Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yuk Simak, Kekurangan Dan Kelebihan Plafon Gypsum Berikut Ini

Dari begitu banyak macam jenis plafon rumah yang biasa di buat atau di pasang pada bangunan gedung, kantor, toko, mesjid, gereja, ataupun pada bangunan tempat tinggal yang ada di Indonesia, salah satu jenis yang paling kita sukai sebagai tukang seorang plafon rumah adalah Plafon Gypsum.

Yuk Simak, Kekurangan Dan Kelebihan Plafon Gypsum Berikut Ini

Bukan tanpa alasan yah, plafon gypsum merupakan pilihan pertama kita sebagai tukang yang langsung turun kerja di lapangan. Mengapa ?

Karena plafon gypsum selain dari harganya yang agak sedikit lebih murah dan kualitas tidak kalah khususnya dengan plafon pvc, juga bentuk dari plafon gypsum ini sangat mudah sekali di bentuk. Seperti plafon bulat, plafon berliku, plafon melengkung, atau plafon bentuk lainnya.Sehingga plafon gypsum ini banyak di gemari juga oleh sebagian masyarakat.

Mungkin anda tertarik dengan artikel : 7 Macam Jenis Plafon Rumah Yang Ada Di Indonesia

Apa itu Plafon gypsum ? plafon gypsum adalah plafon yang terbuat dari gypsum. Gypsum itu merupakan campuran bahan sedimen batu - batu yang kokoh dari pegunangan, dan batu tersebut sangat mudah sekali dihaluskan, dan lalu dimodifikasi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. 

Dalam hal ini batu tersebut di giling, di haluskan, di bungkus dengan sebuah kertas khusus, lalu menjadilah sebuah bentuk yang di beri sebuah nama yaitu papan gypsum yang memiliki ukuran perlembarnya 120 cm x 240 cm dengan tebal yang bervariasi. Plafon gypsum juga memiliki berbagai macam merk tersedia. Silahkan baca artikel : 3 Macam Merk Papan Gypsum Yang Ada Di Indonesia

Ok kita langsung saja ke apa saja yah, kelebihan dan kekurangan dari plafon gypsum. silahkan, baca selengkapnya kelebihan dan kekurangan dari plafon gypsum di berikut ini :

# Kelebihan Plafon Gypsum

Kelebihan dari Plafon Gypsum yang paling di sukai kita sebagai tukang plafon rumah bisa di lihat di bawah ini. 

1. Plafon Gypsum Harganya lebih murah dari Plafon PVC.

Anda sebagai konsumen tak mungkin, tak memikirkan mengenai harga hal dalam memilih sebuah barang dalam hal ini adalah bahan material bangunan.

Begitu juga dalam hal memilih bahan jenis plafon pun setiap orang mensurvei dulu harga bahan tersebut untuk menjadi sebuah patokan paling pertama, dalam memutuskan pilihan.

Dan betapa beruntungnya, jenis plafon rumah dengan bahan gypsum ini sudah dipatok dengan harga yang lebih murah dan juga kualitas yang tidak kalah dibandingkan dengan Plafon PVC. Silahkan di baca jika tertarik dengan artikel : Mengenal Plafon PVC, Apa Itu Plafon PVC ? 

2. Plafon Gypsum Produknya Sangat Mudah Di Dapat

Plafon Gypsum juga termasuk sebagai salah satu jenis produk unggulan, selain plafon pvc, plafon grc / kalsiboard. Banyak sekali penyedia produk tersebut seperti toko - toko bahan material bangunan yang mempersiapkan stok stok plafon gypsum yang lumayan banyak. 

Karena seperti yang di sebutkan di atas, Plafon Gypsum ini sangat di gemari oleh masyarakat khususnya saya sebagai tukang plafon, sehingga persediaan stok yang dalam jumlah banyak pun cepat habisnya.

Persedian atau stock Papan Gypsum juga pada saat sekarang ini, sudah menyebar dan merata ke berbagai pelosok desa atau kota - kota kecil yang ada di Indonesia.

Sebagai perbandingan misalnya Plafon PVC, dimana menurut kita plafon pvc ini hanya tersedia banyak di kota - kota besar saja. Namun untuk kota - kota kecil seperti kita di kota larantuka ini, memiliki stok yang terbatas, dengan pilihan motif yang hanya cuma satu pilihan.

3. Plafon Gypsum Sangatlah Mudah Di Bentuk Model Dan Motifnya.

Keunggulan lain dari Plafon Gypsum ini, seperti yang sudah di singgung sedikit di bagian atas artikel ini, bahwa jenis plafon rumah ini dalam hal pembuatan atau pemasangan lafon gypsum itu sangat mudah sekali di bentuk modelnya. Apakah plafon gypsum mau di bentuk bulat ? Apakah plafon ngypsum mau di bentuk berliku ? Apakah plafon gypsum mau di bentuk melengkung, melingkar, melilit, dan lain sebagainya.

Istilah lain dari model yang mudah di bentuk di sini hampir sama halnya dengan istilah motif - motif yang tersedia pada lembaran plafon pvc. 

Jadi Anda juga bisa memilih plafon gypsum mau dari yang bermotif atau berbentuk polos hingga yang bermotif atau berbentuk mewah dan rumit sekalipun tidak ada masalah, yang pasti plafon gypsum bisa di pesan model dan desainnya sesuai dengan keinginan Anda.

4. Plafon Gypsum Memiliki Tampilan Yang Sangat Memikat Serta Mewah.

Kini, anda tidak usah bingung lagi untuk bisa menyulap desain tampilan di dalam ruangan rumah agar bisa menjadi lebih tampak menarik, memikat, menggoda, serta mewah, dan juga cukup hemat biaya atau ongkos yang murah, maka anda bisa menggunakan Plafon Gypsum ini untuk plafon rumah Anda.

Yup, betul sekali. Cuma dengan mengaplikasikan Plafon Gypsum, maka tampilan ruaangan di dalam rumah Anda dapat akan menjadi lebih berkesan dan menjadi lebih mewah 

5. Plafon Gypsum Bisa di Buat Bertingkat.

Keunggulan Plafon Gypsum yang ke lima ini hampir sama dengan keunggulan Plafon Gypsum yang ke Tiga yaitu sama - sama mudah di bentuk dan dibuat. 

Namun pada keunggulan plafon gypsum no 5 ini di buat dalam hal seperti plafon - plafon lainya. Secara umum plafon rumah bisa di buat secara bertingkat. Begitu juga dengan plafon gypsum ini bisa bertingkat, mulai tingkat pertama tingkat pertama hingga sampai ke tingkat yang Anda inginkan. Apakah Plafon Gypsum tingkat 2, apakah plafon gypsum tingkat 3, tingkat 4, dan seterusnya.

Dalam dunia perplafonan, istilah bertingkat ini biasa di kenal atau di sebut juga dengan Drop Up Ceilling. Bisa di katakan juga sebuah motif atau model dari plafon rumah.

Dan plafon gypsum yang menyerupai bentuk kubah yang mungkin sudah pernah anda lihat seperti plafon yang di buat di mesjid - mesjid itu juga termasuk salah satu plafon bertingkat atau plafon Drop Up Ceilling.

6. Plafon Gypsum Dalam Hal Merawat Sangatlah Mudah.

Keunggulan Plafon Gypsum yang ke enam adalah dalam hal perawatannya itu sangat mudah dan praktis, dan juga hemat biaya. Walaupun sebetulnya menurut pendapat kita dalam hal perawatan yang lebih paling praktis dari semua jenis plafon rumah itu hanya plafon yang ada di urutan pertama.

Walaupun begitu, jika Anda ingin menggunakan plafon gypsum ini, Anda tak perlulah khawatir, karena selisih biaya perawatan dengan plafon pvc tidak lah terlalu jauh, melainkan hanya beda tipis saja.

Dan juga karena Plafon Gypsum ini masih menang dalam hal memperbaiki kerusakan. Artinya Jika terjadi kerusakan pada permukaan Plafon Gypsum di dalam ruangan rumah anda, maka sangatlah mudah untuk memperbaikinya.

Umpama kerusakan karena terjadi kebocoran pada atap rumah sehingga menyebabkan Plafon Gypsum sedikit berlubang, maka Anda tak perlulah repot - repot buat mengganti seluruh bidang plafon, mungkin cukup mengganti pada bidang yang rusaknya saja.

7. Plafon Gypsum Cukup Cepat Dalam Proses Pemasangannya.

Yup, keunggulan di no 7 ini adalah dalam hal Proses pemasangan atau pembuatan Plafon Gypsum ini sangat cepat. Tak seperti jenis plafon rumah lainya yang terbuat dari plafon kayu dan plafon GRC / kalsiboard, yang menurut kita sebagai tukang yang langsung turun kerja di lapangan, itu sangat - sangat merepotkan sekali dan memerlukan waktu yang agak sedikit lama.

Selain itu juga hasil akhir dari pemasangan Plafon Gypsum ini bisa sangat memuaskan atau hasil akhir yang baik dan juga sangat rapih, sehingga bisa sangat enak dan menarik tuk di pandang. Walaupun kalo menurut kita sebetulnya hasil yang dan rapih itu tergantung dari tukang itu sendiri sih.

Dan dari hasil akhir plafon gypsum masih menang di bandingkan jenis plafon yang barusan di sebut di atas.

8. Plafon Gypsum Anti Rayap

Tak perlu lagi di ceritakan panjang lebar bahwa Keunggulan Plafon Gypsum di no 8 ini adalah Anti rayap atau anti serangga. Apa sebabnya ? Sebabnya adalah Plafon Gypsum bahan pembuatannya ada dari sejeni batu - batu sedimen yang mudah di olah, dan batu - batu tesebut sangatlah tidak di senangi oleh rayap ataupun serangga lainya. Jadi aman yah....!!

9. Plafon Gypsum Tahan Terhadap Api

Kita kira semua orang termasuk Anda, tak inginlah yah rumahnya mengalami kebakaran atau rumah di lahap si jago merah.

Maka oleh karena itu, Anda perlu mencari material bahan plafon dan lalu menggunakannya, dan tentunya bahan materil tersebut tahan terhadap api. Salah satunya adalah Plafon Gypsum ini juga tahan terhadap api. Dalam arti jika papan gypsum ini terbakar, maka api tidak akan cepat menyebar.



# Kekurangan Plafon Gypsum


Selain dari pada keunggulan yang sudah di sebutkan di atas, plafon gypsum juga memiliki beberapa Kekurangan atau kelemahan seperti berikut ini :

1. Plafon Gypsum Tidak Tahan Terhadap Air

Yup, memang dan betul adanya sebagian banyak orang mengatakan bahwa bahan materilan plafon dari jenis gypsum ini tidaklah tahan terhadap air, sehingga banyak yang  menyarankan pula bahwa plafon gypsum ini sangat tidak lah cocok untuk diaplikasin di daerah  - daerah yang memiliki curah hujan yang cukup lumayan tinggi.

Tapi walaupun masalah tersebut bisa di atasi. Umpama anda tetap ingin mengaplikasikan Plafon Gypsum untuk Rumah anda. Maka anda bisa memilih Plafon Gypsum yang memiliki label water resistance, agar apa ? agar daya tahan terhadap air bisa lebih baik.

2. Plafon Gypsum Tampilannya Itu Katanya Mudah Kusam.

Entah kata siapa, Plafon Gypsum lama - lama tampilannya akan menjadi kusam.  Yup, betul, itu jika plafon gypsum terkena air. Selain itu tidak menggunakan cat yang sedikit agak berkualitas, sehingga menyebabkan tampilan menjadi kusam.

Tapi menurut kita sebagai tukang plafon, sebetulnya tidak juga sih. Jadi agar tampilan plafon gypsum tidak cepat, kusam, kuat, dan tahan lama. Gunakan bahan material yang berkualitas seperti rangka plafon gypsum dan lalu catnya harus pakai cat yang agak sedikit berkualitas. 

Selain itu sebelum pemasangan plafon gypsum, penting untuk mengecek atau memastikan lebih atap rumahnya itu benar - benar tidak bocor.

Jika itu sudah di lakukan, maka bisa di pastikan Plafon Gypsum akan bertahan cukup lama dengan tampilan yang sudah tidak cepat kusam lagi.

3. Plafon Gypsum Katanya Sensitif Terhadap Benturan

Kelemahan lain dari Plafon Gypsum adalah Sensitif terhadap benturan, sehingga bisa menyebabkan kerusakan besar seperti retak dan yang lainnya. Yup, ini juga memang betul adanya, tapi tidak terlalu seserius atau sesadis itu lah.

Jadi yang di di bilang katanya sensitif terhadap benturan itu kita kira sebagai seorang tukang plafon, itu berlaku hanya pada waktu pengerjaannya saja. Umpama waktu proses pemindahan papan gypsum itu harus berhati - hati, dan jangan sampai terinjak atau terjatuh, sehingga bisa menyebabkan rusak pada papan gypsum tesebut.

Namun jika Plafon Gypsum sudah selesai terpasang dan Finish, maka hal seperti tidak lagi berlaku bahwa plafon gypsum itu sensitif terhadap benturan. 

Tapi itu semua kembali kepada si pemasangnya atau tukang. Jika pemasangnya seorang profesional ya bisa di pastikan kekuatan dari plafon gypsum juga terjamin. Jika sebaliknya dan terjadi kerusakan pada plafon gypsum, ya silahkan tanya pada pemasanganya apakah pemasangan plafon gypsum sudah di lakukan dengan secara baik dan benar.

4. Plafon Gypsum Harus dirawat secara berkala

Selanjutnya ke kekurangan atau kelemahan yang terakhir pada Plafon Gypsum. Seperti yang sudah di sebutkan di kekuran di atas itu memang benar adanya, tapi itu semua masih tetap bisa diantisipasi dengan mudah, sehinggan resikonya lebih bisa lebih minim.

Caranya adalah dengan merawat Plafon Gypsum secara berkala. Misalnya tiap tahun bersihkanlah debu - debu yang menempel pada plafon gypsum. Selain itu tiap berapa tahun sekali gantilah cat atau cat ulang pada bidanng plafon gypsumnya. Itu juga jika di rasa warna plafonnya sudah agak sedikit kusam. 

Namun jika warna menurut anda masih baik, maka tak usah lah cepat - cepat di ganti warna plafon gypsumnya dan biarkanlah dulu begitu.

# Fungsi Plafon Gypsum

Dengan memiliki kelebihan dan kekurangan dari Plafon Gypsum yang di atas, Andapun masih dapat memaksimalkan fungsi dari produk plafon gypsum ini untuk berbagai macam hal seperti berikut ini :
  • Merapikan konstruksi rumah
  • Meminimalisir debu dan kotoran masuk ke dalam rumah
  • Memperbaiki tampilan rumah agar tampak elegan
  • Pelengkap artistik dari desain interior rumah

Ok itulah bahasan mengenai Kelebihan dan Kekurangan dari Plafon Gypsum. Apakah artikel ini bisa membantu ? 

Jangan lupa ya, untuk kunjungi terus blog larantukagypsum.com ini, agar bisa mendapatkan ulasan serta tips menarik lainnya seputar Property Di Indonesia. Sekian dan terimakasih sudah mau singgah, dan semoga bermanfaat.