Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Agar Lantai Semen Kuat, Tahan Lama, dan Tidak Cepat Retak. Nomor 4 Wajib Diketahui !

Agar Lantai Semen Kuat, Tahan Lama, dan Tidak Cepat Retak - Tips ini pastinya akan sangat berguna untuk para sahabat larantukgypsu.com yang hendak membuat lantai dari bahan semen to.
Tips Agar Lantai Semen Kuat, Tahan Lama, dan Tidak Cepat Retak
Ya, lantai semen pastinya akam memiliki berbagai macam masalah jika pada awal pengerjaan salah dalam menerapkan tipsnya, dan salah satu masalah yang biasa muncul pada lantai semen yakni mengalami atau terdapatnya retakan pada lantai.

Tapi sahabat larantukagypsum.com tenang saja tak usah khawatir, karena masih dapat dilakukan beberapa upaya pencegahan supaya lantai semennya bisa kuat serta tahan lama sehingga tak mengalami keretakan.

Agar Lantai Semen Kuat

Dan, berikut dibawah ini adalah sejumlah tips atau bisa disebut juga sebagai cara agar semen lantai tahan lama dan tidak cepat retak :

1. Memadatkan Tanah Sekuat Mungkin

Tips yang pertama sebelum cor lantai semen dilakukan, perhatikan dulu kepadatan tanah. Karena permukaan tanah yang tak stabil inilah yang dapat mengakibatkan semen lantai menjadi mudah retak dan ujung - ujung akan bertahan tidak lama alias lantai semen tidak kokoh alias rapuh.

Jadi apabila permukaan tanah di rumah para sahabat mengalami kondisi seperti itu, maka sebelum membuat lantai seman diharuskan dulu untuk melakukan pemadatan tanahnya, mau itu dilakukan secara manual ataupun dengan menggunakan alat bantu.

2. Buat Dengan Dua Lapis Lantai Semen

Tips yang kedua adalah dengan membuat 2 lapisan pada lantai semen. Tujuannya adalah supaya lantai semen menjadi kuat dan kokoh oleh karena menjadi tebal, sehingga lantai semen tidak akan mudah retak.

Jika sedikit bingung dengan penjelasan tersebut, pada intinya begini ! katakan Anda hendak membuat lantai semen dengan ketebalan lantai yakni 8 cm, maka cara membuatnya dua lapis lantai adalah sebagai berikut :
  • langkah pertama Anda dapat membuat lapisan lantai semen ketebalan 4 cm lebih dahulu, 
  • lalu langkah ke dua setelah lapisan pertama kering maka Anda bisa membuat lapisan yang kedua dengan ketebalan yang sama yakni 4 cm.
Jadi kesimpulannya 2 lapisan tersebut total ketebalannya masih tetap sama 8cm dengan apa yang Anda kehendaki.

3. Gunakan Bahan Material Berkualitas

Kualitas atau mutu dari bahan material untuk membuat lantai semen menjadi penentu agar lantai semen menjadi yang terkuat, kokoh, serta tak cepat retak.

So, Buat para sahabat larantuakugypsum dimana saja berada dalam pembuatan lantai yang kokoh, kuat, serta tidak mudah retak, maka perlu sekali untuk memilah - milah bahan material yang memiliki kualitas atau mutu yang tinggi serta sesuai dengan standar untuk pembuatan lantai semen.

4. Proses Pembuatan Lantai Haruslah Benar

Tips selanjutnya jika sahabat lagi membuat lantai semen maka lakukan proses pembuatan lantai semenenya dengan secara yang benar supaya hasil akhirnya bisa akan memuaskan.

Dan proses pembuatan lantai yang benar bisa dimulai dengan memperhatikan terlebih dahulu campuran antara semen, pasir serta air. Dan jangan lupa juga perhatikan apakah tanahnya bersih (tak ada krikil di atas permukaan tanah), sebelum proses pekerjaan lantai semen dimulai.

5. Selalu Jaga Kondisi Lantai.

Lalu tips yang terakhir atau tips yang ke lima dari kita adalah jagalah hati jangan kau nodai (Opps sory maksudnya jaga & rawat lantai semennya).

Jadi buat para sahabat apabila lantai semen telah selesai dibuat, maka tugas Anda berikutnya yakni harus dapat menjaga kondisi lantai semen tersebut seperti mengindari peletakan barang dilantai yang mempunyai bobot berat yang lebih, lalu sedapat mungkin untuk tidak menaruh benda lancip yang tajam di lantai semen.

Itulah 5 Tips Agar Lantai Semen Kuat, Tahan Lama, dan Tidak Cepat Retak yang dapat kita sampaikan, selebihnya mohon apabila ada kata atau kalimat yang tidak dimengerti. Wassalam...!