Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Jenis Ayam Petarung Paling Mahal, Harga Fantastis Brow.

Jenis Ayam Petarung- Buat sobat yang menyukai ayam dan senang memeliharanya, tahukah bahwa terdapat jenis ayam petarung yang harganya terbilang mahal, penasaran? Yuk, simak ulasan lengkapnya di halaman ini.

jenis ayam petarung termahal

Ras ayam pertarung mungkin sudah tidak terdengar asing di telinga sobat yang hoby memelihara ayam. Ras ayam yang satu ini, dikenal juga sebagai ayam jagoan oleh karena mempunyai kelebihan tertentu tertuma dalam hal bertarung.

Ayam petarung memiliki ciri khas pada postur tubuhnya, yakni terlihat gagah seperti seorang ksatria brahma kumbara dari Indonesia, Hehehe..!! Selain itu, Ayam jenis ini juga memiliki watak yang pantang menyerah dan tangguh layaknya seperti sifat manusia.

Sehingga, dengan postur tubuhnya yang gagah tersebut membuat harga ayam petarung ini sungguh fantastis, bahkan untuk 1 ekor saja bisa setara dengan harga mobil, lho brow.

Selain itu, ayam petarung ini juga kerap dijadikan andalan dalam setiap kegiatan kontes ayam baik itu kontes yang diadakan didalam negeri maupun luar negeri.

Tiga Jenis Ayam Petarung

Lantas, apa saja jenis ayam petarung termahal atau ayam paling mahal untuk bertarung yang dimaksud? Berikut ini brow, ulasan lengkapnya. Yuk, disimak...

1. Ayam Mangon.

ayam mangon adalah ayam petarung

Jenis ayam petarung yang pertama yang harganya lumayan fantastis, yakni terdapat ayam mangon namanya. Ayam pertarung yang satu ini, tergolong kedalam tipe ayam modern masa kini.

Pasalnya, jenis ayam ini merupakan tercipta dari hasil kawin silang atau istilah bekennya "Crossbreeding" antara ayam pama dengan ayam saigon. Sehingga nama ayamnya diberi nama panggilan Mangon yang merupakan singkatan dari pama dan saigon.

Lantas berapa harga ayam mangon ini? Harganya, yakni dari mulai sekitar 20 juta hingga 100 juta tergantung dari level keistimewaan yang di milikinya.

Adapun, apa ke istimewaan ayam petarung bernama mangon ini, yaitu jika dari arah depan ayam ini mempunyai pukulan yang jitu dan akurat serta sangat keras. Tetapi, jika memukulnya dari arah yang berbeda, pukulannya akan menjadi kurang efektif.

Selain itu, daya tahan ayam terdapat pukulan dari lawan juga terbilang istimewa yang artinya masih mampu berdiri tegak meski itu pukulan dari lawan tarungnya dilakukan secara bertubi - tubi dan cukup lama.

Jika sobat memiliki jenis ayam mangon ini, sobat dapat melatih pukulannya dari segala arah secara eklusif supaya bisa efektif. Sehingga, harga jualnya nanti bisa lebih tinggi dan mahal dari yang seharusnya.

2. Ayam Bangkok.

ayam bangkok

Ayam jenis petarung yang kedua, yakni terdapat ayam bangkok. Siapa sih, penggemar ayam yang tidak tahu dengan ayam bangkok? Semuanya pasti sudah mengetahui dan tidak aneh lagi mendengarnya, bukan.

Bahkan, bukan penggemar ayam juga mungkin sudah sering kali mendengar istilah nama ayam bangkok baik melalui teman maupun kerabat disekitar, meski belum pernah melihat bentuk tubuh fisiknya secara langsung, betul?

Jadi serasi dengan namanya, yakni ayam bangkok dimana jenis ayam petarung yang satu ini asal mulanya berasal dari Kota bangkok, Negara Thailand. Tetapi, ayam jenis ini tak serta merta hidup di alam liar secara begitu saja.

Melainkan kehadiran ayam bangkok ini sebetulnya, berawal dari niatan warga setempat untuk bisa menciptakan jenis ayam petarung baru, yang kemudian diberikanlah julukan pada ayamnya dengan sebutan, "King's Chiken".

Singkat cerita, pedagang china dari Negeri Gajah Putih pun tertarik dengan jenis ayam bangkok ini, oleh karena mempunyai kekuatan yang besar dan gerak yang cepat saat bertarung.

Hingga pada akhirnya, pedagang dari china itu sendiri memberi julukan pada ayam bangkok dengan sebutan, yakni "Leung Hang Zhao". Sehingga, bisa terkenal ke hampir semua pelosok negeri tirai bambu pada masa itu.

Sedangkan di Negara Indoesia sendiri, ayam bangkok ini juga ternyata sudah sejak dari dulu dijadikan sebagai ayam andalan untuk bertarung.

Adapun perihal tentang harga ayam bangkok menurut seorang Rubby, sang pakar ayam! Ayam bangkok merupakan ayam yang harga jualnya paling stabil di Negara Indonesia.
Ayam yang mempunyai pukulan yang sangat keras dan bagus serta terkenal di seantaro nusantara! Ayam bangkok ini, bila bertarung tak perlu membutuhkan waktu yang lama guna dapat menjatuhkan lawannya! Ungkap, Rubby.
Lanjut menurut seorang Rubby yang merupakan seseorang yang pernah bekerja lama di Negara Thailand mengungkapkan, bahwa harga ayam bangkok per 1 ekornya dijual mulai dari kisaran harga Rp. 25 juta s/d 100 juta rupiah. Woow, sungguh harga ayam petarung yang fantastis.

3. Ayam Pakhoy.


Jenis ayam petarung paling mahal dan termahal ketiga, yakni terdapat Ayam Pakhoy namanya. Ayam ini, asal mulanya berasal dari Negara Thailand Utara atau lebih rincinya berawal dari Desa "Pa Khoy, Kota Lamphun."

Ada yang berpendapat ayam ini merupakan ayam bangkok. Tapi, ada juga yang menyampaikan pendapatnya bahwa ayam bangkok ya ayam bangkok dan ayam pa khoy ya ayam pa khoy, oleh karena terdapat ciri khasnya tersendiri.

Kendati begitu, memang jika di lihat secara sepintas memang hampir sama persis. Tetapi, mudah - mudahan pada pembuatan artikel selanjutnya tentang ayam akan kita bahas secara rinci tentang ciri - ciri atau karakteristik dari ayam bangkok dan ayam pakhoy.

Jadi, ayam pakhoy merupakan ayam yang lagi booming dalam dunia laga ayam dan termasuk jenis ayam petarung unggul oleh karena mempunyai pukulan yang tangguh juga didukung oleh badannya yang terlihat kekar.

Harga ayam pakhoy dijual berkisar, antara Rp. 20 juta s/d 85 jutaan rupiah. Adapun sedikit gambaran tentang ciri - cirinya, ialah memiliki ukuran tubuh yang agak sedikit kecil dengan average, rata - rata 2,5 kg, hingga 2,7 kg dengan tipe tarung dominannya memukul kedepan arah kebadan lawan.

Akhir Kata

Bagaimana brow, tentang jenis ayam petarung tersebut kira - kira mana yang lebih tangguh dan kuat serta selalu menang saat bertarung, entahlah..

Jika berbicara tentang menang tidaknya ayam petarung saat bertarung, mungkin kembali lagi pada sang pemilik ayamnya, apakah sudah maksimal dalam memelihara merawat serta melatihnya.

Mungkin hanya itu brow, informasi tentang 3 jenis ayam petarung paling mahal dengan harganya yang fantastis yang dapat kita sampaikan buat sobat sebagai penggemar berat ayam khususnya ayam petarung.

Apakah ini bisa membantu? Sekian dan terimakasih sudah berkunjung dan menyimak serta jangan lupa untuk menyimak juga artikel lainnya dengan topik seputar ayam yang mungkin ada yang menarik di hati pada bagian artikel terkait dibawah

Akhir kata kami ucapkan selamat berpisah dan sampai jumpa lagi dikesempatan pembuatan artikel berikutnya. Kamsiah...!!