7 Jenis Plafon Rumah Huni Yang Ada di Indonesia

Macam Jenis Plafon Rumah Huni | Plafon adalah merupakan salah satu elemen paling penting khususnya pada rumah huni. Plafon Rumah tak sekadar berperan sebagai pembatas atap dan ruangan, tapi berfungsi juga sebagai salah satu elemen dekorasi interior, selain itu juga sebagai peredam dari suara bising dan panas, serta mencegah kotoran debu yang terjatuh dari atas atap.

7 jenis plafon Rumah di Indonesia

Saat ini, desain plafon rumah terdiri dari berbagai macam jenis yang bisa disesuaikan kebutuhanya menurut konsep interior yang sudah di jadwalkan, agar tampilannya tampak serasi, misalnya desain plafon rumah huni minimalis. 

Untuk anda yang lagi bingung memilih jenis plafon rumah huni, yuk di intip saja 7 Jenis Plafon Rumah Huni yang di Indonesia di bawah ini :

7 Macam Jenis Plafon Untuk Rumah Huni

1. Plafon Rumah Huni Berjenis Triplek

Triplek atau Papan Triplek biasa di jual di toko material bangunan dalam bentuk lembaran dengan berbagai macam ketebalan, plafon rumah berjenis triplek dapat di pasang dengan menggunakan rangka kayu.

Plafon Rumah Huni Bahan Triplek

Adapun kelebihan dari plafon rumah berjenis triplek ini ada pada harga jualnya yang murah serta bobotnya yang agak sedikit ringan, sehingga bisa memudahkan dalam proses pemasangan. 

Sementara itu, kekurangan dari plafon rumah berjenis triplek ini yaitu tidak tahan terhadap api dan mudah mengalami kerusakan jika sering terkena air. Selain itu suatu saat akan terdapat retakan pada sambungan antar triplek.

2. Plafon Rumah Huni Berjenis Eternit

Selain plafon rumah huni berjenis triplek, ada juga plafon rumah berjenis Eternit. Plafon rumah berjenis Eternit ini terbuat dari Papan Eternit.  Papan Eternit di buat dengan menggunakan campuran bahan dasar dari semen dengan bahan dari kain perca.

Plafon Rumah Huni Berjenis Ertenit

Papan Eternit dijual dengan harga yang di rasa cukup terjangkau juga, plafon rumah berjenis eternit ini pun tahan terhadap api juga tidak mudah lapuk, meskipun papan eternit itu sendiri terkena tetesan air dari atap. 

Selain itu papan eternit jika sudah terpasang, maka dapat memberikan kesan dingin pada ruangan di bawahnya. 

Walaupun begitu, pemasangan plafon rumah berjenis eternit ini dalam pemasangannya harus sangat ekstra hati-hati, Kenapa ? Karena materialnyatau papan eternitnya sangat rentan patah alias mudah retak.

3. Plafon Rumah Huni Berjenis Gypsum

Plafon jenis Gypsum ini adalah favorit saya selain sebagai admin di blog ini sekaligus juga sebagai tukang plafon di lapangan.

plafon rumah huni Jenis Gypsum

Jujur plafon rumah huni dengan menggunakan Papan Gypsum ini dalam hal pemasangannya itu lebih praktis, lebih cepat, dan mudah di tata modelnya di bandingkan jenis lainnya dan cocok digunakan di rumah huni yang berkonsepkan minimalis.

Plafon rumah huni berjenis gypsum ini bisa di buat berbagai macam model atau bentuk, seperti kubah, lingkar, atau bertingkat. Dan bahannya pun yaitu papan gypsum cenderung mudah ditemukan di pasaran dan dijual dengan harga yang cukup ekonomis juga.

Jika anda berencana pasang plafon, saya rekomendasikan pakai gypsum saja.

4. Plafon Rumah Huni Berjenis GRC.

Plafon rumah huni dengan bahan Glass Fiber Reinforced Cement Board (GRC) saat ini sangat populer digunakan karena selain harganya cukup ekonomis, material ini pun tahan terhadap api maupun air serta lebih kuat daripada plafon rumah triplek. 

Jenis Plafon GRC Untuk Rumah Huni

Untuk pemasangannya, plafon rumah GRC dapat diaplikasikan pada rangka besi ataupun kayu. Sementara itu, kekurangan plafon rumah GRC ada pada proses instalasinya yang tergolong rumit sehingga memerlukann jasa tukang yang ahli agar hasilnya rapi.

5. Plafon Rumah Huni Berjenis PVC

Polyvinyl Chloride atau PVC memang dikenal sebagai bahan utama pembuatan pipa air. Namun, saat ini PVC juga turut digunakan sebagai material pembuatan plafon rumah. 

Jenis Plafon PVC Untuk Rumah Huni

Plafon rumah PVC memberikan sejumlah kelebihan, yakni bobotnya yang ringan sehingga memudahkan dalam proses pemasangan, tahan terhadap api dan air, anti rayap, mempunyai tampilan yang stylish, dan tersedia dalam berbagai macam warna untuk disesuaikan dengan konsep interior rumah. 

Namun, sayangnya harga plafon rumah PVC masih tergolong mahal dan tidak bisa dicat secara manual sehingga kamu harus memasang plafon rumah baru jika ingin mengganti warna.

6. Plafon Rumah Huni Berjenis Metal

Plafon rumah metal terdiri dari berbagai macam motif yang bisa disesuaikan dengan selera dan konsep interior rumah yang diusung. 

Plafon Jenis Metal

Adapun, plafon rumah metal memiliki sejumlah kelebihan, seperti tahan air, anti rayap, dan tahan lama. Sementara itu, kekurangan plafon rumah metal ada pada harga jualnya yang sangat mahal sehingga penggunannya belum terlalu populer.

7. Plafon Rumah Akustik

Umumnya, plafon rumah akustik digunakan pada ruang rapat, ruang pertunjukan ataupun auditorium karena dapat meredam suara secara maksimal. 

Plafon Rumah Huni Jenis Akustik

Bagi kamu yang ingin menciptakan suasana tenang pada hunian, coba gunakan plafon rumah akustik ini. Pemasangannya dapat dilakukan secara mudah pada rangka logam ataupun kayu karena bobotnya yang cenderung ringan. Namun, sama seperti plafon rumah metal, harga plafon rumah akustik ini juga  cenderung mahal. Selain itu, plafon rumah akustik ini juga tidak tahan air dan cukup sulit ditemukan di pasaran.

Ok itulah ulasan 7 jenis plafon rumah huni yang ada di Indonesia. Apakah Artikel ini bisa membantu ? Sekian dan terimakasih sudah mau singgah. Semoga Bermanfaat......!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel