Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Wisata Sejarah Yogyakarta dan Puncak Becici Jogja Yang Mengagumkan

Jogja selain di juluki sebagai Kota Pelajar, rupanya menyimpan wisata sejarah Yogyakarta beserta dengan puncak becici jogja yang sangat mengagumkan, yang tidak boleh ketinggalan untuk Sobat singgahi.
Wisata Sejarah Yogyakarta dan Puncak Becici Jogja
Oleh karena keistimewaan itulah, wisata di daearah Yogyakarta yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun asing. Selain itu, Yogyakarta menjadi destinasi utama bagi mereka pecinta sejarah dan budaya.

Wilayah ini, masih kental dengan budaya Jawa dan kerajaannya yang banyak menyimpan sejuta pesona yang memikat hati bagi semua orang.

Tak perlu panjang lebar, simak beberapa rekomendasi wisata sejarah yogyakarta dan puncak becici jogja yang bisa Sobat kunjungi.

Deretan Wisata Sejarah Yogyakarta

1. Wisata Sejarah Benteng Vredeburg

Siapa yang asing dengan, wisata Benteng Vredeburg? Tentunya, hampir tidak ada yang belum mengetahuinya.

Benteng Vredeburg itu sendiri masih berada di Kawasan Malioboro, bekas peninggalan Belanda.

Adanya bangunan tersebut, untuk memudahkan Belanda dalam mengontrol segala perkembangan Keraton Yogyakarta! Dan saat ini, benteng sudah dijadikan sebagai museum.

Jika sobat masuk ke dalam, nanti akan bertemu dengan diorama sejarah Indonesia, minirama, media interaktif, ruang audiovisual, dan masih banyak lagi.

Tentunya, pihak pengelola setempat selalu merawat dan menjaga keaslian bentuk bangunan benteng vredeburg ini.

Tiket masuk ke kawasan Benteng Vredeburg pun, sebenarnya tidak terlalu mahal! Namun, ada perbedaan harga tiket warga lokal dengan mancanegara.

2. Wisata Sejarah Museum Ullen Sentalu

Wisata sejarah Yogyakarta berikutnya, ada museum tercantik di Indonesia bernama Ullen Sentalu.

Tempat wisata sejarah di Yogyakarta yang satu ini, mampu menampilkan kebudayaan dan kehidupan bangsawan pada masa Dinasti Mataram.

Selain itu, pembangunan museum ini pun memiliki konsep yang menarik dan tampil dengan megahnya yakni dengan mnggunakan arsitektur gothic Eropa Abad Pertengahan dan Jawa.

Meski, pada dasarnya museum ini terlihat sangat artistik dan menawan. Namun, mampu berpadu dengan alam pegunungan serta pahatan tangan yang menarik.

3. Wisata Sejarah Monumen Jogja Kembali

Ketika sobat berkunjung ke Jogja jangan melupakan museum yang satu ini, namanya yaitu Monumen Jogja Kembali.

Monumen Jogja Kembali, merupakan salah satu kawasan wisata sejarah di Yogyakarta yang memperlihatkan adanya kekentalan sejarah perjuangan RI.

Bangunan monumen Jogja tersebut sudah berdiri sejak 29 Juni 1985 dengan pengelolanya, yakni Departemen Kebudayaan dan Pariwisata.

Konon pembangunan monumen ini, sangat memperhitungkan titik beberapa pusat bangunan! Misalnya saja : ada Keraton Yogyakarta, Tugu Yogyakarta, Gunung Merapi, Parangtritis, dan Panggung Krapyak.

Koleksi menarik dari isata sejarah Yogyakarta monumen Jojga Kembali ini adalah diorama presiden Soeharto dan Tandu Jenderal Soedirman.

4. Monumen Serangan Umum Sebelas Maret

Kemudian Wisata Sejarah Yogyakarta yang berikutnya lagi, ada sebuah musem yang tak kalah menariknya dengan Benteng Vredeburg?

Nama museum tersebut adalah Monumen Serangan Umum Sebelas Maret, dimana lokasinya berada di kawasan Benteng Vredeburg yang berguna untuk memperingati serangan Indonesia kepada BelSobat pada 1 Maret 1949.

Monumen tersebut, merupakan landmark serta cagar budayanya Yogyakarta! Sehingga menjadi tak heran jika masyarakatnya, bisa selalu mengingat perjuangan dalam melawan Bangsa Belanda di masa lalu.

Wisatawan yang mengunjungi lokasi ini akan sangat tertarik, tertutam bagi mereka wisatawan yang berasal dari mancanegara.

5. Museum History of Java

Wisata sejarah Yogyakarta sebenarnya sudah terangkum jelas, melalui kisah-kisah dari museum dan Kini sudah ada Museum history of Java yang berada di Pyramid Cafe Jl, Parangtritis Km 5.5.

Di Museum History of Javatersebut ini pula, para wisatawan bisa melihat koleksi benda purbakala yang menjadi daya tarik tersendiri.

Selain itu ada hal yang paling menarik, yakni para wisatawan mampu menikmati benda tersebut secara langsung melalui teknologi Augmented Reality.

Koleksi tersebut berasal dari masa prasejarah hingga kerajaan lama, yang biasa di buka dari mulai pukul 9 pagi hingga 6 sore.

Bila sobat hendak berkunjung ke Museum History of Java, maka sobat tidak perlu mengeluarkan banyak anggaran atau biaya.

Pasalnya, harga tiket yang ditawarkan masih sangat terjangkau untuk wisatawan lokal. Lain hal dengan wisatawan asing, dimana tiketnya ditawarkan dengan harga yang tinggi.

Dengan memahami wisata sejarah Yogyakarta tersebut, Sobat bisa berkunjung kapan saja sambil menambah wawasan.

Selain mendapatkan ketenangan dan keindahan Jogja, Sobat juga bisa semakin memahami sejarah Indonesia, bukan?

Dan hal tersebut, tentunya menarik untuk dipelajari guna mengingat perjuangan para pahlawan dimasa lalu.

Puncak Becici Jogja, Spot Hutan Pinus yang Menawan.

Wisata Sejarah Yogyakarta dan Puncak Becici Jogja
Bila sobat mulai bosan dengan kunjungan wisata sejarah yogyakarta diatas, maka sobat bisa mengunjungi Puncak Becici Jogja yang merupakan kawasan wisata puncak.

Puncak Becici Jogja dengan latar hutan pinus yang eksotik, kini hadir menjadi bukit wisata untuk ikut meramaikan dunia pariwisata di Kota Jogja.

Sejak kunjungan presiden AS yang ke-44 yakni Barack Obama, bukit yang terkenal dengan spot hutan pinus ini tidak pernah sepi dari pengunjung.

Ya tak pernah sepi, meski banyak destinasi wisata puncak ternama lainnya di Bantul! Namun, Puncak Becici adalah tempat favorit beliau (Barack Obama) ketika singgah di Indonesia.

Puncak dengan ketinggian sekitar 380 mdpl memungkinkan para pengunjung, bisa menyaksikan keindahan panoramaa Candi Prambanan dan bentang alam kota Jogja.

Sobat juga bisa leluasa menyaksikan siluet Pantai Selatan Jogja, Gunung Merapi, dan Sindoro dari arah Selatan Becici.

Berikut adalah review pesona yang ditawarkan Bukit Becici Jogja, mulai dari Lokasi hingga sampai aktivitas yang menarik:

1. Lokasi Puncak Becici Jogja

Kawasan hutan pinus seluas 4,4 hetar ini berada di Gunung Cilik Kecamatan Dlingo, Bantul tepatnya di Desa Muntuk! So, Sobat membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk menempuh jarak 30 km dari pusat Kota Jogja.
Kawasan yang berada dekat dengan hutan pinus Imogiri ini, telah membuka pelayanan kembali pada 22 Juli 2020 lalu sejak pandemi Covid 19 melanda dunia! Namun, pengunjung tetap harus memenuhi protokol kesehatan.

Di pintu masuk area Puncak Becici,sobat sebagai pengunjung akan menjalani pengukuran suhu tubuh, wajib pakai masker, dan jaga jarak.

Selain itu, Becici juga melakukan penyemprotan desinfektan secara berkala di setiap hari Senin.

2. Gardu Pandang Spot Foto Favorit

Fasilitas berupa gardu pandang sebagai tempat atau spot foto favirit ini wajib Sobat coba, saat berkunjung ke Becici.

Gardu pandang spot yang cukup tinggi tersebut, memungkinkan sobat sebagai pengunjung bisa melihat pemandangan yang elok Kota Bantul dan di sekitarnya dengan secara jelas.

Lalu, fasilitas lampu hias di Becici juga cukup memadai! Hal ini, akan sangat memungkinkan sobat untuk berfoto selfie di malam hari pada gardu pandang becici tersebut.

3. Outbond Ceria

Dengan bernuansa alam hutan pinus, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas outbond yang tak kalah menarik.

Sejuknya hawa di Puncak Becici Jogja juga, dapat mengalahkan rasa lelah para pengunjung yang menapaki tempat ini.

4. Foto Pre Wedding

Pihak pengelola di puncak becici jogja juga menyediakan sejumlah paket foto pre wedding, dimana hasil foto pre wedding yang diambil pastinya akan semakin sempurna disaat momen sunset.

5. Jeep Wisata

Komunitas jeep wisata, Dlingo Adventures Community juga turut serta ikut meramaikan Puncak Becici Jogja.

Sobat dapat melakukan destinasi wisata ke sejumlah objek wisata di kawasan Dlingo, dengan menggunakan jeep wisata tersebut.

Adapaun tarif jeep, biasanya di sesuaikan dengan panjang trip mulai dari Rp 250.000 hingga Rp 500.000.

6. Trekking

Bila sobat hoby dengan trekking, maka dengan rekomendasi puncak Becici Jogja untuk kegiatan trekking juga merupakan hal yang tepat yang bisa lakukan.

Pecinta trekking, dapat berpetualang menjelajahi kawasan hutan pinus.! Jalanan menanjak, menurun, baik yang sudah di semen ataupun masih berupa tanah, tentunya akan semakin menyenangkan untuk perjalanan trekking Sobat.

7. Berburu Sunset

Puncak Becici Jogja juga, terkenal akan keindahan panorama saat sunset! So, para pengunjung bisa menjadikan momen sunset sebagai aktivitas yang seru dan sayang bila di lewatkan.

Bila menjelang sore tiba sebelum sunset hadir, Puncak Becici Jogja akan mulai ramai pengunjung yang berdatangan untuk melihat sunset.

7. Piknik Keluarga

Puncak Becici Jogja juga merupakan wahana alam yang tepat, untuk melepas kejenuhan dengan keluarga setelah beraktivitas!

Suasana alamnya yang damai, dapat membantu sobat menyegarkan kembali pikiran yang semakin mengakrabkan sobat dengan keluarga.

Bila pada malam tertentu, di Puncak Becici Jogja akan selalu di suguhkan sebuah pertunjukkan musik live.

Kemudian, jika sobat tidak kuat dengan hawa dingin Puncak Becici, fasilitas aula yang di sediakan pengelola dapat digunakan untuk family gathering Sobat.

8. Camping

Bermalam di tenda-tenda yang di sewakan, juga merupakan kegiatan yang tak kalah serunya dengan kegiatan atau aktifitas lainnya.

Lampu-lampu hias yang di hadirkan pun, dapat menghilangkan nuansa seram di hutan pinus puncak becici ini! Dan sobat pun, dapat dengan leluasa bercengkrama dengan teman ataupun wisatawan lain.

Kemudian fasilitas yang di sediakan oleh pengelolan di Bukit Becici juga terbilang lengkap mulai dari toilet, aula, hingga mushola.

Puncak Becici Jogja merupakan destinasi wisata berlatar keindahan alam yang masih sangat begitu alami.

So, Bagi pecinta destinasi wisata air, Sobat dapat melanjutkan perjalanan ke Gunungkidul yang sarat akan keindahan wisata Pantai Selatan.

Itulah ulasan yang dapat kita sampaikan, tentang wisata sejarah Yogyakarta yang bisa sobat lanjutkan berwisatanya ke Puncak Becici Jogja bila sobat merasa kurang puas.

Apakah ini bisa membantu ? Yuk, dishare saja di kawan sobat di sekitar. Siapa tahu ada yang membutuhkan informasi ini, guna memperlancar waktu liburannga.

Sekian dan terimakasih sudah mau berkunjung sekaligus menyimak ulasan ini. Semoga, artikel ini bisa bermanfaat!