Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Gypsum Dinding Tahan Air dan Jamur Berbagai Merek, Terbaik 2022.

Gypsum Dinding Tahan Air ~ Ternyata produsen gipsum board di Indonesia selain memproduksi papan gypsum untuk plafon juga membuat gipsum board khusus untuk partisi (skat) dinding yang bisa tahan terhadap air.
gypsum dinding anti air
Jika, sobat hendak hendak membuat partisi atau sekat dalam ruangan rumah! Selain menggunakan batu bata, bisa juga menggunakan gypsum sebagai dinding rumah.

Dengan kata lain dinding gypsum merupakan pilihan alternatif, bilamana batu bata atau batako tidak tersedia banyak di kota sobat! Selain sebagai pilihan alternatif, dinding gypsum merupakan solusi terbaik bagi sobat yang memiliki dana terbatas dalam membangun rumah.

Gypsum board, umumnya dikenal oleh sebagian orang sebagai bahan material untuk pembuatan plafon rumah. Namun nyatanya, gypsum juga bisa di pakai untuk membuat sekat dinding di rumah.

Sebelum berlanjut, sobat harus memahami dulu tentang istilah kata gypsum! Gypsum yang kita maksud disini bukanlah bubuk gipsum atau gifsum berupa tepung, melainkan gypsum yang sudah diproses menjadi sebuah lembaran yang kemudian dinamakan papan gypsum atau gipsum board.

Jadi disaat sobat hendak memasang sebuah plafon gypsum dirumah, tidak lagi membeli bubuk gypsum atau tepung gypsum sebagai penutup plafonnya. Melainkan beli gypsum yang sudah diproses menjadi sebuah lembaran, yakni gypsum board (papan gypsum).

Begitupun dengan dinding gypsum, sobat juga harus mencari papan gipsum (gypsum board) dalam pembuatan dindingnya. Namun dalam hal ini, gunakan gypsum untuk dinding yang bisa tahan terhadap air.

Pasalnya, yang namanya dinding berarti dia ada titik atau bidang terendahnya, dimana sewaktu waktu dinding gypsum bisa terkena air juga lembab atau kena sentuhan tangan anak-anak yang sedang bermain yang dapat menyebabkan dinding kotor dan rusak.

Keunggulan Dinding Gypsyum Tahan Air

Diwaktu dulu banyak yang mengakali dinding gypsum agar bisa tahan terhadap air dan jamur juga anti kotor, yakni dengan mengecat dinding gipsum menggunakan cat pagar besi berbahan dasar minyak.

Ini artinya, di jaman dulu (sekitar tahun 2000an) gypsum khusus untuk plafon seringkali juga digunakan atau dipakai sekaligus untuk membuat partisi (skat) dinding rumah.

Namun di era sekarang, sobat sudah tidak perlu repot lagi untuk melakukan hal seperti itu! Karena sekarang, sudah ada gypsum khusus untuk partisi dinding dimana salah satu kelebihan atau keunggulannya, yaitu bisa tahan air juga dapat bertahan terhadap jamur.

Adapun keunggulan gypsum khusus untuk partisi dinding daripada menggunakan batu bata merah atau bata ringan beberapa diantaranya, adalah sebagai berikut:
  • mudah dan cepat pengerjaannya.
  • rapih dalam pemasangannya.
  • kualitas tidak kalah dengan batu bata merah atau bata ringan.
  • mudah dalam membuat lubang untuk instalasi listrik.
  • bisa buat celengan anak, karena didalamnya terdapat rongga. Jadi, tinggal membuat lubang kecil khusus untuk memasukan uangnya.
  • dan lain sebagainya.
Meski, dinding gypsum terdapat rongga didalamnya! Tapi itu, tidak akan mengurangi sedikitpun dalam hal kualaitas dan kekuatannya asalkan menggunakan bahan rangka yang kuat dan kokoh.

Jika terkena benda tajam yang dapat membuat permukaan dinding gypsum cacat atau lecet pun, maka dalam service atau memperbaikinya sangat mudah dan gampang sekali di kerjakannya.

Dinding gypsum yang sudah di finihing akan terlihat seperti batu bata merah atau bata ringan yang sudah diplester juga telah di cat!

Akan tetapi, akan ketahuan bahwa itu dinding gypsum jika sobat mengetoknya dengan menggunakan punggung jari tengah yang bunyi ketokannya nanti akan memiliki sedikit suara yang berbeda oleh karena terdapat rongga didalamnya.

Memikirkan hal semacam itu, menurut kami itu bukanlah merupakan sesuatu hal yang penting! Asalkan permukaan dinding gypsum sudah terlihat rapih, kuat, dan kokoh. Maka itu, sudah menjadi kelebihan tersendiri.

Jenis Gypsum Dinding Tahan Air

Terdapat banyak jenis gypsum dinding yang bisa tahan terhadap air dan jamur dari berbagai macam merek gypsum di Indonesia, disaat sekarang ini.

Merk gypsum tahan air dari berbagai merk di tanah air banyak bermuculan di pasaran. Beberapa diantaranya pemain lama yang masih bertahan hingga saat ini, ialah ada merk gypsum jayaboard, aplus gypsum board, gyproc, elephant, dan lain sabaginya.

Sebagian merk gypsyum tersebut ada yang produk dinding gypsumnya sudah menyebar secara merata di seluruh pelosok Indonesia. Bahkan, ada pula produk gypsum dinding anti air yang hanya tersedia dibeberapa kota besar saja.

Menganalisis kembali hal semacam ini, entah apa penyebabnya! Mungkinkah karena, konsep manajemen perusahaan gypsum yang kurang profesional ataukah tranportasi penyebaran barang yang sulit. Tapi kan sekarang sudah ada program Tol Laut dari jokowi, lalu kenapa tranportasi masih sulit. Ah, Entahlah...!!

Berikut ini, jenis gypsum untuk partisi (sekat) dinding dalam rumah yang tahan terhadap air dan jamur:

1. Gypsum Dinding Soundstop™

Papan gipsum Soundstop™ untuk partisi dinding gypsum ini, selain tahan air juga di buat khusus untuk ruangan kedap suara seperti studio musik, ruang karaoke, dan home theatre.

Jenis gypsum dinding soundstop di buat oleh Perusahaan Jayaboard dengan nama merek "Papan Gipsum Soundstop™ Jayaboard Anti Air".

Spesifikasi (Specifications) papan gypsum dinding soundstop, adalah sebagai berikut:
  • Panjang: 2,4 meter
  • Lebar: 1,2 meter
  • Tebal: 12mm
  • Berat per lembar: 11,5 kg/m2

2. Gypsum Dinding Heatstop

Gypsum Dinding Heatstop
Gypsum board dengan nama Heatstop ini juga merupakan produk gipsum dari Jayaboard yang di formulasikan khusus untuk partisi dinding tahan air.

Heatstop, ialah papan gypsum (gipsum board) khusus untuk partisi yang sudah dilapisi metalized film yang bisa membantu untuk menahan uap air. Sehingga, permukaan sekat dinding bisa tetap kering.

Selain itu, gypsum heatstop ini juga bisa menahan sekaligus memantulkan suhu panas hingga 90% oleh karena terkena sinar ultraviolet (cahaya matahari).

Berikut ini, specifications (spesifikasi) papan gypsum dinding Heatstop:
  • Panjang: 2,40 meter
  • Lebar: 1,20 meter
  • Tebal: 9mm dan 12mm
  • Berat: 5,1 kg dan 7,1 kg

3. Gypsum Dinding Impactstop™

Gypsum Dinding Impactstop™
Papan gypsum untuk dinding dengan nama Impactstop™ ini juga sangat tahan terhadap air. Selain itu juga, kokoh dan tahan benturan serta tahan terhadap goresan benda tajam dan merupakan salah satu produk dari merk Jayaboard.

Gypsum dinding Impacstop, sangat cocok sekali bila diaplikasikan untuk pelapis partisi dinding interior dalam ruangan rumah yang kondisinya sering terkena lembab.

Adapun spesifikasi (specifications) gypsum dinding Impacstop, sebagai berikut:
  • Panjang: 2400cm
  • Lebar: 120cm
  • Tebal: 19mm
  • Berat: 16,2kg

4. Gypsum Dinding Aplus G Strength

Gypsum Dinding Aplus G Strength
Gypsum yang satu ini merupakan gipsum board yang dikhususkan untuk partisi atau sekat dinding rumah dari merk Aplus dengan nama G Strength yang tahan terdapat air.

Selain anti air, papan gypsum Aplus G Strength juga mempunyai keunggulan anti sagging dan keunggulan lainnya, seperti berikut:
  • diinjak tidak patah (elastisitas tinggi)
  • anti lendut dan dapat tahan terhadap udara yang lembab
  • memiliki fleksibilitas yang tinggi atau bisa dilengkungkan
  • cara pemasangan yang cepat dan mudah
  • beratnya terasa ringan dan ramah terhadap lingkungan.
Dinding gypsum merek aplus G Strength memiliki tebal 9 dan 12mm dengan panjang 2,40cm dan lebar 1,20cm sangat cocok untuk partisi dimana jarak rangkanya bisa menggunakan ukuran 60x120cm.

5. Gypsum Dinding Aplus Gypsound

Gypsum Dinding Aplus Gypsound
Dinding gypsum Aplus Gypsound ini hampir sama kegunaannya dengan papan gipsum Sounstop dari merk Jayaboard, dimana selain anti air juga bisa membuat ruangan dalam rumah menjadi kedap suara.

Gypsound memiliki ukuran dimensi sebesar 600 x 1200 dengan tebal 12mm yang tersedia dalam 2 tipe, yakni Standard dan Mousture Resistant yang mana bisa menahan kelembaban RH 5% hingga 90% pada suhu 5 sampai 40 derajat celcius.

Papan gypsum aplus gypsound untuk dinding memiliki beberapa keunggulan selain tahan terhadap air, beberapa diantaranya ialah:
  • anti lendut
  • tahan lembab
  • dapat memantulkan cahaya dengan baik
  • memiliki kemampuan menyerap suara lebih baik

6. Gypsum Dinding Gyproc Gyptone Big

Gyproc Big adalah papan gypsum untuk dinding partisi yang memiliki spesifikasi khusus dengan tisu akustik (laminasi penyerapan suara) pada bagian permukaan belakang dengan pola persegi berlubang.

Gypsum board Gyptone Big merupakan papan gypsum dari merek gyproc yang kini tersedia dalam 3 pola khusus, yakni:
  • Gyproc Gyptone Big Lane 6, merupakan papan gipsum bentuk persegi panjang dengan pola 6 lubang.
  • Gyptone Big Quattro 41, ialah papan gypsum yang mempunyai pola bentuk lubang persegi.
  • dan Gyptone Big Sixto 63, yaitu papan gpysum merek gyproc dengan pola lubang bentuk persegi enam yang mempunyai lebar sekitar 6mm
Spesifikasi Gypsum Gyproc Gypstone Big:
  • Panjang: 2400 mm
  • Lebar: 1200 mm
  • Tebal: 12,5 mm
Itulah jenis gypsum untuk kebutuhan partisi dinding yang bisa tahan terhadap air dan jamur juga dapat tahan terhadap api. Selain itu, ada beberapa papan gypsum yang bisa membuat ruangan kedap suara.

Apakah ini bisa membantu? Bagi sobat yang ingin share artikel ini, silahkan saja untuk membagikannya baik di fb, whatsapp, maupun twitter pada tombol yang sudah di sediakan di bagian terdalam halaman ini.

Sekian dan terimakasih sudah berkunjung serta menyimak. Semoga informasi ini bisa berguna juga bermanfaat, bagi seluruh rakyat Indonesia.