Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Peduli Lindungi: Cara Daftar dan Fitur - Fitur Lengkapnya

Sobat perlu aplikasi Peduli Lindungi untuk berbagai kegiatan, mulai dari scan QR code hingga sampai cetak mencetak sertifikat. Yuk, kita cari tahu bagaimana cara daftar dan apa saja fitur - fitur lengkapnya yang terdapat dalam aplikasi ini.
Tahukah sobat, sejak pandemi covid-19 masuk ke Negara Indonesia, aplikasi Peduli Lindungi kini telah menjadi salah satu aplikasi yang sangat penting di masyarakat.

Melalui aplikasi ini, pemerintah Indonesia bisa melacak dengan tujuan untuk menghentikan penyebaran virus covid-19. Sebaliknya, pengguna aplikasi ini juga dapat saling berbagi data lokasi bepergiannya.

Sobat, bisa memantau penularan covid-19 di area sekitar! Di dalamnya ada indikator bermacam warna, yakni warna kuning, hijau, dan merah yang menunjukkan kondisi area yang sedang sobat kunjungi.

Cara Daftar Di Aplikasi Peduli Lindungi

Meski aplikasi peduli lindungi ini sudah lumayan lama eksis di Indonesia, namun masih ada beberapa orang yang belum memahami bagaimana cara daftar aplikasi ini.

So, bagi sobat yang belum memahaminya, yuk kita cari tahu langkah-langkah cara mendaftar aplikasi peduli lindungi, di bawah ini:
  • Pastikan handphone-mu bertipe smartphone yang bisa mengakses internet dan instal aplikasi tambahan.
  • Unduh aplikasi Peduli Lindungi di PlayStore, AppStore, maupun store bawaan handphone.
  • Buka aplikasi yang sudah diunduh dan izinkan untuk akses lokasi, penyimpanan, dan kamera.
  • Mulai pendaftaran di menu Account dengan mengisi data yang di perlukan, seperti nama, nomor HP atau email, dan juga NIK.
  • Klik daftar dan akan ada langkah verifikasi di mana kode OTP di kirim melalui WhatsApp atau email terdaftar.
  • Gunakan kode OTP untuk proses verifikasi dan sobat bisa login serta menggunakan fitur di aplikasi ini.
Selain bisa mendaftar di aplikasi berupa file apk yang sudah sobat instal di ponsel, sobat juga bisa melakukan registrasi pendaftaran melalui situs atau website resmi Peduli Lindungi ya pada browser bawaan ponsel sobat.

Fitur-Fitur Di Aplikasi Peduli Lindungi

Dengan adanya kehadiran virus pandemi covid-19, pemerintah Indonesia menganjurkan untuk masyarakat agar mengunduh dan menggunakan aplikasi peduli lindungi ini.

Karena ada beberapa alasan dan salah satunya, ialah untuk scan QR code bahwa sobat sudah pernah di vaksinasi di saat sobat memasuki ruang publik tertentu.

 Baca Juga:  Cara Menyembunyikan Aplikasi di Ponsel

Lantas, apa saja sih fitur - fitur terdapat pada aplikasi peduli lindungi ini? Berikut ini, penjelasannya:

1. Melihat Status Vaksinasi

Fitur pertama yang bisa sobat gunakan adalah melihat status vaksinasi. Ada keterangan mengenai jumlah vaksinasi yang sudah sobat ambil, mulai dari vaksin pertama, kedua, dan booster.

Sobat yang sudah vaksin kedua akan mendapat status warna kuning. Artinya, sobat bisa bepergian, tetapi tetap mengikuti regulasi yang berlaku di area yang dikunjungi.

Sebaliknya, untuk status warna hijau artinya sobat sudah booster dan bebas bepergian ke tempat umum.

Ada juga status warna merah yang artinya sobat tidak bisa bepergian ke tempat umum karena baru vaksin pertama atau belum pernah vaksinasi.

Sementara itu status warna hitam artinya sobat tidak bisa bepergian karena positif Covid-19 kurang dari 10 hari atau ada riwayat kontak dengan pasien lain.

2. Sertifikat Vaksin

Dalam aplikasi ini juga ada fitur untuk melihat sertifikat vaksin jika sewaktu-waktu sobat membutuhkan softcopy maupun hardcopy-nya!

Yang uniknya, sobat bisa mengeklaim maksimal 6 sertifikat dalam 1 akun pada aplikasi peduli lindungi ini.

Di update terbaru, ada juga fitur - fitur guna menyesuaikan format sertifikat vaksin untuk perjalanan keluar negeri.

Jadi, format sertifikat yang sobat miliki akan di ubah formatnya mengikuti format yang berlaku di negara tujuan yang sobat singgahi!

Sehingga, data sobat bisa di kenali dan juga bisa di pakai dengan secara sah.

3. Daftar Vaksin

Sobat bisa daftar vaksin, dengan menemukan lokasi vaksinasi terdekat di area tempat tinggalmu!

Cukup klik menu "Vaksin Covid-19" yang terpampang pada beranda aplikasi di layar ponsel dan lalu pilih "Temukan Lokasi Vaksinasi Terdekat".

Kemudian masukkan provinsi di mana sobat tinggal, lalu kabupaten/kota tempat tinggal untuk menemukan opsinya atau pilihannya! Selain itu, sobat juga bisa memilih jenis vaksinnya lho.

4. Hasil Tes

Sobat yang suka bepergian, pastinya akan di mudahkan dan di manjakan dengan keberadaan aplikasi peduli lindungi ini.

Karena, di dalamnya ada fitur yang bisa menyimpan hasil tes Covid-19 secara otomatis! Tentunya, dengan catatan sobat melaksanakan tes di laboratorium yang terafiliasi dengan Kemenkes ya.

Hasil lab tes PCR dan antigennya, juga sama-sama bisa terekam dengan sangat baik di aplikasi ini.

5. Periksa Kesehatan Mandiri

Layaknya aplikasi kesehatan lainnya, apk Peduli Lindungi juga menghadirkan fitur untuk konsultasi dengan dokter secara mandiri.

Dan ada cukup banyak, opsi dalam memilih perusahaan layanan kesehatan yang sudah bekerja sama dengan aplikasi pelindungi, di antaranya adalah sebagai berikut:
  • Layanan Alodokter
  • Halodoc
  • Good Doctor
  • TrustMedis
  • dan layanan lain - lainnya.
Wah, ternyata fungsional banget ya aplikasi yang satu ini! So, sobat sudah punya aplikasi Peduli Lindungi belum? Jika sudah, jangan ketinggalan untuk mengoptimalkan penggunaan fitur - fiturnya ya!

Namun jika sobat belum memiliki aplikasinya, silahkan download file apk peduli lindungi nya di bawah ini! Lalu, kemudian menginstalkannya di ponsel sobat dan ikuti cara daftarnya yang sudah kami jelaskan di atas.

Download Apk Peduli Lindungi

Itulah ulasan tentang aplikasi peduli lindungi yang dapat kami informasikan termasuk info cara mendaftar hingga sampai info fitu - fitur lengkapnya.

Mungkinkah ini bisa membantu? Sekian dan terimakasih sudah berkunjung dan menyimak, semoga ini bisa bermanfaat. Wassalam.!!