Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Helm Cocok dan Bagus Untuk Motor Matic, Helm Apa Ya Gan ?

Di antara jenis helm motor di Indonesia ini, helm mana yang paling cocok dan bagus untuk motor matic menurut sobat?

helm motor matic
Sumber Gambar : By. BikerRated

Di atas itu merupakan sebuah pertanyaan dari seorang kawan yang baru membeli motor matic merk nmax, tahun 2021 kemarin.

Namun helm yang di berikan dealer yamaha kata temenku itu, kurang begitu memuaskan! Pasalnya, helm yang di berikan pihak dealer yamaha tidak sesuai seperti yang di harapkan.

Misalnya saja, helm tidak pas di kepala alias longgar saat di pakai, lalu berat helm yang terlalu ringan, dan lain - lain.

Padahal motor matic nmax tersebut kata sahabat ku, di beli dengan harga cash lho? Tapi kenapa pengadaan jatah helm yang di berikan oleh pihak yamaha di dealer setempat, hanya biasa - biasa saja ? Seperti itulah kawanku berkata, kepadaku.

Selain itu yang di keluhkan nya lagi dari pabrikan yamaha ini, yakni tidak di berikannya bonus pembuatan nomor plat di saat stnk motor di terima.

Padahal, pabrikan honda! Selain helm dan tempat plat nomor juga di berikan dengan bonus pembuatan plat nomor dari dealer, di saat sntk dan bpkb selesai di buat.

Tapi bukan itu, yang akan larantukagypsum.com bahas di kesempatan pembuatan artikel kali ini, melainkan akan mengulas tentang jenis helm motor.

Jenis Helm Motor di Indonesia

Sebetulnya jenis helm motor matic apapun bebas di pakai, asalkan helm tersebut sudah memenuhi standar dan aturan yang berlaku.

Namun apakah helm tersebut akan cocok dan bagus, misalnya saja : ada helm jenis half face khusus untuk motor matic pcx, aeroc, dan nmax.

Lalu kemudian ada jenis helm off road yang sangat cocok di pakai untuk pengguna motor off road, dan lain sebagainya.

Jadi sebelum kita ke Helm yang cocok dan bagus untuk matic, kita ketahui dulu jenis helm di Indonesia yang sesuai dengan motornya.

1. Helm Cetok

helm yang cocok dan bagus untuk jenis motor

Yang pertama kita tampilkan dulu jenis helm cetok, dimana jenis helm ini dulu sering di pakai oleh para pengendara yang menggunakan motor jenis naked bike classic dan motor bebek.

Alasan kenapa dulu, helm ini sering di pakai ? Salah satunya penyebabnya adalah karena harganya pada waktu itu relatif sangat murah.

Akan tetapi dari segi keamanan dan keselamatan, di saat sekarang helm ini sudah tidak lagi di anjurkan untuk di pakai.

Meskipun begitu, sampai saat ini pun masih saja ada pengendara motor yang menggunakan jenis helm catok ini, bahkan mungkin masih banyak.

Terutama banyak di pakai oleh pengguna motor nmax wanita, oleh karena lebih merasa cocok dengan menggunakan helm catok ini.

2. Helm Open Face

helm yang cocok dan bagus untuk jenis motor

Jenis helm yang kedua ada helm open face, dimana jenis helm yang satu ini mirip - mirip dengan helm half face yang akan kita jelaskan setelah ini.

Jadi pada helm open face ini, tidak adanya visor yang terpasang pada batok helmnya. sepintas tampak depan semacam helm cetok! Helm jenis open face ini banyak di pakai oleh pengguna motor - motor classik atau motor yang di modifikasi gaya jadul.

Di kota - kota besar motor classik masih banyak di minati, bahkan sampai ada komunitas motor, khusus untuk motor - motor classik.

Sementara alasan kenapa pengguna motor classic lebih cocok menggunakan helm open face, katanya biar ada kesan retronya gitu.

3. Helm Half Face

helm yang cocok dan bagus untuk jenis motor

Helm half face ini, hampir sama bentuk dan desainnya dengan helm open face di atas. Yang membedakan, hanya dari visor yang terinstal pada helm jenis ini.

Jadi pada helm half face ada terdapat visor atau pelindung wajah berupa kaca khusus, pada bagian depan helmnya! Selain itu terdapat desain tambahan dengan bentuk seperti topi, pada bagian batok helm. Namun ada juga yang tidak memakai desain semacam itu, tergantung dari merk helm yang di gunakan.

Helm jenis half face ini, sangat sesuai dan cocok di gunakan untuk pengguna motor jenis skutik dan bebek! Meskipun ada juga sih, beberapa pengguna motor jenis naked dan full fairing yang memakai helm half face ini.

Jenis helm half face, sebetulnya merupakan jenis helm standar atau helm pabrikan yang biasa di berikan oleh dealer motor untuk konsumen yang baru membeli motor baru.

Namun ternyata, jenis helm half face ini ada terdapat kualitas helm bagus dan ada pula kualitas helm yang biasa saja! Sehingga helm yang delaer yamaha berikan pada kawan yang membeli motor nmax secara cash yang sudah di sampaikan di awal paragraf di atas, bahwa kualitas helmnya biasa - biasa saja.

4. Helm Full Face

helm yang cocok dan bagus untuk jenis motor

Helem yang keempat ada jenis helm full face yang sesuai dan cocok jika di pakai oleh pengendara motor untuk jenis motor sport naked dan full fairing.

Pasalnya helm jenis full face ini, jika melihat pada bentuk desain helmnya yang dapat menutup seluruh bagian kepala pengendara motor.

Sehingga akan sangat cocok dan sesuai buat sobat yang suka ngebut atau melakukan perjalanan sangat jauh dengan memakai jenis helm full face ini.

Karena dengan bentuk helm yang sudah aerodinamis bisa mengurangi hambatan angin yang menerpa di wajah, meskipun membawa motor dengan kecepatan tinggi dan ini artinya helm full face ini sangat cocok buat sobat pakai balapan di atas jalan aspal, seperti halnya Rosi.

5. Helm Off Road

helm yang cocok dan bagus untuk jenis motor

Jenis helm off road ini, tentunya akan lebih cocok dan sesuai jika di pakai untuk motor jenis off road! Helm ini agar kurang di anjurkan bagi pengguna motor naked bike atau full touring , oleh karena bentuk desain helmnya yang kurang begitu aerodinamis.

Pasalnya, bawa motor secara ngebut di jalan raya dengan menggunakan helm ini, kepala pengendara akan bergerak - gerak terkena angin! Akan tetapi kalo di lihat dari segi keamanan dan keselamatan, maka helm off road ini sangat bagus untuk melindungi kepala pengendara motor dari sesuatu tragedi yang tidak di inginkan.

Memakai helm off road ini juga bisa di kombinasikan goggles, agar dapat melindungi mata pengguna motor di saat mengendarai.

6. Helm Flip Up / Modular

helm yang cocok dan bagus untuk jenis motor

Lalu yang kelima ada helm jenis flip up atau modular, yang cocok untuk motor naked bike atau motor full fairing! Selain itu, helm helm flit up modular juga sangat cocok dan bagus jika di pakai pada motor skutik dan bebek.

Jika di lihat baik-baik pada gambar helm flip up / modular di atas sepertinya bentuk desain helm flip up (modular) ini, merupakan perpaduan antara jenis helm full face dan half face! Karena bagian visor dan rahangnya bisa di angkat atau di buka ke atas, sehingga wajah pengendara motor bisa terlihat jelas.

Jenis Helm yang Cocok dan Bagus untuk Motor Matic

Setelah sobat menyimak, jenis jenis helm di Indonesia yang sesuai dengan motornya pada penjelasan di atas! Pastinya sobat sudah bisa menebak sendiri, jenis helm mana yang cocok dan bagus untuk motor matic, bukan?

Kalo menurut kita, helm yang cocok untuk motor matic bagusnya dengan menggunakan jenis helm half face dan open face! Alasannya adalah karena helm half face ini dari pabrikan memang sengaja di buat untuk jenis motor matic pcx, aerox, nmax, hingga pengguna motor matic cowok maupun wanita.

Namun jika sobat ingin kelihatan bergaya sedikit atau ingin menjadi pengendara motor matic lain dari pada yang lain, masih dengan melihat dari kecocokan dan kepantasannya ? Maka sobat bisa menggunakan jenis helm cetok, flip up / modular, dan jenis helm open face jika di rasa nyaman dan aman.

Itulah ulasan tentang helm yang cocok dan bagus untuk motor matic, yang dapat kita sampaikan buat sobat pecinta motor.

Apakah ini bisa membantu? Sekian dan terimakasih atas kunjungannya di halaman ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat, amiin. Wassalam..!!