Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Gypsum Dalam Lingkup Bangunan Rumah Tempat Tinggal

Fungsi Gypsum, dimana gypsum di kenal sebagai salah satu mineral yang mengendap akibat proses konsentrasi io-ion melalui penguapan. Saat air mengandung tingkat garam yang tinggi, mineral ini dapat berubah menjadi anhidrit (CaSO4) atau basanit (CaSO4.H2o).

fungsi gypsum

Sebagai hasil dari proses penguapan, gypsum yang mengendap membentuk lapisan diantara batuan sedimen, seperti : lempung, batu pasir, serpih merah, dan batu gamping.

Kandungan kalsium yang melimpah menjadikan gypsum sebagai salah satu bahan dengan kadar mineral tersebut sebagai sesuatu yang sangat mencolok.

Selain menjadi sebuah komponen dalam dalam konstruksi, mineral semacam ini juga kerap di manfaatkan sebagai pupuk dan dimanfaatkan pula dalam sektor obat-obatan serta produk kecantikan.

Gypsum yang tersedia di pasaran Indonesia biasanya mempunyai dimensi standar sekitar 122cm x 240cm, tetapi terdapat pula variasi dimensi lainnya, misalnya 120cm x 60cm.

Sejumlah merek yang dikenal di pasaran Indonesia, yakni meliputi gypsum Alabaster, selenite, aplus, knauf, elephant,dan jayaboard.

Dari setiap masing-masing merek gypsum tersebut menyajikan fungsi dan juga dimensi atau ukuran gypsum yang bervariasi.

Keunggulan atau Kelebihan Gypsum

Selain keunggulan tahan terhadap api, terdapat beberapa karakteristik lain yang menonjol pada gypsum, seperti bobotnya yang ringan juga fleksibel.

Lebih rincinya lagi, berikut sejumlah fakta yang menarik terkait keunggulan atau kelebihan gypsum yang menjadikannya sebagai bahan yang popular dalam pembangunan rumah tempat tinggal di Indonesia.
  • Gypsum merupakan material yang memiliki sifat tahan api dan mengandung air kristal. Karakteristik ini di manfaatkan dalam elemen - elemen bangunan untuk mencegah penyebaran api.
  • Gypsum mempunyai sifat kedap suara seperti pada papan gipsum akustik yang biasa digunakan sebagai bahan insulasi guna mencegah penyebaran suara.
  • Gypsum mempunyai konduktivitas panas yang sangat rendah. Apabila digunakan sebagai bahan insulasi, gypsum bisa menghambat perpindahan panas juga dapat menjaga suhu dalam ruangan.
  • Gypsum juga mempunyai kekuatan yang solid dan mampu meningkatkan ketahanan sebagai partisi dinding terhadap benturan.
  • Gypsum dapat di bongkar dan di pasang dengan sangat mudah, bahkan ketika tidak lagi di perlukan gpysum bisa di daur ulang untuk di ubah menjadi produk baru.
Fungsi Gypsum Dalam Lingkup Bangunan Rumah

Sebagaimana sudah di jelaskan sebelumnya, bahwa salah satu kegunaan gypsum ialah sebagai bahan pembuat plafon.

Gypsum yang tahan terhadap api, mempunyai kontur yang presisi dan rapi serta ketahanannya yang tinggi terhadap kerusakan yang menjadikannya sebagai bahan material yang sangat bermanfaat.

Ukuran atau dimensi gypsum juga bisa bervariasi, tetapi umumnya berbentuk lembaran yang terbilang lumayan cukup lebar.

Dibandingkan dengan batu bata yang mesti di pasang satu persatu. Maka dengan hanya 1 lembar gypsum mampu melapisi area yang lebih luas, mempercepat proses pemasangan, hingga menghemat waktu dan tenaga serta pikiran.

Selain itu, gypsum juga mempunyai potensi penggunaan lainnya atau bisa di manfaatkan untuk hal lainnya, seperti: sebagai elemen dekoratif atau dekorasi.

Sobat dapat meningkatkan estetika rumah dengan mengaplikasikan lis dan pusat plafon, seperti: menciptakan bentuk plafon bertingkat (drop-up ceiling), kubah (dome), dan lain sebagainya.

Sekedar diketahui, bahwa ornamen plafon dari gypsum jika dipadukan dengan dekorasi interior yang sesuai dapat memberikan sentuhan kemewahan pada rumah sobat.

Selain dua fungsi yang telah disebutkan tersebut, terdapat pula ulasan tentang sejumlah fungsi lainnya di rumah, yakni sebagaiu berikut:

1. Gypsum Sebagai Partisi Dinding

Gypsum sebagai sekat atau partisi dinding bisa mempermudah proses aplikasi cat. Kemampuan gypsum yang menyerap cat dengan baik, bisa memberikan kebebasan dalam hal memilih berbagai warna cat dan jenis cat.

Selain cat sangat mudah menyerap pada permukaan gypsum, daya rekat gypsum juga terbilang sangat baik dan bagus.

2. Gypsum Sebagai Plester atau Perekat

Gypsum mempunyai karakteristik yang sangat fleksibel dengan ketahanannya yang tinggi, sehingga dapat di gunakan sebagai bahan plester atau perekat.

Dalam konteks interior, plester gypsum juga dapat di gunakan untuk melapisi dinding dan plafon. 

Sementara itu, pada eksterior rumah gypsum dapat berfungsi sebagai pilihan alternatif untuk plester dan acian dibagian dalam bata.

3. Gypsum Untuk Dinding Kamar Mandi

Lembaran gypsum yang dapat tahan terhadap air dan benturan juga sekarang sudah tersedia di pasaran Indonesia.

Kekuatan material gypsum ini juga sebanding dengan batu bata, tetapi lebih mudah di bentuk saat hendak mengaplikasikannya.

Maka oleh karena itu, sobat dapat mempertimbangkan untuk menggunakan material gypsum sebagai pilihan alternatif untuk merenovasi kamar mandi sobat di rumah.

4. Gypsum Sebagai Penyubur Tanaman

Bagi sobat yang gemar berkebun, ternyata gypsum juga memiliki manfaat sebagai pupuk untuk tanaman.

Selain itu, gypsum juga berperan dalam memperbaiki struktur tanah dan mampu meningkatkan serapan air .

Dengan kedua peran tersebut, tentu akan memberikan dukungan pada pertumbuhan tanaman untuk bisa menjadi lebih optimal dan subur di pekarangan rumah, bukan?

Itulah fungsi gypsum dalam lingkup rumah huni atau rumah untuk tempat tinggal yang dapat larantukagypsum.com informasik. Semoga bermanfaat...!!