Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Bro, Cara Pasang Atap Baja Ringan Untuk Rumah Tinggal !

Larantukagypsum.com, Cara Pemasangan Baja Ringan Untuk Atap Rumah Tinggal, di mana Baja ringan adalah sebuah bahan material bangunan yang di gunakan untuk pembuatan rangka atap rumah, atap kantor, atap ruko, atap gedung, dan lain sebagainya.

Lengkap, Cara Pasang Atap Baja Ringan Untuk Rumah Tinggal !

Baja ringan ini memiliki memiliki banyak keunggulan dan lebih aman di gunakan serta awet dalam menghadapi cuaca buruk sekalipun.

Di Indonesia, pada saat sekarang ini orang - orang yang lagi membangun rumah sudah banyak menggunakan baja ringan sebagai rangka atap rumah huni di bandingkan dengan menggunakan kayu.

Seperti halnya dalam memilih warna cat yang tepat dan pas untuk dinding rumah, maka memilih bahan yang cocok buat kekuatan atap rumah juga harus diperhatikan.

Jadi sekarang ini baja ringan, sudah bisa di jadikan solusi yang tepat dan pas untuk rangka atap rumah. Bilamana anda sedang membangun rumah, lalu bingung untuk menentukan pilihan bahan seperti yang hendak di gunakan, baja ringan adalah solusi yang tepat dan pas.

Apalagi pada saat sekarang ini, kalo boleh jujur bahan dari kayu beserta penyedianya itu sudah agak sedikit susah di temukan. Ada, terkadang harganya kemahalan.

Keunggulan atau kelebihan baja ringan untuk rangka atap rumah, adalah apabila sewaktu waktu anda mau membongkar atap rumah, maka baja ringan ini bisa di gunakan kembali untuk membangun rumah anda yang baru.

Selain itu bahan baja ringan untuk atap rumah ini memiliki daya tahan hingga 10 tahun. Cukup lumayan lama, bukan?

Keunggulan lainya adalah bahan baja ringan ini sangat kuat, bisa anda injak-injak di atas, dan bisa menahan beban genteng dan juga menahan beban plafon.

Di samping kuat dan tahan banting, dalam hal pengerjaanya bahan baja ringan ini lebih super cepat dan sangat sangat mudah dibandingkan dengan menggunakan bahan dari kayu.

Jika anda ingin menggunakan baja ringan ini untuk atap rumah anda, maka anda bisa dengan mudah dapatkan di toko bangunan terdekat di kota anda.

Langkah – Langkah Pasang Atap Baja Ringan

1. Persiapan

Persiapkan alat yang akan di gunakan, seperti : meteran, hexagonal socket, bor, waterpass, siku, gergaji besi, mesin pemotog palu, dan lain-lain yang di perlukan.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan rencana pemasangan atap dan perancangan kuda -kuda, dengan menggambar skema proyek.

Desain skema proyek harus di susun dengan hati-hati sesuai pertimbangan, sebagaimana ketika Anda sedang memilih desain yang bagus buat rumah minimalis.

2. Leveling

  • Gunakan selang air waterpass dan penyiku untuk mengatur ring balok agar siku dan rata.
  • Pastikan apakah rangka dasar ring balok sudah mengikat semua bagian bangunan dan sudah tersambung dengan baik.
  • Ukurlah jarak yang di perlukan antar kuda – kuda dan meteran.
  • Agar terukur secara cermat, berilah tanda untuk menempatkan kuda – kuda agar sesuai dengan rencana gambar atap yang telah di buat sebelumnya.
  • Bila Anda sedang proses membangun rumah dengan desain ala kadarnya, bisa simak tips membuat rumah sederhana.

3. Penyusunan dan Pemasangan Kuda – Kuda

  1. Pastikan kedua sisi kanan dan kiri (L-R) kuda – kuda di rangka tidak terbalik. Untuk menentukan mana yang kiri dan kanan, bisa dengan melihat mulut wab.
  2. Gunakan benang dan lot untuk mengukur posisi berdirinya kuda – kuda supaya tegak lurus dengan ring balok.
  3. Apabila ingin mengencangkan kuda – kuda yang sudah di susun, gunakan plat L dan 4 buah screw 12-14 x 20.
  4. Agar posisi kuda – kuda tidak berubah, kuatkan plat L dengan ring balok menggunakan dynabolt lalu tambahkan balok penopang sementara.
  5. Ulangi lagi langkah di atas untuk mendirikan kuda – kuda dan menyesuaikan dengan rancangan gambar.
  6. Periksa semua jarak antara kuda – kuda satu dengan lainnya. Ukuran untuk jarak maksimumnya adalah 1,2 m.
  7. Periksa kembali apakah kedataran (leveling) bagian atas kuda – kuda (ape) dan garis noknya sudah sejajar.
  8. Bila sudah sejajar, pasanglah balok nok.
  9. Pasang pengikat (bracing) untuk penguat di atas dan di bawah top – chord.

Apabila Anda menggunakan aluminium foil, maka lapisan foilnya bisa di pasang terlebih dahulu di atas truss, jurai dan rafter.

Pasang reng (rof buttens) dengan jarak yang menyerupai jenis penutup atap yang di pakai. Anda bisa mengikat setiap pertemuan antara reng dan kuda – kuda menggunakan screw ukuran 10-16 x 16 berjumlah dua buah.

Pasang gording tambahan setelah kuda – kuda terakhir yang menyokong ringbalk atau ourtrigger. Pada atap baja ringan jenis pelana, outrigger dan screw dengan dua buah kuda – kuda yang paling depan.

Outrigger bisa di pasang sebagai over hang dengan maksimal panjangnya, yakni 120 cm dari luas kuda- kuda.

Sedangkan jarak antar outrigger 120 cm, berilah jarak 120 cm untuk pemasangan ceiling battens antara satu dengan yang lainnya.

Gunakan komponen ini pada permukaan bagian atas bottom chor kuda-kuda dan screw dan beri bantalan bracket yang telah di ikat, dengan menggunakan dua buah dynabolt untuk permukaan ceiling battens dengan ring balok.

Ceiling battens berfungsi untuk memperkuat ikatan antar kuda – kuda. Sebaiknya ceiling battens di letakkan di atas bottom chord, apabila di perlukan sambungan yang memanjang.

Pada setiap sambungan harus lebih dari 40cm dan di setiap pertemuan dengan bottom chord, haruslah di screw.

Sedangkan fungsi lain dari ceiling battens adalah untuk menahan plafon dan mengaturnya agar terpasang dengan rapi.

4. Tahap Akhir

Periksa kembali apakah pemasangan kuda – kuda sudah sesuai dengan gambar, posisi nok pada semua sisi atap, dan pastikan overhang sudah terpasang dengan benar.

Apabila menggunakan aluminium foil, pasanglah terlebih dahulu lapisannya di atas jurai dan rafter. Tentukan jarak antara reng sesuai dengan jenis penutup atap yang di gunakan. Lalu pasang reng atau roof battens menggunakan screw ukuran 10-16 x 16 HEX.

Hal-Hal Yang Perlu Di perhatikan Saat Memasang Atap:

Cara memasang atap harus sesuai dengan standarnya agar tidak jadi kesalahan pemasangan rangka yang menjadi penyebab atap genteng bocor. Untuk itu hal – hal teknis yang perlu di perhatikan secara cermat saat memasang rangka atap bangunan agar atap rumah tidak bocor meliputi:

  • Kuda – kuda harus terpasang dengan kuat dan terdapat angkur (dynabolt) yang melengkapi kedua tumpuannya.
  • Posisi kuda – kuda tegak lurus dengan struktur pendukungnya (ringbalk).
  • Tinggi ape dalam pemasangan nok kuda – kuda harus rata.
  • Sisi miring atap tidak bergelombang (rata & lurus)
  • Lapisan pelindung harus dalam keadaan bagus dan tidak cacat
  • Jangan sampai salah memasang rangka yang menyebabkan deformasi (perubahan bentuk)

Apabila Anda mengikuti standar persyaratan di atas, di jamin pemasangan rangka atap berjalan lancar dan hasilnya kuat.

Pertimbangkan juga apabila Anda ingin memasang antena di bagian atap rumah yang harus pula di sesuaikan dengan pemasangan rangka baja ini.

Sebelum ke tahap pemasangan, ada pula yang perlu di perhatikan agar pemasangan rangka bisa menyesuaikan dengan gentengnya. Sebab, apabila Anda memasang rangka tanpa tahu ukuran dan bentuk gentengnya, di khawatirkan setelah rangka terpasang nantinya tidak sesuai dengan genteng atau bahan atapnya.

Hal – hal yang perlu di perhatikan mengenai Bagaimana Cara Memasang Baja Ringan Untuk Atap Rumah adalah sebagai berikut :

1. Ukur Atap

Gunakan meteran untuk mengukur jarak antara bubungannya. Dalam pengukuran atap ini, sebaiknya Anda mengukur kemiringan atap terlebih dahulu yang rata – rata idealnya adalah 25 – 30 derajat.

2. Hitung Jumlah Beban Atap

Mempertimbangkan beban atap sangat penting sebelum memasang atap baja ini. Berat bahan yang dugunakan sebagai atap akan mempengaruhi keawetan rangka baja ini.

3. Perhatikan Bentuk Atap

Mempertimbangkan bentuk atap sangat penting sebelum memasang baja ringan. Sebab bentuk atap mempengaruhi bagaimana bentuk kerangka baja ringan sebagai penyanga atapnya.

Sehingga ketika Anda membeli baja ringan, akan menyesuaikan dengan bentuk atapnya. Apabila ingin menggunakan atap model lengkung, maka butuh rangka baja yang ringan dan sesuai dengan bentuk.

Apabila Anda memasang satu jalur penutup atap, maka lakukan dari bawah dulu sampai ke atas, agar hasil yang di dapatkan rapi, lurus dan pola yang terbentuk tidak berbelok – belok. Jadi, lakukan dengan telaten ya cara pemasangan gentengnya.

Ok itulah ulasan mengenai Cara Pasang Atap Baja Ringan Untuk Rumah Tinggal. Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat.