Peralatan Yang Wajib Di Punyai Jika Ingin Pasang Plafon Gypsum


Peralatan yang harus ada untuk pemasangan plafon gypsum | Salah satu ciri khas seorang tukang yang profesional adalah mempunyai alat kerja yang mendukung dan lengkap sesuai dengan profesinya. Mau itu profesi tukang plafon, tukang keramik, tukang atap baja ringan, tukang kayu, dan lain - lain, pasti memiliki alat - alat lengkap yang mendukung.

Jangankan tukang - tukang bangunan, ibu - ibu rumah tangga yang tukang masak di dapur pasti mempunyai peralatan yang lengkap untuk memasak seperti priok, kompor, baskom, sendok, panci, dan lain sebagainya. Iya toh ?

Lalu apa jadinya jika seorang tukang yang profesional tidak mempunyai peralatan yang mendukung ketika hendak mengerjakan pekerjaanya, seperti mengerjakan plafon di rumah anda...? 
Peralatan Tukang Plafon
Foto Via : www.slideshare.net
Tentunya anda sebagai tuan rumah sebagai pihak penyedia pekerjaan, pasti akan sedikit merasa kecewa, dan timbul pertanyaan, "Masa tukang profesional kok tidak punya alat" ? Dan hal seperti ini bisa juga merupakan sebagai sinyal atau pertanda buat anda bahwa tukang tersebut itu bukan tukang profesional, jangan sampai tukang abal - abal.

Ok langsung saja....!!!!

Artikel ini di tujukan buat anda yang ingin menjadi tukang plafon sementara "mengerjakan plafon sendiri dirumah", atau mungkin buat anda yang ingin menjadi tukang plafon yang profesional, maka harus di persiapkan terlebih dahulu peralatan yang di perlukan. Yuk langsung saja di simak peralatan apa saja yang di butuhkan.

Berikut di bawah ini adalah peralatan yang di perlukan khusus untuk pemasangan plafon rumah dari bahan gypsum :

1. Meteran 

Meteran ini ukurannya bervariasi, ada yang mempunyai panjang 3 meter, 5 meter, 7.5 meter, ada juga yang mempunyai panjang 10 meter. Untuk pekerjaan plafon di ruangan rumah pakai saja meteran yang mempunyai panjang 7.5 meter.

2. Pinsil.

Bukan hanya anak sekolahan saja yang harus mempunyai pinsil. Tukang bangunan juga wajib mempunyai pinsil. Fungsinya untuk menandai ukuran - ukuran yang di buat. Kalo anda belanja di toko banguna tanya saja pinsil tukang.

3. Watter Pass Selang.

Pakailah Watter Pass yang selang untuk mengukur kerataan plafon pada tiap bidang - bidang dinding. Jadi jangan pakai watter pass yang batang ya...

4. Bor.

Untuk pemasangan plafon gypsum dengan bahan rangka dari hollow, bor wajib ada. Bor tidak ada, maka jangan harap plafon akan bisa terpasang. Karena pemasangan plafon gypsum ini kebanyakan menggunakan sekrup yang biasa di kenal dengan skrup gypsum.

Bor ini bermacam - macam juga merek, dan harga ada yang murah ada yang mahal. Seperti merk modern, merk nikita, merk maktek, dan lain - lain. Kalo plafongypsumlarantuka.com biasa menggunakan bor merk Maktek yang 10 mm, harga di atas bor merk modern.

5. Gergaji List

Fungsi gergaji sebetulnya adalah untuk pemotongan list gypsum saja dengan pembuatan lubang untuk lampu tanam, itupun jika pemasangan plafonnya mau di tambah dengan profil - profil gypsum yaitu list gypsum atau mau di pasang lampu tanam.

Jika tidak, maka gergaji jarang sekali di gunakan. Walaupun begitu gergaji tetap harus sedia. Apalagi jika pemasangan rangkanya mengunakan kayu, maka gergaji itu wajib ada.

6. Pisau Cutter.

Fungsi pisau cutter adalah untuk memotong papan gypsum. Silahkan baca : Cara Memotong Papan Gypsum via larantukagypsum.com

6. Pemukul atau Hammer atau Palu.

Palu juga wajib ada. Di pakai pada waktu pembuatan rangka pada tembok dengan penggantungan pada rangka atap rumah.

7. Scrap Besi dan Scrap Platik.

Scrap adalah merupakan alat untuk pendempulan sambungan - ssambungan pada papan gypsum yang sudah di pasang, agar menghasilkan hasil akhir yang rapi. Scrap ada macam jenisnya : ada scrap besi, secrap plastik dan lain - lain. Namun pakailah kedua scrap dari besi dan plastik.

8. Ember Kecil.

Fungsi ember kecil adalah bisa buat menyimpan scrup ketikan pengerjaan rangka sampai penutupan plafon.  Ketikan penutupan papan gypsum selesai, maka ember di fungsikan untuk tempat pendempulan atau tempat untuk mencampur lem dengan air bersih. Jadi sediakan minimal 2 ember ya.

9. Kuas Rol dan Kuas Tangan.

Anda mungkin sudah tidak asing lagi fungsi dari kuas roll dan kuas tangan. Tentunya kuas rol ini di pakai untuk pengecatan ketika penutupan dan pendempulan plafon selesai.

10. Gunting Seng.

Yup gunting seng sangat di perlukan sekali dalam pemasangan plafon gypsum khususnya pada ketika pembuatan rangka, di mana rangkanya menggunakan hollow atau sejenis baja ringan.

Jadi itulah peralatan yang wajib ada jika anda ingin membuat plafon gypsum sendiri di rumah, atau anda yang ingin menjadi seorang tukang plafon yang profesional, maka janganlah sampai meminjam. Meminjam boleh kalo yang punya peralatan memang kasih, namun harus di kembalikan. Trims, semoga bermanfaat..