Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membersihkan Kulkas Dari Noda, Jamur, dan Karat Biar Hilang.

Merawat kulkas mesti di lakukan secara berkala dan cara membersihkan kulkas pun harus di kerjakan dengan baik dan benar. Tujuannya, supaya kualitas bahan minuman dan makanan dalam lemari es (kulkas) selalu terjaga.
Cara Membersihkan Kulkas Dari Noda, Jamur, dan Karat Biar Hilang.
Agar bau jamur dan karat bisa hilang dan bersih, coba lakukan cara bersihkan bagian dalam kulkas seperti pada pembahasan yang akan kami ulas di kesempatan pembuatan artikel kali ini.

Cara bersihkan atau membersihkan kulkas (lemari es) ini terbilang ampuh dapat mengatasi bau, jamur, hingga karat sirna.

Sehingga, kualitas makanan dan minuman dalam lemari es bisa tetap terjaga kualitasnya dengan kondisi kulkas yang juga selalu dalam keadaan sehat dan baik-baik saja.

Cara Membersihkan Kulkas

1. Cara Membersihkan Noda Bandel Kulkas.

Umumnya, noda bandel yang susah di bersihkan dan di hilangkan biasa terjadi pada bagian karet kulkas. Dan supaya proses membersihkan noda membandelnya bisa selesai dengan cepat, sebagian orang lebih memilih mempergunakan produk kimia.

Padahal sebetulnya, terdapat bahan alami yang lebih aman dan juga sangat praktis serta tidak akan merusak bagian komponen kulkas! Salah satu contohnya, ialah menggunakan cuka putih dan soda kue dalam membersihkan kulkasnya.

Soda kue yang sudah di campur air menjadi pasta, dapat di pergunakan guna bersihkan noda membandel dalam kulkas.

2. Cara Bersihkan Kulkas Berjamur.

Tahukah sobat, kulkas atau lemasi es yang tidak pernah di rawat dapat menyebabkan tumbuhnya jamur. Umumnya jamur ini sama seperti noda bandel pada poin pertama, yakni tumbuh di sekitar lapisa karet kulkas.

Jika tak percaya, silahkan saja mencobat untuk tidak merawat kulkasnya selama beberapa pekan atau bulan lalu nanti lihat dan perhatikan di sekitar area karet kulkasnya. Pastinya, akan banyak tumbuh jamur yang tidak di inginkan.

Bilamana sobat mengalami perihal semacam itu, ayo cumungut untuk seger membersihkan kulkas dengan menggunakan pasta gigi.

Adapun cara membersihkan kulkas dari jamur, adalah sebagai berikut:
  • Mengoleskan pasta gigi secara merata pada bagian lapisan karet pintu kulkas yang berjamur.
  • Diamkan dan biarkan selama kira-kira 6 menit, nanti pasta gigi akan bekerja dengan sendirinya untuk membersihkan jamur.
  • Setelah masa waktu tersebut, lap residu pasta gigi dengan menggunakan handuk atau kain basah sampai bersih.
  • Jika sudah bersih, lanjut mengelap area tersebut kembali dengan mempergunakan kain lap yang kering.
Bila saat sudah dibersihkan dengan lap kain kering masih ada sedikit jamur hinggap, maka ulangi langkah - langkah membersihkan jamurnya tepat pada area yang masih ada sedikit jamurnya. Karena, bisa jadi area tersebut tidak terolesi pasta gigi secara baik dan benar.

3. Cara Membersihkan Kulkas Berkarat.

Selain noda dan jamur, masalah lainnya yang sering di alami kulkas ialah karat atau berkarat pada area pintu. Karat biasa muncul pada pintu kulkas yang terbuat dari material besi.

Penyebab karat muncul pada area pintu kulkas, umumnya terjadi karena sering terkena percikan air di tambah jarang sekali di bersihkannya.

Supaya bagian tersebut dapat bersih dari karat, coba sobat pergunakan bahan cuka yang bisa mudah ditemukan di ruang dapur! Adapun bagaimana cara membersihkan kulkas dari karat yang bandel, adalah seperti berikut:
  • Menuangkan cuka putih terlebih dahulu pada sebuah tempat atau wadah.
  • Mengoleskan cuka secukupnya pada bagian karat dengan menggunakan kuas.
  • Lalu diamkan bekerja sendiri polesan cukanya, selama 11 hingga 16 menit.
  • Kemudian lap area yang di poles dengan kain lap yang basah dan lanjut menggunakan kain lap kering hingga bersih.
Jika karat masih belum menghilang sepenuhnya, bisa ulang kembali cara atau langkah - langkah tersebut sampai karatnya benar-benar hilang.

4. Cara Menguras Isi Kulkas Sampai BErsih.

Menguras isi kulkas terkadang bisa membuat isteri kita kesal sejadi - jadinya, apabila kita sebagai suami tidak mau melakukannya. Maka dari itu, sebagai laki-laki sejati perlu tahu hal semacam ini.

Cara menguras ini juga tergolong ke dalam cara membersihkan kulkas yang mesti di lakukan dalam durasi waktu tertentu. Artinya, tidak harus setiap hari kulkas harus di kuras.

Manfaat menguras kulkas tidak seperti menguras air susu ibu, dimana pada kulkas bisa mempengaruhi umur kulkas lebih panjang dan tidak akan terlalu cepat mengalami kerusakan.

Ada sejumlah tahapan dalam menguras kulkas yang perlu sobat lakukan, diantaranya ialah:
  • Kosongkan terlebih dahulu seluruh isi yang ada dalam kulkas, baik makanan maupun minuman.
  • Sortir isinya, pisahkan yang masih baik dan buang yang sudah kadaluarsa atau busuk.
  • Cuci bagian dalam kulkas dan sesudah itu, lap hingga kering.
  • Bersihkan pula ruang freezer dari kembang es.
  • Lalu lap bagian pintu kulkas dan lapisi gagang pintunya dengan handuk atau kain.
  • Buang air pembuangan pada bagian belakang kulkas hingga habis.
  • dan langkah terakhir, ialah memasukan kembali makanan dan minuman yang sebelumnya sudah di sortir kembali masuk kedalam kulkas.
Dengan adanya aktifitas kuras menguras seperti itu, dapat di pastikan usia kulkas akan menjadi lebih panjang dan awet. Selain itu, tentunya aliran udara dingin pada kulkas akan semakin lancar dan minuman dan makanan pun menjadi lebih terjaga kualitasnya.

Demikian informasi tentang cara membersihkan kulkas dari segala kotoran noda, jamur, hingga karat yang dapat kami sampaikan.

Apakah ini bisa membantu? Bagi yang ingin membagikan informasi ini ke media sosial, bisa melalui tombol berbagi yang sudah kami sediakan dibagian bawah artikel ini.

Sekian dan terimkasih sudah berkunjung sekaligus menyimak, semoga ini bisa berguna dan bermanfaat. Baca terus ulasan pada artikel lainnya atau yang terbaru yang akan selalu akan kami update dalam setiap harinya.