihal tersebut, juga cukup berimbas di Negara Indonesia dimana para peternak ikan mulai dari pedagang, pengumpul, importir, exportir, hingga ke para pecintanya pun tumbuh dengan sendirinya.

Jenis ikan yang dibudidayakan juga yang dikembangbiakan baik dari segi komoditas ekspor maupun kalangan para pecinta lokal turut juga ikut berkembang seiring bertambahnya usia jaman.

Untuk saat ini saja, sudah lebih dari 300 jenis ikan khususnya ikan hias air tawar yang dibudidayakan serta di perjualbelikan di seluruh penjuru dunia.

300 jenis ikan tersebut, belum termasuk hitungan subspecies dimana 1 jenis ikannya bisa jadi hadir dalam berbagai macam varian, semisal slayer (ekor panjang), albino, serta berbagai macam warna mutasi lainnya.

Sebagai perumpaan, misalnya saja ikan mas koki, guppy, discus, dan koi ini merupakan salah satu jenis ikan. Namun, model tampilannya bisa dalam ratusan variannya, betul?

Akhir Kata

Mungkin, hanya sampai disitu pembahasan tentang jenis ikan hias cantik untuk di pelihara dalam aquarium di rumah yang dapat di sampaikan buat sobat gypsum yang cinta akan ikan.

Apakah ini bisa membantu? Silahkan jika ada diantara sobat gypsum, mungkin ada yang ingin berbagi artikel tentang jenis ikan hias cantik ini. Bisa membagikannya melalui tombol berbagi yang sudah disediakan dibawah.

Jangan lupa, untuk menyimak artikel lainnya yang mungkin ada yang menarik perhatian, dapat sobat lihat daftarnya dibagian artikel terkait sesudah akhir artikel ini.

Sekian dan terimakasih atas kunjungan sobat gypsum semuanya. Akhir kata, wasssalam dan semoga ini bisa bermanfaat bagi seseorang yang membutuhkannya.