Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisaran Gaji Direksi dan Komisaris di Bank Popular di Indonesia

Gaji komisaris dan direksi bank berikut ini dapat membuat kita yang bekerja serabutan setiap harinya, akan membayangkan hal-hal yang tak pernah di bayangkan sebelumnya.
Gaji Direksi dan Komisaris Bank
Misalnya saja, kalo saya sebagai komisaris dan dewan direksi pada sebuah Bank terpopular di Indonesia, di setiap bulan terima gaji mungkin gajinya akan saya berikan semuanya pada orang yang membutuhkan.

Lalu, saya akan membayangkan kembali untuk bisa bekerja sebagai pegawai komisaris dan dewan direksi Bank, kemudian gaji setiap bulan berikutnya akan saya berikan lagi pada semuanya pada fakir miskin dan yatim piatu dan begitu seterusnya.

Entah kalo sobat yang membayangkan tentang gaji seorang komisaris beserta dewan direksi bank ini, akan di pakai untuk apa?

Mungkinkah akan sobat pakai untuk mencari istri muda agar bisa membantu istri pertama di rumah, ataukah mau di pakai untuk berlibur ke Afrika? Entahlah, kita tidak tahu. Hehehe.!!!

Gaji direksi dan komisaris bank, pastinya akan berbeda dengan gaji karyawan indomaret yang perbedaannya bisa jadi terbilang wow.

Pasalnya, Gaji Komisaris dan Direksi yang bekerja pada sejumlah Bank terpopular di Indonesia ini memiliki kisaran atau besaran nilai uangnya yang terbilang sungguh fantastis dan amazing.

Entah berapa kali lipat jumlahnya, bila di bandingkan dengan saya atau sobat yang seprofesi dengan saya sebagai seorang tukang bangunan atau pekerja serabutan! Mungkin, bisa jadi jutaan kali lipat selisihnya.

So, bila sobat kepo atau penasaran ingin mengetahui besaran gaji pejabat bank, yuk simak ulasan selengkapnya hingga selesai di halaman ini.

Dengan mengetahui gaji pegawai komisaris dan dewan direksi bank, siapa tahu bisa menjadi supplement atau penyemangat saya maupun sobat dalam menggapai cita-cita menuju ke tingkat kehidupan yang tinggi.

Gaji Direksi dan Dewan Komisaris Bank

Dimasa pandemi covid19 yang tak bisa diprediksi kapan akan berakhirnya, sejumlah emitmen terbesar yang bergelut dalam bidang keuangan sanggup menyelesaikan dengan goresan yang luar biasa dan dahsyat, di tahun 2021 lalu.

Di ketahui, rapor keuangan pada sejumlah emitmen terbesar tersebut, memperlihatkan terdapatnya pertumbuhan laba bersih dan pendapatan bunga yang cemerlang secara keseluruhan.

Di belakang cemerlang atau bersinarnya kinerja dari sejumlah emitmen terbesar itu sendiri, salah satunya adalah dari Bank Swasta dan tiga di antaranya dari emitmen milik BUMN (Badan Usaha Milik Negara) atau Bank berplat merah.

Ya, terdapat Bank Swasta yang juga merupakan salah satu emitmen yang memiliki kapitalisasi pasar terbesar!

Yang menarik dari para dewan direksi di keempat emitmen tersebut, menerima sejumlah bonus tunjangan beserta dengan gaji bulanan yang jika di total, maka nilainya sungguh dahsyat dan amazing.

Secara garis besarnya, direksi perusahaan memang sering kali terlibat dalam mengambil sebuah keputusan perusahaan secara harian.

Sehingga menjadi tidak heran bila pengahasilan direktur yang diperoleh, tingkat bayarannya lebih tinggi ketimbang dewan komisaris.

Meskipun begitu, dalam membandingkan gaji komisaris saja dengan kita yang bekerja sebagai pejabat serabutan tukang bangunan masih terlampau sangat jauh perbedaan jaraknya, hingga sampai jutaan mil.

Dilansir situs CNBC Indonesia, total insentif dan tunjangan beserta gaji direksi dan dewan komisaris pada keempat bank popular dan terbesar di Indonesai yakni BNI, BCA, BRI, dan Mandiri adalah sebagai berikut:

1. Gaji Dewan Komisaris dan Direktur BBNI - Bank BNI

Bank BNI adalah Bank berplat merah atau Bank milik Badan Usaha Milik Negara (BBUMN) yang sangat popular dan juga merupakan Bank terbesar di Indonesia.

Bank plat merah yang satu ini mengabarkan, bahwa perusahaannya telah membayarkan kepada dewan komisaris beserta direksi perusahaan lebih dari 233 Milyar Rupiah sepanjang tahun 2021 yang lalu.

Walaupun, nilai secara angkanya terlihat sangat wow dan amazing! Namun menurut pihak Bank BNI, jumlah pendapatan lain beserta dengan gaji masih merupakan nilai yang terkecil.

Pasalnya, jumlah pendapatan secara keseluruhan yang didapat direksi dan dewan komisaris Bank BNI selama tahun 2021 tersebut menurun, di mana kisaran pendapatan di tahun sebelumnya atau tahun 2020 tertera hingga sampai 283 Milyar Rupiah.

Sementara, pegawai bank pada barisan Vice President dan komite audit yang juga mendapatkan insentif, bonus, serta gaji yang besar dengan jumlah nilainya mencapai 182 Milyar Rupiah lebih.

Lalu untuk tunjangan serta gaji Direktur, Bank BNI sendiri sudah menyalurkan dananya sebesar 62,96 Miliar Rupiah di tambah dengan tantiem atau bonus lainnya yang besarannya mencapai 85,48 Milyar Rupiah.

Kemudian untuk Dewan Komisaris sendiri, tunjangan dan gaji yang diperoleh di tahun lalu saja besarnya mencapai 23,70 Milyar Rupiah di tambah dengan bonus-bonus lainya sebesar 49,17 Miliar Rupiah.

Dan perlu sobat pahami bahwasanya di tahun 2021 lalu, di ketahui Perusahaan Bank BNI ini mempunyai 12 direktur dan 10 dewan komisaris.

Dan, itu berarti?

Pendapatan atau Gaji Direktur Bank BNI beserta tetek bengek dan lain - lainnya pertiap bulan, rata-rata mencapai angka 1.03 Milyar Rupiah.

Sementara gaji Dewan Komisaris di setiap bulannya, besarannya mencapai angka 607,25 Juta Rupiah.

2. Gaji Pimpinan Tertinggi BBCA - Bank BCA

Perusahaan Bank popular dan terbesar lainnya yaitu BBCA atau Bank BCA, dimana bank ini juga merupakan emiten atau pihak yang melakukan penawaran efek dengan investasi pasar terbesar di pasar modal.

Sepanjang tahun 2021 lalu, Bank swasta BCA melaporkan bahwa perusahaannya telah menggelontorkan sejumlah uang berupa tantiem pada Dewan Komisaris dan Direksi perusahaan, sebesar 440,39 Milyar Rupiah.

Tergolong nilai yang besar, bila dibandingkan dengan total pendapatan Bank BNI secara keseluruhan!

Namun, pihak Bank BCA menyampaikan bahwa nilai tersebut masih terbilang rendah, dimana tahun sebelumnya 2020 uang yang dibayarkan mencapai 445,18 Miliar Rupiah lebih besar dari tahun 2021.

Adapun perihal gaji dewan komisaris dan direkturnya atau pinpinan tertinggi yang diperoleh, tidak di rincikan oleh pihak BCA dalam laporan keuangan disetiap tahunnya.

Namun, dengan jumlah 5 orang yang duduk manis sebagai dewan komisaris beserta 12 orang direksinya?

Itu berarti, pendapatan pimpinan tertinggi Bank BCA rata-rata sebesar 2,16 milliar rupiah per tiap bulan berupa bonus dan diluar tunjangan serta gaji atau sebesar 25,90 milyar rupiah selama setahun.

3. Pendapatan BBRI (Bank BRI) ditahun 2021

Bank BRI ini juga, merupakan perusahaan Bank BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang popular dan terbesar di Indonesia.

Di tahun 2021 lalu, BBRI berplat merah ini melaporkan keuangannya bahwa perusahaannya telah membayarkan kepada para dewan komisaris dan direksinya, sebesar 722 Miliar Rupiah lebih.

Tidak cuma itu, bahkan pegawai kunci pada Bank BRI lainnya pun mendapatkan insentif dan bonus yang tidak sedikit meski tak dicatatkan secara rinci, yakni sekitar 814,92 Milyar Rupiah.

Jumlah pendapatan yang diterima dewan direksi dan komisaris pada perusahaan BBRI tersebut terdapat peningkatan, dimana tahun sebelumnya atau tahun 2020 pendapatannya hanya tercatat sebesar 660 miliar rupiah.

4. BMRI - Bank BRI Mandiri

Lalu emitmen yang terbesar yang terakhir pada pembahasan kali ini, yakni Bank Mandiri atau BMRI yang juga merupakan Bank Popular di Indonesia.

Bank Mandiri ini sempat di pegang oleh Bpk Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dimana laporan keuangan sepanjang tahun 2021 perusahaanya sudah membayarkan kepada dewan komisaris dan direksi, sebesar 740 Milyar Rupiah lebih.

Tak hanya itu, pejabat kunci lainnya pada Bank Mandiri semisal barisan vice presiden dan komite audit juga mendapatkan insentif, bonus, tunjangan dan gaji yang cukupu besar, yakni sebesar 636 Milyar Rupiah lebih.

Tercatat naiknnya pendapatan yang didapat oleh para dewan komisaris ditahun 2020, namun entah karena faktor apa pendapatan direksinya malah lebih rendah dari dewan komisaris.

Adapun tunjangan dan gaji direksi Bank Mandiri, perusahaan BMRI telah membayarkan dananya sebesar 214,79 miliar rupiah di tahun 2021, di tambah dengan tantiem atau bentuk bonus lainnya sebesar 313,38 milyar rupiah.

Sedangkan tunjangan dan gaji yang diperoleh dewan komisaris BMRI tahun 2021 lalu senilai 73,44 milyar rupiah, ditambah dengan bonus lainnya senilai 110,81 milyar rupiah.

Tercatat pula pada tahun 2021 lalu, bahwa Bank Mandiri mempunyai 12 direktur dan 10 dewan komisaris!

Dan itu artinya Jumlah pendapatan direktur Bank Mandiri yang diperoleh, bisa mencapai 3,67 milyar rupiah pertiap bulannya.

Sementara pendapatan dewan komisaris Bank Mandiri bisa mengantongi rata-rata sebesar 1,53 Milyar Rupiah per bulan.

Demikianlah ulasan tentang besaran gaji direksi dan komisaris dari keempat Bank Popular dan Terbesar di Indonesia, yang dapat kita sampaikan.

Apakah ini bisa membantu ?

Sekian dan terimkasih sudah berkunjung dan menyimak artikel ini. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi siapa saja yang memiliki semangat hidup yang tinggi dalam menggapai kesuksesan.