Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Laptop Gaming Murah dan Cara Merawat Baterainya, Agar Awet.

Laptop gaming murah dan bagaimana cara merawat baterai laptop agar awet serta tidak boros, bisa sobat simak penjelasan lengkapnya di halaman ini.
Laptop Gaming Murah Disertai Cara Merawat Baterai Laptop
Laptop gaming murah dan bagus, bisa dengan mudah Sobat dapatkan dari berbagai macam merek laptop yang tersedia di pasaran untuk kegiatan sobat bergaming sambil melepas penat.

Beberapa game memang pada laptop, terutama dengan grafik yang bagus biasanya membutuhkan ruang memori yang besar. Maka oleh karena itulah, laptop yang di gunakan juga harus memadai.

Tak hanya itu, prosesor penggerak laptop juga akan sangat mempengaruhi. Apalagi dengan game-game yang memiliki resolusi tinggi, maka itu tidak akan bisa Sobat mainkan di laptop biasa.

Laptop gaming, selalu identik pada banderol harganya yang mahal. Hal tersebut, karena laptop untuk bermain game memerlukan prosesor yang gahar sehingga tidak akan macet saat di gunakan.

Harga laptop gaming, kebanyakan berkisar di atas Rp 10 juta. Padahal, saat ini sudah ada berbagai merek laptop khusus gaming yang murah namun tetap dengan spesifikasi tinggi.

Rekomendasi Laptop Gaming Murah

1. Asus VivoBook Ultra A412DA - Rp. 8 Jutaan

Rekomendasi Laptop Gaming Murah Dibawah 10 Juta

Rekomendasi laptop gaming murah yang pertama berikut ini, hadir dengan tampilan stylish dan colorful yang membuatnya sangat cocok untuk kaum muda gunakan, di mana merk Asus memang sudah terkenal akan produk laptopnya.

Asus seri VivoBook Ultras A412DA, memiliki spesifikasi grafis Radeon Vega beserta prosesor AMD Ryzen Mobile 2nd Gen yang tangguh.

Tidak lupa dengan RAM sebesar 8 GB dan SSD Storage 512 GB yang membuat laptop ini, dapat di gunakan untuk game-game berat sekalipun.

Layar laptop ini berukuran 14 inci dengan resolusi 1.920 x 1.080 HD, yang sudah mendukung Windows 10. Sobat bisa mendapatkan laptop Asus VivoBook ini, dengan harga sekitar Rp 8 jutaan saja.

2. Acer Predator Netro 5 AN515-43 - Rp. 9 Jutaan

Acer Predator Netro 5 AN515-43 - Rp. 9 Jutaan

Merek Acer juga, sudah menjadi salah satu laptop terlaris di Indonesia! Tidak hanya laptop biasa, ternyata brands Acer juga mengeluarkan laptop gaming murah yakni ACer Predator Netro 5 AN515-43.

Laptop Acer Predator Netro 5 AN515-43 tersebut, di jual dengan harga sekitar Rp 9 jutaan saja. Dengan harga tersebut laptop gaming ini tentunya memiliki kualitas yang juara.

Layar IPS dengan refresh rate 60 Hz berukuran 15,6 inci Full HD, menjadi daya tarik utama laptop satu ini. Lalu dapur pacunya juga sudah menggunakan prosesor AMD Ryze 3550H dan GPU AMD Radeon RX 560X, yang memiliki kecepatan ini mencapai 1,275 Ghz.

Kemudian di sisi lainnya, ada RAM sebesar 8 GB DDR4-2400 dan kapasitas storage 1TB HDD! Sehingga, mampu memuat banyak data di dalamnya tanpa takut laptop menjadi lemot atau tersendat.

3. Dell Inspiron 3481 - Rp. 5 Jutaan

Dell Inspiron 3481 - Rp. 5 Jutaan

Perusahaan asal Amerika Serikat yakni Dell juga sudah mengeluarkan laptopnya yang di rancang untuk gaming dan salah satunya yakni laptop gaming Dell Inspiron 3481 yang sudah memiliki performa terbaik di kelasnya.

Bagaimana tidak, laptop ini sudah memakai prosesor Intel Core i3-7020U generasi terbaru. Dengan dukungan dual prosesor, kecepatan laptop gaming murah satu ini bisa mencapai 2,3 GHz.

Dari harga Rp 5 jutaan saja, Sobat sudah bisa mendapatkan laptop untuk gaming dengan RAM 4GB DR4 dan storage hingga 1TB HDD. Selain itu di tambah pula dengan layar IPS full HD sebesar 14 inchi yang membuat laptop Dell ini, menjadi salah satu laptop gaming terpopuler dengan harga murah.

4. Lenovo Seri L340 15API – AMD Ryzen 5 3500 - Rp. 8 Jutaan

Lenovo Seri L340 15API – AMD Ryzen

Laptop gaming Lenovo Seri L340 15API – AMD Ryzen 5 3500 menjadi rekomendasi selanjutnya, di mana laptop ini memiliki RAM 8 GB dan memori internal hingga 1TB yang menjadi salah satu keunggulan utama laptop satu ini.

Sobat, dapat memainkan berbagai macam game PC terbaik! Bahkan yang memiliki resolusi berat sekalipun, bisa bermain tanpa kendala macet yang berarti. Laptop lenovo seri l340 15API yang satu ini, memiliki harga jual mulai dari Rp 8 jutaan saja. Cukup murah, bukan?

Di atas itulah beberapa rekomendasi laptop gaming di bawah Rp 10 juta, dengan spesifikasi yang gahar dan perlu Sobat ketahui bahwa laptop gaming murah tersebut juga bisa digunakan untuk kebutuhan media lain, seperti :

  • edit video,
  • desain grafis,
  • photoshop,
  • atau hanya sekedar untuk kebutuhan kantor.

Setelah sobat memiliki salah satu laptop dari rekomendasi laptop gaming murah di bawah 10 juta di atas, maka perlu juga sobat ketahui bagaimana cara merawat baterainya berikut ini.

Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tidak Boros

Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tidak Boros

Laptop merupakan salah satu alat elektronik yang sering di gunakan, di era saat ini. Dengan adanya laptop sekarang membantu orang dalam menyelesaikan kegiatannya, seperti belajar dan bekerja.

Salah satu hal penting yang harus di perhatikan saat menggunakan laptop, yaitu pada baterai. Nah, ada beberapa cara merawat baterai laptop agar tetap awet.

Perawatan baterai bertujuan, agar laptop dapat awet dan bertahan lama! Sehingga, laptop bisa di gunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Ada beberapa cara yang bisa Sobat gunakan untuk merawat baterai pada laptop dan cara ini, bisa sobat gunakan pada semua jenis laptop. Selain itu, cara ini juga mudah untuk di lakukan.

Lalu, apa saja caranya? Berikut ini, penjelasan bagaimana cara merawat baterai laptop agar awet dan tidak boros.

1. Hindari Suhu Panas pada Laptop

Cara pertama yang bisa Sobat lakukan, yaitu dengan memperhatikan suhu pada laptop. Untuk penggunaan laptopnya jangan terlalu sering, sebaiknya di kasih jeda waktu.

Jika laptop di gunakan secara terus-menerus, akan dapat menyebabkan suhu laptop menjadi cepat panas. Karena, hal tersebut juga akan menyebabkan error pada sistem laptop dan salah satunya menurunnya performa baterai.

Adapun suhu yang baik pada laptop, harus berkisar antara 10 hingga 35 derajat celcius. Hindari juga kegiatan pada laptop yang terlalu lama, seperti bermain game, menonton film, dan lain sebagainya.

Selain itu sobat juga bisa menggunakan kipas laptop yang memadai, untuk tujuan untuk meminimalisir suhu panas pada laptop.

2. Tidak Terlalu Banyak Aplikasi

Cara merawat baterai laptop selanjutnya dengan tidak menggunakan aplikasi yang terlalu banyak, pada laptop. Karena, hal tersebut merupakan salah satu penyebab menurunnya performa baterai laptop.

Banyaknya aplikasi membuat laptop harus bekerja lebih keras, yang dapat membuat daya baterai cepat habis dan tidak awet.

So, Sobat dapat menggunakan aplikasi yang penting-penting saja dan jangan mengunduh aplikasi yang kurang penting dan jarang Sobat gunakan, untuk menghindari baterai laptop cepat boros.

3. Mengatur Kecerahan pada Laptop

Tidak hanya pada HP, ternyata laptop juga perlu mengatur kecerahan agar baterai tidak cepat boros dan lebih awet. Jadi di saat sobat menjalankan laptop, sebaiknya Sobat menggunakan tingkat kecerahan yang rendah jika tidak terlalu silau.

Karena cara seperti itu dapat mengatasi baterai laptop terhindar dari boros, yang nantinya juga berpengaruh pada kesehatan mata Sobat.

4. Cabut Charger Jika Sudah 100%

Saat melakukan pengecasan pada laptop pun, alangkah baiknya memperhatikan daya pada baterai laptopnya. Jadi, jika daya baterai laptop sudah mencapai 100%, sebaiknya sobat segera cabut charger dari laptop.

Perihal tersebut, untuk berjaga-jaga menghindari komponen baterai rusak dan tidak awet, oleh karena baterai laptop di aliri listrik secara terus-menerus.

5. Gunakan Charger Asli

Cara merawat baterai laptop selanjutnya, yakni dengan menggunakan charger asli laptop bawaan dari pabriknya. Karena hal tersebut, di lakukan untuk mensinkronkan aliran listrik ke laptop, sehingga baterai tidak mudah rusak dan awet serta tidak boros.

6. Jangan Sampai Laptop Mati Total

Jangan sering-sering membiasakan diri dalam menggunakan laptop, hingga sampai baterai habis dan mati total. Terlalu asyik menonton film, bermain game, dan bekerja adalah merupakan salah satu penyebab tersebut. Hal ini, tentunya dapat membuat baterai pada laptop tidak awet dan boros.

So, sebaiknya jika sudah ada pengingat baterai akan habis, sobat langsung cas laptopnya. Namun, jika tidak ada pengingatnya, sobat bisa lihat daya baterai saat sudah mencapai 20% pada layar, sebaiknya sobat langsung lakukan pengecasan pada laptop.

Itulah tips, agar baterai laptop tetap awet dan tidak boros! Sobat juga dapat menggunakan laptop secara berkala, jangan terus-menerus. Karena hal tersebut, dapat membuat kinerja pada laptop menurun terutama pada bagian baterainya.

Jika Sobat memiliki dana yang cukup, sebaiknya gunakan untuk membeli laptop baru. Karena, laptop baru lebih terjamin dari segi kualitas, performa dan baterai di bandingkan yang second.

Selain itu, juga untuk menghindari kecacatan pada laptop jika membeli second. Jika pun terpaksa membeli second, usahakan untuk memaksimalkan penjagaan dengan cara merawat baterai laptop tersebut salah satunya.

Ok, mungkin hanya itu yang bisa kita bahas di kesempatan pembuatan artikel kali, yakni tentang rekomendasi laptop gaming di sertai bagaimana cara merawatnya baterai laptop agar awet dan tidak boros.

Apakah ini bisa membantu ? Silahkan di share saja bila sobat berkenan berbagi dengan teman-teman sobat di sekitar, siapa tahu membutuhkan info seperti ini.

Sekian dan terimakasih sudah berkunjung serta menyimak, semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat bagi nusa dan bangsa. Amieen..!!!