Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Bunga Mawar Merah dan Putih untuk Kesehatan

5 Manfaat Bunga Mawar, di mana bunga ini selalu identik sebagai simbol cinta. Sehingga tak heran, banyak orang menggunakannya sebagai media untuk mengungkapkan perasaan sayang kepada seseorang yang spesial.

5 Manfaat Bunga Mawar Merah dan Putih untuk Kesehatan

Berkat kecantikan warna dan aroma wangi yang terkandung di dalamnya, mawar sering di manfaatkan sebagai hiasan dan wewangian alami di dalam dan luar ruangan.

Bunga yang memiliki nama ilmiah Rosa ini memiliki ratusan spesies di alam. Dua di antaranya yang paling terkenal, yaitu mawar merah (Rossa spp) dan mawar putih (Rosa alba). Dua jenis bunga ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja itu? Yuk, simak selengkapnya!

5 Manfaat Bunga Mawar Merah dan Putih

1. Dari 5 Manfaat Bunga Mawar, Yang Pertama Ialah Untuk Memperkuat Sistem Imun.

Bunga mawar merah dan bunga mawar putih sangat kaya akan kandungan vitamin C yang berguna untuk menjaga tubuh tetap fit sepanjang waktu.

Selain itu, kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya sangat di perlukan untuk memperkuat sistem imun dan menjaga kekebalan tubuh tetap prima. Imun tubuh yang kuat di perlukan untuk menangkal berbagai serangan virus dan bakteri.

Untuk bisa mendapatkan berbagai manfaat ini, sobat hanya perlu mengonsumsi mawar dalam bentuk teh. Cara membuatnya mudah. Ambil satu atau dua kuntum bunga lalu seduh dengan air panas, seperti sedang menyeduh teh. Minumlah secara teratur untuk mendapatkan hasil maksimal.

2. Menjaga Kesehatan Mata.

Bunga mawar bisa dimanfaatkan juga untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin, antioksidan, dan antibakteri di dalamnya sangat berkhasiat menyembuhkan berbagai keluhan, seperti mata merah, mata kering, serta memulihkan kondisi mata pascaoperasi.

Untuk membuat obat mata alami ini, sobat hanya perlu merendam beberapa kuntum bunga di dalam baskom yang sudah di isi dengan air bersih lalu rendam sekitar 15 menit.

Lalu masukkan kepala ke dalam baskom, kedipkan mata berulang-ulang selama beberapa menit. Lakukan terapi ini sekitar 2-3 kali sekali untuk mendapatkan hasil optimal.

3. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Berbagai kandungan alami di dalam bunga mawar sangat berkhasiat menjaga kesehatan sistem pencernaan. Salah satunya di gunakan sebagai obat pencahar alami bagi sobat yang sering sembelit.

Selain itu, mawar juga sangat berkhasiat sebagai obat alami untuk mengatasi diare dan membuang berbagai racun dari dalam tubuh. Kandungan bunga ini juga sangat bermanfaat melindungi lapisan dinding lambung dari kerusakan.

Untuk memperoleh manfaat ini, sobat cukup menghaluskan segenggam bunga. sobat bisa gunakan ulekan khusus dari bahan kayu atau blender.

Haluskan bunga dengan menambahkan sedikit air hingga memperoleh hasil dengan tekstur kental. Campur ramuan ini ke dalam minuman, atau bisa juga di konsumsi langsung saat perut kosong.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, konsumsi rutin ramuan ini sehari sekali di saat pagi hari dan saat perut dalam keadaan kosong.

4. Mencegah Stres Hingga Depresi

Aroma wangi yang kuat dari bunga ini bisa di manfaatkan sebagai aromaterapi alami untuk pencegahan terhadap stres hingga depresi. Aromaterapi bunga mawar sangat berguna untuk relaksasi tubuh dan pikiran.

Untuk memperoleh manfaatnya, rendamlah sejumlah kuntum bunga di dalam air yang sudah di tempatkan di bathtub atau ember. Biarkan wewangian alami dari bunga menyatu dengan air. Gunakan air hasil rendaman untuk mandi. Nikmati sensasi aromaterapi alami ini untuk relaksasi.

Lakukan tips ini setiap hari untuk menghasilkan pikiran yang segar dan suasana hati yang lebih baik. Jangan lupa seimbangkan juga dengan mengelola pikiran dengan cara positif.

5. Mengatasi Berat Badan Berlebih

Sobat yang memiliki masalah dengan berat badan, tak ada salahnya untuk memanfaatkan bunga ini sebagai obat diet alami. Kandungan di dalamnya sangat berkhasiat untuk membuang berbagai racun dari dalam tubuh. Sobat bisa mengolah bunga ini sebagai teh, dengan cara menyeduhnya dengan air panas.

Minum secara rutin teh ini untuk terapi menurunkan berat badan. Tetapi jangan lupa untuk seimbangkan juga dengan mengatur pola makan dan rutin berolahraga untuk mendapatkan hasil yang maksimal ya.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat bunga mawar yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Tak ada salahnya untuk sobat praktikkan di rumah. Jangan lupa untuk sempurnakan berbagai terapi ini dengan menjaga pola hidup sehat ya. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat untukmu.