Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Buat Website Blogger (Blogspot) dengan Mudah untuk Pemula

Sobat senang menulis dan ingin membuat blog pribadi atau profesional ? Yuk simak, cara buat website blogger dibawah ini.
membuat blog di blogspot
Jika sobat mempunyai hobi menulis cobalah untuk membuat blog pribadi ! Karena dengan begitu, sobat bisa menyalurkan ide-ide berupa tulisan.

Lalu bagaimana cara buat website blogger ?

Sebelum kita membahas bagaimana cara membuatnya, ada baiknya sobat mengetahui dulu dasar pengetahuan Blog dan apa saja manfaatnya.

Pasalnya, menjadi seorang blogger tentu tak semudah seperti yang sobat bayangkan.

Sebelum Blog dikenal banyak orang, sobat harus konsisten untuk menulis agar Blog sobat bisa diakui oleh banyak pembaca.

Cara Buat Website Blogger dan Manfaatnya

Cara buat website blogger sangat mudah, dan sobat tak perlu mengeluarkan banyak tenaga dan waktu yang lama untuk membuatnya.

Sebelum kita membahas bagaimana cara membuat Blog, sobat wajib tahu apa saja manfaat dari Blog yang mungkin belum sobat sadari sebelumnya.

Berikut 5 manfaat Blog yang dapat kita rangkum :

1. Berbagi Ilmu dan Pengetahuan

Dengan berbagi ilmu pengetahuan melalui situs Blog, secara tak langsung sobat juga sudah membagikan pengetahuan yang sobat miliki kepada pembaca yang mengunjugi situs blog sobat.

Jangan salah ! Hanya dengan tulisan, sobat bisa merubah mindset bahkan hidup seseorang mengenai sesuatu hal dan pembaca akan merasa terbantu dengan tulisan yang sobat buat.

Sehingga, jika pembaca tersebut memiliki interest yang sama dengan sobat ! Maka kemungkinan besar, mereka akan menjadi pembaca setia dari Blog yang sobat buat.

2. Meningkatkan Personal Branding

Personal branding merupakan persepsi orang terhadap sobat ! Konten yang dibuat akan menentukan bagaimana kepribadian, kemampuan, dan nilai sobat sebagai penulis.

Agar mudah dikenal oleh banyak orang, blog harus mempunyai tema ! Karena tema ini, nantinya akan berpengaruh pada pembahasan untuk konten-konten yang sobat buat.

Misalnya sobat menyukai pekerjaan plafon gypsum, maka konten yang harus dibahas dimulai dari seputar plafon gypsum lebih dulu.

Adapun konten yang dibuat bisa berupa cara pasang plafon, review, tips and trick, serta sharing tentang pekerjaan plafon gypsum.

3. Mengasah Kemampuan Menulis

Tak semua orang punya kemampuan menulis ! Jika sobat punya kemampuan menulis, maka manfaatkanlah sebaik mungkin dan membuat blog adalah salah satu jalan untuk mengasah kemampuan menulis sobat.

Merujuk pada istilah "Practrice Makes Perfect" yang artinya semakin sobat melatihnya, maka semakin sempurna hasilnya.

Konten yang sobat tulis secara rutin, akan menghasilkan tulisan yang semakin baik.

Salah satu role model ternama yaitu Raditya Dika, mengawali karirnya dengan membuat blog hingga dapat menciptakan karya berupa buku cerita dan film.

4. Sebagai Porfolio Menulis

Jika konten blog sobat informastif dan mengedukasi, maka ada kemungkinan sobat akan direkrut oleh sebuah perusahaan.

Apalagi jika tulisan sobat relate dengan perusahaan, maka siap-siap untuk mendapatkan tawaran menarik yang bisa menghasilkan uang.

Selain itu blog juga bisa dijadikan porfolio ! Ketika sobat melamar pekerjaan, cantumkan Link Blog pada CV atau sisipkan pada link URL.

5. Mendapatkan Royalti

BLog adalah salah satu website yang bisa menghasilkan uang, jika sobat memanfaatakannya dengan baik. Namun untuk mendapatkan uang tersebut, tidaklah semudah yang sobat bayangkan.

Royalti yang akan sobat dapatkan terkadang tidak menentu, bahkan kita bisa tidak tahu kapan cairnya.

Hal tersebut dikarenakan sistem blog yang dipengaruhi oleh tingkat visitor, pembaca, dan seberapa sering sobat menerbitkan artikel.

Untuk mencapatkan royalti, sobat bisa memasang iklan seperti Google Adsense dan Audience Network.

Cara Buat Website Blogger Bagi Pemula

Setelah mengetahui apa saja manfaat blog, apakah sobat mulai tertarik untuk membuatnya ? Sekaranglah saatnya untuk mengetahui cara membuat website bagi pemula.

Pada dasarnya membuat blog sangatlah mudah dan Sobat tinggal mengikuti alur dan proses yang sudah tersedia.

Namun disini kita tak hanya memberi tahu langkah-langkahnya saja ! Ada beberapa tips dan trik agar tampilan blog sobat bagus dan pengaturannya lebih lengkap, dan berikut ini penjelasannya :

1. Kunjungi Website

Untuk membuat blog di blogger, tentu saja sobat harus mengunjungi websitenya di www.blogger.com

Setelah muncul tampilan website, klik "Create Your Blog", kemudian sobat akan diarahkan untuk memilih akun Gmail.

Pilih akun gmail yang ingin sobat gunakan atau klik "Gunakan Akun Lain", jika tak ada akun gmail yang tersedia.

Isi alamat email dan password untuk melanjutkan


2. Konfirmasi Profil Blog

Setelah selesai memilih akun gmail, selanjutnya sobat akan diarahkan untuk mengisi nama blog.

Sesuaikan nama tersebutdengan diri sobat atau tema konten yang nantinya akan dibuat, karena nantinya nama tersebut akan terlihat pada profil sobat.

Setelah mengisinya, klik "Lanjutkan Ke Blogger".

3. Mengatur Postingan

Jika sobat sudah melihat halaman welcome, itu artinya sobat sudah berhasil membuat blog dan sudah terdaftar.

Selanjutnya untuk membuat postingan, sobat klik "Create New".

Kemudian nanti akan muncul pop up yang berisi :
  • Title : Tulislah judul blog yang akan sobat posting. Tipsnya buatlah headline yang menarik agar dapat menggaet minat pembaca, karena nantinya judul tersebut akan muncul pada halaman depan blog.
  • Address : Tulislah URL yang nantinya dijadikan alamat blog, misalnya sobat.blogspot.com
  • Theme : Theme atau tema blog ini merupakan layout yang digunakan untuk menata tampilan halaman blog sobat. Pilihlah theme yang bagus sesuai dengan keinginan sobat. 
4. Membuat Page

Page dapat dikatakan sebagai halaman "About Us" yang berfungsi mengenalkan fungsi dan informasi penting mengenai blog yang sobat punya.

Nantinya posisi page berada pada halaman depan paling atas, dan posisinuya tak akan tergantikan dengan postingan-postingan yang baru.

Pada bagaian page (halaman) sobat akan menemukan 3 opsi untuk komentar, compose mode, dan line breaks.

5. Membuat Post

Sekarang saatnya membuat postingan sesuai dengan tema sobat.

Agar tulisan tertata rapi, sobat harus tahu apa saja struktur standar ketika membuat blog, diantaranya yaitu :
  • Header : Header merupakan tulisan yang terletak di bagian atas blog dan diheader ini sobat bisa menuliskan judul, deskripsi blog, maupun menu blog.
  • Navigation Bar : dipaling atas header ada pengaturan yang bisa mempermudah sobat untuk mengelola postingan.
  • Main BLog : posisinya berada di tengah-tengah dan disinilah para blogger berbagi ide pemikirannya. Strukturnya terdiri dari judul, tanggal, nama penulis, dan kolom komentar.
  • Sidebar : fungsi sidebar pada blog adalah sebagai pelengkap konten yang sobat buat ! Di tempat tersebut sobat bisa meletakan widget seperti kalender, jam dan komponen lainnya.
  • Footer : terletak pada bagian dasar atau bawah dari suatu blog dan fungsinya yaitu sebagai penutup tulisan bisa berupa hak cipta, link tambahan, sumber, kredit dan lainnya sesuai dengan isi konten.
6. Informasi Tambahan

Informasi tambahan ini berupa pengaturan yang lebih lengkap seputar blog.

Setelah sobat mengatur tampilan hingga membuat postingan, ada baiknya untuk mengeksplor ke bagian setting.

Fungsinya adalah untuk membuta konfigurasi, keamanan, optimasi seo, dan hal lainnya.

Blog merupakan temat yang paling cocok untuk mengembangkan keterampilan menulis.

Selain dapat memberikan informasi yang berguna bagi banyak orang, manfaat blog ternyata berguna untuk kehidupan sobat seperti membangun personal branding, meningkatkan kemampuan menulis sampai mendapatkan royalti.

Mudah bukan membuat blog ? sobat bisa membuat blog dengan mengikuti cara buat website blogger yang sudah kita sajikan diatas.

Semoga bermanfaat !