Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dul Pengertian Triplek, Tipe (Jenis), Manfaat, Serta Dimensi Ukuran Papan Triplek Yang harus Di Pahami.

Halo dul, membuat rumah sendiri merupakan suatu profesi yang mengasyikkan. Antum dapat memastikan posisi tanah, mengonsep serta memilah materi- materi yang pas cocok dengan detail rumah yang Antum mau. 

Pengertian Triplek, Tipe (Jenis), Manfaat, Serta Dimensi Ukuran Papan Triplek

Rumah yang Antum bangun sendiri bakal memiliki suatu konsep yang berlainan dari rumah yang terdapat di dekat Antum serta menghasilkan rumah Antum jadi amat mengasyikkan sebab seluruh dibikin berlandaskan kemauan serta keinginan Antum sendiri.

Material yang lumrah digunakan buat membuat rumah amatlah beraneka ragam. Terdapat rumah yang dibentuk dengan memakai bata serta terdapat pula yang memakai triplek. 

Rumah yang menggunakan triplek biasanya bakal menghasilkan anggaran yang lebih sedikit serta dapat jadi penyelesaian penting dalam mengirit anggaran pembangunan rumah Antum. 

Supaya Antum dapat lebih menguasai perihal triplek, maka oleh kerena itu pada kesempatan pembuatan postingan kali ini bakal diulas perihal :

  • Apa itu Triplek ?
  • Khasiat / Manfaat Triplek
  • Tipe atau Jenis Triplek
  • Serta Dimensi Ukuran Triplek.
Tanpa banya bekicot, langsung saja Dul ke pembahasan selengkapnya berikut ini :

Apa Itu Triplek

Material yang dapat digunakan buat membuat rumah terdapat amat banyak. Salah satu material yang amat disukai serta digunakan ialah triplek. 

Berlainan dari bata atau batu hebel, triplek merupakan materi yang enteng serta tidak memerlukan suatu energi ekstra buat membawanya. Akan tetapi, apakah sesungguhnya yang diartikan dengan triplek itu?

Dikutip dari Wikipedia, triplek alias diucap jua sebagai plywood yaitu satu buah papan pabrikan yang terbuat dari sebagian susun lapisan kayu veneer yang direkatkan dengan cara bersama- sama supaya jadi satu buah papan. 

Triplek merupakan salah satu produk hasil olahan kayu yang sangat seling dipakai buat bermacam kebutuhan. Papan triplek jadi amat disukai sebab karakternya yang fleksibel alhasil amat mempermudah buat dibangun menyesuaikan dengan keinginan.

Dalam konstruksinya, kayu triplek terbuat dari gabungan kepingan kayu tipis ataupun veneer serta direkatkan dengan memakai perekat dengan arah serat ataupun serat kayu yang diatur supaya terbentuk hasil yang kokoh. 

Biasanya serat terbuat dengan silih bersilangan 90 derajat serta ditumpuk dalam jumlah abnormal supaya tidak terjalin pembengkokan ataupun warping yang dapat membuat triplek jadi tidak dapat digunakan.

Khasiat / Manfaat Triplek

Kayu triplek jadi amat terkenal disebabkan banyaknya khasiat atau manfaat serta sangat ringan dalam hal penggunaannya. Materi ini dapat digunakan sebagai material gedung dengan tingkatan aplikasi yang amat beraneka ragam. 

Berikut ini ialah sebagian penggunaan triplek dalam pembangunan rumah Antum :

  • Dapat dipakai sebagai materi pokok tembok luar rumah sekalian partisi ruangan di dalam rumah.
  • Triplek dapat digunakan serta diganti jadi bermacam tipe mebel yang terdapat di rumah Antum.
  • Dapat pula digunakan buat jadi pintu untuk rumah Antum.

Triplek memanglah dapat digunakan buat bermacam keinginan. Bila Antum memiliki budget yang terbatas alkisah tidak ada salahnya buat menggunakan materi triplek untuk struktur rumah Antum.

Tipe- Tipe (Jenis) Triplek

Triplek sendiri memiliki sebagian tipe serta tingkatan kualitasnya yang berbeda- beda. Tiap tipe dari triplek jua terdapat peranannya masing- masing. 

Tidak seluruh tipe triplek dapat dipakai sebagai materi barang- barang yang berlainan serta Antum mesti menyesuaikannya sendiri. 

Berikut ini ialah sebagian level mutu dari triplek yang dikutip dari The Plywood:

  • Triplek Grade A merupakan kadar paling tinggi dari kayu triplek. Pada level ini biasanya dasaran triplek amat halus serta lembut dan menjadikannya amat sesuai buat di cat.
  • Triplek Grade B merupakan triplek dengan dasaran yang keras serta padat. Mutu pembuatannya tidak sebaik Grade A tetapi sedang senantiasa nampak lembut serta apik.
  • Triplek Grade C merupakan tingkatan ke 3 dari mutu kusen triplek. Biasanya pada level ini corak serta mutu komposisi kayunya mulai alami kelainan serta tidak serupa.
  • Triplek Grade D merupakan level terakhir dari mutu papan triplek. Pada level ini papan triplek cuma bisa digunakan buat jadi panel bagian dalam saja sebab teksturnya yang agresif serta sudah tidak sangat apik.

Tidak hanya itu pula, tiap tipe- tipe triplek memiliki karakteristiknya sendiri masing- masing. Pembuluh kusen serta susunan veneer disusun dengan cara berlainan serta terdapat yang berdimensi tebal serta terdapat pula yang tipis menjadikannya materi itu memiliki energi kuat yang berlainan. 

Berikut ini ialah sebagian tipe atau jenis triplek yang biasanya dapat Antum temui pada toko material bangunan di dekat Antum :

#MDF (Medium Density Fiberboard )

Tipe papan triplek yang kesatu yaitu Medium Density Fiberboard ataupun kerap diucap sebagai MDF.

Materi ini merupakan kayu lapis yang terbuat dari hasil kombinasi serat kayu lunak serta keras yang ditempel bersama dengan menggunakan perekat. 

Triplek MDF memiliki pori- pori yang rapat serta menciptakannya amat sesuai buat jadi material penting mebel semacam meja kecil.

#Teakblock

Tipe yang selanjutnya yaitu teakblock. Tipe yang ini terbuat dari kepingan papan kayu asli yang telah ditumpuk jadi satu. 

Sebab terbuat dari kayu asli yang kokoh serta kuat terhadap rayap menghasilkan papan teakblock memiliki harga yang lumayan mahal. 

Kayu teakblock jua biasanya digunakan sebagai pelapis papan kayu karna kuat pada hantaman serta pergantian keadaan cuaca.

#Triplek Meranti (Blockboard)

Versi triplek yang selanjutnya yaitu blackboard atau diucap jua triplek meranti. Papan tipe ini terbuat dari 3 buah lapisan kayu yang berbeda- beda. 

Susunan luar dari blackboard lumayan tipis tetapi dibantu dengan susunan dalam yang tebal serta terbuat dari kayu akasia yang kokoh serta keras.

#Melaminto

Papan melaminto merupakan salah satu triplek yang acapkali diucap pula dengan sebutan decorative plywood. 

Materi melaminto ialah salah satu tipe kayu lapis yang digunakan buat menghias serta membuat cantik papan kayu. 

Melaminto memiliki dataran yang dilapisi oleh pigmen serta polyester serta membuat komposisi luarnya jadi lembut serta apik.

#Particle Block

Particle block merupakan salah satu tipe triplek dengan biayanya yang ekonomis serta amat disukai. Papan kayu ini terbuat dari bermacam serpihan kayu yang telah dicetak jadi papan. 

Memanglah dibalik biayanya yang ekonomis papan kayu ini tidak dianjurkan buat jadi material penting dalam arsitektur gedung karna amatlah rentan terhadap air serta dapat rapuh bila terserang kelembapan yang tinggi.

#Multiplek

Papan kayu multiplek terbuat dari susunan kayu yang telah di press dengan mesin bertekanan tinggi serta menciptakannya teksturnya jadi rapat serta keras. 

Papan multiplek jua memiliki pori- pori yang amat kecil serta tercantum ke dalam triplek yang kuat terhadap air.

Dimensi (Ukuran) Triplek

Dimensi standar dari tiplek yang terdapat di Indonesia yaitu 2400 milimeter x 1120 milimeter (2.40 cm x 1.20 cm). 

Dimensi ini dihitung berlandaskan tiap lembaran yang ada serta sudah jadi standar yang ada semenjak lama. 

Tidak hanya itu, dikutip dari Dimensi serta Satuan, papan triplek pada biasanya memiliki ketebalan yang bermacam- macam yakni :

  • mulai dari 3 milimeter sampai 32 milimeter serta membuat Antum dapat menyesuaikannya sendiri dengan keinginan Antum.

Triplek yang diimpor dari negeri lain memiliki standar ukurannya yang berlainan. Antum mesti menentukan ukurannya terlebih dulu saat sebelum memesan papan triplek supaya tidak terjalin kekeliruan dimensi pada saat Antum memasangnya pada rumah Antum.

Itulah bahasan mengenai pengertian atau definisi dari triplek, tipe (jenis), manfaat atau khasiat, serta dimensi ukuran papan triplek yang baru saja anda ketahui.

Apakah ini bisa membantu ? Silahkan dul, di share saja pada kawan - kawan antum khususnya yang berprofesi tukang pemula di manapun berada. 

Sekian dan terima kasih sudah meluangkan waktunya di blog butut ini, dan semoga postingan seputar triplek ini bisa bermanfaat buat orang banyak yang membutuhkanya.

close