Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bro Malas Baca? Yuk, Install Aplikasi Pengubah Teks Jadi Suara.

Sulit fokus pada saat membaca dan lebih suka mendengarkan ketimbang harus baca, sekarang sudah ada aplikasi pengubah teks menjadi suara lho bro, Penasaran? Yuk, kita kepoin.
aplikasi pengubah suara
Ya bro, sekarang ini di jaman serba serba online dan modern sudah ada yang namanya aplikasi buat mengubah teks menjadi suara.

Dengan aplikasi tersebut, sobat bisa mendengarkan berbagai macam jenis teks baik teks berupa artikel di Internet maupun berbentuk dokumen pdf untuk di ubah menjadi suara, alih - alih kita membacanya.

Jadi dengan aplikasi ubah suara, sobat tidak perlu lagi repot mempekerjakan mata untuk membaca! Melainkan, sobat tinggal mendengarkannya saja dengan menggunakan telinga di saaty tulisan sudah diubah menjadi suara.

Apalagi hoby membaca sebuah novel yang lembaran kertasnya cukup banyak, maka dengan aplikasi pengubah teks jadi suara tinggal mendengarkannya saja.

Meski begitu, sobat harus melewati suatu proses dalam mengubah teks menjadi suara terlebih dahulu, dimana dalam pemrosesannya juga dibutuhkan waktu. Semakin banyak teks yang bakan di ubah menjadi suara, maka akan semakin lama juga waktu proses yang di butuhkan.

Dengan kata lain, jika teks yang akan di ubah menjadi suara semisal buku novel, maka alangkah baiknya sobat melakukannya dengan menggunakan perangkat laptop secara online.

Namun, bila teksnya tidak terlalu banyak atau hanya beberapa kalimat saja dan ingin merubahnya menjadi suara, maka bisa memakai aplikasi yang bisa di unduh di hape android maupun ios.

Tapi kembali lagi ke yang namanya aplikasi berupa apk, pada umumnya ya di gunakan untuk ponsel. Sementara untuk perangkat laptop, bisa melalui situs google maupun lainnya yang bisa sobat cari di pencarian browser dengan kata kunci "Cara Merubah Teks Menjadi Suara Melalui Laptop".

Aplikasi - aplikasi untuk mengubah teks menjadi suara ini dapat sobat sembunyikan aplikasinya di saat ponsel di pakai anak, meskipun sebenarnya tidak masalah bila anak pun menggunakannya.

Aplikasi Pengubah Teks Jadi Suara

Sebagai rekomendasi dari larantukagypsum.com, berikut deretan aplikasi yang bisa sobat jajal terutama ketika sedang tidak berselera membaca atau hanya punya sedikit waktu untuk fokus baca.

1. Aplikasi Speech To Text dari Xenom Apps

Speech To Text
Speech To Text merupakan aplikasi pengubah teks jadi suara sekaligus sebaliknya dapat ubah suara menjadi berupa teks, yang di prakarsai oleh Xenom Apps.

Aplikasi Speech To Text ini, cara kerjanya cukup simple dan ringan oleh karena ukurannya yang kecil, yakni sekitar 1,5 MB (Mega Bytes) saja! Selain itu, apk pengubah teks menjadi suara ini juga dapat di gunakan dengan secara gratis dan bebas iklan.

Untuk mengubah sejumlah teks menjadi suara, sobat bisa mengetik maupaun menyalin (Copy Paste) ke dalam tab yang ada pada aplikasi "Speech To Text".

Selanjutnya, tinggal ketuk sebuah ikon suara yang terdapat di bagian tengah bawah pada layar di dalam aplikasi pengubah teks jadi suara tersebut, maka teks pun akan di bacakan menjadi sebuah suara.

Berikutnya untuk menyimpan suara yang sudah dihasilkan oleh aplikasi "Speech To Text", tinggal klik ikon titik tiga, lalu pilih "Save To SD Card".

Kemudian setelah itu, sobat bisa membuka file suaranya yang sudah di simpan barusan melalui aplikasi pengelola file bawaan ponsel.

2. Teks ke Suara Baca Dengan Keras dari Health & Fitness AI Lab

baca dengan keras
Aplikasi pengubah teks jadi suara yang di tawarkan oleh Health & AI Lab ini memiliki kelebihan atau keunggulannya tersendiri, salah satunya yakni bisa mengambil teks dari sebuah situs web dan dokumen berbentuk PDF dengan secara langsung.

Jadi, sobat tidak perlu lagi mencopy paste secara manual yang dapat melemahkan jari tangan sobat yang duper mulus. Ini juga merupakan sebuah solusi bagi sobat yang tidak memiliki laptop dalam mengubah teks novel yang panjang, guna di jadikan suara melalui ponsel dengan secara online.

Untuk bisa menggunakan aplikasi Health & Fitnes AI Lab ini, pertama - tama sobat persiapkan terlebih dahulu teks yang akan di ubah menjadi suara.

Jika sudah, sobat bisa langsung mengetikan atau mengcopy pastekan teksnya ke dalam kotak yang sudah di sediakan oleh apk HEalth & Fitness AI Lab.

Selain itu, sobat bisa menekan tombol dengan tanda ikon "+" yang ada di bagian sudut kanan bawah untuk mengambil isi teks baik dari dokumen berupa PDF, situs web atau bisa mendiktenya menggunakan suara.

Jadi setelah teksnya siap, sobat bisa langsung mengubah teks tersebut menjadi sebuah suara dengan cara menekan tombol play yang ada pada bagian tengah atas layar ponsel.

Sementara untuk menyimpan teks yang telah di olah menjadi suara tersebut, yakni dengan cara menekan ikon bertuliskan "Simpan" yang terdapat pada bagian pojok kiri bawah pada layar hape.

Aplikasi Health & Fitness AI Lab ini memang sangat mudah di gunakan, tetapi hanya bisa menyimpan suara apabila teksnya tidak melebihi dari 4000 karakter. Jika ingin lebih dari jumlah karakter tersebut, maka sobat harus berlangganan atau melakukan pembelian yang premium.

3. Microsoft Edge

Microsoft Edge pengubah suara
Microsoft Edge sebenarnya sebenarnya bukan aplikasi pengubah teks jadi suara, melainkan browser yang berfungsi untuk membuka halaman web. Namun, peramban besutan Microsoft ini ternyata memiliki sejumlah fitur menarik, salah satunya yaitu pengubah teks jadi audio.

Dengan begitu, kamu bisa mengubah teks artikel yang kamu buka saat browsing menjadi suara untuk didengarkan. Lantas, bagaimana caranya? Kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
  • Buka halaman apa saja yang berisi teks atau tulisan menggunakan Microsoft Edge di Android. Kamu bisa langsung menulis URL-nya di kotak alamat atau bisa juga dengan melakukan googling terlebih dahulu.
  • Jika halaman sudah terbuka, ketuk tombol titik tiga yang ada di tengah bawah layar, lalu akan muncul menu.
  • Geser bilah menu yang muncul ke atas sampai seluruh menu ditampilkan
  • Ketuk menu “Baca dengan lantang” yang ditandai dengan ikon huruf A dengan sinyal di sebelah kanan.
  • Setelah itu, Microsoft Edge pun akan membacakan teks atau tulisan yang ada di halaman tersebut dengan lantang.
Selain dengan cara di atas, kamu juga bisa memunculkan menu “Baca dengan lantang” dengan memblok teks. Caranya, blok atau seleksi teks tertentu pada halaman yang dibuka.Setelah itu, ikon huruf A dengan sinyal pun akan muncul di pojok kanan bawah. Lalu, ketuk ikon tersebut untuk mulai membacakan teks terpilih tadi.

4. APK Google Go

APK Google Go
Google Go merupakan versi ringan dari aplikasi Google dengan fungsi dasar yang sama, yaitu untuk mencari sesuatu di internet menggunakan kata kunci.

Nah, hal yang menjadi daya tarik Google Go adalah aplikasi ini memiliki fitur pengubah teks jadi suara yang bisa digunakan saat browsing.

Berbeda dengan Microsoft Edge, fitur pengubah teks jadi suara milik Google Go berada di lokasi yang jelas dan tidak tersembunyi, yaitu tepat di bagian tengah bawah layar.

Fitur itu akan muncul secara otomatis saat digunakan untuk membuka halaman web. Untuk lebih jelasnya, ikuti langkah-langkah berikut:
  • Buka halaman apapun yang berisi teks atau tulisan menggunakan Google Go. Kamu bisa melakukan googling terlebih dahulu.
  • Jika halaman sudah terbuka dan dimuat dengan sempurna, ketuk tombol play yang ada di tengah bawah layar.
  • Selanjutnya, Google pun akan mulai membacakan teks yang ada di halaman itu.
  • Sama seperti aplikasi pengubah teks jadi suara lain, kamu bisa menjeda, memajukan, memundurkan, dan mengatur kecepatan membaca di Google Go.
Nah, itu tadi beberapa aplikasi pengubah teks jadi suara di Android. Tak sabar mencobanya? Yuk, instal sekarang!