Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Kunyit Untuk Tubuh, Bisa Mencegah Racun Hingga Kanker.

Manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh dan kecantikan wajah, salah satunya bisa mengusir racun hingga mencegah kanker dan mencerahkan kulit wajah dimasa dahulu maupun dimasa depan.
manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh dan kecantikan wajah
Maka dari itu, jangan remehkan kegunaan kunyit dimana ini merupakan rempah - rempah berwarna semu kuning yang terbukti dapat menangkis serta membasmi berbagai penyakit yang menyerang tubuh.

Semua orang termasuk diri sobat dan saya, pasti sudah tahu lah dengan yang namanya kunyit! Namun, apakah sobat mengetahui tentang manfaat kunyit secara menyeluruh?

Jika sobat bertanya balik pada saya, maka saya jawab. Sebelumnya, saya tidak pernah mengetahui manfaat kunyit secara keseluruhan! Tapi, sekarang saya sudah mengetahuinya oleh karena baru membaca di salah satu situs yang mengulas tentang kunyit.

Sehingga saya merasa harus memasukannya di situs yang saya kelola ini, guna mengingat kembali di masa depan jika sewaktu - waktu lupa dan membutuhkannya.

Ya, tanpa semua orang sadari, ternyata masih jarang orang yang tahu tentang manfaat kunyit secara keseluruhan dimana kunyit atau istilah lainnya kunir, adalah salah satu tanaman yang seringkali dipergunakanb di ruangan dapur rumah.

Sebagian orang kerap mempergunakan kunyit, entah itu untuk dijadikan bumbu masak atau sebagai alasan untuk kecantikan maupun kesehatan.

Mungkinkah sobat ingin mengetahui, apa saja khasiat dari kunyit yang dapat di manfaatkan? Berikut dibawah, ulasan selengkapnya.

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Organ Tubuh

1. Dapat Menyeimbangkan Gula Darah.

Bilamana sobat mengidap penyakit diabetes, maka cobalah banyak memakan atau meminum olahan yang terbuat dari kunyit! Dengan mengkonsumsi kunyit dalam dosis yang tepat, akan bisa membantu menurunkan tingkat gula darah dalam tubuh.

Kurkumin yang mengalir masuk didalam tubuh, akan terus memaksa supaya gula darah bisa terus stabil! Selain ini, kandungan kurkumin jua dipercaya bisa menignkatkan insulin yang membuat gejala penyakit diabetes dapat dengan mudah ditangani sedini mungkin.

2. Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh.

Bisa jadi imun sobat kadarnya rendah, makanya selalu terserang penyakit, betul? Solusi bagaimana cara mengatasinya, ialah dengan mengkonsumsi olahan kunyit secara rutin agar daya tahan tubuh bisa meningkat.

Seperti yang sudah di katakan pada poin kesatu, bahwa dalam kunyit terdapat kandungan Kurkumin yang fungsinya sebagai pelindung tubuh! Kandungan semacam ini, tentunya sangat efektif untuk meningkatkan imun dalam tubuh sekaligus membasmi bakteri dan virus-virus yang jahat.

Jadi, agar daya tahan tubuh bisa meningkat. Sobat dapat mencoba berbagai macam olahan makanan berbumbu kunyit dan minuman, seperti jamu kunyit, jus kunyit, dan minuman lainnya yang mengandung kunyit.

3. Mengobati Sakit Haid.

Mungkihkan isteri atau anak cewe sobat suka mengalami sakit haid? Ya iyalah, namanya juga perempuan yang sudah ditakdirkan setiap bulannya harus mengalami head, hehehe!

Artinya adalah sakit tersebut bukanlah sebuah rahasia pribadi, melainkan sudah menjadi rahasia umum dimana orang-orang yang mengalami dan sudah mengetahuinya bahwa kunyit dapat di manfaatkan untuk obat haid.

Bila isteri atau anak perempuan sobat belum tahu, maka bisa menyampaikannya secara pribadi bahwa manfaat kunyit bisa meredakan nyeri saat haid.

Dengan kata lain, dalam kunyit terdapat kandungan Kurkumin yang merupakan zat pereda nyeri secara alami atau istilah kalimatnya lainnya, yaitu terdapat Analgesik yang mampu kontraksi pada uterus.

Zat pereda nyeri saat haid tersebut, juga bisa mengurangi aliran yang masuk berupa ion kalsium pada bagian inti sel epitel rahim.

Hal semacam itu sidah pasti akan sangat membantu tubuh dalam mengurangi Prostaglandin yang telah di produksinya. Sedangkan Prostaglandin itu sendiri, merupakan hormon dapat menyebabkan rasa sakit serta peradangan.

4. Dapat Melawan Bakteri Yang Jahat.

Kalo boleh mengatakan, fungsi kunyit itu sungguh terlalu banyak sekali terutama pada kunyit yang memiliki warna putih yang bisa melawan bakteri jahat dalam tubuh.

Selain itu, dengan meminum minuman larutan kunyit yang hangat juga bisa sangat membantu meredakan rasa nyeri dan perih pada tubuh bagian dalam perut.

Tidak cuma itu, kandungan - kandungan kaya dan tajir dalam kunyit dapat mengusir pergi bakteri yang jahat sesegera mungkin tanpa pandang bulu.

Bakteri jahat dan ganas juga, seringkali mengincar organ dan mulut inti kaum perempuan! Itulah kenapa, sering kita lihat sejumlah zat yang terkandung dalam kunyit terdapat pada botol pembersih vagina dan mulut wanita.

5. Sebagai Obat Alergi.

Manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh yang berikutnya, ialah bisa di jadikan sebagai obat alergi! Kembali lagi pada kandungan zat kurkumin dan bisdesmetoksikurkumin yang terdapat dalam kunyit, ternyata fungsinya dapat berperan sebagai senyawa anti alergi.

Senyawa anti alergi tersebut, akan membantu seseorang yang mengidap penyakit alergi menghilangkan rasa gatal - gatalnya pada tubuh! Sebabnya, adalah kedua senyawa kurkumin dan bisdesmetoksikurkumin bekerja seperti anti histamin.

Adapun peran dari zat Anti histamin itu sendiri, yaitu menghambat aktifitas protein yang berlebih yang dapat menyebabkan peradangan juga bisa mencegah terlepasnya zat histamin.

Jadi, karena faktor kelebihan protein dan zat histamin itulah yang dapat memicu alergi bereaksi dan muncul kepermukaan. So, selalu siap sedia kunyit di rumah ya sob!

6. Sebagai Obat Metastasis Kanker.

Ada sebuah studi yang mendeklarasikan tentang manfaat kunyit sebagai obat untuk menghambat kanker! Dan ini benar adanya, bahkan sudah terbukti dari jaman dulu kala.

Adapun jenis kunyit yang dipergunakan sebagai penghambat kangker, ialah jenis kunyit putih!

Menurut penelitian pada studi tersebut dikatakan, bahwa kunyit putih bisa dipergunakan guna merawat pasien kanker usus besar, payudara, serta kanker rahim.

Mungkin saja itu dikarenakan oleh adanya kandungan kurkumin pada kunyit yang bisa merontokan sel-sel tumor jahat dan ganas sebagai penyebab utama kanker.

Sementara uji coba laboratoirum lainnya pun memperlihatkan, bahwa kandungan yang sama yaitu zat kurkumin bisa pula mengempiskan pembengkakan pada tubuh yang dapat terjadi oleh karena beberapa hal dan salah satunya tumor.

Sehingga secara tidak langsung dan tanpa kita sadari, ternyata kunyit juga bisa bermanfaat untuk menghambat metastis atau penyebaran kanker pada seluruh tubuh.

7. Untuk Mengobati Maag.

Khasiat kunyit berikutnya, bisa dimanfaatkan untuk obati maag! Menurut pakar penelitian yang diprakarsai oleh Pharmacognosy Review, bahwa efek samping zat kurkumin juga mengobati radang usus.

Infeksi dan radang usus, adalah salah satu penyebab sakit maag yang seringkali menyerang siapa saja baik sehabis maupun sebelum seseorang itu makan.

Kandungan kurkumin yang didalam kunyit, mampu meningkatkan produksi lendir yang nantinya dapat melindungi lambung dan usus.

Bahkan menurut penelitian di studi yang sama, dengan meminum minuman sari kunyitnya saja dengan secara rutin bisa mencegah resiko sakit maag sedini mungkin.

8. Obat Penahan Rasa Nyeri.

Manfaat kunyit selanjutnya sangat berguna untuk meredakan rasa nyeri yang ngilun oleh karena sakit gigi, demam, arthritid, dan penyakit rematik.

Hal itu disebabkan, karena adanya sifat analgesik pada kunyit yang bisa membantu menurunkan tekanan darah pada area yang terasa ngilu dalam tubuh.

Saking kuatnya sifat analgesik pada kunyit terutama kunyit putih, membuat kunyit dikatakan sebagai obat penahan rasa sakit dan nyeri terbaik yang bisa mengalahkan khasiat obat aspirin sabagai obat pereda sakit kepala.

9. Obat Penawar Ular Beracun.

Kunyit juga, ternyata memiliki manfaat untuk mengobati seseorang yang terkena racun ular, "benar kah" atau mungkin sobat akan bergumam "ah masa sih, kunyit bisa berpengaruh pada gigitan ular beracun!".

Jawabannya, tentu saja bisa bro! Karena terdapat Ekstrak dan kandungan Antioksidan pada kunyit yang bisa menetralisir racun gigitan ular yang beracun.

Kandungan tersebut dapat menghambat bisa ularnya bekerja dalam darah sekaligus menghentikannya agar tidak menyebar ke seluruh tubuh.

Zat-zat yang sifatnya baik didalamnya juga bisa menghentikan efek pendarahan yang dalam.

10. Obat perut Kembung.

Perut kembuing biasanya diakibatkan oleh makanan yang kandungannya terlalu banyak, seperti halnya minuman bersoda dan kunyit memiiki khasiat dan solusi untuk mengatasi hal ini.

Kembali pada kandungan Kurkumin pada kunyit yang ternyata bisa meresap ke aliran darah yang bisa membantu mengatasi perut kembung. Tidak hanya bisa meresap, kurkumin juga bisa melancarkan pergerakan semua otot pencernaan yang ada didalam perut.

Dengan begitu, maka tekanan gas pada perut bisa dikurangi. Sehingga, perut sobat tidak akan merasan lagi kembung juga terasa keras.

11. Mengobati Radang.

kunyit bisa mengobati penyakit radang
Manfaat kunyit lainnya untuk tubuh, yaitu bisa mengobati sakit radang atau peradangan! Kandungan kurkumindi yang ada didalam kunyit yang juga dikenal sebagai antioksidan juga terkandung efek antiradang poten.

Bayangkan saja, hanya dalam 1 buah kunyit perkiraaan kadar kandungan kurkuminnya itu, sekitar 200 miligram banyaknya.

Lalu zat aktif kunyit juga bisa membantu menghentikan kerja sitokin dan enzim, dimana ini seringkali menyebabkan inflasi dalam tubuh.

Kandungan tersebut, bisa meningkatkan produksi kortison dan mengurangi peradangan pada kelenjar adrenal dala tubuh manusia.

Selain kunyit bisa mengobati peradangan, menurut studi yang sama kunyit juga bisa digunakan sebagai obat:
  • diabetes, radang sendi, ateroskelrosis, penyakit kardiovaskuler, sindrom koroner akut, dan kanker.

Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan Wajah

Kunyit tak cuma berkhasiat untuk kesehatan tubuh, lho sob. Bahan alami kunyit juga ternyata dapat di manfaatkan dalam bidang kecantikan. Beberapa diantaranya, yaitu bisa dipakai untuk merawat kulit badan dan wajah.

12. Mengobat Wajah Kusam.

Manfaat kunyit tidak hanya untuk kesehatan melainkan bisa untuk kecantikan dan dalam hal ini, adalah untuk mengobati wajah yang kusam.

Bubuk kunyit yang sudah di olah dan dihaluskan bisa sobat pergunakan untuk mencerahkan kusamnya wajah. Adapun cara dan langkah - langkah, sebagai berikut:
  • Persiapkan bahan bubuk kunyit sekitar 2 sendok makan.
  • Siapkan pula Plain Yoghurt dingin sebanyak 4 sendok teh.
  • Lalu persiapkan juga madu organik kira-kira 3 sdm.
  • Setelah itu, campurkan ketiga bahan alami tersebut pada sebuah wadah.
  • Jika sudah tercampur, simpan terlebih dahulu dalam lemari es dan diamkan hingga 11 sampai 16 menit lamanya.
  • Kemudian oleskan pada seluruh area wajah yang kusam terkecuali mulut dan mata.
  • Biarkan melekat pada wajah hingga waktu 12 menit sampai dengan 17 menit.
  • Langkah terakhir, tinggalah membersihkannya dengan menggunakan air hangat.

13. Mengatasi Komedo.

Manfaat kunyit untuk kecantikan juga bisa sobat pergunakan untuk menghilangkan komedo pada wajah. Ya, kunyit ternyata memiliki khasiat sebagai pengusir komedo.

Buat sobat yang ada sedikit bermasalah dengan komedo, maka bisa mengolah kunyit menjadi masker wajah agar komodenya bisa di usir pergi.

So, sobat carilah kunyit kasturi yang berwarna kuning, lalu blender atau pakai ulek juga bisa yang penting kunyitnya bisa halus. Setelah itu, sobat campurkan sedikit dengan cairan minyak kelapa pada halusan kunyitnya.

Jika sudah siap, maka tinggal balurkan saja keseluruh permukaan wajah (terkecuali mata dan mulut) yang ada komedonya hingga tertutup agar bisa terlihat seperti masker dan diamkan sekitar 12 menit.

Langkah terakhir setelah didiamkan selama 12 menit, tinggalah membersihkannya dengan menggunakan air hangat hingga bersih.

14. Merawat Kulit Sensitif.

Manfaat kunyit untuk kecantikan yang terakhir yang dapat kami informasikan, ialah kunyit juga bisa dimanfaatkan untuk merawat kulit yang sensitif.

Untuk masker kunyit yang satu ini, akan bisa bekerja secara lebih baik bilamana kunyit dipadukan dengan bahan alami buah pepaya yang masih mentah.

Kenapa harus dengan pepaya mentah? Karena pepaya yang masih terdapat kandungan enzim atau papain didalamnya.

Kandungan Enzim tersebut, bisa meminimalisir pertumbuhan rambut yang halus pada wajah dimana ini adalah penyebab utama iritasi atau gatal - gatal kulit.

Agar dapat mengatasi hal seperti itu, cobalah sobat haluskan kunyit sebanyak 1 sendok makan lalu campurkan dengan pepaya mentah yang juga sudah dihaluskan.

Kemudian, sobat oleskan ramuan kunyit tersebut pada area kulit merah atau gatal - gatal yang sensitif pada wajah. Setelah itu, biarkan terlebih dahulu selama beberapa menit. Baru setelah itu, tinggalah sobat bilas polesannya dengan menggunakan air dingin sampai bersih.

Bahan ramuan pepaya mentah dan masker kunyit, senantiasa bakal membuat kulit terasa lebih kenyal dan dingin serta bisa menutup folikel rambut.

Demikian ulasan panjang, tentang 15 manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh dan kecantikan wajah yang dapat kita informasikan.

Apakah ini bisa membantu? Bagi yang ingin berbagi informasi manfaat kunyit ini, bisa melalui tombol berbagi ke media sosial yang sudah kami sediakan dibagian bawah.

Sekian dan terimakasih sudah berkunjung dan menyimak, semoga ini bisa bermanfaat. Jangan lupa, pantai terus artikel menarik lainnya yang akan selalu kami update setiap hari, hanya di situs larantukagypsunm.com