Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Dasar Sablon Manual! Bisa Coba, Sobat Praktekan Sendiri.

Pengetahuan tentang tutorial sablon manual ini merupakan materi pembahasan kita dikesempatan pembuatan artikel kali ini, yang nanti bisa sobat praktekan sendiri dirumah.
Tutorial Dasar Sablon Manual
Itupun jika memang sobat berminat untuk mempelajari cara membuat sablon manual, maka sobat bisa menyimak artikel ini hingga selesai.

Yup, di pembahasan kali ini larantukagypsum.com akan mengulas tentang :
  • Bagaimana cara sablon manual ?
  • Apa saja alat sablon manual yang dibutuhkan ?
  • Dan informasi tambahan lainnya yakni : asal mula sablon manual beserta dengan kekurangan dan kelebihan sablon manual.
Kenapa saya sebagai admin mengulas tentang ini ?

Karena jujur, admin berencana ingin membuat usaha sablon manual sendiri ditempat admin disini untuk bisa menambah penghasilan!

Selain itu berharap ada sisa atau kelebihan rejeki, maka sisa kelebihan rezekinya bisa untuk pergi berhaji. Yeaaaahh!

Namun admin masih pemula alias masih awam yang belum mengetahui sama sekali, tentang pengetahuan dasar sablon manual.

Jadi admin berniat untuk mempelajarinya dulu, dengan membaca tutorial cara sablon manual disitus atau website terpercaya yang khusus membahas ulasan seputar sablon.

Bersukur ada website yang menyediakan tutorialnya, dan sudah admin baca semuanya!

Agar dalam tahap dalam belajar membuat sablon manual yang admin pelajari ini, bisa langsung admin pahami dan dapat berdiam lama dalam otak!

Maka admin langsung menuliskannya saja pengetahuan dasar sablon manualnya disini, untuk admin bagikan juga buat para sobat yang hendak mempelajarinya.

Meskipun ilmu dasar yang admin dapat ini diperoleh dari hasil baca website orang lain dan belum mempraktekannya, tapi setidaknya dan tidak ada salahnya kita bisa sama sama belajar berbarengan! Tentunya dengan harapan, semoga saja dalam mempraktekkannya juga bisa berbarengan.

Sehingga, dalam mengembangkan usaha bisnis sablon manual dimasa depan nanti! Suksesnya pun, kita bisa sama-sama berbarengan. Amieen!

Tinggalah nanti sobat mengirimkan kode saja andai kata sudah sukses dalam bisnis sablon ini, melalui kolom komentar atau email yang bisa sobat lihat di menu kontak disitus ini.

Tanpa berlama-lama bercekidotnya, yuk langsung saja kita masuk kepembahasannya!

Tahukah sobat, jenis sablon yang paling banyak diminati sampai saat sekarang ini, salah satunya yaitu sablon kaos yang dikerjakan secara manual.

Jadi penyablonan kaos secara manual ini merupakan salah satu layanan yang paling digemari, terutama bagi mereka penggemar kaos mania yang ingin desain kaosnya terlihat unik untuk sebuah acara, misalnya : acara pesta, acara komunitas, acara anak milenium, dan lain sebagainya.

Selain itu dalam menyablon kaos dengan secara manual ini juga, permintaannya masih cukup lumayan tinggi! Ini terbukti, banyaknya bisnis usaha baju-baju distro yang banyak bertebaran di setiap titik atau sudut kota.

Mungkin, ditempat sobat juga ada banyak toko distro baju kaos yang buka hingga disaat sekarang ini!

Akan tetapi jika belum ada, maka ini merupakan kesempatan buat sobat untuk mencoba merintis jenis usaha sablon manual ini.

Pengertian Sablon Manual

Sablon manual merupakan sebuah teknik menyablon yang telah ada sejak 23 tahun yang lalu, sejak kakek masih hidup disaat usia admin masih 17 tahun.

Istilah lain sablon manual adalah Screen Printing yang artinya dalam proses menyablon kaosnya, itu menggunakan tinta sablon dan screen yang dilakukan dengan secara manual.

Adapun pengertian lain dari sablon kaos manual itu sendiri yaitu proses perpindahan desain secara manual, pada bidang permukaan kaos polos yang sobat inginkan untuk dapat menyatu dan meresap langsung dengan kain kaos tersebut.

Asal Mula Sablon Manual

Seperti yang telah disampaikan diatas, sablon manual sudah ada sejak 23 tahun lalu dan ini menurut sepengetahuan admin atau dari sejak pertama admin mendengar istilah sablon manual ini.

Namun pada kenyataanya menurut catatan sejarah, ternyata asal mula terciptanya sablon manual ini sudak ada sejak jaman dahulu kala yakni pada waktu jamannya Dinasti Song diantara tahun 926 sampai dengan tahun 1279 masehi.

Wooow, kakek buyut moyang pun ditahun-tahun tersebut sepetinya belum terlahir yah. Hehehe...!!

Namun, penerapan sablon manual pada kaos baru popular diterapkan secara artistik ditahun 1960 di Negara Amerika Serikat dan sejumlah Negara-Negara di Eropa.

Karena di waktu tahun tersebut, ada seorang artis papan atas bernama Andy Warholl, sedang gencar-gencarnya menggunakan sekaligus memamerkan kaos sablon disetiap desain busana yang dikenakannya.

Alat dan Bahan Sablon Manual

Menyiapkan alat atau peralatan dan bahan yang diperlukan untuk sablon manual merupakan hal pertama yang harus dilakukan, sebelum masuk pada proses pembuatan sablon manual.

Bahan dan peralatan peralatan sablon manual ini akan sangat menentukan hasil akhir dari proses penyablonan, misalnya saja :
  • Penyablonan pada kain kaos, tas pinggang, topi, dan kain-kain lainya yang prosesnya pengerjaan dilakukan dengan secara manual.
Berikut inilah bahan dan peralatan sablon manual yang dibutuhkan :

1. Screen dan Frame

Ini merupakan salah satu alat atau peralatan untuk sablon manual yang utama, yang harus sobat persiapkan terlebih dahulu sebelum proses penyablonan dilakukan.

Screen yakni sejenis kain khusus yang memiliki fungsi sebagai penyaring tinta sablon, agar tinta sablon dapat menciptakan sebuah bentuk desain yang sudah dirancang pada objek kain yang akan disablon.

Adapun obyek kain yang disablon dengan cara manual bisa beragam macam bentuknya, yakni : bisa berupa kaos, tas pinggang, kain slayer, masker covid19, topi, dan obyek-obyek lainnya.

Kain screen atau istilah lainnya kain saring, dibuat dari bahan nylon super halus atau polyester!

Selain itu, screen ini biasanya akan selalu dikombinasikan dengan sebuah frame atau bingkai yang terbuat dari kayu dengan bentuk persegi! Frame atau bingkai tak cuma bisa dibuat dari kayu saja sih, frame screen juga bisa dibuat dari bahan besi dan alumunium.

Screen juga, memiliki berbagai macam jenis dan ukuran yang dapat sobat tentukan sendiri sesusai dengan keperluan sablon manual yang sudah sobat konsepkan.

Adapun informasi tentang jenis dan ukuran screen sablon manual secara lengkapnya, akan kita bahas diulasan terpisah dengan secara lebih terperinci lagi

2. Rakel

Sama seperti screen diatas, rakel ini pun sebagai alat utama yang harus ada pada proses sablon manual! Artinya tanpa adanya rakel ini, maka alat screen diatas tidak akan berfungsi dengan baik.

Meskipun prosesnya dipaksakan tanpa menggunakan rakel ini, maka dalam meciptakan sebuah gambar desain pada media penyablonan tidak akan menghasilkan sesuatu yang baik dan bagus.

Jadi fungsi dari rakel ini adalah sebagai penyapu dan pemerata sekaligus penekan tinta, agar tinta sablon bisa meresap dengan secara merata dan baik pada bidang permukaan kaos yang akan disablon.

Karena dibagian bawah rakel, terdapat karet dengan gagang atau pegangannya biasa dibuat dari bahan kayu. Silahkan sobat lihat kembali, pada gambar rakel diatas.

Selain itu rakel juga memiliki berbagai macam bentuk, seperti :
  • Bentuk rakel lancip biasa : biasa dipakai sebagai alat penyapu tinta sablon manual untuk menciptakan gambar desain yang jelas, semisal : menyablon foto wajah selingkuhan pada kaos dengan raster format.
  • Bentuk rakel lancip ujungnya datar : biasa dipakai untuk menyapu tinta sablon manual pada objek penyablonan, semisal : keramik dan bahan-bahan parasit.
  • Bentuk rakel bulat: biasa dipakai sabagai alat penyapu tinta sablon manual, untuk mendapatkan warna yang kontras dan terang pada kaos yang disablon.
  • Bentuk rakel kotak: bisa difungsikan sebagai alat sapu tinta sablon manual untuk menghasilkan desain pada kaos yang disablon, dengan ketajaman gambar yang baik dan bagus.
  • Bentuk rakel miring: biasa digunakan untuk menyapu tinta sablon manual hanya ke satu arah saja.
3. Table (Meja) Sablon

Juga merupakan sebuah alat penyablonan manual yang harus ada dan wajib untuk bisa sobat persiapkan, sebelum proses sablon menyablon dimulai atau sebelum rencana bisnis usaha sablon yang sobat rencanakan terealisasi

Karena meja atau table sablon ini berfungsi untuk tatakan atau penyangga, supaya gambar desain sablon manual yang tercipta dipermukaan kaos yang disablon bisa terlihat lebih rapi dan Wooowww.

Adapun jenis-jenis meja (table) sablon yang biasa dipakai atau digunakan untuk menyablon manual, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Meja sablon banting
  • Table sablon frame presisi
  • Meja sablon rell panjang
  • Meja sablon catok
  • Table sablon rotary
  • dan tabel atau meja sablon lainnya.
Beragam meja sablon manual tersebut, tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dimana kelebihan dan kekurangan meja sablon ini akan kita kupas tuntas pembahasanya nanti diartikel tersendiri dengan secara lebih terperinci.

So, jangan lupa untuk terus memantau situs larantukagypsum.com ini agar tidak ketinggalan informasi artikel update terbaru tentang sablon menyablon.

4. Papan Alas Kaos Sablon

Mau minum saja memerlukan sebuah alas yakni gelas, agar air kopi tidak tercecer kemana-mana! Bayangkan, jika air kopi tercecer kelantai? Pasti dalam meminum kopinya harus dengan cara dijilat, bukan ? Hehehe

Begitupun dengan sablon manual ini juga memerlukan sebuah alas yakni selembar papan yang sudah disesuaikan ukurannya, untuk bisa merapikan permukaan kaos yang hendak disablon agar tinta bisa terbentuk dengan secara maskimal, persis menyerupai seperti gambar desain yang sudah dirancang sebelumnya.

Jadi papan ini juga merupakan salah satu alat sablon manual yang cukup penting, yang harus sobat persiapkan sebagai alas untuk kaos yang akan disablon.

5. Kertas Sablon Karkir

Ini merupakan bahan sablon manual yang harus juga dipersiapkan, sebelum proses sablon menyablon secara manual dilakukan.

Fungsi kertas karkir adalah untuk mencetak gambar desain yang hendak diterapkan kedalam screen, dengan melalui tahap proses afdruk.

Meskipun, kertas kalkir ini bisa diganti dengan kertas hvs yang harganya lebih murah! Namun kertas kalkir ini, masih dirasa lebih baik dalam hal terciptanya desain gambar yang lebih merekat dan sempurna.

6. Neon Bulat Panjang

Bulat panjang disini bukan lah sesuatu hal yang negatif, melainkan bulat panjang yang harus dimiliki oleh sebuah lampu neon yang fungsinya untuk memanaskan film yang telah ditempelkan pada kain screen.

Pada dasarnya, dalam memanaskan film sablon pada kain screen yang telah dilapisi obat afdruk bisa dengan menggunakan sinar cahaya matahari!

Namun akan lebih efektif dengan menggunakan lampu neon panjang yang didesain sedemikan rupa, supaya dapat menghasilkan gambar pada screen yang lebih baik dan maksimal.

7. Obat Afdruk

Ini merupakan salah satu bahan material penyablonan secara manual yang fungsinya adalah sebagai pencetak gambar desain pada kain screen melalui proses kimia foto (emulsion) dengan bantuan alat neon panjang diatas.

8. Penyemprot Air

Merupakan sebuah alat yang fungsinya yakni sebagai penembak jitu atau untuk menshoot gambar desain sablon, yang sebelumnya sudah dipindakan pada screen melalui proses afdruk.

9. Tinta (Pewarna) Sablon

Termasuk kedalam bahan sablon manual yang juga harus sobat persiapkan sedini mungkin, sebelum masuk pada proses fase penyablonan yang sebenarnya.

Meskipun, sudah terdapat gambar yang sudah didesain semanarik mungkin! Akan tetapi, tanpa adanya tinta-tinta penyablonan ini, mana mungkin gambar akan bisa terlihat dan terbentuk.

Adapun macam jenis tinta sablon manual yang biasa dipakai, diantara adalah seperti berikut ini :
  • Tinta glow in the dark,
  • Tinta floil,
  • Tinta plastitol,
  • Tinta rubber,
  • dan tinta-tinta sablon manual lainnya.
Diantara tinta-tinta sablon diatas terdapat satu jenis tinta yang paling banyak dipakai oleh para desainer sablon, yakni tinta rubber.

Tinta rubber ini juga memiliki banyak macam merk yang tersedia dipasaran Indonesia, semisal : tinta merk matsui, quaret, furukawa, epi screen ink, hingga ant ink, dan lain sebagainya.

10. Hair Dryer (Pengering)

Merupakan salah satu alat pelengkap sablon manual yang juga memiliki fungsi yaitu untuk mengeringkan tinta yang baru tercetak dari screen ke bidang permukaan kaos.

Selain itu, hair dryer ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengeringkan rambut istri dan anak perempuan dirumah, sehabis mandi pagi siang maupun sore. Hehehe..!!

11. Cairan Pembersih dan Soda Api

Termasuk kedalam bahan pelengkap sablon manual, yang fungsinya untuk menghilangkan sisa-sisa noda tinta yang menempel pada screen sablon.

Proses pembersihan ini perlu dilakukan, agar screen bekas pakai tersebut dapat digunakan kembali sebagai media pemindahan gambar dikemudian hari.

12. Setrika Pakaian

Berikutnya lagi terdapat alat pelengkap sablon manual yang perlu juga sobat persiapkan yaitu setrika pakaian atau kaos.

Adapun fungsi setrika dalam sablon manual ini adalah untuk merekatkan gambar desain yang sudah berhasil disablon, kebidang permukaan kaos!

Langkah Singkat Cara Sablon Manual

Adapun langkah-langkah bagaimana cara melakukan sablon manual dapat sobat ketahui dengan secara ringkas dan singkat, seperti berikut ini :
  1. Membuat gambar desain yang diinginkan, bisa melalui photoshop maupun corel draw di laptop sobat
  2. Cetak gambar desain yang sudah sobat buat tersebut dengan menggunakan mesin printer.
  3. Afdruk kain screen sablon dengan obat afdruk yang sudah sobat siapkan sebelumnya.
  4. Memindahkan gambar yang sudah diprint ke dalam screen sablon yang sudah sobat beri obat afdruk.
  5. Persiapkan media yang akan disablon, salah satunya yakni kaos.
  6. Masukan kaos kedalan papan (triplek) yang fungsinya seperti sudah dijelaskan diatas yakni sebagai alas untuk kaos
  7. Masukan tinta sablon kedalam screen yang sudah diframe (bingkai).
  8. Kemudian letakan screen frame tersebut diatas kaos yang akan disablon.
  9. Lalu sapukan tinta didalam screen tersebut dengan mengunakan Rakel sambil agak ditekan sedikit.
  10. Jika dirasa tinta sudah meresap pada kaos yang disablon, silahkan angkat screen frame lalu keringkan kaosnya.
Mungkin hanya segitu dulu yang dapat kita bahas tentang tutorial dasar cara sablon manual yang dapat sobat praktekan sendiri dirumah.

Apakah ini bisa membantu ? Sekian dan terimakasih sudah maun menyimak. Semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat..!!