Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Mengatasi Perut Sakit Secara Alami di Rumah, Tanpa Perlu Ke Dokter!

Ingin tahu bagaimana cara sobat mengatasi perut sakit secara aman dan alami di rumah tanpa perlu ke dokter, apakah ampuh? Bila perutnya masih sakit, sobat bisa coba cara seperti yang akan kita ulas di halaman ini.

Mengatasi Perut Sakit Secara Alami di Rumah

Sebelumnya ijinkan kita bertutur kata pembuka terlebih dahulu, agar isi artikel ini terkesan keren, padahal ada terselip kata atau kalimat yang tidak menjurus bahkan membagongkan, jadi tolong di maklum. Hehehe..!

Apa itu sakit perut? Sakit perut atau perut kita sakit adalah istilah yang biasa di gunakan dalam menjelaskan rasa sakit yang di derita pada bagian kram perut atau abdomen.

Lain halnya dengan sakit yang di derita oleh karena seseorang yang kita kasihi dan cintai telah mengecewakan kita dan ini bukanlah perut sakit namanya, melainkan hati yang tersakiti.

Salah satu wujud sakit perut yang biasa sering di rasa oleh sebagian orang selain kram, yakni melilitnya perut! Pasalnya, terdapat banyak macam hal penyebab yang bisa mengakibatkan rasa sakit di sekitar perut.

Lalu, apa saja penyebab sakit perut tersebut?

Penyakit sakit perut melanda, bisa jadi di akibatkan karena terdapat masalah pada bagian dalam organ pencernaan, semisal:

  • organ lambung,
  • kantung empedu,
  • pankreas,
  • hati,
  • serta organ usus.
Namun, pada dasarnya perut sakit yang melilit pada bagian dalam organ perut terjadi karena beberapa hal, seperti berikut ini:
  • Otot dalam perut tertarik
  • Kelebihan gas dalam perut
  • Pencernaan terganggu
  • Terdapat makanan beracun dalam perut
  • Terdapat infeksi dalam organ perut
  • dan lain sebagainya

Istilah-istilah rumit tersebut, Sebetulnya hanya seorang dokter spesialis penyakit lah yang layak menjelaskan secara detailnya! Kita tukang bangunan ini, bisa apa! Di saat rasa sakit perut menyerang setelah makan bakso dengan sambal yang banyak, misalnya!

Kita hanya pikirkan, bagaimana caranya sembuh dan tidak terlalu peduli apa itu penyakit melilit perut dan lain sebagainya, betul? Dan yang kita tahu penyebab perut sakit, ya karena makan sambal tadi, di saat melahap bakso super pedas!

Maka dari itu kita langsung kepokonya pembahasannya saja yakni bagaimana cara mengatasi perut sakit berikut ini.

Cara Mudah Mengatasi Perut Sakit Secara Alami

Cara termudah atasi sakit perut secara alami dan aman ini, dapat di katakan cara mengobati perut sakit tanpa perlu ke dokter alias bisa sobat coba praktekan sendiri di rumah.

Akan tetapi, sobat harus sakit perut terlebih dulu dalam melakukan prakteknya dirumah! Karena, nanti bagaimana akan menguji cobanya bila ternyata cara mengatasi perut sakit ini cukup ampuh.

Cobalah sobat makan bakso lebih dulu dengan menuangkan sambal yang banyak pada mangkoknya, seperti yang sudah kita gambarkan di atas. Lalu, tunggu sampai rasa sakit datang menyerang perut dan kemudian sobat simak cara mengatasi sakit perutnya tersebut di bawah ini.

1. Minum Air Hangat

meminum air hangat di saat sakit perut

Memberikan kehangatan merupakan bentuk perhatian kita pada sang kekasih tercinta, begitupun dengan meminum air hangat di saat sakit perut bisa menjadi salah satu cara yang efektif untuk mengatasi rasa sakitnya.

Bila dengan minum air hangat sakit perut tak kunjung sembuh juga, melainkan redanya hanya secuil saja? Maka bisa sobat lanjutkan ke tahapan mandi air hangat, supaya otot pada perut yang bersitegang bisa dengan segera melemas, selemas-lemasnya.

Dengan mandi air hangat, selain dapat melemaskan otot-otot yang tegang juga dapat membasmi bau keringat yang menyengat serta kotoran daki yang menempel pada permukaan kulit.

Kemudian bila masih ada rasa sakit sedikit pada perutnya, maka sesudah melakukan mandi hangat sobat lanjut ke tahap berikutnya lagi.

Adapun tahap berikutnya adalah mengelus perut dengan menempelkan air setengah panas yang sudah di bungkus dengan kantong plastik, pada bagian perut yang sakit.

Pasalnya, rasa hangat yang di hasilkan oleh kantong plastik berisikan air setengah panas bisa memperingan rasa sakit dan mual pada perut.

Bila sobat malas mencari kantong plastik untuk di isikan air panas, maka sobat bisa membeli kantong khusus pemanas di toko online atau di toko offline terdekat di tempat sobat.

2. Minum Cuka Sari Apel

Cara mengatasi sakit perut yang kedua adalah meminum cuka sari apel

Cara mengatasi sakit perut yang kedua adalah meminum cuka sari apel yang di campur madu teh dan air putih dengan takarannya 1 sendok.

Lakukan minum cuka sari apel tersebut dengan secara perlahan-lahan, di saat rasa sakit perut melanda!

Cuka sari apel itu sendiri, sanggup mengatasi karbohidrat tidak teraduk dalam air atau semacam situasi berlebihnya pati! Sehingga, rasa sakit pada perut bisa di minimalisir. Jadi cuka sari apel juga, bisa membantu proses pencernaan di dalam organ perut secara alami dan aman.

Adapun manfaat cuka sari apel lainnya menurut ilmu kesehatan dari dokter yang perlu sobat ketahui, selain untuk mengatasi perut sakit adalah sebagai berikut:

  • Dapat membersihkan wajah secara alami
  • Mengatasi sengatan dari ubur-ubur
  • Melindungi sel dalam tubuh
  • Bisa untuk memutihkan gigi kuning
  • Membunuh kuman yang menempel pada makanan
  • Dapat mengontrol insulin
  • Turunkan kada gula darah
  • dan juga dapat menurunkan berat badan.

Sobat dapat membeli cuka sari apel yang sudah jadi, di toko terdekat di kota sobat atau bisa juga pemesanan secara online di marketplace yang ada di Indonesia.

3. Mengunyah Daun Mint

Mengunyah Daun Mint

Daun mint merupakan tanaman atau tumbuhan herbal yang biasanya di bahan campuran makanan atau minuman untuk memperoleh rasa yang khas atau rasa lain dari pada yang lain.

Tanaman daun mint sering kali di manfaatkan untuk keperluan kesehatan, salah satunya yaitu untuk meningkatkan sistem imun pada tubuh dan juga bisa mengatasi gangguan pencernaan.

Jadi pada cara mengatasi perut sakit yang ketiga ini, sobat bisa mencoba meminum maupun mengunyah daun mint atau bisa juga memakan permen yang terdapat kandungan mintnya.

Pasalnya, daun mint itu sendiri terdapat kandungan mentol di dalamnya yang fungsinya sebagai analgesik alami yang bisa mengurangi rasa mual dan sakit melilit pada perut.

Sementara manfaat daun mint secara keseluruhan untuk kesehatan tubuh, adalah sebagai berikut:

  • Dapat menurunkan BB (Berat Badan)
  • Bisa meningkatkan fungsi dalam otak
  • Mampu meningkatkan sitem imun (kekebalan tubuh)
  • sanggup meredakan sindrom iritasi pada usus besar
  • Mengatasi masalah pada pencernaan

4. Mangatasi Sakit Perut Dengan Jahe

Jahe merupakan sejenis tumbuh tumbuhan, yang juga bisa sobat gunakan untuk mengatasi perut sakit pada perut.

Jahe merupakan sejenis tumbuh tumbuhan, yang juga bisa sobat gunakan untuk mengatasi perut sakit pada perut! Ya, buah tanaman jahe bisa sobat pakai dalam mengobat sakit perut dengan cara meracik sejumlah potongan jahe yang di campur teh kedalam sebuah gelas atau cangkir berisikan air, lalu meminumnya atau bisa juga dengan mengunyah jahe langsung di mulut.

Bila sobat malas meracik, sobat bisa membeli makanan maupun minuman yang ada rasa murni jahenya. Di toko sembako terdekat, biasanya banyak tersedia.

5. Dengan Diet Brat

Dengan Diet Brat

Lalu yang kelima, bagaimana cara mengatasi atau mengobati perut yang sakit ialah dengan Diet Brat. Diet Brat itu sendiri, adalah program diet yang makanannya terdiri dari makan-makanan dengan daya serapnya tinggi serta tidak terlalu padat, contohnya adalah:

  • roti panggang
  • saus apel
  • beras sudah di masak (nasi)
  • dan pisang (banana)

Dengan diet brat yakni mengkonsumi bahan-bahan makanan tersebut, bisa membantu meringankan iritasi organ perut dari asam lambung.

Selain itu di saat sakit perut pernah menyerang, sobat segera hindari makan-makanan yang kandungan sertanya bisa di cerna tubuh dengan mudah serta tidak bercita rasa pedas yang tinggi.

6. Hindari Makanan yang Susah di Cerna

Hindari Makanan yang Susah di Cerna

Terdapat sejumlah makanan di mana serat-serat yang di milikinya sulit di cerna oleh perut, bila kita mengkonsumsinya dan ini bisa menaikan daya rasa sakit pada perut semakin meningkat.

Adapun jenis makan-makanan yang sulit di cerna yang harus sobat hindari guna mengatasi perut sakit, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • makanan yang sudah di awetkan
  • makanan bercita rasa pedas dan asin
  • serta makanan berlemak atau makan-makanan yang di goreng

Itulah, artikel tentang cara mengatasi perut sakit secara aman dan alami tanpa perlu pergi kedokter! Sungguh mudah di lakukan, bukan?

Apakah ini bisa membantu? Sekian dan terimakasih buat sobat yang sudah berkunjung, semoga artikel ini bisa bermanfaat.