Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Pompa Air Untuk Memenuhi Kebutuhan Air Dalam Rumah

Pompa air untuk rumah tinggal atau hunian masa kini terdapat macam jenis yang bisa sobat pilih. Dengan memilih jenis pompa air yang tepat, kualitas air yang di hasilkan nanti pastinya akan terjamin bisa memenuhi kebutuhan konsumsi setiap hari.

Jenis Pompa Air

Ya, dengan memilih jenis pompa air yang tepat dan sesuai akan bisa menjamin kualitas air yang bagus. Sehingga, bisa di konsumsi setiap hari oleh semua anggota keluarga di rumah secara aman dan steril.

So sebelum membeli, harap sobat pahami dulu tentang jenis pompa air dihalaman ini sebelum sobat membeli untuk dipergunakan dirumah.

Pada dasarnya, perbedaan jenis mesin pompa air bisa pula menghasilkan perbedaan yang signifikan dalam hal kemampuan menyedot ataupun mendorong air! Jadi, memilih pompa air yang tidak sesuai kemungkinan besar bisa mempengaruhi kualitas dari pompa airnya itu sendiri.

Sehingga, sobat mesti mengetahui dulu tentang kedalaman sumur yang dimiliki untuk bisa di sesuaikan dengan jenis pompa air yang akan dibeli. Dengan begitu, kualitas mesin pompa air bisa tetap terjaga dengan baik dan bisa terus berfungsi secara maksimal serta tidak mudah rusak.

Maka dari itu, yuk kita ketahui dulu tentang macam macam mesin pompa air yang sesuai dengan fungsi yang di milikinya.

Jenis Pompa Air Untuk Rumah Huni

Berikut ini, macam jenis pompa air yang biasa dipergunakan untuk rumah tinggal atau rumah hunian masa kini yang harus sobat ketahui terlebih dahulu sebelum membeli.

1. Pompa Air Untuk Sumur Dangkal

pompa air untuk sumur dangkal

Macam jenis pompa air untuk rumah hunian masa kini pada poin pertama, yakni terdapat pompa air yang diperuntukan untuk kedalaman sumur yang dangkal.

Dengan kata lain, penggunaan pompa air pada mesin yang satu ini terbilang masih di tahap ringan, dimana daya menyedot air paling maksimalnya tidak lebih di kedalaman sumur 9 meter.

Guna bisa mengetahui berapa kedalaman sumur, sobat bisa mengukurnya di saat air sumur sedang tidak penuh.

Atau bisa juga mengukur kedalaman saat air sumur sedang penuh, misalnya dengan menggunakan seutas tali panjang yang di ikatkan pada batu, lalu kemudian cemplungkan batunya di sumur hingga mencapai dasar.

Kemudian angkat talinya, dan silahkan ukur talinya berapa meter mulai dari batu yang di ikat hingga batas permukaan air.

Adapun tentang berapa daya dorong ataupun sedot air yang dimiliki oleh mesin pompa air, biasanya tertera di dus atau di sebuah kertas (discharge head) yang terdapat di dalam dos.

2. Pompa Air Untuk Sumur Dalam

pompa air sumur dalam

Jenis pompa air untuk rumah tinggal pada poin kedua merupakan pompa yang memiliki mesin terbaik yang dapat sobat pilih.

Mesin untuk pompa air dalam sumur yang dalam biasanya terdapat 2 (dua) tipe mesin pompa, yakni jet pump dan semi jetpump.

Pompa mesin jet pump dipergunakan pada sumur dengan kedalaman mencapai maksimal mencapai 20 meter. Sedangkan mesin yang semi jet pump mencapai kedalaman sumur paling maksimal hanya di 11 meter dengan ketinggian air 9 meter.

Jadi, bedanya antara mesin jet pump dengan semi jet pump terletak pada daya dorong atau sedot airnya. So, sobat mau pilih yang mana? Nanti, tinggal sobat sesuaikan saja dengan kedalaman air sumurnya.

3. Pompa Mesin Diesel

pompa air diesel

Jenis pompa air yang bisa dipakai di rumah tinggal pada poin ketiga, yakni terdapat pompa air mesin diesel.

Kendati jenis pompa diesel jarang sekali skala rumahan menggunakannya, tetapi sangat bisa sekali di pakai untuk sumur di rumah terutama buat sobat yang mempunyai kebun atau pekarangan di sekitar rumah.

Jadi saat hendak menyiram tanaman di kebun atau dipekarangan rumah, sobat bisa menyedot airnya dengan menggunakan mesin pompa diesel yang satu ini.

Disaat terjadi pemadam daya listrik pln dirumah, jenis pompa diesel ini masih bisa di fungsikan oleh karena penggunaannya dengan menggunakan bahan bakar solar ataupun bensin.

Selain itu, mesin pompa jenis diesel ini dapat sobat gunakan sebagai cadangan dirumah kala terjadi pemadam listrik bergilir oleh PLN.

4. Pompa Celup

pompa air delup

Pompa air jenis yang keempat terdapat pompa celup. Pompa yang satu ini, dulu sering kali digunakan dirumah terutama untuk aquarium.

Tetapi, di jaman sekarang ini terdapat pompa air celup dengan kekuatan daya sedot tinggi yang dapat dipergunakan untuk menyedot air dalam sumur yang tidak terlalu dalam.

Itupun jika didasar sumurnya beralaskan lantai semen, maka pompa celup dapat di pakai didalam sumur tersebut! Selain ini, pompa celup ini sangat bisa sekali di pergunakan di bak-bak penampung air pam.

Jadi, cara kerja pompa celup ini, yakni mesin pompanya di celupkan kedalam dasar sumur atau bak penampung. Tetapi sebelum pompa celup ditenggelamkan, harus sudah di pasangi selang dan kabel listrik panjang yang mana panjangnya dari mulai dasar pompa celup hingga sepanjang ke arah bak mandi dan colokan kabel listrik.

5. Pompa Booster Air

pompa booster

Pompa air yang terakhir, terdapat pompa booster. Pompa ini, cara penggunaanya agak sedikit berbeda dengan pompa air yang lain.

Pompa booster air, tidak mempunyai daya isap. Biasanya, dipergunakan cuma sebatas sebagai pompa untuk mendorong air.

Selain itu, pemasangan pompa booster mesti di lakukan langsung di sumber airnya atau dipasang di tengah-tangah instalasi pipa.

Itulah pembahasan tentang macam jenis pompa air guna memenuhi kebutuhan air baik didalam rumah mau disekelling pekarangan rumah yang dapat kami sampaikan.

Apakah ini bisa membantu? Sekian dan terimakasih atas kujungannya, akhir semoga artikel tentang pompa air ini berguna dan bermanfaat.