Penyebab Motor Matic Gredek (Bergetar) dan Cara Mengatasinya!

motor matic gredek bergetar

Penggunaan motor matic sebagai alat transportasi kini kian di gemari. Berbeda dengan motor manual yang memerlukan skill khusus untuk mengendaraiinya dengan mulus, motor jenis automatic telah di rancang sedemikian rupa untuk memudahkan pengendara.

Jika sobat termasuk pengendara pemula, motor jenis matic ini bisa menjadi pilihan atau solusi terbaik! Pasalnya, dengan motor matik sobat tidak perlu menguasai teknik kombinasi gear dan kopling layaknya mengendarai motor manual.

Selain itu, motor matic telah di rancang dengan secara otomatis! Sehingga, akan memudahkan sobat dalam berkendara di segala macam jenis kondisi jalan.

Perawatan rutin, menjadi sebuah keharusan jika sobat sering mengendarai motor automatic untuk beraktifitas setiap hari! Salah satu yang paling di keluhkan pengendara adalah timbulnya gredek atau bunyi getaran pada komponen Countinuously Variable Transmission (CVT) saat pertama kali menghidupkan motor.

*Baca Juga : Helm yang Bagus dan Cocok Untuk Motor Matic

Lalu, apa saja pemicu terjadinya gredek-gredek tersebut dan bagaimana tips cara mengatasinya? Simak artikel ini, selengkapnya.

Penyebab Terjadinya Gredek Pada Motor Matic

Pengendara sering kali mengeluhkan terjadinya getaran yang kurang nyaman, saat menarik gas untuk menjalankan motor matic! Kondisi semacam ini di sebut Gredek atau Getaran, pada komponen CVT motor.

Seperti di ketahui, CVT itu sendiri merupakan komponen penting yang berperan untuk meneruskan putaran yang dihasilkan oleh mesin menuju roda motor bagian belakang.

Lantas, apa pemicu motor matic gredek? Gerakan saat tarikan awal ini biasanya dipicu slip pada kampas ganda. Slip ini terjadi, karena banyaknya kotoran dan debu yang menempel pada komponen CVT.

Kotoran dan debu tersebut biasanya berasal dari luar dan terisap dan terisap kedalam mesin motor. Selain itu, kotoran juga dihasilkan dari sisa kampas yang sudah terkikis habis! Debu dan kotoran ini akan menumpuk di rumah kampas ganda, sehingga memicu slip kampas dan mengakibatkan gredek pada motor matic.

Itulah sebabnya sobat sebagai pengendara di haruskan melakukan perawatan rutin untuk menjaga komponen motor agar selalu tetap bersih, sehingga performanya selalu optimal! Perawatan rutin juga mencakup penggantian komponen motor, jika di perlukan.

Tips Cara Mengatasi Gredek Pada Motor Matic

Berikut ini beberapa tips atau cara yang bisa sobat lakukan untuk mengatasi gredek pada motor matic sobat:

1. Membuat Lubang pada Mangkuk Kampas Ganda

Jika motor matic sobat mengalami Gredek, langkah awal yang bisa di lakukan adalah membuat lubang pada mangkuk kampas ganda! Sobat bisa meminta bantuan montir bengkel untuk melakukannya atau sobat pun bisa melakukannnya sendiri di rumah.

Lubang-lubang yang dibuat pada mangkuk kampas ganda, akan sangat berguna untuk membuang semua kotoran dan debu yang memicu Gredek pada komponen CVT motor sobat! Selain itu, lubang-lubang ini bisa juga berperan sebagai pendingin.

Dengan melakukan tips sederhana ini, suara Gredek pada mesin motor sobat niscaya dapat bisa berkurang.

2. Membuat Permukaan Mangkuk Kampas Ganda Lebih Kasar

Jika tips melubangi mangkuk kampas ganda pada poin pertama tidak berhasil mengurangi bunyi Gredek pada motor matic, maka sobat bisa melakukan tips yang kedua ini yakni buatlah permukaan mangkuk kampas ganda lebih kasar dari sebelumnya.

Dalam dunia otomotif teknik, seperti ini biasanya di sebut dengan istilah Karteling! Teknik karteling di lakukan dengan membuat garis-garis, pada permukaan mangkuk kampas ganda dengan tujuannya yakni agar permukaan mangkuk kampas menjadi lebih kasar dari bawaan pabrikan.

Dengan melakukan teknik ini, kampas ganda yanhg berada dalam mangkuk akan mencengkram lebih kuat ke mangkoknya. Perlakuan ini, akan meminimalkan terjadinya slip sebagai pemicu terjadinya Gredek pada motor matic.

Akan tetapi agar hasilnya lebih maksimal, alangkah baiknya sobat perlu meminta bantuan montir bengkel guna melakukan teknik semacam ini.

3. Ganti Kampas Ganda dengan Material Lebih Keras.

Kampas ganda bawaan pabrik, biasanya lebih cepat terkikis habis. Sisa-sisa dari kikisan akan menjadi kotoran yang mudah menempel pada komponen CVT dan menimbulkan Gredek pada motor matic.

Setelah sobat melakukan teknik karteling seperti pada poin kedua yakni dengan membuat permukaan mangkuk kampas ganda menjadi lebih kasar dari sebelumnya, sobat perlu mengganti kampas ganda bawaan pabrik dengan kampas yang terbuat dari material yang lebih keras.

Sobat bisa mencoba kampas ganda berbahan karbon untuk mengganti kampas ganda bawaan pabrik, yang sudah terpasang di motor sobat! Selain itu, jika kesulitan menemukan kampas ganda berbahan karbon, maka sobat bisa melakukan teknik pantekan pada kampas dengan bantuan montir bengkel terdekat di kota sobat.

Pantekan kampas itu sendiri, merupakan sebuah teknik melapisi kembali kampas ganda yang sudah tipis atau habis pada motor. Teknik melaipisi kampas ini, biasa di lakukan juga untuk motor manual.

Melapisi kembali kampas ganda yang sudah habis atau tipis, akan mengurangi terjadi bunyi Gredek atau getaran pada motor matic kesayangan sobat.

Perawatan rutin secara menyeluruh pada motor matic akan sangat mempengaruhi kinerja performa motor, salah satunya adalah mengurangi kemungkinan terjadinya gredek. Selain itu, dengan perawatan akan membuat motor sobat awet dan tahan lama untuk di kendarai jangka waktu yang panjang.

Demikian ulasan kami kali ini materi tentang penyebab motor matic gredek-gredek yang disertai juga dengan tips cara mengatasinya.

Apakah ini bisa membantu? sekian dan terimakasih sudah berkunjung, semoga artikel ini bisa bermanfaat. Jangan lupa juga, untuk menyimak artikel menarik lainnya yang mungkin saja ada yang di suka pada bagian artikel terkait di bawah artikel ini.

Deskripsi : motor matic gredek saat dingin | motor gredek di rpm rendah | motor matic gredek saat mau jalan | cara mengatasi motor beat gredek | cara mengatasi motor matic gredek | cara+menghilangkan+gredek+di+cvt | penyebab kopling motor gredek.