Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Patung Dari Bahan Gypsum Gifs Gipsum

Gypsum, selain di pergunakan untuk membuat profil list pada plafon gipsum, ternyata bisa juga di manfaatkan untuk membuat patung, cetakan keramik, pas bunga, kedokteran, hingga masih banyak yang lainnya lagi.

membuat patung gypsum

Namun, pada pembahasan kali ini yang akan kami bahas yakni mengenai bagaimana cara membuat patung dari bahan gipsum yang mungkin bisa berguna buat sobat yang senang akan dengan perpatungan.

Sementara untuk materi lainnya tentang cetakan keramik dari gipsum, membuat pas bunga gifsum, hingga manfaat gypsum untuk kedokteran akan kami bahas di lain waktu pada kesempatan pembuatan artikel berikutnya.

Cara Membuat Patung Gypsum

Ada sejumlah cara membuat patung dari gypsum, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Membuat Patung Gypsum Dengan Mengukir

Ya, sobat di rumah bisa membuat patung dari gypsum dengan cara yang pertama ini, yakni dengan mengukir menggunakan alat ukir yang kecil.

Alat ukir bisa dengan mudah didapat oleh karena banyak di jual ditoko bangunan atau bisa juga dengan menggunakan alat yang biasa di pakai untuk membuat wayang.

Jadi hal pertama yang harus di persiapkan, ialah menyiapkan bahan gypsum berupa balok atau gipsum yang sudah di padatkan. Lalu, mengukirnya hingga menyerupai bentuk patung yang di inginkan.

Adapun bagaimana agar gypsum bisa menjadi sebuah balok atau bentuk padat sama halnya seperti membuat profil list dari gypsum yang bisa sobat baca materinya disini.

2. Membuat Patung Gypsum Dengan Mencetak

Cara kedua dalam membuat patung dari gypsum, yaitu dengan dengan mencetak atau menduplikat sebuah benda dan dalam hal ini tentunya menduplikat bentukan patung yang diinginkan.

Jadi sobat harus membuat cetakan berbentuk patung terlebih dahulu, lalu kemudian mengggandakannya melalui cetakan tersebut. Cara ini juga, hampir sama dengan mencetak profil list gypsum menggunakan cetakan.

Terkait cetakan terbuat dari apa, ini tergantung bahan untuk membuat cetakan yang tersedia di toko terdekat di kota sobat. Misalnya saja cetakan dari bahan silicon rubber, resin, atau dari bahan gypsum itu sendiri.

Cara Membuat Cetakan Patung dari Silicon Rubber

membuat cetakan patung dari silicon rubber

Silicon Ruber sangat baik untuk membuat cetakan patung gypsum dan malah sering di pergunakan oleh sebagian masyarakat indonesia terutama bagi penyuka patung.

Akan tetapi, silicon ruber terbilang mahal harga belinya. Tapi meski mahal, sobat akan bisa dengan lebih mudah dan cepat dalam membuat patung dari gypsum jika menggunakan cetakan semacam ini.

Tidak memerlukan kecermatan yang tinggi untuk membuat model patung yang rumit sekalipun, bilamana mencetaknya dengan menggunakan cetakan silicon rubber.

Sobat bisa beli Silicon Ruber kaleng yang per 1 kg di toko bangunan terdekat terlebih dahulu untuk mencobanya. Tapi, jangan lupa untuk meminta juga dengan cairan pengeras sebanyak 100 gr dan pertiap 100 gram silicon ruber itu memerlukan 10 gram cairan pengeras.

Jadi silicon ruber tanpa cairan pengeras itu di ibaratkan seperti membuat sayur tanpa garam yang artinya pembuatan cetakan patung gypsum akan menjadi sia - sia jika tidak adanya cairan pengeras.

Adapaun bagaimana cara membuat cetakan patung dari silicon ruber tidak perlu terlalu teliti dan mendetail. Asalkan master patungnya dalam kondisi bentuk sempurna, maka cairan silicon ruber akan terbentuk sendiri mengikuti bentuk master patung yang sudah dipersiapkan.

Alasan utama tidak perlu teliti, oleh karena silicon ruber mempunyai sifat yang elastis seperti karet bilamana sudah terbentuk menjadi sebuah bentuk cetakan patung.

Membuat Cetakan Patung dari Bahan Resin

membuat cetakan patung resin

Bahan untuk membuat cetakan patung gypsum bisa juga dengan menggunakan resin dimana bahan ini dirasa lebih sulit dan sedikit rumit serta di perlukan kesabaran tingkat dewa dalam membuatnya.

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam membuat cetakan patung dari bahan resin ini, ialah membeli bahan resinnya terlebih dahulu di toko bangunan terdekat di kota sobat dan jangan lupa untuk membeli juga dengan cairan pengerasnya.

Adapun nama cairan pengeras resin biasanya di istilkan dengan kata Hardener. Jika petugas toko tidak mengerti dengan kata cairan pengeras, maka sobat bisa katakan kata "Hardener" pada petugas tokonya.

Meski begitu, biasanya ada beberapa toko bangunan yang menjual resin paket lengkap., yakni sekaligus dengan resinnya tanpa perlu kita menanyakannya lebih lanjut.

Selain itu tanyakan pula, tentang berapa takaran campuran antara resin dan cairan pengeras pada petugas atau tuan tokonya supaya pembuatan cetakan patung gypsum bisa berjalan dengan baik dan mulus.

Selanjutnya, patung berupa master yang akan di buat cetakan nantinya mesti di lapisis terlebih dahulu dengan cairan sabun atau bisa juga dengan menggunakan polesan mentega agar resin yang sudah mengeras tidak lengket pada master patung.

Jadi secara garis besar bagaimana langkah-langkah cara membuat cetakan patung gypsum dari resin, adalah sebagai berikut:
  • melapisi patung yang akan di buat cetakan dengan sabun 
  • pisah bagian patung menjadi beberapa bagian cetakan bagian patung yang akan dibua
  • bagian cetakan patung dilapisi campuran resin dengan mneggunakan kuas
  • setelah kuasnya dipakai jangan lupa untuk memasukan kuasnya pada larutan aceton supaya tidak kering mengeras
  • setelah resin kering lapisi dengan menggunakan serat fiber secukupnya
  • lalu lapisi kembali dengan menggunakan resin + hardener
  • dan begitu seterusnya hingga mencapai ketebalan cetakan patung gypsum yang diinginkan.
Untuk membuat bagian cetakan patung yang lain, bisa mengikuti cara melalui langkah - langkah di atas hingga mencapai ketebalan yang sama dengan bagian cetakan petung yang sudah dibuat.

Membuat Cetakan Patung Dari Bahan Gypsum

membuat cetakan patung gypsum

Patung yang akan di duplikat atau di gandakan terlebih dahulu di olesi dengan mentega cair pada seluruh permukaan patungnya. Selain cairan mentega, bisa juga menggunakan vaselin dan semir sepatu untuk mengolesinya.

Tujuan kenapa patung yang akan di gandakan harus di olesi terlebih dahulu dengan mentega cari, yakni supaya hasilnya tidak lengket yang dapat membuat cetakan menjadi rusak dan tidak sempurna.

Cara membuat cetakan patung dari gypsum yang kemudian cetakannya digunakan untuk membuat patung gypsum, adalah dengan membagi master patung menjadi dua bagian atau 3, 4, hingga bagian pun bisa tergantung dari tingkat kesulitan pada lekukan patungnya. Penjelasan selengkapnya, akan kami buatkan ulasan secara terpisah di halaman lain.

Pada intinya, setelah cetakan patung dari gypsum sudah jadi harus di keringkan dulu. Jika sudah kering, bagian dalam cetakan atau permukaan patungnya mesti dilapisi sabun hijau cair yang sudah tercampur dengan air hangat dengan di oleskan berkali - kali pada bagian permukaan patungnya.

Setiap kali membuat patung gypsum, mesti selalu di kuas terlebih dahulu dengan cairan sabun pada seluruh bagian dalam permukaan cetakannya agar hasilnya tidak menjadi lengket.

Demikian informasi tentang bagaimana cara membuat patung dari gypsum dan ternyata harus membuat cetakannya terlebih dahulu dimana cetakan patung bisa sobat pilih salah satunya di antara ketiga bahan untuk membuat cetakan pada penjelasan di atas.

Apakah ini bisa membantu? Sekian dan terimakasih sudah berkunjung sekaligus menyimak artikel ini, semoga bermanfaat.