Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Pasang Rangka Metal Furing Pada Plafon Gypsum.

Teknik, tentang cara pasang rangka plafon dari bahan metal furing, dimana istilah metal puring pada plafon itu merupakan sebuah teknik dalam pemasangan plafon dengan menggunakan sistem suspended ceiling.

cara pasang rangka furing plafon

Sistem semacam ini, menghasilkan sejumlah kisi-kisi dari metal yang digantung dengan menggunakan kawat pada dak betok ataupun pada rangka atap bangunan baik berupa rangka atap baja ringan maupun rangka atap dari kayu.

Ya, rangka plafon di gantung pada dak beton atau pada rangka atap bangunan dengan mempergunakan kawat khusus untuk menggantung rangka plafon.

Teknik menggantung plafon dengan menggunakan kawat ini, sering dipergunakan oleh tukang plafon pada sebuah bangunan tinggi yang jarak antara rangka plafon dengan rangka atap bangunannya lebih dari 6 meter atau sebuah jarak yang tidak bisa digapai dengan tangan.

Contoh bangunan tinggi seperti itu salah satunya, yaitu bangunan gereja! Sobat gypsum tahu toh, bagaimana tinngginya bangunan gereja ditambah dengan bentuk lancipnya yang tajam.

Nah, disaat kerja seperti itulah teknik menggantung plafon dengan menggunakan kawat akan sangat berguna.

Lain halnya, bangunan rumah biasa yang jarak antar rangka plafon dan rangka atap rumah masih digapai dengan tangan, dimana dalam menggantung rangka plafon masih bisa dengan menggunakan metal puring.

Istilah metal furing ini, yakni batangan hollo khusus yang biasa digunakan khusus untuk rangka plafon terutama plafon bahan dari gypsum.

Cara pasang rangka metal puring untuk plafon ini, sebetulnya sudah pernah di bahas diartikel sebelumnya dan inti dari isinya bisa dibilang sama saja! Hanya bedanya, mungkin dari istilah kata dan kalimat yang pergunakan.

Cara Pasang Rangka Metal Puring Plafon

Bagaimana, cara pasang memasang atau pemasangan rangka metal puring untuk plafon terutama pada plafon bahan gypum? Yuk, kita simak langkah-langkahnya, seperti berikut ini:

1. Persiapan Area Kerja Sebelum Pasang Metal Furing.

Langkah pertama yang mesti dilakukan untuk memasang rangka metal furing plafon, yakni mempersiapkan terlebih dahulu area kerjanya agar pekerjaan bisa dikerjakan secara efisien dan efektif.

Jadi, tahapan persiapan area kerja pasang rangka metal puring plafon, adalah sebagai berikut:
  • Memastikan area kerja bisa dipergunaka secara efisien dan efektif
  • Menyingkirkan sesuatu barang disekitar area kerja yang dapat membahayakan keselamatan kerja.
  • Memastikan pekerjaan dinding di area kerja pasangan rangka metal puring termasuk acian dan plesteran sudah di finihing dengan baik.
  • Persiapan area kerja terakhir, udah itu aja. Hehehe.

2. Persiapan Bahan dan Alat Pasang Plafon.

Langkah kedua dalam pasang memasang pemasangan rangka metal puring untuk plafon, yaitu mempersiapkan bahan serta alat kerja plafon yang diperlukan, diantaranya adalah:

Bahan Material Plafon:
  • Metal Puring (Hollo) Uk 2cm x 4cm,
  • Metal Puring (Hollo) Uk 4cm x 4cm,
  • Kawat gantung rangka,
  • Papan gypsum board,
  • Sekrup gypsum,
  • Plester gypsum,
  • Cornice compound,
  • Shadow line (tali sifat),
  • Paku beton hitam,
Alat kerja plafon:
  • Mesin bor listrik,
  • Selang timbang,
  • Gunting metal furing,
  • Pemukul (palu),
  • Pisau cutter,
  • Gergaji besi,
  • Meteran,
  • Pinsil,
  • Tank.

3. Proses Pemasangan Rangka Metal Puring Plafon.

proses pasang rangka metal furing plafon
Sesudah mempersiapkan bahan material dan alat pasang plafon yang diperlukan, langkah selanjutnya melakukan proses pemasangan rangka metal puring untuk plafon.

Sebelumnya, lakukan terlebih dahulu sejumlah pengukuran ketinggian antar plafon dengan permukaan lantai yang ingin diterapkan di sekeliling tembok (dinding)! Lalu, berikan tanda berupa titik atau garis pada dinding tersebut sebagai patokan ketinggian plafon dengan menggunakan pinsil.

Setelah pendaan kerataan permukaan plafon dibuat. Tinggal, mengikuti instruksi selanjutnya, sebagai berikut:
  1. Menempatkan siku metal pada tanda garis ketinggian plafon yang sudah dibuat.
  2. Mulailah pemasangan siku metal puring dari bidang dinding (tembok) yang terpanjang terlebih dahulu.
  3. Skrup siku metal furing pakai mesin bor listrik dengan jarak antar skrup, sekitar 40cm.
  4. Pastikan siku diskrup dengan kencang, supaya rangka metal furing plafon tidak bergeser juga bisa menyangga plafon gypsum dengan kuat.
  5. Jika sudah, berlanjut ke pemasangan siku metal pada bidang dinding lainnya yang sudah terdapat tanda garis. Tetapi, perlu diingat pada bagian sudut pertemuan antar siku metal harus dibuat secara tumpang tindih dengan jarak 40cm panjangnya.
  6. Bentuk siku metal furing pada bagian ujungnya, menjadi bentuk huruf L dengan menggunakan gunting hollo.
  7. Lalu, kencangkan juga semua bagian tepat pada siku metal yang saling tumpang tindih tersebut.
  8. Setelah siku metal terpasang, buat tanda titik atau garis dengan pinsil pada siku metal disetiap jarak 40cm sebagai penandaan untuk pasang batangan metal furing atau perakitan rangka metal furing plafon.
  9. Semakin besar (jauh) jarak yang diterapkan pada batang metal furing untuk rangka plafon, akan menghasilkan permukaan plafon yang melengkung atau tidak rata.
  10. Setelah membuat tanda garis, lalu potong batang metal furingnya sesuai dengan panjang yang sudah direncanakan dari awal, kemudian tempatkan diatas siku metal dan kencangkan dengan menggunakan skrup.
  11. Gantung batang metal furing yang sudah menjadi rangka plafon dengan menggunakan kawat gantung pada atap langit-langit rumah.
  12. Gunakan juga U clam pada bagian atas rangka rangka dengan mebentangkan terlebih batang metal furing secara menyilang di atas rangka metal furing plafon yang sudah jadi.
  13. Kaitkan persilangan batang metal furing dengan rangka metal furing plafon yang sudah tersebut dengan menggunakan channel clamp.
  14. Tahapan proses pemasangan rangka metal furing plafon yang terakhir, yakni dengan memperkuat rangkaian rangka menggunakan bracket atau henger.
Setelah semua tahapan pemasangan rangka diatas selesai dikerjakan, tinggalah memulai pekerjaan menutup rangka metal furing plafonnya dengan menggunakan papan gypsum.

Gunakan papan gypsum berkualitas ya sobat gypsum, supaya plafon di rumah bisa tetap awet dan kuat juga tahan lama. Sehingga, hunian rumah menjadi selalu tetap nyaman hingga dimasa depan.

Itulah 3 langkah-langkah, bagaimana cara pasang memasangan atau pemasangan rangka metal furing plafon atau yang biasa dikenal dengan istilah rangka hollo plafon gypsum yang larnatukagypsum.com sampaikan.

Apakah ini bisa membantu? Sekian dan terimakasih atas kunjungannya serta semoga ini bisa bermanfaat bagi siapa saja yang membutuhkannya. Akhir kata, wassalam.