Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memilih Cat Kayu Yang Baik dan Cara Gunakan Cat Kayunya.

Rekomendasi cat kayu terbaik sudah pernah dibahas pada pembuatan artikel sebelumnya. Hanya saja, tentang cara memilih cat kayu yang baik dan bagaiamana cara menggunakan cat kayu belum sempat kami informasikan.
tips memilih cat kayu danb tips menggunakan cat kayu
Dan di kesempatan pembuatan artikel kali ini, akan kami coba mengulasnya. Siapa tahu sobat disini ada yang masih bingung bagaimana cara memilah cat kayu dan bagaimana pula cara mengaplikasikan atau tips menggunakan cat kayunya.

Jadi materinya masih tetap sama seperti kemarin, yakni materi tentang "Cat Rumah" dalam halaman ini khususnya tentang cat kayu untuk merubah tampilan yang interior eksterior rumah yang berbau kayu.

Dalam pemilihan cat kayu, sepintas kedengarannya mungkin seperti terdengar sepele! Bahkan buat sebagian mungkin masih lebih mementingkan tentang pemilihan warna yang digunakan.

Padahal jika sobat melakukan pemilihan jenis cat kayu secara serampang bisa jadi hasilnya tidak memuaskan atau kurang sempurna yang mengakibatkan penampilan permukaan kayu menjadi tidak terlihat indah.

Istilah penampilan menjadi tidak terlihat indah ini kalo menurut bahasa sunda gaulnya, ialah kurang nyeni, tidak ada seninya, dan lain sebagainya.

Tips Cara Memilih Cat Kayu

Lalu, apa yang mesti diperhatikan pada saat memilih cat kayu ditoko cat atau toko material bangunan terdekat? Berikut ini, tips bagaimana cara memilih cat kayu yang baik dan benar yang bisa coba sobat terapkan saat membeli.

1. Memilih Warna Yang Tepat dan Sesuai.

Hal pertama yang harus sobat pikirkan dan perhatikan, yaitu tentang pemilhan warna cat kayunya mau warna seperti apa. Namun, tidak haruslah terburu - buru juga dalam memutuskannya.

Berilah sedikit proses dan waktu serta jarak untuk memikirkannya terlebih dahulu sebelum membeli dengan mempertimbangkan beberapa hal, seperti konsep desain rumah yang sudah dirancang, warna dinding yang dipergunakan, dan lain sebagainya.

Lalu nanti ketika datang ditoko cat saat sobat sudah memutuskannya, jangan pula tergoda dan terpukau serta terpaku pada katalog warna yang ditawarkan oleh pihak toko.

Pasalnya petugas cat ditoko atau SPG suka menawarkan cat yang bisa membuat pembeli cepat tergoda. Apalagi SPG dalam bidang penjualan cat ini, kebanyakan berjenis kelamin perempuan yang penampilanya sungguh memukau juga tergolong sedap dipandang.

Tapi, jika sobat merasa langsung cocok dengan warna cat kayu yang ditawarkan oleh SPGnya dan juga sesuai dengan apa yang sudah sobat pikirkan, maka tidak ada salahnya untuk menyetujuinya.

Kemudian saat sobat hendak ketoko cat, bila diperlukan sebaiknya sobat bawa dengan sample kayu atau potongan kayu sisa yang hendak di cat untuk diolesi.

Kenapa? Pasalnya, hasil akhir cat saat mengaplikasiannya bisa jadi berbeda untuk setiap jenis kayu! Jadi, daripada nantinya menjadi sia-sia membeli cat salah yang dapat membuat penampilannya rusak, alangkah baiknya di cocokan dulu.

Selain itu dalam hal menempatkan furniture juga dapat mempengaruhi warna yang sebenarnya. Contohnya saja, bila furniturenya berada ditempat yang gelap sobat pilihah warna cat kayu yang terang da sebaliknya, bila berada ditempat yang terang memilih warna cat kayu yang gelap atau yang netral merupakan keputusan yang bijak.

2. Memilih Cat Berdasarkan Cara Pengecatannya.

Cat kayu juga sama seperti pada umumya cat tembok maupun cat besi, dimana jenis cat bisa dibedakan dari cara pengecatan atau pengaplikasiannya.

Ada cat pengecatannya menggunakan alat kuas roll dan kuas tangan serta ada pula yang harus mempergunakan alat semprot atau mesin compresor + spray.

Misalnya, jika bidang permukaan kayu penuh dengan ukiran, maka cara pengecatannya lebih cocok dengan menggunakan alat semprot (mesin compressor + Spray) supaya hasil cat bisa merata kedalam celah ukuriannya.

Sebaliknya jika permukaan kayu yang akan dicat motifnya rata, maka tidak masalah hanya dengan menggunakan kuas roll dan tangan untuk pengecatannya.

3. Memilih cat kayu Berdasarkan Tingkatan Transparansi.

Sudahkah sobat tahu tingkat transparansi pada cat kayu? tingkat transparansi cat kayu terdiri dari warna cat pelitur yang transparan dan cat warna yang solid.

Apa itu warna cat pelitur? fungsinya untuk menambah kilau atau mengkilat sekaligus juga dapat melindungi goresan yang datang tak dikira pada permukaan kayu. Cat plitur ini cocok untuk permukaan kayu yang memiliki gaya desain tradisional, classic, dan etnik.

Sedangkan cat warna solid mempunyai kepekatan yang tinggi yang bisa membuat serat kayu tertutupi dengan sempurna atau tidak terlihat dan ini sangat cocok untuk melapisi furniture dengan gaya desain modern serta minimalis.

4. Memperhatikan Letak Penempatan Furniture.

Pada poin ketiga sudah sedikit digambarkan tentang posisi penempatan furniture yang akan dicat. Pada poin ini, kami memberikan contoh umpanya untuk pagar kayu dimana pagar seringkali terkena hujan dan sinar matahari.

Maka dalam hal ini, sobat harus memilih jenis cat kayu yang kalo menurut bahasa kami, ialah cat kayu waterproof. Cat kayu waterproof ini memiliki ketahanan anti jamur, anti lumut, dan anti lapuk.

Lalu, lantai kayu. Katakan saja, sobat hendak mengecat lantai kayu ya! Maka, gunakan cat kayu yang memiliki sifat bisa melindungi dari goresan dan gesekan benda - benda berat, tajam.

Kemudian untuk furniture kayu berupa lemari, kursi, dan meja cukup sobat gunakan cat kayu warna solid atau bisa juga menggunakan warna cat pelitur bila sobat ingin tetap terlihat motif seratnya.

5. Memperhatikan Jenis Kayu.

Tips memilih cat kayu yang terakhir, sobat mesti mengetahui jenis kayu yang hendak dicat.

Oleh karena masing - masing kayu mempunyai serat serta kandungan kimia yang berlainan atau tidak sama. Maka, mencari tahu jenis kayu terlebih dahulu sebelum melakukan pengecatan mesti dilakukan.

Contohnya saja, kayu jati! Jenis kayu jati semua orang sudah mengetahuinya dimana kayu ini, mempunyai serat dengan teksturnya yang sungguh terlihat cantik dan anggun serta kuat.

Sehingga, menurut hemat kami baiknya jenis kayu jati dilapisi dengan menggunakan cat kayu berbahan dasar air supaya kecantikan dan ke elokannya tidak memudar serta lebih terlihat menonjol.

Contoh lainnya, yaitu kayu pinus atau kayu belanda! Jenis kayu ini, pada umumnya mempunyai serat dimana warna aslinya tidak merata. Maka, akan lebih cocok dengan menggunakan cat kayu jenis Primer Coat.

Tips Cara Menggunakan Cat Kayu Yang Benar

Hai sobat larantukagypsum.com, sebetulnya sobat bisa melakukan pengecatan kayu sendiri dirumah, jika mengetahui tips atau cara - caranya.

Apabila sobat yang tadinya tidak mengetahu bagaiamana tips cara menggunakan cat kayu dan mengerjakannya sendiri, maka sobat tidak perlu lagi memanggil jasa tukang cat panggilan untuk menghemat biaya.

Lantas, seperti apa tips cara menggunakan cat kayu? Berikut ini, pembahasannya:

1. Memastikan Permukaan Kayu Sudah Bersih.

Persiapan pertama sebelum mengecat kayu, yaitu memastikan terlebih dahulu pada permukaan kayunya sudah bersih, kering, dan rata.

Selain itu, pastikan juga permukaan kayu sudah diamplas jika memang masih ada kondisi permukaan kayu yang masih terasa kasar. Sehingga permukaan kayu menjadi lebih rata dan sudah dalam keadaan bersih.

Jika kondisi permukaan kayu, sudah memenuhi syarat seperti yang sudah disebutkan tersebut. Maka, pengerjaan pengecatan kayu sudah bisa dimulai.

2. Aplikasikan lapisan Primer dan Dempul.

Sesudah permukaan bersih, rata, dan kering. Langkah selanjutnya, yakni mengaplikasikan lapisan primer pada permukaan material kayu yang akan dicat.

Bila sobat lebih memilih untuk memperoleh tekstur atau serat kayu yang terlihat, maka pilihan terbaiknya dengan mengaplikasikan lapisan primer terlebih dahulu.

Akan tetapi, bila sobat hendak memilih warna cat kayu yang gelap lebih bagusnya aplikasikan dempul terlebih dahulu lalu finishing dengan menggunakan Cat Undercut. Tujuannya, yaitu supaya hasilnya maksimal juga catnya tidak cepat meresap.

3. Memahami Prosedur Pengecatannya.

Buat sobat pemula yang hendak mengecat kayu dirumah, alangkah baiknya memahami dulu tentang prosedur dalam pengecatan kayu.

Dan salah satu prosedurnya ialah mengetahui tentang pilihan cat, apakah cat kayu solvent based ataukah memilih cat kayu water based?

Bilamana sobat dirumah lebih memilih cat kayu solvent based, maka campuran pengencer cat kayunya dengan menggunakan thinner. Tapi, bila hendak memilih cat kayu water based maka pilih cat kayu yang pengencernya menggunakan air.

4. Mengaplikasikan pernis.

Pernis disini bukanlah kepunyaan sobat laki-laki yang terdapat kelerengnya. Pernis yang dimaksud disini, ialah solusi mengkilapkan permukaan kayu.

Jadi, bila sobat mengingingkan tempilan kayunya terlihat mengkilap atau silau seperti berlian dan kaca, maka gunakan pernish sebagai finsihingnya.

Dengan memberikan lapisan pernis pada kayu, selain mengkilap juga bisa melindungi warna cat serta menjadi menjadi lebih tahan lama pada kayu.

Akhir Kata

Ok sob, itulah sekelumit informasi tentang tips memilih cat kayu yang baik disertai dengan bagimana cara menggunakan cat kayu yang dapat kami sampaikan.

Apakah ini bisa membantu? Semoga saja dapat membantu sobat dirumah yang hendak mengecat perabotan rumah tangga, teralis, kusen jendela dan pintu, serta pagar kayu depan rumah.

Sekian dan terimakasih sudah berkunjung dan menyimak ulasan ini dan jangan lupa untuk menyimak juga artikel lainnya yang bisa sobat lihat judulnyua diartikel terkait tepat dibagian halaman ini. Akhir kata, wassalam & kamsiah..!!