Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lebih Baik Beli atau Sewa Apartemen? Ini Brow, Plus dan Minusnya.

Baik beli atau sewa apartemen, keduanya memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing! Untuk menambah referensi sobat di mana saja berada, mari kita simak penjelasannya di sini.

Beli atau Sewa Apartemen

Tinggal di apartemen kini telah menjadi bagian dari gaya hidup milenial. Pasalnya, konsep hunian vertikal ini menawarkan berbagai macam keuntungan, di antaranya akses yang mudah, fasilitas penunjang, sistem keamanan 24/7, dan suasana nyaman.

Terdapat dua pilihan untuk bisa tinggal di apartemen, yakni membeli dan menyewa. Baik membeli atau sewa apartemen, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Simak ulasan berikut!

Kelebihan Membeli Apartemen

1. Instrumen investasi yang menjanjikan

Jumlah penduduk di kota, terus meningkat dari waktu ke waktu! Masyarakat urban mendambakan hunian dengan berbagai kemudahan, sehingga membuat apartemen tidak pernah sepi peminat.

Apartemen bisa menjadi salah satu instrumen investasi riil yang menjanjikan. Pasalnya, Sobat dapat menyewakannya dan mendapatkan penghasilan bulanan dari uang sewa. Selain itu, harga apartemen juga cenderung naik. Jadi, Sobat akan mendapatkan keuntungan jika menjualnya.

2. Memperoleh hak kepemilikan

Ketika membeli apartemen, otomatis Sobat memperoleh hak kepemilikan. Pemilik berhak untuk melakukan apa saja terkait unit yang di beli.

Jika tidak suka dengan desainnya, Sobat berhak menata ulang sesuai preferensi, seperti mengganti perabotan dan menambah furnitur. Intinya, semuanya perubahan bisa Sobat lakukan selama jadi pemilik.

Kekurangan Membeli Apartemen

1. Risiko kerugian

Pemilihan lokasi adalah hal yang menjadi pertimbangan utama sebelum Sobat memutuskan untuk membeli sebuah apartemen. Hal ini penting karena lokasi yang tidak strategis dapat menyebabkan rendahnya permintaan.

Rendahnya peminat akan berdampak pada penurunan harga properti. Alih-alih mendapatkan keuntungan, Sobat justru berisiko mengalami kerugian.

Untuk menghindari hal ini, pilih lokasi apartemen yang benar-benar strategis dan sesuaikan dengan target pasar jika Sobat memiliki tujuan investasi.

2. Terbebani tanggung jawab pemeliharaan

Memiliki apartemen pribadi, bukan berarti Sobat akan terbebas dari pengeluaran untuk gedung tiap bulannya!

Pemilik akan di bebani dengan biaya maintenance apartemen atau biasa di sebut dengan Iuran Pengelolaan Apartemen (IPL) yang akan di serahkan kepada pihak manajemen gedung.

IPL tersebut akan di gunakan untuk membayar biaya kebersihan, kemananan, sarana prasarana, dan lain-lain.

Pemilik juga bertanggung jawab penuh atas fasilitas unit apartemen jika terjadi kerusakan, misalnya plafon yang pecah, cat mengelupas dan kerusakan lainnya. Biaya renovasi ini tidak akan di bebankan jika Sobat adalah seorang penyewa.

Kelebihan Sewa Apartemen

1. Terbebas dari tangung jawab kepemilikan

Kewajiban dari penyewa adalah membayar uang sewa apartemen sesuai kesepakatan tiap bulannya, mencakup tagihan internet, listrik, dan air.

Adapun biaya pemeliharaan gedung jika terjadi kerusakan bukan menjadi tanggung jawab Sobat sebagai penyewa. Jika cat dinding unit apartemen mengelupas, Sobat hanya perlu menghubungi pemilik!

Namun, dengan catatan bahwa kerusakan tersebut bukan di sebabkan karena kelalaian Sobat.

2. Fleksibilitas tinggi

Sewa apartemen cocok untuk seseorang yang memiliki pekerjaan dengan mobilitas tinggi. Jika Sobat di pindah tugaskan ke luar kota, tidak perlu khawatir memikirkan apartemen yang Sobat tinggali karena itu bukan tanggung jawab Sobat.

Sobat hanya perlu berkemas dan mencari apartemen baru di kota tujuan.

Kekurangan Sewa Apartemen

1. Terikat regulasi dan kebijakan tertentu

Salah satu kekurangan dari sewa apartemen adalah Sobat akan terikat dengan aturan tertentu, terutama jika si pemilik adalah orang yang cenderung strict. Jangan kaget jika sesekali Sobat mendapatkan teguran karena mengubah desain unit tanpa seizin pemilik.

Tampaknya, setiap penyewa memang akan selalu berhadapan dengan regulasi khusus terkait bangunan yang akan di sewa. Untuk itu, sebelum menandatangani kontrak sewa, cari tahu aturan-aturan tertentu yang memang di berikan oleh pemilik.

2. Harga sewa cenderung naik

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, permintaan apartemen yang berada di lokasi strategis kian meningkat seiring dengan gaya hidup masyarakat urban.

Hukum ekonomi berlaku dalam hal ini, di mana permintaan yang naik akan menaikkan harga barang atau jasa.

Jika pemilik apartemen akan mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga, sebaliknya hal ini akan menjadi kerugian bagi para penyewa karena mereka harus mengeluarkan lebih banyak uang.

Demikian adalah ulasan mengenai kekurangan dan kelebihan dari beli atau sewa apartemen. Baik itu sewa maupun beli, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Sobat.

Jangan terlalu terburu-buru untuk memutuskannya, cari sebanyak-banyaknya referensi agar tidak salah pilih. Kalau perlu, konsultasikan dengan keluarga, teman, atau rekan kerja yang Sobat percayai sebagai orang yang lebih berpengalaman.