Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tujuan Wisata Budaya di Yogyakarta Yang Wajib di Kunjungi

Provinsi DI Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata utama yang berada di Indonesia selain Bali, di mana Yogyakarta adalah salah satu daerah di Indonesia yang mempunyai unsur kebudayaan yang masih sangat kental.
Tujuan Wisata Budaya di Yogyakarta, Yang Wajib di Kunjungi.
Foto By. Pinterest.com
Apabila sobat bertandang kesana, akan di rasa kurang rasanya jika belum pernah mengunjungi deretan wisata budaya di Yogyakarta ini.

Kota jogja merupakan salah satu provinsi di Indonesia, yang masih memegang teguh adat istiadat dan kebudayaan jawa yang masih sangat kental.

Sehingga dengan pesonannya tersebut membuat Yogyakarta menjadikan daya tarik tersendiri untuk para pengunjung, baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara.

So, buat sobat yang sedang berkunjung ke kota pelajar ini, selain sobat bisa menikmati wisata kuliner, wisata alam maupun wisata pantainya!

Sobat dapat sekalian mampir, untuk menikmati beberapa wisata budaya yang terdapat di Daerah Istimewa Yogyakarta ini.

Rekomendasi Wisata Budaya di Yogyakarta

1. Tamansari

wisata budaya tamansari yogyakarta
foto by : pariwisata.jogjakota.go.id
Dalam bahasa jawa istilah kata Tamansari ini mempunyai makna tertentu, dimana tamansari itu berarti sebuah taman yang indah.

Tempo dulu taman sari merupakan destinasi untuk berkreasi Sultan atau Raja Ngayogyakarta Hadiningrat, beserta sanak saudara dan juga semua para kerabat istana.

Kompleks dari tempat pemandian tersebut, juga merupakan warisan peninggalan Sultan Hamnegkubuwono pertaman.

Di Tamansari Sobat dapat menemukan lokasi bangunan yang berupa Sumur Gemuling, dimana Sumur Guling ini merupakan bangunan bertingkat yang lantai bawahnya terdapat di bagian tanah.

Pada masanya, Sultan atau Raja menggunakan SUmur Guling tersebut sebagai tempat untuk beribadah.

Tamansari, tak hanya untuk tempat beristirahat dan berekreasi saja!

Pada jaman dahulu, Tamansari juga kerap di pakai sebagai tempat persembunyian untuk para kerabat dan juga keluarga kerajaan disaat ada serangan musuh yang mengincar.

2. Keraton Yogyakarta

wisata budaya tamansari yogyakarta
foto  by : worldtourismplace
Wisata budaya keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, merupakan salah satu wisata budaya di Yogyakarta yang cukup popular.

Keraton Yogyakarta adalah istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat sekaligus sebagai salah satu ikon pariwisata, di kota Jogja.

Kompleks pada bangunan keraton masih memiliki sebagai hunian Sultan, yang hingga sampai sekarang in masih terus menjalankan tradisi kelsultanan.

Sebagian komplek yang lainnya, di gunakan sebagai museum yang menyimpan beragam macam koleksi kepunyaan Sultan-sultan Keraton Yogyakarta semenjak jaman dahulu.

Koleksi museum tersebut, mencakup beragam macam pemberian dari Raja-raja Eropa di masa lampau, semisal gamelan, replika pusaka keraton, alat musik, dan lain-lainnya.

Selain itu, Keraton Yogyakarta ini juga popular sebagai pusat museum hidup kebudayaan Jawa yang terdapat di Kota Jogja, serta menjadi panduan untuk perkembangan kebudayaan Jawa.

2. Museum Sonobudoyo

wisata budaya museum sonobudoyo  yogyakarta
foto by : alodiatour
Bangunan Museum Sonobudoyo ini dulu di resmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono VIII, dimana bangunan ini adalah bangunan yang mempunyai koleksi budaya dan juga sejarah Jawa yang paling lengkap.

Dengan kata lain Museum Sonobudoyo ini, merupakan urutan kedua sesudah Museum Nasional RI (Republik Indonesia) yang berada di Kota Jakarta.

Museum Sonobudoyo ini, mempunyai koleksi patung perunggu sejak abad ke dedelapan dan juga koleksi keramik dari jaman Neolitik.

Selain itu, museum ini juga mempunyai beragam bentuk wayang kulit serta berbagai macam senjata tradisional khas Jawa, termasuk didalamnya terdapat keris dan topeng Jawa.

Tahun 1919, museum ini di dirikan sebagai Java Institut, dimana ini adalah sebuah yayasan yang bergerak pada sektor kebudayaan Lombok, Madura, dan Bali.

Tujuannya Yayasan Java Institut itu sendiri, tidak lain yakni hanya sebagai bentuk upaya pelestarian dan pengembangan budaya lokal.

3. Kota Gede

wisata budaya kota gede yogyakarta
Images By. TripJogja
Wisata budaya di Yogyakarta selanjutnya yaitu Kota Gede, dimana Kota Gede ini merupakan tempat yang paling tepat jika sobat ingin menyaksikan peninggalan dari Kerajaan Mataram.

Di Kota Gede ini, merupakan lokasi Panembahan Senopati sebagai pendiri dari Kerjaan Mataram di tahun 1575.

Panembahan Senopati adalah keturunan penguasa Kerajaan Mataram yang mendirikan candi-candi, seperti Candi Prambanan dan Borobudur.

Tak hanya itu, di Kota Gede juga sangat terkenal akan kerajina peraknya.

Bahkan hal tersebut, sangat popular hingga sampai mancanegara, dengan harga yang cukup terjangkau bagi para pengunjung.

Nah itu tadi sobat, beberapa wisata budaya di Yogyakarta yang bisa sobat jadikan alternatif liburan bagi sobat. Berjalan-jalan sembari menambah pengetahuan seputar kebudayaan, tentunya merupakan satu hal yang seru, bukan ?

Mungkin hanya itu yang dapat larantukagypsum.com sampaikan tentang informasi wisata budaya. Apakah ini bisa membantu ?

Sekian dan terimakasih, buat sobat yang sudah berkunjung dan menyimak informasi ini. Semoga atikel ini bisa bermanfaat dan berguna, bagi nusa dan bangsa. Amieen..!!