Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Oli Motor Matic Terbaik, Disertai Harga & Waktu Tepat Ganti Oli.

Setiap kendaraan perlu melakukan penggantian oli, termasuk motor matic. Fungsi oli di sini yakni sebagai pelumas transmisi gigi, agar performa kendaraan tetap maksimal.
Oli Motor Matic Terbaik
Untuk menjaga performa mesin motor matic tetap unggul, sobat perlu rutin mengganti oli dengan mempersiapkan terlebih dahulu oli terbaik yang bisa sobat simpan dalam bagasi, apabila bagasi motor matic besar.

Sekedar di ketahui, Oli motor matic biasa di gunakan untuk melumasi perpindahan gigi transmisi pada mesinnya. Sementara, oli motor manual hanya sebagai pelumas mesin.

Inilah alasan kenapa oli motor harus di sesuaikan dengan jenis transmisinya. Jika oli motor matic di pakai untuk manual, pengendara mungkin akan mengalami risiko selip kopling.

5 Oli Motor Matic Terbaik

Rekomendasi oli motor matic terbaik yang berjumlah 5 (lima) ini kami rangkum buat para sobat semuanya di manapun berada, terutama teruntuk sobat yang baru pertama kali memiliki kendaraan motor matic di rumah, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. TOP 1 Action Matic

TOP 1 Action Matic
Oli ini berbahan sintetik dan di gunakan untuk mesin berkopling kering, seperti skuter matik. Kandungan sintetik oli Top 1 lebih tinggi sehingga masa pakainya lebih lama.

Oli juga telah memenuhi standar JASO dan API. TOP 1 Action Matic melindungi mesin dari gesekan serta karat. Berkendara di berbagai medan lebih halus.

Harga untuk kemasan 800 ml adalah Rp45.000 saja. TOP 1 Action Matic memiliki viskositas SAE 10W-30, 20W-40, dan 10W-40. Tipe motor yang biasa menggunakan oli ini di antaranya adalah Yamaha NMAX, Mio, Honda Beat, Scoopy, PCX dan lainnya.

TOP 1 di kenal mampu meningkatkan akselerasi kendaraan sehingga penggunaan bahan bakar dapat di hemat. Oli di formulasikan dengan smooth riding additive dan maximum protection technology.

Rangkaian produk telah memenuhi syarat OEM. Mesin lebih gesit dan tarikan jadi lebih enteng.

2. Shell Advance Matic

Harga dari Shell Advance Matic di banderol mulai Rp66.000 untuk 800 ml. Keunggulannya adalah mampu meningkatkan kontrol akselerasi. Kemampuan oli ini lainnya adalah meredam getaran dan suara sehingga berkendara nyaman dan tak bising.

Oli Shell menggunakan teknologi RCE yang mampu memberikan respons peka pada tarikan motor. Teknologi ini juga mendorong sistem pembersihan komponen mesin sampai 33% lebih baik.

Oli tahan akan penguapan di mana mampu tetap terjaga hingga 3000 km. Oli juga berstandar JASO dan API.

3. Castrol Activ Matic

Keunggulan dari Castrol Activ Matic adalah memiliki teknologi Zipboosters. Teknologi ini berfungsi untuk menghindarkan mesin dari gesekan berlebihan. Jika gesekan antarmesin tinggi, risiko mesin cepat aus akan sulit untuk di hindari.

Berkat teknologi Zipboosters, mesin tetap bersih dan tahan akan suhu panas yang di timbulkan oleh kerja mesin. Castrol Activ Matic di rancang untuk mesin motor 4-tak modern.

Harga dari Castrol Activ Matic sendiri untuk jenis SAE: 20W-40 / SAE 10W-30 adalah Rp41.000.

Di dukung dengan molekul actibond yang melekat di seluruh bagian kendaraan, mesin motor mendapatkan perlindungan maksimal walaupun saat posisi mati. Selain itu, kendaraan juga tetap memiliki kinerja mesin terbaik di berbagai cuaca dan medan jalan.

4. Yamalube Super Matic

Yamalube Super Matic di formulasikan untuk mesin motor 4-tak premium. Kelebihannya adalah terdiri atas sull sintetis yang mampu melumasi ke berbagai celah mesin. Selain mampu melumasi mesin, oli ini juga tidak meninggalkan kerak.

Mesin tetap bersih dan memaksimalkan tenaga di setiap putaran mesin. Selain itu, Yamalube Super Matic mengandung molybdenum. Kandungan ini memberikan tingkat gesekan rendah.

Harga yang di banderol untuk Yamaha Super Matic tipe SL 10W-40 JASO MB 1lt Full Synthetic kemasan 1 liter adalah Rp72.000.

5. Motul Scooter Expert

Oli Motul unggul karena 100% bahannya berupa material sintetik. Kekentalan olinya tepat sehingga menjauhkan mesin dari kondisi overheat.

Kualitas oli mesin bagus dan menjauhkan dari korosi mesin. Temperatur suhu mesin selalu terjaga sehingga kampas kopling tidak akan selip. Motul Scooter Expert juga tidak menimbulkan kotoran maupun endapan.

Oli telah memiliki standar oli Jepang seperti JASO. Oli mampu menyalurkan panas dengan cepat sehingga performa motor terjaga. Motul juga sebagai sponsor ajang motor balap Moto GP. Harganya terjangkau yakni di jual mulai dari Rp70.000

Kapan Sebaiknya Ganti Oli Motor Matic?

Penggantian oli sebaiknya di lakukan bila kendaraan telah mencapai 2000 km. Apabila kendaraan jarang di gunakan, lebih baik ganti oli setiap 2 bulan sekali atau setiap menempuh jarak 20-50 km.

Jika kendaraan dalam satu hari menempuh jarak 200 km, ganti oli setiap 2 minggu sekali! Tanda oli motor perlu di ganti adalah kendaraan sudah terasa berat. Motor matic dapat terjaga performanya bila rutin ganti oli dan memakai oli yang tepat.

Itulah ulasan dari kami di kesempatan ini, yakni tentang 5 Oli Motor Terbaik yang di lengkapi juga dengan harga serta kapan waktu yang tepat untuk ganti olinya.

Mungkin informasi semacam ini bisa membantu? Sekian dan terimakasih sudah mau singgah di situs larantukagypsum.com dan semoga ini bisa bermanfaat. Wassalam...!!