Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Perut Kembung Tanpa Perlu Pergi Ke Dokter

Perut kembung merupakan salah satu kondisi dimana saluran pencernaan sudah dipenuhi oleh gas atau udara yang volumenya sungguh berlebih. Kondisi seperti ini, bisa menimbulkan perasaan tidak enak oleh karena perut terasa membesar dan nyeri.
cara mudah dan ampuh mengatasi perut kembung secara alami
Namun sungguh beruntung bagi sobat yang mengalami sakit ini, ada sejumlah cara mengatasi perut kembung secara alami tanpa harus perlu pergi ke dokter. Di jamin ampuh, cepat, mudah, dan aman.

Berikut ini, ialah sejumlah cara mengatasi perut kembung yang dapat sobat coba. Yuk, di cermati penjelasan lengkapnya.

10 Cara Mengatasi Perut Kembung

1. Kompres Air Panas.

Hal pertama yang bisa sobat coba dalam mengatasi perut kembung, ialah dengan mengkompres menggunakan air panas dimana cara - caranya, sebagai berikut:

  • Merendam kain bersih dalam baskom yang sudah di isi air panas.
  • Lalu, angkat dan peras airnya agar tidak bercucuran saat dikompreskan ke perut kembung.
  • Kemudian silahkan kompres perut kembung dengan kain tersebut hingga 11 s/d 16 menit guna meredakan perut kembungnya.
Sobat juga bisa menggunakan alat kompres lainnya selain kain, semisal botol plastik yang sudah di isi air panas lalu tempelkan ke perut agar kembungnya mereda.

Teknik penyembuhan perut kembung semacam itu, terkenal sangat ampuh yang biasa dipergunakan untuk mengatasi perut kembung pada usia anak-anak.

2. Sengaja Kentut.

Terkesan gokil kedengarannya jika mendengar kata kentut. Lebih gokil lagi, bilamana ingin kentut harus di tahan oleh karena terlalu banyak orang di sekitar.

Masih baik kalo kentutnya tidak berbunyi, namun apa jadinya bila kentut berbunyi besar. Tentu akan sangat malu, bukan. Hehehe..!!

Padahal bisa pergi dulu sebentar ke tempat sepi guna bisa melepaskan kentutnya, betul!!

Sekedar sobat ketahui, kentut atau istilah lainnya Sendawa merupakan salah satu cara paling alami dan mudah dalam mengatasi perut yang kembung ataupun masuk angin yang dapat sobat lakukan.

Jadi ketika perut tidak nyaman, segera cari tempat paling aman dan sepi guna bisa melepaskan gas beracun yang ada dalam tubuh.

Oh ya, selain dengan sendawa atau kentut. Buang air besar "EE" juga bisa mengeluarkan gas beracun bersamaan dengan feses yang membuat kembung pada perut jadi ikut melompong.

3. Memijat Area Perut.

Memijat perut juga merupakan salah satu cara untuk membantu mengatasi perut kembung dimana pergerakan sistem ketika mencerna makananan akan menjadi lancar.

Lantas, bagaimana cata mengatasi kembung dengan memijat perut? Yuk, ikuti langkah - langkahnya berikut ini:
  • Meletakan kedua telapak tangan pada bagian kanan tulang pinggul.
  • Pijat bagian tersebut dengan menerapkan gerakan jurus memutar secara pelan.
  • Kemudian berikan tekanan yang ringan pada bagian tulang rusuk sebelah kanan.
  • Setelah itu, lanjut pijat pada bagian bawah menuju ke sebelah kiri tulang pinggul.
Ulangi langkah - langkah cara mengatasi perut kembung tersebut sampai rasa nyeri yang tidak nyamannya mereda dan tidak terasa lagi.

4. Meminum Minuman Jahe.

Obat perut kembung alami pada poin keempat ini merupakan pilihan terbaik dalam ilmu kedokteran masa kini juga ilmu pengobatan tradisional dari masa lalu.

Kandungan senyawa Shogaol dan Gingerol pada jahe dikatakan bisa membantu mengurangi peradangan pada usus! Sedangkan untuk mengatasi perut kembung, sobat cukup rebus beberapa potongan jahe selama 12 menit.

Bila sobat kurang suka dengan rasa jahe, bisa tambahkan dengan perasan jeruk lemon atau madu agar bisa menambah manfaat dan cita rasa pada air rebusan jahenya.

5. Minum Minuman Berprotein Baik.

Bakteri yang sifatnya baik bisa sobat temukan pada sejumlah minuman, semisal Yoghurt serta minuman yang mengandung prebiotik.

Merujuk pada sebuah studi, minuman yang kaya dan tajir akan bakteri yang sifatnya baik bisa mengurangi kembung di perut. semisal bakteri Lactobacillus.

6. Mengunyah Makanan Sampai Halus.

Makan dengan terburu - buru secara cepat oleh karena di kejar setoran merupakan hal yang tidak baik. Pasalnya, akan membuat banyak udara yang masuk ke dalam sistem pencernaan dalam perut.

Kondisi semacam itulah yang dapat mengakibatkan perut menjadi kembung dan penuh udara tak berguna.

Guna mencegah supaya perut tidak mengalami lagi kembung, pastikan dalam mengunyah makanannya hingga halus agar bisa di cerna dengan baik oleh perut.

7. Berhenti Merokok Bro.

Menelan asap selain tidak ada rasa, ternyata dapat membawa banyak udara masuk dalam perut yang akan menimbulkan gas. Semakin banyak sobat mengisap rokok, maka akan semakin banyak pula gas yang akan menumpuk dalam sistem pencernaan perut.

Maka dari itu, berhenti atau dengan mengurangi merokok dapat mengurangi resiko bahkan mencegah sakit perut kembung.

8. Jauhi Makanan Gas Lambung.

Sejumlah makanan yang ada di Indonesia rupa - rupanya dapat meningkatkan gas di lambung yang bisa mengakibatkan kembung.

Jenis Makanan yang bisa meningkatkan gas pada lambung tersebut, diantaranya adalah:
  • makanan yang terbuat dari gandum,
  • kembang kol,
  • jamur,
  • brokoli,
  • bawang,
  • kol,
  • dan kacang - kacangan.
Bukannya berhenti secara total mengkonsumsi makanan diatas, melainkan batasi atau kurangi porsinya dengan makan secukupnya saja agar tidak terkena perut kembung.

9. Minum Perasan Lemon.

Selain perasan buah lemon bisa menambah segarnya sebuah minuman, juga ternyata sangat bisa membantu dalam menstimulasi saluran pencernaan.

Pencernaan perut yang kuat akan sangat membantu dalam mengurai makanan secara lebih baik dan sempurna. Dengan menyerap lebih banyak kandungan nutrisi, bisa mencegah terjadinya perut kembung.

10. Konsumsi Obat Perut Kembung.

Bismuth Subsalisilat obat perut kembung
Bilamana cara mengatasi perut kembung pada kesembilan poin diatas tidak cocok atau kurang manjur, mungkin tiba waktunya buat sobat untuk konsumsi obat yang sudah jadi yang bisa sobat beli di apotik 24 jam terdekat di kota sobat.

Salah satu obat perut kembung yang bisa sobat pilih, ialah Bismuth Subsalisilat. Silahkan sobat tanya pada petugas apotik, tentang obat ini mulai ketersediaannya, harga, dan petuinjuka penggunaannya. Sekedar diketahui obat Bismuth Subsalisilat sedikit banyak dapat mengurangi jumlah gas hidrogen sulfida dalam perut supaya tidak menumpuk banyak.

Itulah Sejumlah cara mengatasi sakit perut kembung yang dapat sobat coba. Semoga tulisan ini dapat membantu sobat yang sedang mengalami sakit kembung untuk bisa sembuh.

Sekian dan terimakasih sudah berkunjung dan menyimak, semoga kebaikan sobat di balas oleh Tuhan YME. Akhir kata, jangan lupa untuk menunggu artikel menarik lainnya dari larantukagypsum.com yang akan selalu terupdate setiap harinya.