Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Cover Sofa Yang Cantik dan Cara Bersihkannya

Cover sofa di gunakan untuk melindungi sofa dan memiliki beragam motif. Bahannya juga beragam mulai, dari kanvas, katun, hingga poliester.

memilih cover sofa yang cantiki

Cover sofa di gunakan untuk melindungi sofa dari debu dan kotoran lainnya. Desain dan warnanya bisa di sesuaikan kebutuhan. Selain itu, sarung sofa ini juga mempercantik tampilan sofa.

Untuk membersihkannya, pemilik sofa bisa dengan menggunakan vacuum cleaner. Namun begitu, beberapa cover sofa perlu juga mendapatkan perawatan khusus, tergantung bahannya. Misalnya ada sarung sofa yang multifungsi, di mana bahan seperti ini dapat pula di gunakan sebagai taplak meja.

3 Tips Memilih Cover (Sarung) Sofa Cantik

Selain harganya yang terjangkau dengan pilihan motif yang menarik, cover sofa juga ada yang memakai dua kombinasi yakni motif dan polos dan berikut beberapa tips atau cara dalam memilih sarung (cover) sofa dan juga cara membersihkannya.

1. Kenali Bahannya

Pertama-tama kenali dahulu bahan cover sofa agar mudah dalam membersihkannya. Bahan sarung sofa ini ada yang dalam bentuk kain, kanvas, hingga poliester. Mengenal karakteristik sarung sofa bisa membantu memahami sifat dan tekstur bahan tersebut.Katun

Bahan katun memiliki serat kapas yang halus dan lembut. Bahanya tidak mengandung bahan kimia sehingga cocok untuk sobat yang memiliki kulit sensitif. Aman sebab memiliki sifat hypoallergenic.

Daya serapnya tinggi sehingga tidak akan membuatmu gampang gerah. Bahannya lebih nyaman untuk cuaca tropis ataupun musim kemarau.

Adapun bahan cover sofa yang umumnya biasa di gunakan adalah sebagai berikut:

#Poliester
  • Bahan ini mudah sekali kering dan bersifat hidrofobik karena memiliki serat sintetis dari campuran bahan kimia
  • Bahan tidak mudah melar, lecek, lebih ringan, dan tahan lama
  • Tahan akan air sehingga bila terkena cipratan air akan cepat kering
#Kanvas
  • Bahannya cenderung lebih kaku di bandingkan lainnya, tetapi kuat
  • Jika tergores benda tajam tidak akan mudah sobek maupun kusut seperti poliester. Bahan ini cocok untuk sofa bed yang berguna untuk bersantai di depan TV
  • Kanvas tergolong tebal dan sangat nyaman di pasang ketika cuaca panas maupun dingin. Bahannya multifungsi karena dapat di gunakan untuk karpet dan taplak meja.

2. Sesuaikan Ukuran

Selain memperhatikan bahan apa yang di gunakan, penting untuk menyesuaikan ukuran cover sofa dengan jumlah tempat duduk. Rata-rata sarung sofa memiliki ukuran untuk 1-4 seater. Makin banyak jumlah tempat duduk, maka akan makin panjang atau lebar ukurannya.

Ukur dahulu sofa di rumah sebelum membeli dan konsultasikan dengan penjual sarung sofa. Bila membeli online, pastikan sobat telah membaca bagian keterangan produk agar tidak salah pilih sarung sofa.

3. Pastikan Warna Senada

Terakhir, pilih warna yang senada dengan interior ruangan. Jika interior ruangan sudah terlalu ramai, gunakan sarung sofa yang polos saja. Begitu pun sebaliknya bila interior butuh kesan yang lebih ramai, pilih sarung sofa bermotif.

Sarung sofa polos memiliki kesan kalem dan nuansa adem. Sementara yang bermotif terdiri dari beberapa motif seperti floral yang cerah.

Berikut rekomendasi sarung sofa sesuai dengan kebutuhan yang bisa sobat jadikan jadi referensi terbaik di rumah:

  • Jika di gunakan untuk ruangan luas, pilih sarung sofa bermotif, baik motif besar maupun kecil.
  • Jika ruangan cenderung sempit, pilih sarung sofa warna polos agar ruangan lebih terkesan lebih luas.
  • Pada ruangan berdesain simpel, pilih motif kalem maupun warna polos.
  • Untuk kamar buah hati, pilih sarung sofa dengan motif yang lucu.
  • Untuk ruangan yang memiliki nuansa shabby chic, gunakan motif bunga.

Cara Membersihkan Cover (Sarung) Sofa

Jika ingin cover sofa awet dan selalu terlihat baru, penting untuk memperhatikan bagaimana cara membersihkannya. Ada beberapa langkah yang bisa sobat tempuh untuk membersihkan sarung sofa dengan benar. Tips ini di lansir dari In The Wash dan di rekomendasikan oleh ahlinya.

  1. Jangan pernah mencuci sarung sofa dengan mesin cuci. Mencucinya di mesin cuci bisa membuat sarung sofa menyusut atau pewarna merembes keluar. Sarung sofa sendiri di rancang untuk di bersihkan di tempat
  2. Cobalah memeriksa label perawatan sebelum membersihkannya. Biasanya sudah ada informasi bagaimana untuk merawat sarung sofa tersebut. Label perawatan biasa di temukan di bagian bawah.
  3. Ada beberapa kode pembersihan yang umum di gunakan di antaranya W untuk mencuci memakai air. S atau P bisa di bersihkan dengan bahan dasar pelarut. X bisa memakai vacuum cleaner untuk membersihkannya. SW sebaiknya memakai pembersih berbasis airDalam perawatan cover sofa ada baiknya mengibaskan-ibaskannya bila terkena debu. Hindari makan di atas sofa agar noda makanan tidak menempel di sarung sofa tersebut.

Itulah pembahasan kita kali ini, yakni tentang cara memilih cover atau sarung sofa berupa tips yang bisa kami di informasikan. Kurang dan lebihnya bilamana ada yang di rasa kurang pas, mohon di maafkan.

Mungkinkah informasi seperti ini bisa membantu? Bila ya, yuk di bagikan saja artikelnya melalui tombol berbagi yang sudah kami di sediakan di bagian bawah. Siapa tahu, kawan di sekitar kita membutuhkannya.

Akhirul kata, sekian dan terimakasih banyak sudah berkunjung di situs larantukagypsum.com! Semoga artikel ini bisa bermanfaat, amien!