Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Ayam Termahal dan Paling Mahal Di Dunia, Ada Yang Tahu Brow?

Ayam termahal atau paling mahal di dunia, apa saja hayo? Mungkinkah diantara sobat yang berkunjung disini, ada yang tahu apa saja jenis ayam termahal di dunia? Bila penasaran, yuk simak penjelasannya hingga selesai.

ayam termahal

Akan tetapi, jika sobat sudah mengetahuinya alangkah baiknya brow diam - diam saja. Namun, bila sobat tidak tahan ingin menyebutkan salah sat ayamnya, bolehlah menyebutkannya di kolom komentar.

Jadi bukan ayam bangkok yang termahal yang akan kita ulas disini ya, bro! Melainkan, ada 10 jenis termahal di dunia yang akan kami informasikan dan kami urutkan dengan segera pada kesempatan pembuatan artikel kali ini.

Sebelum berlanjut, mungkin sobat memiliki pertanyaan tertentu seputar ayam termahal misalnya, "apa sih yang membuat seekor ayam itu bisa mahal?"

Sebetulnya, nggak semua jenis ayam itu tergolong mahal. Melainkan, ada juga jenis ayam yang harga murah meriah, mudah didapat, dan ramah diramah dikantong!

Tetapi, tidak jarang pula ada seseorang yang beternak ayam dengan jenis ayamnya ayam yang langka hingga membuat harga jual ayam langkanya menjadi mahal bahkan bisa menjadi termahal di dunia.

8 Jenis Ayam Termahal di Dunia

Apa sajakah jenis ayam termahal dan paling mahal di dunia yang dimaksud? Berikut ini ulasan secara lengkapnya, bro! So, simak baik - baik ya. Siapa tahu, brow bisa budidaya salah satu ayam termahal di dunia ini dengan secara mandiri di pekarangan rumah.

1. Ayam Orust.

ayam orust ayam termahal di dunia

Jenis ayam termahal yang kita masukan terlebih dahulu dalam daftar pertama, yakni Ayam Orust! Ya, jenis ayam orust merupakan salah satu ayam termahal didunia yang keberadaannya berada di pantai barat negara swedia.

Ciri khas dari ayam orust ini memiliki pola warna pada bulunya, yakni hitam putih dengan berat ayamnya kurang lebih sekitar 5kg dan terdapat mozaik sisik putih dan hitam pula pada bagian kaki - kainya.

Dengan kata lain, pola warna hitam putih pada bulu dan kaki ayam yang satu ini, dalam dunia kerajaan ayam tergolong tidak terkalahkan.

Ditahun 2013 yang lalu, sebuah lembaga sensus yang kami rahasiakan namanya mencatat bahwa, "jumlah populasi global (secara menyeluruh) ayam orust didunia hingga saat ini tidak lebih dari 463 ekor ayam".

Sehingga, menjadi tidak heran dan aneh bila jenis ayam orust ini di jual dengan harga, Rp. 1.400.000 per ekornya atau sekitar $100.

2. Ayam Kadaknath.

ayam kadaknath ayam termahal di dunia

Kadaknath merupakan salah satu nama jenis ayam termahal di dunia yang kami masukan kedalam daftar yang kedua, dimana ayam ini juga tergolong jenis ayam yang langka yang beradaannya berada di wilayah Madya Pradesh Negara India.

Ayam kadaknath memiliki ciri khas warna hitam pada bagian kulit, pial, sisir, lidah, paruh, kuku, kaki, hingga pada bagian organ - organnya termasuk daging - dagingnya.

Warna daging ayam kadaknath yang hitam tersebut, ternyata dibandrol pula dengan harga yang sangat tinggi oleh karena kadar kolesterol dalam dagingnya tergolong sangat rendah dengan kandungan proteinnya yang rendah pula.

Adapun harga daging untuk jenis ayam termahal didunia yang satu ini, di negara India sana di bandrol sekitar, Rs.700/kg s/d Rs. 1000/kg. Jika dirupiahkan, maka kurang lebih harga daging ayamnya sekitar, Rp. 140.000 s/d Rp. 200.000 per kilo gram.

Sedangkan harga per 1 ekor ayam bisa dijual rata - rata antara, Rs. 2.000/ekor - Rs. 2.500/ekor! Jika dirupiahkan, menjadi sekitar Rp. 400.000 - Rp. 500.000 per ekornya.

3. Ayam Brahma.

ayam brahma ayam termahal di dunia

Jenis ayam yang akan kita masukan dalam daftar ayam termahal di dunia yang ketiga, ialah Ayam Brahma.

Ya, Ayam Brahma brow..!!! Tapi, Jangan ditambahin kumbara ya, nanti ayamnya bisa jadi seorang pesilat seperti pendekar brahma kumbara dari Indonesia, hehehe...

Jadi, ayam brahma ini termasuk kedalam salah satu jenis ayam termahal di dunia yang asal mulanya sama dengan ayam Kadaknath pada poin kedua, yakni sama- sama berasal dari negara India.

Di Negara Indonesia sendiri ayam brahma bisa sobat temukan dengan mudah sekaligus dapat juga sobat beli sekalian, termasuk dengan telur - telurnya. Pasalnya, beberapa orang di Indonesia juga sudah ada yang mulai membudidayakan jenis ayam yang satu ini.

Dengan kata lain, jenis unggas dengan nama brahma ini tergolong sangat cocok untuk sobat pelihara di pekarangan rumah, oleh karena ukuran bentuk tubuhnya yang besar dan terbilang lebih besar ketimbang jenis ayam pada umumnya.

Dan oleh karena itu pula, yakni kerena memiliki ukuran tubuh yang besar. Maka, ayam brahma ini di juluki oleh para penggemar ayam di dunia, yaitu sebagai Rajanya Ayam diantara semua jenis ayam.

Selain bentuk tubuhnya yang besar, ayam ini juga memiliki daging yang bagus juga tebal dan pastinya dijamin enak serta lezat jika sobat ingin menyantapnya. Tapi, tetap harus di masak dulu sebelum menyantapnya ya brow. Hehehe...

Berat rata - rata ayam brahma mencapai 10 pound dengan harga per ekornya, yaitu sekitar Rp. 1.400.000 sampai dengan Rp. 2.100.000 atau sekitar US$100 hingga US$150.

4. Ayam Olandsk Dwarf.

Olandsk Dwarf

Jenis ayam termahal selanjutnya, yakni terdapat ayam olandsk dwarf. Ayam ini, berasal dari pulau Olands di Negara Swedia yang memiliki bentuk tubuh yang mungi, dimana menurut kabar terpercaya yang beredar pada waktu itu, yakni tahun 1980an, nyatanya jenis ayam yang satu ini hampir punah.

Jadi, hanya berjumlah sekitar 54 ekor ayam olandsk dwarf yang tersisa pada waktu tahun itu. Namun, kini sudah berhasil di kembang biakan kembali hingga saat sekarang.

Banyak orang terpikat untuk menyukai jenis ayam olands ini, alasannya mungkin karena bentuk tubuhnya yang mungil dan imoet serta menggemaskan. Untuk ciri khas warnanya, sobat bisa melihat gambar ayam Olandsk Dwarf diatas.

Adapun tentang berapa harga ayam olandsk dwarf ini, yakni berkisar Rp. 1.400.000 per tiap ekornya atau sekitar US$100.

5. Ayam Deathlayer.

Ayam Daethlayer

Ayam ini merupakan salah satu jenis ras ayam termahal di dunia yang asal mulanya berasal dari Negara Jerman dengan karaktersistiknya yang unik, yakni bisa bertelur hingga sampai ayam ini mati.

Selain itu, ayam deathlayer juga memiliki pola warna bulu pada tubuh yang indah dan cantik. Silahkan saja, sobat lihat kembali gambar ayam deathlayer diatas.

Menurut penelitan yang dilakukan baru - baru di Negara Jerman sana, bahwa ayam daethlayer ini sudah mencapai populasi sekitar 1.500 ekor ayam yang terdaftar.

Adapun untuk harga ayam ini, bisa brow cari sendiri lebih lanjut di pencarian mbah google supaya brow yang ingin memiliki ayam deathlayer guna di pelihara di pekarangan rumah, bisa terlihat jelas kerja kerasnya dalam berusaha dan berupaya. Hehe...

6. Ayam Sussex.

ayam sussex

Jenis ayam termahal dengan nama ayam sussex ini, termasuk ayam yang sangat popular untuk di pelihara di pekarangan rumah dimana salah satu ciri khas pada tubuhnya, yaitu memiliki warna cokelat buff, putih, perak, merah muda, dan berbintik - bintik.

Selain itu, ayam sussex tergolong ayam yang mudah beradaptasi terhadap lingkungannya yang baru dimana asal usul ayam ini pada mulanya berasal dari kota Sussex, Amerika Serikat.

Sehingga, buat sobat yang lagi berlibur di kota Sussex AS tersebut, lalu ingin pulang kembali ke Indonesia dengan membawa sekalian ayam sussexnya.

Maka bisa di pastikan setelah ayam berada di tempat yang baru, yakni di pekarangan rumah sobat di Indonesia, ayam sussex tidak akan menangis atau tak akan rindu ingin pulang kembali ke kota asalnya. Hehehe..

Menurut kabar yang beredar, seorang peternak ayam sussex di AS bisa menjual dua ekor ayam jenis ini, sekitar Rp. 10.500.000 atau berkisar US$750 dollar.

Itu berarti harga untuk satu ekor ayam sussex ini, dibandrol seharga Rp. 5.250.000. Wow, sungguh harga ayam yang fantastis, bukan?

7. Ayam Svart Hona.

Svart Hona

Jenis ayam paling mahal selanjutnya, ialah Ayam Svart. Ayam jenis yang satu ini hampir mirip atau sama persis dengan ayam kadaknath pada poin kedua diatas dan ayam cemani yang akan dibahas setelah ini.

Istilah lain dari Svat Hona, sebagian orang menyebutnya dengan nama "Swadish Black Hen" artinya ayam ini mempunyai fibromelanistik pada tubuhnya.

Meski ayam svart hona ini, lebih langka dari ayam cemani yang akan dibahas tentang ayam cemaninya setelah ini. Namun, masih terdapat populasi untuk ayam svart hona, sekitar 500 ekor di dunia.

Salah satu keunikan dari ayam Swadish Black Hen ini, ialah dapat bertahan hidup di cuaca yang sangat dingin bahkan lebih kuat daya tahannya ketimbang ayam cemani.

8. Ayam Cemani.

ayam cemani

Sama halnya dengan ayam svart hona dan kadaknath, jenis ayam cemani juga merupakan salah satu jenis ayam paling mahal di dunia dimana warna bulu - bulu pada tubuhnya hampir sama persis atau menyerupai dengan ayam svart hona pada poin ketujuh dan ayam kadaknath pada poin kedua.

Meski begitu, menurut beberapa sumber terpercaya ayam cemani ini ternyata lebih mahal ketimbang jenis ayam termahal yang sudah dibahas dalam daftar ayam termahal di dunia ini.

Bayangkan saja, harga per 1 ekornya itu dibandrol sekitar US$20 Juta dollar hingga US$40 Juta dollar.

Jika di konversikan dalam rupiah, yakni menjadi Rp. 280 milliar sampai dengan Rp. 560 milliar per 1 ekornya. Woh, sungguh harga ayam yang paling azing dan fantasitis, bukan?

Jadi penasaran, kenapa harga ayam cemani ini sungguh amzing dan fantastis?

Selidik punya selidik, ternyata ayam ini juga merupakan ras ayam yang sangat langka dimana populasi ayam cemani ini hanya tersedia sebanyak 3500 ekor saja di seluruh dunia.

Selain itu, warna pada tubuh yang sangat terlihat eksotis membuat ayam cemani ini menjadi pusat perhatian orang banyak. Tapi kan, ayam svart hona dan kadaknath juga sama. Entahlah...!!

Akhir Kata

Bagaimana brow, setelah mengetahui harga ayam termahal di dunia tersebut? Mungkinkah, sobat mau mencoba memeliharanya di pekarangan rumah.

Jika sobat mau mencoba memelihara salah satu jenis, kenapa tidak memilih ayam cemani saja? Bisa pelihara 1 ekor saja, sepertinya sudah bisa langsung kaya raya kita. Hahaha..

Mungkin hanya itu brow, informasi tentang ayam paling mahal atau termahal di dunia yang dapat kami sampaikan. Selebihnya, mohon maaf bilamana ada kata atau kalimat yang tidak berkenan dalam hati sobat semua.

Sekian dan terimakasih sudah berkunjung sekaligus menyimak, semoga ini bisa berguna dan bermanfaat. Akhir kata, kami ucapkan selamat berpisah dan sampai bertemu lagi pada pembuatan artikel berikutnya. Kamsiah...