Ayam Masuk Rumah Menurut Primbon Jawa, Pertanda Apa ?

Pernahkah sobat melihat seekor ayam masuk rumah dan tahukah pertandanya apa? Katanya, jika seekor ayam memasuki rumah, nyatanya dalam primbon jawa merupakan fenomena yang mempunyai pertanda tertentu.
ayam masuk dalam rumah
gambar ayam dalam rumah - ilustrasi
Mungkinkah sobat penasaran ingin mengetahu pertanda apa, jika ayam masuk rumah menurut primbon jawa. Yuk, simak pertandanya di halaman ini hingga selesai.

Banyak sekali sejumlah orang atau sebagian masyarakat di Indonesia yang percaya dengan fenomena - fenomena yang biasa terjadi dalam kehidupan sehari - hari.

Ya, fenomena yang terjadi dalam kehidupan seseorang dalam setiap saatnya, memang mempunyai pertanda tersendiri!

Kendati fenomenanya merupakan hal biasa atau umum dan salah satunya, yakni fenonema ayam masuk rumah yang mana fenomena semacam ini nyatanya dipercayai terdapat makna-makna tertentu.

Makna tentang fenonema hewan masuk rumah tersebut juga dapat berbeda - beda maknanya, tergantung jenis hewan apa yang masuk rumah dan dalam hal ini tentu saja tertuju pada hewan ayam masuk rumah. Tetapi, ayam juga terdapat banyak macam jenis ayam, bukan?

Sedikit gambaran tentang pertanda ayam masuk rumah, menurut primbon jawa sih katanya akan memperoleh rezeki pada orang yang rumahnya kemasukan ayam.

Tapi, untuk lebih jelasnya dan daripada sobat bertambah kepo (penasaran) mending kita simak saja ulasan selengkapnya, sebagai berikut:

Ayam Masuk Rumah Menurut Primbon Jawa, Pertanda Apa?

Orang yang mempunyai ayam di sekitar rumah, umumnya mungkin sang pemilik ayam atau orang disekitar akan menganggap, itu merupakan hal yang biasa atau bukan sebuah pertanda akan terjadi sesuatu yang unik.

Namun, bagaimana jika ada seseorang yang tidak mempunyai atau memelihara ayam di rumah, lantas melihat ada ayam masuk rumah?

Fenonema atau hal semacam itu, tentu akan membuat seseorang yang tidak mempunyai ayam dirumahnya merasa keheranan saat ada ayam masuk rumah, bukan? Dan nyatanya, dalam primbon jawa terdapat pertanda ayam masuk rumah yang merupakan hal baik.

Dalam primbon jawa tercatat, bahwa ayam yang datang masuk rumah yang asal usul ayamnya entah dari mana, terdapat pertanda yang ada kaitannya dengan rezeki.

Konon pada jaman dahulu kala atau jamanya tay kotok di lebuan, peristiwa ayam masuk rumah merupakan pertanda bahwa sang penghuni rumahnya akan memperoleh rezeki yang tidak di sangka!

Apalagi ayam yang masuk rumahnya, merupakan jenis ayam petarung yang badannya gagah perkasa dimana hal semacam ini menurut primbon jawa mencatat, bahwa rezeki para pemilik rumah yang kemasukan ayamnya akan mengalir dengan lancar dan deras.

Buat sobat yang baru - baru rumahnya kemasukan ayam jago tak di kenal, mari sejenak kita katakan "amin" dulu dan semoga saja rezekinya semakin tambah deras dan lancar.

Selain mendapatkan rezeki, menurut primbon jawa juga katanya jika ada ayam jago masuk rumah akan memperoleh suatu kehormatan yang tiada tara.

Tetapi, menurut primbon jawa! Bila, ada ayam masuk rumah warna hitam sebaiknya mesti waspada dan berhati - hati. Pasalnya, akan mengalami sesuatu yang tidak di inginkan yang sifatnya negatif ting ting.

Pertanda Ayam Warna Hitam Masuk Rumah Menurut Primbon Jawa

Menurut orang banyak juga menurut primbon jawa, ayam warna hitam yang masuk di rumah mempunyai pertanda buruk.

Ayam warna hitam, tentu bisa sobat bedakan oleh karena terdapat ciri khas pada bulu - bulu ayam yang secara keseluruhan berwarna hitam, semisal ayam cemani.

Dalam primbon jawa, ayam warna hitam yang secara tiba-tiba masuk rumah mempunyai pertanda buruk. Pasalnya, konon warna hitam merupakan salah satu tanda ilmu titen.

Apa itu ilmu titen? Ilmu titen, ialah ilmu tradisional adat jawa yang peka terhadap sebuah ciri atau tanda-tanda alam, dimana ini biasa dipergunakan oleh orang tua pintar jaman dulu guna mendahului datangnya bencana.

Maka dari itu, jika rumah sobat dimasuki ayam hitam segeralah berdoa kepada Allah SWT atau berdoa menurut agama kepercayaan yang sobat yakini supaya dapat terhindar dari mara bahaya yang mungkin bisa datang menghampiri kapan saja dan dimana saja.

Cara Usir Ayam Masuk Rumah Yang Baik

Saat ayam masuk rumah, mungkin pikiran yang muncul pertama kali bukanlah mengingat pertanda apa yang akan terjadi atau apa yang akan sobat peroleh.

mengusir ayam masuk rumah

Hal yang akan di pikirkan pertama kalin saat ayam masuk rumah, bisa jadi memikirkan bagaimana cara mengusir ayam masuk rumah yang baik, tanpa perlu menyakitinya.

Nah, larantukagypsum.com sudah merangkum tentang bagaimana cara usir ayam masuk rumah yang baik, tanpa harus menyakitinya, berikut ini:
  • Mengusir dengan mempergunakan sapu secara perlahan hingga ayam pergi dari rumah.
  • Menyemprot ayam masuk rumah dengan mempergunakan semprotan yang berisi ari bersih secara perlahan.
  • Menaburkan rempah-rempah yang tidak sukai ayam, semisal : lada hitam, parprika, hingga bawang putih dan taburkandi sekitar rumah.
  • Menyimpan kulit jeruk disekitar rumah, supaya ayam enggan untuk mendekati lagi rumah.
  • Mengambil secara hati-hati dan jangan dipotong untuk dimasak, melainkan memindahkannya ke suatu tempat aman yang jauh dari rumah sobat
Itulah pembahasan kali ini yang mengulas tentang pertanda ayam masuk rumah, dimana menurut primbon jawa ada kaitannya dengan rezeki.

Apakah ini bisa membantu? Sekian dan terimakasih buat sobat yang sudah berkunjung. Semoga ini, bisa bermanfaat bagi yang membutuhkannya.