Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Ide Pagar Rumah Minimalis, Buat Hunian Jadi Lebih Cantik!

Selain di fungsikan sebagai pelindung, pagar juga memiliki fungsi keindahan yang dapat mempercantik tampilan. Simak ide pagar rumah minimalis di sini!

Ide Pagar Rumah Minimalis

Pagar rumah di buat dengan berbagai macam tujuan, di antaranya sebagai pelindung dari berbagai ancaman, penghalang pandangan untuk menciptakan ruang privasi, dan sebagai pembatas.

Selain yang telah di sebutkan, pagar juga memiliki fungsi keindahan yang dapat mempercantik tampilan bangunan. Letaknya yang berada paling depan membuat pemilik rumah menginginkan pagarnya yang terlihat secantik mungkin.

Jika Anda sedang mencari inspirasi, berikut adalah ide pagar rumah minimalis yang patut di coba dan bisa di terapkan kapan saja sobat siap.

1. Pagar rumah minimalis berbahan kayu

Ide pagar rumah minimalis pertama yang bisa mempercantik tampilan hunian Anda, yaitu kayu. Pagar kayu merupakan salah satu jenis pagar yang paling di minati pasar. Material multifungsi ini akan memberikan kesan alami dan bergaya vintage.

Agar pagar rumah bisa bertahan lama, pilih kayu dengan kualitas yang paling bagus. Meskipun harus mengeluarkan lebih banyak anggaran, Anda akan puas dengan hasilnya. Pagar kayu juga dapat di kombinasikan dengan bahan lain, seperti aluminium atau baja.

2. Pagar rumah industrial

Ciri khas dari bangunan industrial adalah memiliki pencahayaan alami yang maksimal. Hal yang sama juga tercermin pada tampilan pagar rumah yang terdiri dari kotak lurus dengan kawat yang tidak rapat sehingga memungkinkan cahaya masuk ke dalam rumah dengan maksimal.

Meski memiliki desain yang sederhana, model pagar rumah minimalis ini terlihat berkarakter dengan warnanya yang netral dan bersifat timeless atau tidak lekang waktu. Anda dapat mengombinasikannya dengan tembok semen untuk memperkuat kesan industrial itu sendiri.

3. Pagar rumah model pintu lipat

Pagar pintu geser sangat cocok bagi Anda yang memiliki rumah bergaya minimalis di perkotaan. Model pagar seperti  ini tidak akan memakan banyak lahan saat di buka sehingga dapat memberi ruang pada garasi Anda.

Model ini di desain dengan kombinasi antara besi dan kawat dengan motif rapat yang akan memberikan kesan sederhana dan minimalis.

4. Pagar rumah model pintu geser

Sama halnya dengan pagar lipat, pagar geser juga cocok di gunakan pada rumah di perkotaan dengan lahan terbatas. Saat di buka, pagar ini tidak akan menghalangi jalan sehingga cocok di gunakan pada rumah-rumah yang letaknya dekat dengan jalan raya.

Terdapat dua jenis pintu geser, yaitu manual dan otomatis. Namun, jika Anda tidak ingin mengeluarkan banyak anggaran untuk pagar, lebih baik memilih tipe manual.

5. Pagar batu bronjong

Bronjong atau di sebut juga gabion adalah model pagar yang terdiri dari kerangka kawat yang berisi batu belah yang sejenis. Batuan yang terdapat di dalamnya akan menciptakan kesan alami. Awalnya, fungsi pagar ini adalah sebagai penahan longsor.

Namun, saat ini Anda juga bisa menggunakannya sebagai pagar rumah minimalis. Kelebihan yang di miliki adalah kokoh dan tahan lama dengan biaya yang terjangkau.

6. Pagar rumah laser cutting

Pagar rumah dengan material besi dan aluminium akan menciptakan kesan modern dan minimalis. Jika Anda menyukai tampilan yang sederhana, cukup pilih model vertikal atau horizontal tanpa tambahan dekorasi.

Akan tetapi, jika Anda menyukai tampilan yang lebih bermotif dan bernilai seni, manfaatkanlah teknik laser cut. Anda bisa memesannya secara custom sehingga terlihat lebih unik dan dapat merepresentasikan pemilik rumah.

7. Pagar rumah batu bata merah

Batu bata merah merupakan salah satu material yang paling mudah di cari karena memang banyak di butuhkan. Bahan ini bisa di jadikan sebagai pagar rumah dengan berbagai model, sesuai dengan preferensi pemilik rumah.

Anda dapat mendesain pagar bergaya Eropa, mengombinasikannya dengan pagar besi, menatanya tanpa perekat semen, membuat desain benteng, pintu gerbang melengkung, dan model lain sesuai dengan imajinasi Anda.

Demikian uraian mengenai beberapa ide pagar rumah minimalis yang bisa Anda sontek. Hal yang terpenting adalah kedua fungsi dari pagar rumah, yaitu fungsi utama dan fungsi keindahan, harus berjalan beriringan.

Jangan sampai Anda hanya mengedepankan sisi keindahan tanpa mengindahkan fungsi utamanya. Perhatikan kebutuhan, lokasi, dan kondisi rumah Anda sebelum memutuskan jenis pagar apa yang akan Anda gunakan.