Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android, Nggak Susah Bosque!

Pernahkah sobat membaca berita tentang seorang anak kecil yang iseng memesan barang online di aplikasi marketplace secara COD dengan menggunakan ponsel (Hp) milik orang tuannya?

cara sembunyikan aplikasi ponsel

Alangkah terkejutnya sang orang tua dari anak tersebut, ketika barangnya datang di rumah secara tiba - tiba datang dengan tagihan yang lumayan tidak sedikit besaran tagihan jumlah uangnya.

Mungkin, tidak mengapa jika barang cod yang anak pesan hanya 1 produk. Namun, apa jadinya jika anak memesang lebih dari 1 2 3 4 hingga 10 produk! Tentunya inin akan membuat kita sebagai orang tua akan geleng - geleng kepala, bukan?

Hal seperti itu pernah admin alami, di mana anak memesan barang secara online di aplikasi Lazada hingga menyampai 6 produk yang datang di rumah dengan secara cod. 5 produk di antaranya di bawah harga 300 ribu rupiah, sementara 1 produk harga barangnya mencapai 1 juta rupiah.

Maka dengan di temani rasa malu pada kurir, terpaksa saya menolak kiriman COD yang harga barang + ongkir mencapai 1 juta rupiah tersebut oleh karena uangnya nehi! Namun, barang yang lainnya tetap diterima dan saya bayar karena kasihan juga dengan kurirnya jika semua barang codnya di tolak.

Untuk mencegah kejadian serupa semacam itu, sobat perlu menyembunyikan aplikasi marketplace online, semisal lazada, shopee, dan tokopedia serta apk yang sensitif lainnya saat akan meminjamkan ponselnya ke anak.

Tidak hanya itu, langkah menyembunyikan aplikasi di android juga perlu di lakukan di saat meminjamkan ponselnya ke orang lain guna mencegah orang lain di pinjami tersebut membuka aplikasinya.

Jadi cara sembunyi aplikasi ini tidak sama dengan cara mengetahui ponsel di sadap yang sudah pernah kami bahas di artikel sebelumnya.

Lantas, bagaimana cara menyembunyikan aplikasi di ponsel android? Yuk, langsung saja disimak penjelasannya berikut ini:

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android

Sebenarnya, ponsel Android keluaran terbaru 2022 hampir sudah di lengkapi dengan fitur bawaan ponsel guna melakukan hal tersebut, yakni menyembunyikan aplikasi (apk) di hape Android.

Namun masing - masing jenis tipe handphone (HP) dari berbagai merk memiliki cara - caranya tersendiri dalam melakukan penyembunyian aplikasi pada hapenya itu sendiri.

Maka dari itu, yuk simak bagaimana cara menyembunyikan aplikasi di beberapa jenis HP atau Handphone (Ponsel) pada ulasan di bawah ini:

A. Cara Menyembunyikan Aplikaasi di Adroid di HP Samsung dan Ponsel LG

Bagi sobat pengguna hp handphone ponsel cerdas Samsung maupun LG, silahkan ikuti panduan ringkas menyembunyikan aplikasi - aplikasi marketplace ataupun aplikasi sensitif lainnya, berikut ini:
  1. Ketuk dan tahan pada ruang kosong di layar depan ponsel sampai muncul menu
  2. Ketuk tombol pengaturan yang ada di pojok kanan bawah pada layar hape
  3. Gulir layar hp kebawah dan ketuk menu yang bertuliskan "Sembunyikan Aplikasi"
  4. Selanjutnya, pilih aplikasi mana saja yang hendak sobat sembunyikan dengan memberinya centang
  5. Jika sudah, ketuk tombol "Selesai".
Apabila ingin memunculkan kembali aplikasi yang telah di sembunyikan, sobat bisa melakukan langkah - langkah membuka aplikasi yang tersembunyi seperti cara di atas.

Hanya bedanya, sobat harus menghapus centang pada aplikasi yang sudah di sembunyikan dan ingin sobat munculkan kembali pada permukaan layar ponsel seperti sedia kala.

B. Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi Redmi

HP yang menjalankan MIUI, seperti Xiaomi dan Redmi, sudah dilengkapi dengan fitur App Lock bawaan untuk menyembunyikan aplikasi. Adapun caranya, ikuti langkah-langkah berikut.
  1. Buka aplikasi keamanan
  2. Ketuk ikon App Lock
  3. Pilih aplikasi mana saja yang ingin kamu sembunyikan.

C. Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Huawei

Sama seperti merek lain, ponsel Huawei juga memiliki fitur bawaan untuk menyembunyikan aplikasi. Namun, hal itu hanya bisa dilakukan pada aplikasi yang belum diunduh. Jika kamu ingin menyembunyikan aplikasi yang sudah diunduh, hapus terlebih dahulu aplikasi tersebut, lalu unduh kembali di PrivateSpace. Ikuti langkah-langkah berikut.
  1. Buka Pengaturan perangkat yang ditandai dengan ikon roda gigi (gear).
  2. Ketuk menu Privacy.
  3. Ketuk menu PrivateSpace
  4. Ketuk Enable, dan ikuti petunjuk yang ada pada layar. Di sini kamu akan diminta membuat kata sandi, PIN, pola kunci, atau pindaian biometrik untuk masuk ke PrivateSpace.
  5. Kamu bisa masuk ke PrivateSpace dari LockScreen dengan memasukkan password, pola, atau PIN yang telah dibuat tadi.
  6. Cara lain untuk masuk ke PrivateSpace adalah dengan mengakses Setting > Privacy > PrivateSpace > Log In.
  7. Setelah berhasil masuk ke PrivateSpace, kamu bisa mengunduh aplikasi apa pun yang ingin disembunyikan dari Main Space.
Itulah cara menyembunyikan aplikasi di HP Huawei, yaitu dengan mengunduh dan mengaksesnya melalui PrivateSpace. Jika ingin kembali ke Main Space, kamu cukup mengunci layar dan membukanya menggunakan pola, PIN, atau pindaian biometrik biasa (bukan untuk PrivateSpace).

D. Cara Menyembunyikan Aplikasi dengan Microsoft Launcher

Jika HP punyamu tidak memiliki fitur bawaan untuk menyembunyikan aplikasi, kamu bisa memanfaatkan launcher pihak ketiga untuk melakukan hal tersebut. Dalam hal ini, kami merekomendasikan Microsoft Launcher. Berikut cara menyembunyikan aplikasi di Android menggunakan Microsoft Launcher.
  1. Unduh dan instal aplikasi Microsoft Launcher di Play Store.
  2. Buka dan jalankan Microsoft Launcher dengan mengikuti instruksi pada layar.
  3. Setelah Microsoft Launcher berhasil diluncurkan, tampilan layar depan pun akan berubah.
  4. Ketuk dan tahan ruang kosong di layar depan sampai muncul menu.
  5. Ketuk ikon pengaturan peluncur yang ada di bawah layar.
  6. Ketuk menu “Layar utama”.
  7. Ketuk menu “Aplikasi tersembunyi”.
  8. Ketuk tombol Sembunyikan aplikasi.
  9. Pilih aplikasi mana saja yang akan disembunyikan dengan memberinya centang.
  10. Jika sudah, ketuk tombol selesai.
  11. Untuk menampilkannya kembali, ketuk tombol “Tampilkan” pada aplikasi.
Demikianlah penjelasan tentang beberapa cara menyembunyikan aplikasi di ponsel Android, baik menggunakan fitur bawaan maupun launcher pihak ketiga.