Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Jenis Bahan Sofa Mewah Yang Adem dan Tahan Lama

Sofa mewah bisa terlihat jelas dari pemilihan bahan yang di gunakannya. Harga dari bahan mewah ini tidak murah, bahkan perawatannya juga tidak mudah.

enis Bahan Sofa Mewah

Model sofa mewah biasanya akan mudah terlihat dari bahan yang di gunakan. Bahan sofa ini menentukan pula bagaimana nanti perawatannya.

Selain dari desainnya, pemilihan bahan sofa memang perlu di pertimbangkan, apalagi bagi sobat yang menyukai desain mewah, glamor, dan wow! Maka, bisa juga dengan memilih cover (sarung) sofa yang di sukai motifnya sesuai dengan model sofanya.

7 Jenis Bahan Sofa Mewah

Ada beberapa bahan sofa mewah yang sering di gunakan yang dapat sobat pilih, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Beludru

Bahan ini juga sering di sebut dengan suede atau velvet. Ciri dari bahannya adalah memiliki tekstur sangat halus dan lembut. Kainnya sendiri terbuat dari bahan sutra dan rayon yang bercirikan tumpukan bulu halus seperti bulu kucing.

Keunggulan dari bahan ini ialah simpel, tetapi tetap glamor. Makin tebal kainnya, maka harganya akan makin mahal. Sofa dengan bahan ini tidak akan mudah tergores dan seratnya tidak mungkin terurai.

Warna bahannya cenderung bold dan memakai warna cerah. Cocok untuk membuat kesan menonjol khas kemewahan dalam hunian. Sayangnya bahan ini rentan menyerap air dan mudah pudar ketika sering terkena sinar matahari.

Untuk itu, letakan sofa beludru di area yang tidak langsung terkena sinar matahari. Cocok untuk ruangan keluarga maupun ruang tamu.

2. Kulit

Bahan kulit memang salah satu material yang sering di pakai pada sofa mewah. Warna yang di hasilkannya alami yakni cokelat dan mengesankan vintage. Keunggulannya adalah terbukti paling awet dari bahan kursi lainnya.

Selain itu, nilai harga jualnya tinggi sehingga bisa pula untuk barang investasi di masa depan. Kulit juga tahan akan berbagai noda dan mudah untuk di bersihkan. Lalu, sofa kulit memiliki nilai plus lain, yaitu tahan akan alergen.

Bahan ini aman untuk semua jenis kulit dan mendukung gaya dekorasi apa pun. Sayangnya, pilihan warnanya sangat terbatas! Untuk menjaga kulit tidak rusak atau retak perlu di olesi dengan bahan pelembap.

3. Katun

Katun sering di temukan pada sofa masa kini. Dari segi harga, bahan satu ini lebih murah di bandingkan dua bahan lainnya. Sifat dari sofa katun adalah dingin ketika menyentuh kulit. Inilah yang membuatnya cocok untuk area tropis.

Teksturnya halus sehingga nyaman di duduki berlama-lama. Bahan tidak mudah luntur dan daya serapnya baik sekali. Bagian luar sofa sering di beri pelapis anti air agar tidak mudah terkena noda.

Pilihan desain beragam sehingga cocok untuk segala desain interior ruangan. Kekurangannya hanya satu, yakni mudah sekali robek apalagi jika terkena cairan.

4. Linen

Linen terbuat dari serat alami yang memiliki tampilan polos tanpa motif. Warnanya tidak akan mudah pudar dan tekstur sangat lembut. Bila di rumah ada anak-anak, pilihan sofa berbahan dasar linen sangatlah di anjurkan.

Alasannya karena bahan ini mudah untuk menyerap tinta dan lainnya. Bahan sangat kuat sehingga tidak mudah robek. Bahannya lebih ramah lingkungan, tetapi mudah sekali berkerut.

5. Chenille

Dalam bahasa Prancis, Chenille bermakna ulat bulu. Nama yang unik ini di hasilkan dari rajutan bergaris yang menonjol dari bahannya. Biasanya sering pula di sebut sebagai saudara dari beludru, tetapi lebih tebal.

Ketebalan inilah yang membuat bahan chenille lebih kuat dan tahan lama. Walaupun begitu, bila terkena goresan, rajutannya akan mudah rusak.

Tidak heran bila bahan satu ini tidak di rekomendasikan bagi sobat yang memiliki hewan peliharaan di rumah. Meskipun begitu chenille, cocok untuk ruangan dengan gaya klasik.

6. Sutra

Sofa mewah paling cocok menggunakan bahan sutra. Serat alaminya sangat halus dan lembut. Bahan ini juga sering di gunakan untuk acara formal.

Harganya tentu jauh lebih mahal. Selain itu, pemilik juga tidak boleh sembarangan dalam membersihkannya. Pasalnya, sutra mudah robek jika salah dalam perawatan. Sebab itu, mintalah bantuan profesional jika belum berpengalaman.

7. Wol

Terakhir, ada bahan wol yang bersifat hangat dan lembut. Daya tahannya bagus sehingga bisa di gunakan dalam jangka waktu panjang. Keunggulan lainnya dari wol adalah tahan terhadap kerutan, pemudaran, bahkan piling.

Wol sering di campur dengan sintetis agar lebih tahan lama. Serat yang dihasilkannya alami sehingga lebih ramah lingkungan.

Tapi mesti di ingat, beberapa bahan sofa sulit untuk di bersihkan, bahkan rentan terhadap cuaca tertentu. Jadi, jika sobat ingin membeli sofa mewah, konsultasikan terlebih dahulu cara perawatannya. Maka dengan begitu, sofa bisa bertahan dalam jangka panjang dan akan terlihat baru secara terus menerus.

Itulah ulasan tentang jenis bahan untuk pembuatan sofa mewah yang dapat kami rangkum dan kami sampaikan buat sobat yang membutuhkannya.

Apakah artikel ini bisa membantu? Jika ya, tolong bantu share dong. Siapa tahu ada kawan di sekitar sobat yang memerlukannya.

Akhir kata, sekian dan terima kasih atas kunjungannya! Semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat, bagi nusa dan bangsa.