Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bunga Anggrek Termahal Asal Indonesia, Ada Harga 100 Jet Bro.

Harga jual bunga anggrek ada yang mencapai Rp 100 juta. Bunga anggrek termahal berikut ini ternyata berasal dari Indonesia. Intip yuk!

Bunga Anggrek Termahal

Bunga anggrek merupakan tanaman hias yang sangat terkenal. Anggrek hidup dengan cara epifit, yakni menempel pada tanaman lain.

Kecantikan bunga ini, terlihat mulai dari bagian kelopak hingga inti bunga. Tidak heran, jika banyak orang rela mengeluarkan sejumlah uang hanya untuk mengoleksinya.

Anggrek dan jenis-jenisnya di golongkan dalam suku anggrek-anggrekan, yang memiliki nama ilmiah Orchidaceae! Suku ini, menaungi banyak jenis anggrek yang tumbuh dan tersebar mulai dari wilayah tropis hingga sirkumpolar.

Meskipun demikian, sebagian besar jenis anggrek tumbuh subur di wilayah tropis seperti Indonesia.

Jenis Bunga Anggrek Termahal

Indonesia mengoleksi banyak jenis anggrek indah dan di hargai sangat mahal. Beberapa jenis, bahkan di kenal sebagai tanaman termahal di dunia. Anggrek apa saja itu? Simak selengkapnya!

1. Bunga Anggrek Hitam Papua Termahal.

Bunga Anggrek Hitam Papua Termahal.

Bunga eksotis asal Pulau Papua ini merupakan salah satu jenis bunga anggrek termahal di dunia. Anggrek hitam Papua di perjualbelikan dengan harga mencapai 100 juta rupiah.

Bunga ini, di hargai dengan nilai fantastis karena keunikan pada kelopaknya yang berwarna hitam pekat dan perpaduan ungu kekuningan di bagian inti bunga.

Anggrek ini masuk dalam kategori langka, karena lokasi tumbuhnya berada di pedalaman Papua yang di kenal merupakan hutan perawan dan sulit di jangkau. Anggrek hitam Papua, memiliki nama ilmiah Dendrobium atroviolaceum Rolfe.

2. Anggrek Hitam Kalimantan.

Anggrek Hitam Kalimantan Termahal

Bunga khas Pulau Kalimantan ini, masuk dalam daftar bunga anggrek termahal di dunia. Harga jualnya mencapai 20 juta rupiah. Anggrek dengan nama ilmiah Coelogyne pandurate ini di hargai tinggi, karena keberadaannya kian langka di alam dan sulit untuk di budidayakan.

Tanaman hias ini bersifat epifit, atau menempel pada tanaman lain tanpa merugikan tanaman tersebut. Warna anggrek ini tidak hitam secara menyeluruh.

Kelopaknya berwarna hijau, sedangkan inti bunga di hiasi percikan warna hitam. Perpaduan dua warna ini membuat anggrek hitam Kalimantan terlihat sangat eksotis.

Keindahannya bisa di katakan sempurna berkat ukuran diameter kelopak bunga yang mencapai 10 cm. Anggrek ini di tetapkan sebagai maskot atau ciri khas Provinsi Kalimantan Timur.

3. Anggrek Bulan.

Anggrek Bulan Termahal

Jenis bunga anggrek ini paling banyak di temukan di Indonesia. Memiliki nama ilmiah Phalaenopsis amabilis, anggrek bulan begitu di sukai orang karena warnanya yang sangat cantik.

Kelopaknya lebar berwarna putih di sempurnakan balutan warna kekuningan menghiasi inti bunga. Perpaduan warna ini membuat siapa saja yang melihatnya langsung jatuh cinta. Harga jual anggrek ini mencapai 445 ribu.

Anggrek bulan di temukan pertama kali di Pulau Maluku. Bunga ini hidup secara epifit dan bersifat monopodial. Sifat ini memungkinkan anggrek bulan bisa tumbuh tanpa banyak paparan sinar matahari. Saat mekar, anggrek ini menebar keharuman melalui kelopak bunganya. Diameter bunga bisa tumbuh hingga 10 cm.

4. Anggrek Ekor Tupai.

Anggrek Ekor Tupai Termahal

Tanaman anggrek ini memiliki bentuk unik menyerupai ekor tupai yang menjuntai ke bawah. Bunga cantik dengan nama ilmiah Rhynchostylis gigantea ini merupakan jenis anggrek asal Indonesia yang bernilai tinggi. Harga jualnya mencapai 250 ribu rupiah.

Saat mekar, bunga anggrek ini mengeluarkan aroma kuat yang sangat unik. Bau semerbaknya muncul saat malam hari. Habitatnya di temukan di Pulau Kalimantan.

Kelopak anggrek ekor tupai merupakan perpaduan warna putih dan ungu kemerahan. Bunga ini tumbuh subur di suhu hangat dengan panjang mencapai 60 cm.

Anggrek ekor tupai tidak terlalu sulit untuk di budidayakan. Tanaman ini menyukai lokasi tumbuh di tempat teduh dan minim paparan sinar matahari langsung.

5. Anggrek Sendok.

Anggrek Sendok Termurah

Anggrek dengan nama ilmiah Spathoglottis zurea ini termasuk dalam daftar anggrek asal Indonesia dengan harga jual yang mahal. Untuk mendapatkannya, sobat harus merogoh kocek hingga 150 ribu rupiah.

Tanaman ini di kenal paling cantik dan langka di dunia. Kecantikannya di temukan pada warna kelopak bunga yang di dominasi kuning cerah. Sementara itu, bagian inti bunga merupakan perpaduan corak putih dan merah.

Sebenarnya, tidak banyak informasi yang bisa menjelaskan mengapa bunga ini di namakan anggrek sendok, padahal kelopaknya lebih mirip bentuk bintang. Jumlah kelopaknya ada lima helai, dengan diameter cukup lebar.

Tidak mudah menemukan lokasi tumbuh anggrek jenis ini karena keberadaannya yang langka di alam. Akan tetapi, di wilayah Kalimantan Selatan, bunga ini terlihat tumbuh di Taman Hutan Raya Mandiangin Banjar yang merupakan wilayah pegunungan meratus.

Itulah lima jenis bunga anggrek termahal asal Indonesia. Sobat suka yang mana? Semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi sobat yang tertarik membeli anggrek sebagai koleksi atau berniat membudidayakannya di rumah.