Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Indikator (Tanda) Kampas Rem Motor Perlu Diganti, Catat Ya!

Simak penjelasan seputar kampas rem berikut ini mulai dari fungsi, lalu kemudian indikator yang menandakan kampas rem harus di ganti, hingga sampai tips dalam memilih kampas rem yang baik dan bagus.

5 Indikator (Tanda) Kampas Rem Motor Perlu Diganti

Sepeda motor kini menjadi salah satu kendaraan yang paling banyak di gunakan di Negara Indonesia, mengingat harganya yang cukup terjangkau termasuk dengan harga kampas rem motor itu sendiri baik motor honda beat matic maupun jenis motor lainnya.

Bahkan sepeda motor dari merk yamaha maupun honda terbaru dengan jenis matic atau listrik, bisa menjadi sumber mata pencaharian bagi sebagian masyarakat khususnya di Indonesia.

Oleh karena itu, perawatan komponen-komponen pada motor tersebut menjadi satu hal yang sangat penting untuk selalu di perhatikan dengan diberikannya perlakuan yang khusus.

Adapun salah satu komponen yang memerlukan perhatian salah satunya adalah komponen rem pada motor, apalagi mengingat fungsi dari rem itu sendiri yakni untuk keamanan saat berkendara agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak di inginkan semisal kecelakan bertabrakan.

Sebagai informasi, komponen rem pada motor ini bahan materialnya terbuat dari besi! Maka, saat di gunakan bisa menimbulkan gesekan dengan as roda motor baik depan maupun belakang.

Maka dari itu pula, rem pada sepeda motor laki memerlukan kampas pada permukaannya. Namun terkadang ada saatnya juga, kampas rem pada motor matic baik honda maupun yamaha perlu di ganti dengan yang baru apabila ciri-ciri kampas rem motor habis! Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Fungsi kampas rem mobil terutama pada sepeda motor pada roda depan dan belakang dengan jenis remnya bisa jadi tromol atau cakram, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • mengatur sistem pengereman motor dengan menjepit piringan
  • memudahkan pengereman di jalan yang menanjak atau menurun
  • serta dapat membantu seseorang saat harus rem mendadak

5 Indokator (Tanda) Kampas Rem Mesti Di Ganti

1. Menimbulkan decitan saat mengerem.

Bila motor sudah lama di gunakan pastinya kampas rem akan menjadi semakin menipis, bukan? Hal seperti ini, akan meingkatkan kemungkinan rem akan bergesek langsung dengan permukaan rodanya itu sendiri.

Nah, gesekan semacam itulah yang membuat kampas rem menimbulkan suara berdecit atau bunyi cit cit pada roda depan atau belakang saat pengendara mengerem kendaraannya.

Oleh karena itu bila terdengar suara berdecit pada mobil maupaun motor saat jalan dan mengerem, sobat perlu mengecek kondisi kampas rem dan segeralah menggantinya jika memang kampas remnya sudah habis atau menipis.

2. Ada bau seperti benda terbakar.

Selain menimbulkan suara decitan atau bunyi berdecit cit cit pada saat di gas lalu di rem, gesekan yang terjadi akibat kampas rem yang sudah menipis juga dapat menimbulklan bau seperti benda terbakar saat sobat berkendara.

Bau sangit pada motor matic semacam ada benda terbakar, biasanya akan keluar dari bagian belakang motor! Bila tercium bau hangus, ada baiknya sobat segera mengganti kampas rem motor nya dengan yang baru dan original.

3. Garis indikator yang sudah di lihat.

Indikator keausan kampas rem cakram maupun tromol yang dimiliki kendaraan mobil maupun sepeda motor, dapat membantu pemiliknya untuk memperkirakan waktu penggantiannya!

Makin samar garis indikator dari standar ketebalan kampas rem tromol maupun cakram terutama pada sepeda motor, misalnya saja kurang dari 2mm dan inilah saat yang paling tepat untuk mengganti kampas rem motor sobat.

4. Rem merespon dengan lambat.

Seperti yang di jelaskan sebelumnya, fungsi kampas rem sepeda motor baik pada roda depan maupun belakang akan sangat berguna terutama jika pengendara ingin mengerem secara mendadak.

Dengan demikian, respon rem motor kurang pakem atau ngempos menjadi sebuah aspek yang sangat penting untuk selalu di perhatikan.

Respon rem sepeda motor yang ngempos atau kurang pakem bisa menjadi indikator atau sebuah pertanda kampas remnya keausan atau mau habis.

Kampas rem yang telah aus dapat menimbulkan respon yang lebih lambat ketika sobat mengerem, sehingga perlu dengan segera di ganti dengan yang baru yang original demi untuk keamanan saat berkendara.

5. Pengendara harus menarik tuas dalam-dalam.

Pada rem tromol tidak pakem atau cara kerja kerja rem tromol motor, dimana kampas yang sudah menipis membuat pengendara harus menarik tuas rem dalam-dalam saat ingin mengerem.

Hal ini terjadi, karena setting atau penyetel jarak antara cakram dengan permukaan kampas rem yang kian semakin melebari.

Dengan demikian, ketika sobat merasa harus menarik tuas rem lebih dalam saat mengerem? Maka, sobat perlu mengecek kondisi kampas kemudian menggantinya dengan kampas yang baru bila kampas lama sudah aus.

Tips Memilih Kampas Rem

Bila sobat kebingungan dalam memilih kampas rem motor sobat, cobalah beberapa tips dibawah ini yang mungkin bisa membantu:

1. Harga.

Harga merupakan salah satu indikator kualitas dari suatu barang, tidak terkecuali kampas! Menyesuaikan dengan budget memang perlu, tetapi juga jangan tergiur dengan harga kampas rem motor yang terlalu murah.

Pasalnya, kampas rem motor yang biasa saja terbuat dari bahan-bahan yang tidak berkualitas atau sebut saja kampas berbahan asbestos dan bahan ini memiliki harga yang murah.

Meski demikian, asbestos merupakan bahan yang tidak ramah lingkungan dan juga kurang aman bagi pengendara bila sudah di pasangkan pada sepeda motor untuk di jadikan sistem pengereman.

Sobat bisa memilih kampas untuk rem motor dengan jenis bahan-bahan lainnya, seperti:

  • kampas semi-metalik
  • kampas non-asbes organik
  • atau kampas keramik

2. Ketebalan.

Karena kampas merupakan barang yang bisa menjadi tipis atau aus seiring berjalannya waktu, sobat perlu memperhatikan standar ketebalan kampas rem sepeda motor pada saat membelinya.

Pilihlah kampas rem depan atau belakang yang tebalnya sesuai standar agar memiliki daya tahan yang lebih lama! Sehingga, tidak perlu repot harus sering-sering mengganti kampas.

3. Berat.

Bila mencari rem belakang matic honda tipe motor beat maupun scoopy yang baik, sobat bisa membedakannya dengan berdasarkan berat kampas itu sendiri.

Jangan pilih kampas rem motor yang terlalu ringan dan pilihlah kampas yang terasa berat saat diangkat. Berat kampas ganda beat maupun lainnya yang baik, umumnya memiliki material yang lebih padat serta lebih tebal.

Sehingga, efek per sentri keras kampas rem motor bisa lebih awet dan bisa di gunakan dalam jangka waktu yang panjang karena tidak mudah aus.

Itulah penjelasan mengenai indikator kampas rem kendaraan bermotor mulai dari fungsi, kapan waktu terbaik untuk mengganti kampas rem motor, hingga sampai tips memilih kampas rem motor yang baik.

Mungkinkah informasi seperti dapat membantu? Yuk di bagikan saja artikel ini melalui tombol berbagi yang sudah di sediakan dibawah, itupun bila sobat ingin berbagi dengan kawan pecinta motor di sekitar, siapa tahu membutuhkannya.

Akhir kata, sekian dan terimakasih atas kunjungannya dan semoga ini bisa bermanfaat. Jangan lupa untuk menyimak artikel menarik lainnya yang mungkin ada yang disukai pada bagian artikel terkait berikut.