Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Ayam Cemani: Harga, Cara Pelihara, Jenis, Hingga Mitos dan Fakta.

Mengenal ayaman cemani, dimana ayam cemani di sini bukanlah nama panggilan seorang kekasih, melainkan nama seekor ayam langka yang harganya sungguh fantastis dengan ciri -khas warna tubuhnya hitam pekat dan penampilannya yang terkesan unik.

ayam cemani

Tidak cuma warna bulu pada tubuhnya yang berwarna hitam, tetapi pada semua bagian organ - organ dalam seperti jengger, tulang, daging, lidah, mata, hingga paruh semuanya berwarna hitam.

Meski begitu, sobat tidak perlu takut akan mistis yang bakal membawa petaka buruk pada kita oleh karena warnanya yang serba hitam. Tidak semua kok, warna hitam identik dengan pertanda negatif.

Bahkan, semakin hitam warnanya pada ayam cemani dapat dibilang akan bertambah rezekinya pada sang pemiliki ayam cemaninya dan salah satunya, yakni harganya yang akan semakin tambah mahal.

Kondisi hitam pada ayam cemani menurut pakar penelitian, diakibatkan oleh karena fibromelanosis! Istilah fibromelanosi ini artinya mutasi gen dominan yang dapat mengakibatkan terjadinya hiperpigmentasi.

Sedangkan pengertian hiperpigmentasi itu sendiri, merupakan sebuah peristiwa atau situasi dimana kulit akan mengalami kelebihan gen dan dalam hal ini, ialah warna atau pigmen yang berlebihan yang membuat kondisi ayam cemani menjadi hitam pada tubuh juga organ - organnya.

Mengenal Lebih Tentang Ayam Cemani

Sedikit banyak, sudah kita gambarkan tentang apa itu ayam cemani pada setiap paragraf diatas. Jadi ayam cemani ini, adalah salah satu dari sejumlah ayam jenis kedu yang juga terdapat di Indonesia.

Istilah nama cemani itu sendiri asal katanya dari bahasa jawa yang artinya, ialah hitam pekat. Ayam cemani mempunyai berat tubuh untuk jantan dewasa berkisar 3kg s/d 3,5kg dan betina dewasanya 2kg hingga 2,5kg.

Di Negeri Indonesia, ayam cemani bisa sobat temui dengan mudah di daerah desa Kahuripan, desa Beji, dan desa Kedu, kecamatan Kedu, kabupaten Temanggung, dimana didaerah ini masyarakatnya banyak memelihara ayam cemani sejak abad ke 20 yang lalu.

Dan di Negara Indonesia sendiri terdapat begitu banyak hal yang membuat ayam cemani ini, tergolong ayam yang mempunyai kedudukan sosial yang tinggi di mata masyarakat, misalnya:
  • dijadikan sebagai cara beternak ayam kesayangan,
  • biasa dipergunakan untuk keperluan upacara tradisional,
  • bisa memberikan dukungan moril pada sang pemilik ayamnya,
  • dibutuhkan untuk obat dalam menyembuhkan penyakit dalam.

Harga Ayam Cemani Di E-Commerce

Tahukan sobat, dengan karaktersistik ayam cemani yang langka membuat ayam ini tergolong sangat popular dan memiliki nilai harga yang tinggi, bahkan menjadi ayam terfavorit di Negara Paman Sam sana (Amerika Serikat).

Ya, menurut situs National Geographics bahwa di Negara Amerika Serikat sana, ayam cemani terutama yang khas jawa dijual dengan harga Rp. 2,7 juta per tiap ekornya! Harga ini, bisa berubah menjadi lebih mahal lagi tergantung dari pencapaian kualitas ayamnya.

Sehingga, menjadi tidak heran masyarakat di kabupaten Temanggung banyak yang berternak ayam cemani agar bisa menghasilkan telur guna dijadikan bibit dengan tujuan untuk meningkatkan taraf hidup perekonomiannya.

Meski begitu, tidak sedikit juga masyarakat di Kabuputan Temanggung sana yang memelihara ayam cemani sebagai ayam hias.

Adapun perihal harga ayam yang di jual dipasaran E-Commerse, secara lengkapnya bisa dilihat pada tabel berikut:

Harga Ayam Cemani di E-Commerse

Jenis Ayam CemaniHarga (Rp)
anakan
100.000
satu pasang anakan
500.000
Usia 1 bulan
750.000
1 pasang induk
2.500.000
Usia 1 Tahun
4.000.000

Cara Pelihara Ayam Cemani

Ayam cemani, tentunya bisa dipelihara sendiri dipekarangan sobat punya rumah dengan secara mandiri, dimana metode teknik pemeliharaannya tidak berbeda jauh dengan cara memelihara ayam kampung.

Seperti yang sudah disampaikan, tujuan masyarakat di kabupaten Temanggung memelihara ayam cemani, yakni untuk bisa menghasilkan telur juga ada pula yang menjadikannya sebagai ayam hias.

Tetapi, khsusus untuk masyarkat yang ingin agar ayam cemaninya bisa menghasilkan telur, mereka pada umumnya lebih cenderung dengan menggunakan metode atau teknik bertelur secara alami.

Kendati begitu, teknik cara bertelur pada ayam cemani juga bisa dengan menggunakan metode mesin tetas. Akan tetapi hasil tetas telurnya tergolong rendah, kemungkinannya yakni sekitar 50% hingga 60% saja berhasilnya.

Dalam pelihara atau memelihara ayam cemani, terdapat beberapa langkah yang perlu sobat perhatikan, berikut ini:

1. Proses Mengeram.

Proses mengeram disini, bukanlah proses mengurangi kecepatan pada sebuah kendaraan saat akan berhenti. Proses disini, maksudnya adalah sebuah proses pengeraman telur pada ayam cemani yang sedang bertelur.

Waktu proses pengeramanan ayam cemani pada dasarnya sama dengan proses mengeram untuk jenis ayam lainnya, yakni 21 hari!

Dan disaat telur ayam cemani sudah menetas, anakan bisa di pindah kekandang lain yang terpisah dengan induknya, lalu diberikan alat penghangat berupa lampu.

Atau jika sobat tidak ingin memisahkan anakan ayam cemani dengan induknya, oleh karena anaknya tidak lebih dari 1 atau 2 ekor saja? Ya, boleh - boleh saja dan ini juga masih merupakan pilihan yang baik serta bijak.

Tetapi, saat anak ayam cemani sudah memasuki fase grower atau ketika umur anak ayam cemani mencapai 2 hingga 6 bulan terutama untuk tujuan memiliki anakan ayam yang banyak dimasa depan?

Maka perihal tersebut, merupakan kesempatan yang bagus untuk mempersiapkan pengganti indukan ayam cemani yang sudah afkir. Sehingga, sobat harus dengan segera menyeleksinya.

Jadi, disaat sobat hendak berternak ayam, pada fase tersebut anakannya harus sudah segera dipisah (jika anakan banyak) sesuai dengan jenis warna lidah dan bulu - bulunya dengan tujuan untuk kepentingan harga jual yang tinggi dimasa depan.

2. Pemilihan Kandang.

Dalam berternak ayam cemani agar bisa sukses dan berhasil secara mandiri, diperlukan juga perhatian khusus dalam hal pemilihan kandangnya terutama pada saat anakan ayam memasuki face grower.

Kandang yang baik untuk masa face grower tersebut, yaitu kandang baterry dengan besaran ukuran 120cm x 60cm untuk 2 hingga 3 ekor anakan ayam cemani.

Sedangkan, kandang pada perioide produksi haruslah tipe kandang berupa petak terkurung dimana isi kandangnya terdapat 1 jantan dan 5 betina! Maka, ukuran luas kandang terkurungnya, ialah 24 m2.

Perbandingan antara 1 ayam cemani jantan dan 5 ayam cemani betina merupakan pilihan paling ideal. Kendati begitu, sobat bisa merubah perbandingan ini sesuai dengan kebutuhan.

Pasalnya, setiap peternak ayam cemani di kabupatan Temanganggung juga memiliki variasi yang tidak sama atau berbeda antara satu peternak dengan peternak lainnya.

3. Pemberian Pakan atau Parab.

Berikan air minum yang dicampur dengan gula aren pada anakan ayam cemani, saat berumur 1 hingga 3 hari! Tujuannya, ialah guna menambah sumber energi atau nutrisi .

Kemudian saat umur anak ayam cemani sudah mencapai 3 hari sampai 40 hari, berikan pakan ayam alami atau parab sekitar 25 s/d 30 gram per ekor setiap hari dengan kadar kandungan protein sebanyak 22% dan energi 3050 kkl/kg.

Lalu, saat ayam cemani sudah memasuki usia 14 sampai 20 minggu atau sebelum masa bertelur, pemberian pakan dengan kadar protein 22% dikurangi menjadi 17 persen. Tujuan mengurangi kadar protein ini, ialah supaya bisa memberi dampak positif saat masa reproduksi.

4. Pemberian Vitamin.

Disamping hewan ternak harus diberikan pakan, tentu harus diimbangi juga dengan memberi vitamin - vitamin juga vaksin dimana tujuannya, ialah sebagai berikut:
  • untuk meningkatkan daya tubuh,
  • mencegah penyakit datang menyerang,
  • dan guna mengurangi sress.
Adapun jenis vitamin yang biasa digunakan untuk ayam cemani, yaitu vitamin vortefit atau vitachick yang cara pakainya dicampur dengan air secukupnya pada sebuah tempat minum ayam, lalu biarkan ayam cemani meminumnynya sendiri.

Berikan ayam cemani vitamin, saat memasuki musim hujan. Karena dimusim - musim hujan inilah, penyakit kerap datang pada ayam.

Macam Jenis Ayam Cemani

Perlu diketahui, bahwa jenis-jenis ayam cemani tergantung dari jenis warna bulu yang dimilikinya! Jadi, pemberian nama pada setiap jenis ayam cemani ini sesuai dengan karakteristik dari warna - warna bulunya, sebagai berikut:

1. Ayam Cemani Lurik.

Merupakan jenis ayam cemani dengan ciri - ciri warna pada bagian ekor, badan, sayap kanan, sayap kiri, leher, dan kepala berwarna lurik.

Kemudian warna pada bagian lainnya seperti warna kulit yang terkesan putih, dibagian shanknya warna kuning, serta pada bagian jenggernya berwarna merah dengan bentuk jengger tunggal.

2. Ayam Cemani Hitam Legam.

Ayam cemani hitam legam merupakan salah satu macam jenis ayam cemani dimana penyebaran warna hitam pada bagian - bagian tubuhnya terbilang cukup merata.

Dengan kata lain, ciri - ciri dari ayam cemani hitam legam mulai dari bagian kloaka, muka, cakar, kaki, paruh, daging, tulang, kulit, hingga bulu - bulunya. Kesemuanya ini, berwarna hitam legam.

3. Ayam Cemani Hitam.

Jenis ayam cemani yang satu ini, agak sikit beda dengan ayam cemani hitam legam pada point kedua diatas, terutama dalam hal warna pada bagian tubuhnya.

Bedanya, ialah pada ayam cemani hitam keseluruhan bulu - bulunya berwarna hitam berkilau. Sementara pada bagian kulit jengger dan kloakanya meski hitam, tapi terkesan agak sedikit kemerah - merahan.

Selain itu, pada bagian pial, cakar, paruh, dan jengger tunggal memiliki warna gelap kehitam - hitaman.

Lalu, untuk warna pada bagian kuku - kukunya cukup beragam, semisal bisa jadi warna hitam dan bisa jadi pula kukunya berwarna putih atau kombinasi warna diantara keduanya (hitam dan putih).

Mitos dan Fakta Ayam Cemani

Terdapat berbagai mitos dan fakta yang tersebar tentang ayam cemani dimata masyarakat, khususnya di Negara Indonesia.

Mitos dan fakta perihal ayam cemani ini dikutip dari situs Kabupaten Temanggung dimana salah satu faktanya, ayam cemani seringkali digunakan untuk sesajen pada upacara ritual adat didaerah setempat.

Disisi lain, ayam cemani juga seringkali dikaitkan dengan hal yang mistis oleh karena tubuh hingga organnya berwarna hitam legam! Belum lagi dilihat secara faktual, bahwa ayam cemani mempunyai nilai jual yang tinggi.

1. Fakta Sebagai Ayam Ritual.

Di Negara Indonesia, Faktanya ayam cemani ini sebagai hewan unggas yang sangat popular yang biasa digunakan untuk pelengkap sesajen dalam upacara ritual adat di daerah tertentu, terutama di Kabupaten Temanggung itu sendiri.

Selain itu, sebagian masyarakat lokal di indonesia juga meyakini bahwa ayam cemani bisa menjauhkan dari mahluk halus atau mahluk yang tidak terlihat.

2. Mitos Tentang Darah Ayam Cemani.

Dalam adat jawa terdapat mitos, bilamana ada bayi yang rewel dan seringkali menangis saat diajak bepergian jauh dari rumah atauketika datang memenuhi undangan disebuah acara pernikahan.

Biasanya hal tersebut suka dikaitkan dengan mistis, bahwa bayi yang rewel tersebut telah diganggu oleh mahluk halus. Bagi masyrakat yang percaya, dengan mengoleskan darah ayam cemani pada bayi, maka bayi dapat terhindar dari gangguan mahluk halusnya.

3. Sebagai Simbol Kekuatan Ghaib.

Mitos atau fakta menurut sobat, jika ayam cemani sebagai simbol kekuatan ghaib? Kalo menurut ceritra tentang kepercayaan jaman dulu, terdapat sejumlah acara ritual adat yang membutuhkan ayam cemani dari mulai ritual pesugihan, ritual membangung gedung, hingga sampai ritual-ritual pemanggilan jin.

Masih menurut ceritra kepercayaan dijaman dulu, konon katanya ayam cemani merupakan salah satu syarat yang wajib ada dalam membuat sesajen ketika hendak melakukan acara ritual ghaib.

Selain itu dengan memelihara ayam cemani dipekarangan rumah, banyak masyarakat dijaman dulu yang menganggap ayam cemani diyakini bisa mendatangkan mahluk halus.

4. Dagingnya Berefek Magis.

Tahukah sobat larantukagypsum.com, menurut pakar sejarah ayam cemani sudah dari dulu ada sejak jamannya kerajaan majapahit.

Jadi, ceritranya dulu di abad kelima belas ada seseorang bernama Ki Ageng Makukuhan yang pertama kali memiliki ayam cemani. Kala itu, Ki Ageng menerima perintah untuk mengobati seorang anak pejabat kerajaan.

Lantas, Ki Ageng pun segera mengobatinya dengan memberikan makan daging ayam cemani. Singkat cerita, penyakit anak pejabat kerajaan tersebut pun sembuh.

Nah, mulai saat itulah daging ayam cemani diyakini dapat memberikan efek magis dan dijadikan pula sebagai lambang kesembuhan oleh masyarakat setempat.

5. Mengobati Penyakit Ghaib.

Ghaib identik dengan mistik dan dalam dunia mistik, tumbal merupakan salah satu syarat yang mesti dilakoni guna memperoleh apa yang dikehendaki oleh seseorang yang mempercayainya.

Adapun salah satu tumbal yang biasa dipilih sebagai syaratnya, ialah ayam cemani dimana darah, tulang, hingga dagingnya memiliki warna hitam dan ini sangat diyakini sebagai makanan favorit iblis, setan, jin, genderuwo, dan beragam macam jenis mahluk halus lainnya.

Jadi proses pengobatan penyakit ghaibnya, ayam cemani mesti mandi kembang 7 rupa terlebih dahulu lalu dibacakan mantra - mantra oleh orang pintar untuk dijadikan sebagai sesajen atau tumbal.

Setelaah itu ayam cemaninya disembelih, lalu diambil darah juga dagingnya, baru kemudian disuguhkan pada mahluk ghaib.

6. Sebagai Penolak Kesialan.

Lalu terdapat pula mitos yang berkembang, bila memelihara ayam cemani ini dipekarangan rumah. Maka, sang pemilik ayam cemaninya dapat terhindar dari beragam macam jenis serangan ilmu hitam.

Tidak cuma itu, denga memelihara ayam cemani juga bisa mendatangkan keberuntungan atau rezeki yang tak disangka buat sang pemilik ayam cemaninya.

Sehingga dengan adanya mitos semacam ini, banyak juga sebagain masyarakat yang mempercayainya ingin memelihara ayam cemani ini dipekarangan rumah miliknya.

7. Ayam Khusus Keluarga Kerajaan.

Ayam cemani juga banyak di pelihara oleh keluarga kerjaan oleh karena diyakini bisa meningkatkan kesaktian para raja pada jaman dulu.

Jadi, pada jaman kerajaan dulu dengan memelihara ayam cemani kesaktian sang pemilik ayam cemani akan meningkat. Pasalnya, ayam cemani merupakan sebuah media guna memperoleh ilmu ghaib dalam hal ini tentang kesaktian.

Untuk bisa menggapai ilmu kesaktian tertentu kala itu, ayam cemani kerap dijadikan sebagai media untuk sesajen supaya ilmunya cepat tercapai.

Akhir Kata

Bagaimana sob informasi tentang ayam cemaninya diatas? Setelah sobat mengenalnya, apakah sobat berencana ingin pelihara ayam cemani dipekarangan rumah sobat? Silahkan saja andai kata ingin memeliharanya, tidak ada yang melarang ko. Hehehe...

Ok, mungkin hanya itu yang dapat kita sampaikan perihal ayam cemani mulai dari berapa harga ayam cemani, lalu jenis ayam cemani, lantas bagaimana cara memelihara ayam cemani, lalu macam jenis ayam cemani, hingga mitos dan fakta ayam cemani.

Apakah ini bisa membantu? Yuk simak juga artikel menarik lainnya tentang ayam yang bisa sobat baca pada bagian artikel terkait dibagian bawah hanya diblog butut ini.

Akhir kata, sekian dan terimakasih sudah berkunjung dan menyimak artikel ini. Semoga bermanfaat..!!