Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Bebas Hutang Agar Hidup Bisa Tenang dan Nyaman

Tips Bebas Hutang - Memiliki utang akan membuat hidup menjadi gelisah dan tidak nyaman. Karena itulah, ada baiknya menghindari utang atau skema cicilan. Pasalnya, jika tidak hati-hati, Sobat akan sulit sekali keluar dari tumpukan pinjaman.

tips bebas dari hutang

Jika Sobat sudah telanjur punya masalah pinjaman yang menumpuk, coba ikuti tips bebas utang berikut ini.

Tips Bebas Hutang

Tips penting yang bisa sobat terapkan supaya bisa bebas dari utang ini, cepat tidaknya terselesaikan tergantung dari niat yang sobat sendiri yang menjalaninya, apakah ada niatan secara serius atau gimana nanti? entahlah.

 Baca Juga :  Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Masa Resesi

1. Bebas Hutang Dengan Bayar lebih dari cicilan minimum.

Agar utang bisa cepat lunas dan kamu bisa menghemat bunga, kamu perlu membayar lebih dari cicilan minimum tiap bulan. Kuncinya adalah membuat pembayaran ekstra secara konsisten agar Sobat bisa melunasi utang dengan lebih cepat.

Beberapa pemberi pinjaman biasanya mengizinkan pembayaran ekstra setiap bulan yang akan dialokasikan untuk membayar utang pokok.

Jadi, sebelum Sobat meminjam atau melakukan pembayaran ekstra, cari tahu terlebih dahulu syarat dan ketentuan pinjaman Sobat untuk menentukan apakah ada biaya tambahan atau denda pembayaran di awal.

2. Bayar lebih dari sekali dalam sebulan.

Tips kedua bebas hutang, yaknin dengan membayar tagihan kredit lebih dari sekali setiap bulan agar lebih mudah mengetahui berapa banyak utang Sobat.

Tidak hanya itu saja, membayar tagihan kartu kredit secara rutin juga akan menurunkan rasio saldo/penggunaan Sobat.
Rasio penggunaan kartu adalah persentase total kredit yang tersedia yang saat ini sedang digunakan.

Rasio ini, adalah salah satu komponen yang di gunakan oleh agensi pelaporan kredit untuk menghitung skor kredit Sobat.

3. Memperpendek jangka pinjaman.

Tips bebas hutang ketiga, yaitu dengan cara mengatur lagi jangka utang Sobat yang masih panjang, agar bisa di buat lebih pendek. Sehingga utang bisa dengan lebih cepat di selesaikan dan juga dapat menghemat jumlah total pinjaman.

Coba konsultasikan dengan institusi pemberi pinjaman, apakah Sobat memenuhi syarat untuk mengajukan pemendekan jangka pinjaman.

Meski bisa menyelesaikan utang lebih cepat, Sobat juga harus ingat bahwa waktu pinjaman yang lebih pendek juga berarti peningkatan cicilan bulanan.

Jadi, sebelum mengajukan pemendekan jangka pinjaman, perhitungkan juga dengan pemasukan Sobat.

4. Lunasi utang yang lebih mahal dulu.

Jika Sobat punya beberapa utang dan ingin segera bebas hutang, maka pastikan untuk berusaha melunasi utang dengan tingkat bunga yang paling tinggi terlebih dahulu.

Jika utang ini lunas lebih dahulu, uang yang harus dikeluarkan untuk membayar bunga juga berkurang.

Kemudian, Sobat bisa menggunakan dana ini untuk membayar utang dengan bunga yang lebih kecil.

Dengan begitu, cicilan pinjaman akan makin mudah terjangkau dan Sobat bisa melunasinya dengan lebih cepat.

5. Berhenti menggunakan kartu kredit.

Selain fokus pada pembayaran pinjaman, Sobat juga harus menahan diri untuk tidak menambah besar utang agar bisa bebas dari hutang. Salah satu cara bisa bebas hutang, adalah dengan berhenti menggunakan kartu kredit.

Jika ingin membeli sesuatu dengan nilai yang besar, lebih baik kumpulkan uang dengan cara menabung. Dengan demikian Sobat tidak akan terbebani bunga pinjaman dan menambah cicilan utang bulanan.

6. Kurangi pengeluaran.

Salah satu tips bebas hutang yang tidak kalah penting adalah mengurangi pengeluaran.

Meskipun fokus pada pembayaran utang, pelunasan akan tetap lama tercapai jika Sobat tidak mengurangi pengeluaran bulanan.

Coba teliti lagi bagaimana pengeluaran bulanan Sobat. Kemudian, kurangi hal-hal yang tidak perlu dan sebenarnya Sobat tetap bisa hidup dengan baik tanpa hal tersebut.

Beberapa contohnya adalah langganan streaming film, sering makan di luar, pesan antar makanan, dan lain-lain. Pertimbangkan apa yang rela Sobat lepaskan demi bebas dari utang dengan cepat.

7. Bebas Hutang Dengan Mencari kerja sampingan.

Mencari pendapatan sampingan juga bisa membantu Sobat bebas hutang dengan lebih cepat! Gunakan pendapatan ekstra ini untuk membayar cicilan pinjaman agar bisa membayar lebih dari cicilan minimum setiap bulan.

Cari pekerjaan yang bisa dikerjakan dalam waktu singkat, misalnya pekerjaan menguji website atau aplikasi.

Akan tetapi, jika Sobat bisa meluangkan waktu lebih banyak dan mendapatkan uang yang lebih besar pula, mengambil pekerjaan lepas atau freelance bisa menjadi pilihan.

Nah, itulah tadi 7 tips bebas dari utang yang bisa Sobat coba. Melunasi utang memang butuh waktu yang terkadang cukup lama.

Akan tetapi, jika Sobat konsisten dan fokus dalam membayar cicilan dan memperbaiki cara menggunakan uang, pelunasan utang juga akan terjadi dengan lebih cepat.