Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Poles Lantai Granit Serta Marmer Biar Kinclong Mengkilat, Mudah & Praktis.

Cara Poles Lantai Granit | Walaupun granit serta marmer mempunyai tampilan yang super mewah serta dapat  tahan lama, namun lama - lama bisa kusam juga, apabila tidak dirawat dengan baik. 

Salah satu cara agar granit dan marmer yang sudah terlihat kusam yaitu dengan cara di poles menggunakan mesin poles supaya menjadi kinclong kembali serta mengkilat.

Tak susah juga sebetulnya dalam melakukan pemolesan memakai mesin poles oleh karena pada kesempatan pembuatan artikel kali larantukagypsum.com akan mencoba mengulas bagaimana cara memoles geranit serta marmer biar mengkilat.

So simak artikel ini hingga akhir, dan jangan ada yang terlewati terutam dalam tahapannya atau langkah - langkahnya, supaya tidak ada kesalahan yang mengakibatkan granit serta marmer di rumah menjadi rusak.

Sebelum berlanjut ke cara polesnya, alangkah baiknya kita ketahui dulu bagaimana cara merawat granit serta marmer dengan baik dan benar.

Salah satu perawatan yang baik dan benar terutama ketika melakukan pengelapan atau pel lantai maka di rekomedasikan untuk menggunakan jenis lap yang memiliki serat halus atau istilah kerennya adalah jenis Lap Mikrofiber dengan tujuan Supaya permukaan granit marmer bisa terlindungi dari goresan yang tidak diinginkan.

Lalu selanjutnya supaya kotoran yang tercerai berai pada permukaan keramik mauoun marmer disarankan menggunakan sealer supaya kotoran tidak menumpuk. Karena sealer memiliki fungsi yaitu dapat menahan serta mencegah kotoran meresap terlalu dalam. 

Cara Poles Lantai Granit

Walaupun perawatan granit maupun marmer telah dilakukan dengan secara maksimal, akan tetapi masalah pada lantai khususnya lantai granit terkadang tak bisa dihindari seperti :

  • Terkena porstex, sehingga menyebabkan granit rusak kusam kuram kusut.
  • Lalu tergores yang mungkin saja disebabkan oleh cairan pembersih ataupun penggunaan vacuum cleaner  yang memiliki sifat korosif yang dapat mengakibatkan kusam pada granit
  • dan lain sebagainya
Jika sudah begitu, apa yang harus di lakukan ? tentunya menjadi agak sedikit kebingungan ya bagaimana cara membersihkannya, tapi yang pasti solusi yang terakhir adalah Anda harus memoles kembali granitnya.

#Poles Lantai Menggunakan Mesin

Dan sebelum memulai pada proses pengerjaan pemolesan lantai, mohon disiapkan dulu alat pembersih granit serta marmer seperti berikut ini :

  • mesin polisher, 
  • vacuum cleaner wet & dry, 
  • diamond disc nomor 500-3.000 
  • serta buffing pad merah. 
  • terakhir siapkan juga dengan cairan pembersih serta air bersih secukupnya.

Dan selanjutnya, langkah - langkahnya adalah sebagai berikut ini :

1. Menyiapkan Mesin Poles

Yang pertama siapkan terlebih dahulu mesin polesnya dengan catatan mesin poles harus mempunyai jenis cakram dimana pada bagian ujungnya terdapa diamond disc, supaya bisa diganti setiap kali pada bagian ujung mesin poles dengan berbagai macam ukuran. 

Supaya nantinya polesan granit lantai terlihat maksimal serta benar penggunaanya,  maka Anda harus memakai pembersih granit jenis yang terbaik yang memiliki kandungan dan juga merk yang disarankan. 

Selain itu mesin poles lantai juga harus memiliki cakram dengan diamond disc pada ujungnya agar dapat diganti-ganti dengan berbagai ukuran seperti yang sudah sedikit di jelaskan di paragraf diatas.

Jadi sebagai permulaan, pasang diamond disc yang berukuran 500 lebih dulu pada mesin poles untuk tahapan polesan yang pertama. Nanti polesan selanjutanya atau tahapan finishing ganti diamond disc dengan ukuran diamond disc yang agak lebih halus. Supaya apa ? tujuannya adalah supaya permukaan granit menjadi mulus dan halus terutama mengkilap.

2. Making Lantai yang hendak di Poles

Langkah yang kedua yaitu memaking lebih dulu lantai yang hendak dipoles supaya nantinya granit ataupu marmer yang sudah kusam bisa benar mengkilat serta kinclong. Caranya yaitu tadi dengan mempersiapkan lantai yang hendak di poles dengan menggunakan air, supaya proses pengerjaan lebih praktis. 

Adapun cara poles granit lantai granit terbaik adalah dengan cara menyiramkan terlebih dulu air bersih secukupnya pada permukaan lantai. Dan ingat terlalu juga siraman airnya nanti bisa kebanjiran,,heheh..

Jadi cukup sampai lantai terlihat basah aja dengan tujuan supaya mesin polesnya bisa dengan mudah mempoles permukaan lantai granti tanpa merusak permukaan lantai yang disebabkan oleh gesekan yang terlalu kasar.

3. Memulai Pemolesan

Langkah selanjutnya atau langkah cara poles lantai yang ke tiga setelah menyiapkan mesin poles serta memaking lantai yang akan dipoles yaitu dimulainya pemolesan lantai dalam hal ini adalah pemolesan lantai granit ataupun marmer.

Dan caranya adalah sebagai berikut :

  • Silahkan hidupkan mesin polisher atau mesin polesnya, boleh pelan tapi harus dengan penuh kehati-hatian ya . 
  • Jika sudah menyala, silahkan memoles dengan gunakan ujung mesin secara perlahan namun peniuh kehati - hatian ya guys. 
  • Awali pemolesan lantai granit dengan menggerakkan mesin searah jarum jam secara berulang  kali, dan harus teliti ya.
  • Lihat hasil yang sudah dipoles, jika dirasa masih kurang puas, lakukan kembali pemolesan hingga motif lantai granit menurut anda sudah terlihat bagus dan seperti baru.

Catatan : Dalam memoles lantai granit dengan menggunakan mesin, maka Anda harus melakukannya dengan secara bertahap dari satu bidang ke bidang lainnya. Artinya apa ?

Artinya jika satu bidang telah selesai di poles, maka Anda baru bisa pindah pemolesan lantai granit ke bidang lainnya di sampingnya. Jadi tidak boleh dilakukan secara sembrawut, supaya hasilnya bisa kelihatan. Key...

Selain itu, Anda juga harus menjaga permukaan lantai tetap lembab untuk memudahkan kerja mesin. Jika tidak sengaja menuang air terlalu banyak, gunakan vacuum cleaner wet & dry untuk menyedot kelebihan airnya.

4. Ukuran Diamond Disc

Langka pemolesan pada nomor ketiga diatas adalah baru tahapan dasarnya, dan ketika sudah selesai dikerjakan, maka langkah selanjutnya adalah proses finishing yaitu dengan cara mengganti ukuran diamond disc ke yang lebih mulus serta halus. 

Jika sudah diganti ukuran diamond discnya, silahkan lakukan kembali pemolesan finishing secara per lahan - lahan namun pasti serta penuh ke hati - hatian.

Proses finishing ini seperti yang sudah di jelaskan yaitu bertujuan untuk memperkilat lantai granit lebih maksimal.

#Poles Lantai Cara Manual

Barangkali anda tidak mempunyai mesin polesnya, mau beli tapi dana tidak ada karena harganya bisa di bilang mahal, dan yang menyewakannya juga tidak ada, maka bisa juga memoles lantai granit ataupun marmer dengan Secara Manual atau cara poles lantai tanpa menggunakan mesin poles polisher. 

Artinya Anda bisa membersihkan serta mengkilapkan nya sendiri karena Selain mudah dilakukan sendiri juga biaya yang dikeluarkan menjadi lebih irit dan murah

Agar bisa memulai membersihkan lantai granit maupun marmer sendiri tanpa mesin poles polisher, maka langkah - langkah yang harus diterapkan adalah sebagai berikut : 

  • Siapkan terlebih dahulu bahan serta peralatan seperti :
    • Air bersih secukupnya 
    • Ember sedang atau besar juga boleh 
    • Kain pel serta kain mikrofiber.
  • Siapkan cairan pembersih nya,
  • Siapkan kain lalu tuangkan cairan pembersih ke atas kain.
  • Ambil air bersih dan basahi lantai granitnya.
  • Silahkan usapkan kain basah yang sudah diberi cairan pembersih dan air pada permukaan lantainya. 
  • Buatlah gerakan yang searah 
  • Lalu keringkan lantai dengan menggunakan kain mikrofiber yang kering. 
  • Setelah semua pastikan kembail apakah noda sudah betul - betul hilang.
  • Jika dirasa belum, maka bisa diulang lagi pemolesannya.

Mempunyai lantai dengan desain yang mewah dan selalu mengkilap adalah impian semua orang terutama impian saya sendiri khususnya. 

Jadi setelah Anda mempelajari bagaiman cara poles granit dan marmer lantai yang sudah dijabarkan diatas itu semua akan dirasa capai jika tidak dimbangi dengan perawatan rutin. 

Artinya perawatan juga harus senantiasa Anda lakukan, karena ini sangatlah penting supaya bisa mencegah kerusakan pada lantai granit maupun marmer di rumah Anda.

Itulah ulasan mengenai bagaimana cara poles granit atau bisa juga poles lantai marmer yang bisa kita bahas. Selebihnya jika ada yang kurang diartikel ini, maka bisa cari referensi lainnya di mbah google.

Apakah ini bisa membantu ? sekian dan terimakasih sudah berkunjung di halaman ini dan semoga artikel ini bisa bermanfaat. Amin.

close