Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebelum Sewa Apartemen, Bro Pertimbangkan 7 Hal Penting Ini!

Sewa apartemen kerap di jadikan sebagai pilihan yang tepat bagi beberapa orang dalam mencari tempat tinggal, khususnya para pekerja di kota besar.

Sewa Apartemen

Memiliki lokasi yang strategis, akses mudah, dan fasilitas yang lengkap menjadi sebuah alasan yang cukup kuat untuk menyewa apartemen.

Sobat bisa menyimak terlebih dahulu tentang keuntungan dan kerugian sewa apartemen sebelum memutuskan untuk menyewanya, pada artikel yang sudah kami bahas sebelum ini.

Nah, jika saat ini Sobat sedang mencari apartemen yang cocok untuk tempat tinggal! Berikut adalah beberapa hal yang perlu Sobat pertimbangkan, sebelum menjatuhkan pilihan untuk menyewanya.

1. Harga Sewa.

Sama halnya dengan membeli suatu barang, harga merupakan faktor utama yang menjadi pertimbangan yang sobat perhitungkan sematang mungkin.

Sebelum menjatuhkan pilihan pada salah satu apartemen, sesuaikan biaya sewa bulanan dengan anggaran yang Sobat miliki terlebih dahulu. Sobat dapat melakukan riset online untuk mengetahui harga sewa apartemen di lokasi tertentu.

Bukan hanya menghitung biaya sewa, Sobat juga harus menambahkan biaya lain yang di butuhkan, seperti biaya asuransi tahunan, biaya parkir, biaya perawatan, dan lain sebagainya.

Memperhitungkan biaya secara terperinci tentu akan menghindarkan Sobat dari pengeluaran tidak terduga setiap bulannya.

2. Lokasi apartemen.

Sebelum mulai mencari-cari apartemen, tentukan lokasi yang Sobat butuhkan dan inginkan. Sebagai contoh, Sobat mungkin ingin tinggal di dekat kantor, kampus, tempat hiburan, atau pusat perbelanjaan.

Selain itu, putuskan juga seberapa jauh jarak maksimal tempat tinggal dengan tempat favorit tujuan Sobat. Hal ini akan membantu Sobat untuk menentukan lokasi ideal dan menjauhkan Sobat dari membuang waktu mencari apartemen di lokasi yang tidak strategis.

3. Sebelum sewa apartemen, ketahui pemilik aslinya.

Mengetahui dan mengenal pemilik apartemen merupakan hal yang penting, untuk di jadikan pertimbangan!

Pasalnya, setelah sewa apartemen, Sobat mungkan akan sering berinteraksi dengannya terkait pembayaran sewa maupun perizinan untuk memodifikasi ruangan.

Bahkan, pemilik bisa saja rutin mengecek unit Sobat setiap bulan untuk memastikan semua fasilitas masih berfungsi dan terjaga dengan baik.

Setidaknya, luangkan waktu beberapa saat untuk mengobrol dengan pemilik apartemen. Cari tahu bagaimana ia akan memperlakukan penyewa unitnya nanti.

Karena, sikap pemilik yang tidak baik dapat menjadi pengalaman buruk selama Sobat tinggal. Sobat juga bisa bertanya kepada penghuni sebelumnya mengenai pengalaman mereka dengan si pemilik.

4. Kualitas unit yang akan di sewa.

Saat melakukan survei harga secara online, Sobat akan melihat foto-foto unit apartemen yang siap di sewakan. Namun, jangan sampai Sobat mempercayainya begitu saja.

Sebelum menjatuhkan pilihan, luangkan waktu Sobat untuk melihat keadaan unit secara langsung. Pastikan bahwa keadaan apartemen yang sebenarnya memang sesuai gambar.

Sobat perlu memeriksa dengan detail mengenai kualitas properti yang ada di dalamnya. Selain itu, aspek kesehatan adalah hal yang wajib di perhatikan, seperti sirkulasi udara dan kualitas air.

5. Fasilitas yang tersedia.

Fasilitas yang di maksud mencakup properti yang ada dalam unit dan fasilitas umum di luar gedung yang bisa di akses penghuni. Pilih unit yang memiliki fasilitas sesuai kebutuhan dan gaya hidup Sobat, apakah Sobat membutuhkan kitchen set, balkon pribadi, bahkan sofa untuk menerima tamu.

Beberapa contoh fasilitas umum yang dapat menjadi pertimbangan di antaranya kolam renang, pusat kebugaran, kenyamanan tempat parkir, restoran, dan tempat perbelanjaan.

Selain mempertimbangkan kebutuhan, pertimbangkan juga anggaran yang Sobat miliki. Jika budget yang tersedia tidak cukup untuk biaya sewa apartemen dengan segudang fasilitas, mungkin Sobat harus sedikit berkompromi dengan lingkungan.

6. Lingkungan sekitar.

Sebelum menandatangani kontrak sewa apartemen, lebih baik cari tahu keadaan lingkungan calon tempat tinggal Sobat, khususnya para tetangga sekitar.

Hunian yang tenang adalah tempat yang ideal untuk beristirahat setelah lelah beraktivitas seharian. Tetangga dan lingkungan yang gaduh dapat mengganggu kenyamanan Sobat.

Tidak hanya kenyamanan, keamanan juga menjadi salah satu faktor yang harus di penuhi. Selidiki catatan keamanan di lingkungan calon tempat tinggal Sobat.

7. Aturan tertentu.

Pastikan aturan yang berlaku dari pemilik atau manajemen tidak bertentangan dengan keadaan Sobat, terutama saat Sobat ingin membawa hewan peliharaan.

Segera cari tahu, apakah pemilik gedung memperbolehkan penyewa membawa hewan peliharaan, apakah ada deposit hewan peliharaan yang harus di bayarkan, atau batasan tertentu mengenai berat maksimal hewan yang di bawa.

Perhatikan beberapa aspek yang telah di sebutkan di atas sebelum Sobat menandatangani kontrak sewa apartemen. Hal ini bertujuan agar Sobat menemukan tempat tinggal yang benar-benar cocok, aman dan nyaman.

Selamat berburu tempat tinggal dan semoga sahabat setia larantukagypsum.com yang selalu berkunjung di sini, bisa mendapatkan unit apartemen dengan harga dan fasilitas yang sesuai ya!