Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pagar Besi Berkarat? Ini Bestie, Penyebab dan Cara Perbaikinya.

Pagar besi berkarat ? Berikut ini penjelasan tentang penyebab pagar besi karatan dan cara mengatasi yang bisa sobat terapkan sendiri di rumah.

pagar besi berkarat

Pagar besi, semakin bertambahnya waktu pasti akan ada yang namanya karat atau kalo istilah popularnya karatan.

Desain pagar besi yang berkarat tersebut, pastinya akan berpengaruh pada penampilan exterior rumah menjadi tak sedap di pandang, betul?

Selain itu, masalah pagar besi karatan adalah merupakan sebuah persoalan yang tidak dapat sobat hindari! Hanya tinggal masalah waktu lamanya tidaknya pagar besi akan berkarat atau kapan waktunya pagar besi akan karatan ? Hal seperti inilah yang dapat sobat lakukan.

Dan ini artinya, jika sobat ingin pagar besi tidak karatan dengan waktu yang cukup lama? Maka harus diketahui penyebab berkaratnya pagar besi itu apa.

Sehingga dapat di lakukan langkah - langkah pencegahan karatan pada pagar besi secara dini, dan salah satunya caranya adalah merawatnya, agar pagar besi bisa bertahan lama dari karatan.

Namun jika sobat tidak terlalu menghiraukan kapan pagar besi akan karat atau mau cepat ataukah lambat pagar besi akan karatan, itu terserah! Maka, sobat bisa mengabaikan ulasan tentang penyebab pagar besi berkarat dan juga cara memperbaikinya.

Apabila sobat ingin mengetahuinya, maka di kesempatan kali ini larantukagypsum.com akan mencoba mengulas tentang pagar rumah besi berkarat.

Seperti yang telah di katakan, bahwa permasalah pagar besi ini tidak dapat kita hindari, tapi bisa kita ketahui penyebab dan juga cara mengatasinya.
Seperti apa penyebab pagar besi berkarat dan bagaimana cara mengatasinya, akan kita uraikan dengan secara ringkas namun padat. So buat sobat yang penasaran, yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Mengutip channel you tube Colouring Your Live mengatakan, bahwa pagar berkarat itu penyebabnya bisa bermacam - macam.

Penyebab Pagar Besi Berkarat?

Beberapa penyebab besi karatan, di antaranya adalah sebagai berikut:
  • Tidak adanya fitur anti karat pada cat besi yang di gunakan
  • Usia pagar besi yang sudah lapuk
  • Sering kali kena hujan
  • Cuaca di daerah sobat yang sangat Extrem
Jadi ketika cat yang di gunakan untuk pengecetan pagar besinya, itu tidak ada campuran bahan anti karatnya, maka ini bisa mengakibatkan pagar besi cepat karatan.

Lalu usia pagar yang sudah terlalu lama, juga merupakan penyebab utama, kenapa pagar besi jadi karatan. Kemudian penyebab lainnya pagar besi berkarat, oleh karena sering kali ini kena air hujan dan cuaca yang ektrem di lokasi sobat.

Cara Mengatasi Pagar Besi Berkarat

Jika penyebab pagar besi karatan di atas sudah di ketahui, pastinya sobat akan melakukan langkah-langkah apa saja yang perlu di ambil, bukan?

Langkah-langkah pencegahan tersebut adalah tugas sobat selanjutnya untuk memikirkan bagaimana solusinya, agar pagar besi tidak cepat karatan.

Berikut ini, cara mengatasi pagar besi yang karat atau berkarat:

1. Persiapkan bahan dan peralatan

Bahan dan peralatan untuk proses pekerjaan atasi pagar besi berkarat yang di butuhkan terlebih dahulu, yakni:
  • Cat dasar besi
  • Cat besi yang ada anti karatnya
  • Kape
  • Kain bersih
  • Kertas pasir (Amplas)
  • Kuas

2. Langkah-langkah Cara Memperbaikinya

Bagaimana cara mengatasi pagar besi yang berkarat, bisa sobat ikuti urutan langkah-langkah cara pengerjaan untuk bisa memperbaikinya, berikut ini:

  • Ampelas permukaan pagar besi

Langkah pertama adalah melakukan ampelas pagar besi hingga sampai bekas cat yang berkarat bersih sebersih - bersihnya.

Adapun ampelas yang di gunakan untuk pembersihan, biasanya menggunakan ampelas tipe kertas dengan ukuran yang 100.

  • Lap pagar besi yang di Ampelas

Langkah kedua, yaitu melakukan pengelapan pada permukaan besi yang sudah di ampelas sampai bersih, hingga tidak ada debu yang menempel.

  • Pengecatan cat dasar pagar besi

Langkah yang ketiga, yakni : melakukan pengecatan pada pagar besi dengan menggunakan cat dasar besi terlebih dahulu.

Fungsi pengecatan dasar salah satunya untuk meperkuat daya tempel cat besi pada permukaan pagar besi, sehingga warna cat bisa bertahan lama.

Pengecatan pada pagar besi berkarat sudah di ampelas, di lakukan dengan menggunakan alat yang namanya kuas tangan atau bisa juga dengan menggunakan kuas roll.

Namun kalo ada mesin compresor + spluitnya, maka lebih bagus dengan menggunakan mesin supaya finishing catnya bisa lebih maksimal.

  • Pengecatan Finishing Pagar Besi

Langkah keempat, jika cat dasar sudah di aplikasikan maka selanjutnya pekerjaan finishing pengecatan pagar besi dengan menggunakan cat khusus besi.

Pastikan cat besi yang di gunakan sudah ada bahan campuran anti karatnya, supaya pagar besi bisa tahan sangat lama terhadap karat! Proses pengecatan pagar besi bisa dengan menggunakan alat kuas tangan maupun alat kuas roll.

Namun lebih bagusnya, jika ada mesin semprot cat? Maka gunakan mesin khusus semprot cat besi untuk pagar besi rumahnya.

Adapun merk cat yang ada anti karat yang biasa di gunakan untuk pengecatan besi, kalo di kita ada cat merk Avian, Suzuka dan Nippon Paint.

Entah kalo di tempat sobat ? nanti bisa menanyakannya pada tuan toko yang menjual cat besi yang paling bagus dan ada anti karatnya.

  • Pembersihan

Langkah yang terkahir adalah melakukan pembersihan sisa-sisa sampah bekas bahan cat serta sampah lainnya, agar pemandangan pagar besi di sekitar bisa terlihat rapih.

Itulah info tentang kenapa pagar besi berkarat? Dan di atas itulah penyebab dan bagaimana cara mengatasinya.

Apakah ini bisa membantu? Sekian dan terimakasih sudah menyimak, semoga artikel ini bisa bermanfaat.Wassalam..!!