Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Merawat Body Motor Agar Tampilan Terlihat Seperti Baru

Tampilan body motor kesayangan sobat akan tergantung, bagaimana cara sobat merawatnya. Yuk, miliki kendaraan bermotor yang tampilannya selalu terlihat seperti baru dengan tips-tips berikut ini.

Cara Merawat Body Motor

Semuanya pasti sudah tahu, baik mobil atau motor kini sudah menjadi salah satu kendaraan favorit bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia.

Hal ini karena kendaraan terutama motor yamaha fazzio hybrid motor kekinian yang ramai di perbincangkan, memiliki harga yang cenderung lebih murah di bandingkan dengan kendaraan besar dan lebih bisa di andalkan saat terkena macet saat berkendara.

Dalam keseharian, sobat mungkin tidak bisa lepas dari kendaraan motor tersebut! Agar body motor tetap awet, tentunya kendaraan ini harus di beri perhatian khusus yakni perawatan.

Yuk, simak tujuh cara merawat body motor agar tampilannya selalu terlihat seperti baru, berikut ini!

1. Mencucinya secara teratur dengan teknik yang benar.

Kebersihan adalah sebuah faktor yang sangat penting yang harus selalu di perhatikan, itupun jika ingin menjaga tampilan motor agar tetap terlihat kinclong dan seperti baru.

Untuk itu, sobat harus selalu mencucinya dengan secara teratur terutama bilsa motor selalu di gunakan setiap harinya! Namun, jangan langsung membasuhnya dengan air sesaat setelah di pakai. Mengapa?

Karena hal semacam ini, yakni langsung membasuhnya dengan air sesaat ketika motor selesai di pakai dapat merusak bagian penting pada mesin motor! So, sobat tunggu beberapa saat sampai mesin motornya benar-benar dingin.

Mulailah merawat motor kesayangan sobat, dengan membersihkan pada bagian rantainya terlebih dahulu. Sobat dapat menggunakan sikat gigi bekas di rumah, untuk menjangkau seluruh bagiannya.

Hindari masuknya air ke rem dan bantalan, untuk mencegah terjadinya korosi pada motor. Lalu, lanjutkan dengan membersihkan bagian body motor dengan menggunakan air dan spons terlembut yang sobat miliki.

Selain itu, hindari pula semprotan air air yang bertegangan tinggi agar tidak merusak lapisan cat pada body motor.

2. Jangan menggunakan deterjen untuk membersihkannya.

Larutan deterjen memang akan sangat efektif dan ampuh, untuk menghilangkan noda kotor yang menempel bandel pada body kendaraan motor dan sobat mungkin pernah menggunakan detergen ini untuk mecuci kendaraannya! Namun tahukah sobat, kalau itu bukanlah sesuatu yang kami rekomendasikan.

Pasalnya, senyawa kimia yang ada pada detergen dapat memudarkan warna cat pada body motor! Jadi motor bukannya kinclong, hal ini justru malah dapat membuat tampilan kendaraan motor kesayangan sobat terlihat lebih kusam.

Sebaiknya sobat gunakan cairan pembersih yang memang di khususkan untuk mencuci kendaraan roda dua, agar cat pada body motor bisa terjaga dan terawat dengan baik dan benar.

3. Gunakan minyak goreng untuk mengelap body motor.

Fungsi minyak goreng, ternyata tidak hanya untuk memasak diruangan dapur di rumah! Namun minyak goreng bisa juga di fungsikan atau bisa di gunakan untuk membuat tampilan body kendaraan menjadi lebih mengkilap.

Caranya? Tetesi secukupnya minyak goreng dan lapkan pada body kendaraan motor sobat dengan menggunakan kain bersi sebersih-bersihnya. So, hasilnya body motor pasti akan terlihat seperti baru.

Ya, minyak goreng meskipun saat ini harganya terbilang sangat mahal. Namun ternyata, manfaatnya tidak kalah dengan produk-produk pembersih body motor dari pabrikan yang biasa di jual dengan secara bebas dalam merawat body motor supaya tampilan terlihat seperti baru.

Dengan begini, sobat sudah bisa menghemat pengeluaran untuk biaya perawatannya. Alternatif lain selain minyak goreng, sobat juga dapat menggantinya dengan menggunakan minyak kayu putih.

4. Hindari paparan sinar matahari secara langsung.

Apakah sobat sering memarkirkan kendaraan bermotornya roda dua di bawah paparan sinar matahari? Tampaknya, sobat harus menghenntikan kebiasaan buruk semacam ini.

Mengapa? Pasalnya, kandungan ultra violet dalam sinar matahari akan merusak lapisan warna cat pada kendaraan motor sobat yang membuat warnanya tampak kusam.

Sebaiknya, sobat pilih tempat parkir yang paling teduh seteduh-teduhnya untuk menjaga tampilan kendaraan roda dua tetap kinclong dan tetap seperti baru.

Jika tidak tersedia tempat teduh, maka sobat bisa menggunaan mantel sebagai penutup sekaligus pelindung body motor dari paparan sinar matahari yang panas.

Namun, sobat tidak boleh sering-sering melakukannya! Karena, cara seperti itu hanya berlaku di saat dalam keadaan mendesak atau terpaksa.

5. Jangan langsung mengelap debu dengan kain.

Debu menjadi salah satu faktor yang menyebabkan tampilan body kendaraan bermotor roda dua, menjadi terlihat kusam! Maka dari itu, sobat harus rajin-rajin dan rutin membersihkannya.

Akan tetapi, jangan langsung mengelapkannya dengan kain begitu saja. Hal ini dapat meninggalkan bekas berupa goresan, terlebih lagi kalau terdapat butiran pasir halus yang menempel pada permukaan body motor maupun kain lapnya itu sendiri.

Cara yang tepat dalam mengelap debu dengan memakai kain lap pembersih motor, adalah dengan menyiramnya terlebih dahulu body motor dengan menggunakan air bersih.

Hal semacam ini, tentunya bertujuan untuk menghilangkan kotoran debu dan pasir yang menempel pada body motor kesayangan sobat disaat selesai mengendarainya.

Setelah selesai menyiram body motor dengan ari bersih, sobat dapat mengelapnya dengan menggunakan kain lap yang bersih dan lembut.

6. Perhatikan juga komponen logamnya.

Komponen logam pada kendaraan motor seperti mesin, roda 2, dan lain sebagainya, tidak boleh luput dari pandangan dan perhatian sang pencuci yang hendak merawat body motor supaya tampilan terlihat seperti baru.

Bersihkan segera komponen - komponen logam tersebut saat motor kesayangan terkena air hujan! Perihal ini, karena kandungan garam yang tinggi pada air hujan dapat menyebabkan korosi pada logam yang dapat juga membuat cat pada body motor mengelupas.

Selain itu, hindari penggunaan sikat kawat atau sikat yang bulunya terlihat kasar saat membersihkannya karena dapat melukai permukaan pada komponen logam yang ada di seluruh bagian body motor.

7. Menggunakan Skotlet.

Selain dapat membuat penampilan kendaraan roda dua kesayangan terlihat menjadi lebih menarik dilirik, penggunaan skotlet pada permukaan body motor juga berfungsi untuk melindungi body motor itu sendiri.

Ya, dengan menggunakan skotlet! Permukaan body motor, bisa terhindar dari goresan benda tajam yang tidak di inginkan serta dapat melindungi pula body motor dari paparan sinar matahari yang panas secara langsung.

Sehingga hal ini dapat membuat kendaraan kesayangan bisa lebih awet dan menghambat penurunan kualitas tampilan pada body motornya!

Gunakan jasa pasang skotlet terdekat di lingkungan sobat, agar tampilan pada body motor dapat terlihat rapih dan cantik serta lebih enak dipandang mata.

Beberapa cara merawat body motor yang disebutkan di atas, sangatlah mudah dan dapat sobat lakukan sendiri di teras rumah maupun di halaman belakang rumah dimana sobat biasa mencuci motor.

Tapi, bila sobat terlalu sibuk dan tidak sempat membersihkannya, maka sobat bisa menggunakan jasa pembersih kendaraan atau tempat pencucian mobil dan motor yang tersedia disekitar lingkungan terdekat di rumah sobat.

Apakah ini bisa membantu? Silahkan dibagikan saja, bila sobat ingin berbagi dengan kawan atau kerabat di sekitar dengan carra menekan tombol berbagi yang sudah kita sediakan dibawah artikel ini.

Akhir kata, sekian dan terimakasih telah menyimak ulasan di situs larantukagypsum.com dan semoga ini bisa bermanfaat terutama buat sobat yang sudah mempunyai motor kesayangan di rumahnya.