Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Penyerbukan Bunga Melati, Peluang Bisnis dan Manfaatnya!

Cara Penyerbukan Bunga Melati, di mana bunga ini termasuk jenis tanaman perdu dengan nama ilmiah Jasminum sp. Bunga ini dikategorikan tanaman hias karena bentuk dan warnanya yang cantik, serta memiliki aroma wangi semerbak.

Cara Penyerbukan Bunga Melati, Peluang Bisnis dan Manfaatnya!

Melati juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Hal ini kemudian menciptakan peluang bisnis yang menggiurkan.

Tidak sedikit pengusaha yang menekuni budidaya melati untuk memperoleh keuntungan. Bagaimana cara melati dibudidayakan, manfaat hingga peluang bisnisnya? Yuk, simak lebih lanjut!

Teknik Budidaya Bunga Melati

Bagaimana cara penyerbukan bunga melati atau budidaya bunga melati, ada banyak macam. Tetapi salah satu teknik yang paling sering dilakukan adalah penyerbukan. Teknik ini lazim terjadi karena melati termasuk jenis tumbuhan generatif, yaitu memiliki serbuk sari dan putik sebagai alat reproduksi.

Cara penyerbukan bunga melati terdiri dari alami dan buatan. Cara alami terjadi dengan bantuan angin dan hewan, misalnya lebah dan kupu-kupu. Sementara cara buatan dilakukan dengan bantuan manusia.

Penyerbukan terjadi ketika serbuk sari jatuh ke atas kepala putik. Petani yang ingin mempercepat proses penyerbukan untuk kepentingan budidaya melati biasanya melakukan proses ini secara manual.

Mereka akan memindahkan serbuk sari dari bunga yang satu ke bunga lain dengan menggunakan bantuan kuas.

Serbuk sari sebagai alat kelamin jantan akan ditempelkan ke atas kepala putik yang berperan sebagai alat kelamin betina. Lalu, proses berlanjut ke pembuahan untuk menghasilkan melati yang baru.

Selain penyerbukan, petani juga melakukan teknik budidaya lain seperti pemangkasan dan stek batang.

Manfaat Bunga Melati

Melati memiliki banyak manfaat, beberapa di antaranya adalah:

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Aroma wangi yang keluar dari bunga melati berasal dari minyak esensial yang terkandung di dalamnya. Minyak yang mengandung senyawa kimia keton ini sangat berkhasiat untuk membuat kulit menjadi lembut dan lembap. Selain itu, minyak esensial ini dipercaya ampuh menghilangkan bekas luka serta stretch mark sehabis melahirkan.

Untuk mendapatkan manfaat ini, ambil beberapa kuntum melati kemudian haluskan. Campurkan dengan minyak kelapa murni hingga teksturnya mengental. Aplikasikan ramuan ini ke bagian kulit yang memerlukan nutrisi dan kelembapan.

2. Mengatasi Stres

Wangi yang dihasilkan melati sangat berkhasiat sebagai aromaterapi untuk mengatasi stres hingga mencegah depresi. Penelitian menyebutkan, efek aromaterapi ini sangat berperan dalam menstimulasi otak untuk melepas hormon pereda stres.

Selain itu, wewangian melati juga sangat berguna sebagai pembersih udara untuk menghilangkan berbagai kontaminan pemicu bau tidak sedap di dalam ruangan.

Untuk memperoleh manfaat ini, tempatkan tanaman melati di dalam ruangan atau bagian ruangan tertentu tempat sobat biasanya bersantai. Nikmati sensasi wanginya yang membuat rileks.

3. Menjaga Sistem Pencernaan

Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam melati berperan penting menjaga kesehatan dinding lambung sehingga penyerapan nutrisi makanan menjadi optimal. Melati juga berperan mengatasi berbagai keluhan gangguan pencernaan.

Dapatkan manfaat ini dengan mengolah melati menjadi teh. Caranya, ambil beberapa kuntum melati kemudian seduh dengan air panas. Minum teh ini secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

Peluang Bisnis Bunga Melati

Bunga dengan banyak manfaat ini menjadi peluang bisnis menjanjikan. Beberapa contoh berikut bisa menjadi inspirasi usaha.

1. Bahan Baku Industri Kosmetik

Kandungan senyawa istimewa yang memicu munculnya wangi semerbak pada melati membuat bunga ini menjadi incaran banyak pengusaha industri kosmetik. Melati dipilih sebagai bahan baku pembuatan kosmetik, minyak wangi, hingga sabun wangi.

Permintaan yang tinggi ini membuka peluang yang bisa sobat manfaatkan untuk mulai melirik bisnis melati. Kondisi alam, tanah, hingga iklim di Indonesia sangat cocok untuk budidaya melati.

Namun begitu, produksi melati di dalam negeri belum bisa menutupi tingginya permintaan. Jangan sampai sobat melewatkan kesempatan ini ya.

2. Bisnis Bunga Hias

Permintaan bunga melati untuk dijadikan tanaman hias terus mengalami peningkatan, baik dari dalam dan luar negeri. Peluang ini bisa sobat manfaatkan sebagai usaha. Tidak sedikit petani melati meraup omzet hingga puluhan juta rupiah per bulan dari bisnis ini tanpa perlu modal besar.

Sobat bisa menjual tanaman melati yang sudah jadi atau masih dalam bentuk bibit. Sebagai perbandingan, di pasaran benih melati dengan ukuran antara 15-20 cm dihargai mulai Rp2.500,00 per benih. Harga bisa lebih mahal untuk benih berukuran lebih besar.

Ternyata teknik budidaya bunga melati tidak terlalu sulit. Spbat pun bisa mulai mempraktikkannya di rumah. Manfaatkan melati sebagai tanaman hias di pekarangan atau serius menggarapnya sebagai bisnis dengan keuntungan menggiurkan. Semoga artikel ini bisa menjadi inspirasi untuk sobat.