Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengetahui Apa Itu Kawat Bronjong dan Fungsinya di Jaman Millenial

Apa itu kawat bronjong adalah merupakan salah satu komponen lapisan penguat atau bahan material pembangunan, baik bangunan rumah maupun infrastruktur jalan yang terkadang sangat di perlukan akan keberadaannya.

Kawat Bronjong dan Fungsinya

Sedangkan istilah kawat itu sendiri "tanpa ada emblem boronjongnya", juga merupakan sebuah bahan material yang biasa dan seringkali digunakan sebagai struktur tulang sebuah bangunan.

Materialnya sendiri, di buat dari campuran bahan logam atau besi kokoh yang bisa di bentuk sesuai dengan bentuk yang sobat inginkan. Selain itu ternyata kawat juga terdapat banyak macam jenisnya, salah satunya yaitu kawat bronjong yang sementara sedang kita bahas ini.

Kawat bronjong yang satu ini, di buat dari bahan campuran baja yang di anyam langsung dari pabriknya dengan bentuk segi enam! Ada juga, kawat bronjong yang di bentuk persegi empat.

Pemakaian kawat jenis ini, dulu sering di gunakan di pinggiran bendungan atau sungai dan terkadang juga di pakai di pinggiran jalan pada pembangunan infrastuktur, supaya bisa menahan longsor dan erosi atau pergeseran tanah.

Namun seiring berjalannya waktu dari bulan ke bulan - tahun ke tahun, kini kawat yang terbuat dari bahan baja ini telah mulai banyak di pakai oleh orang untuk di aplikasikan pada rumah-rumah sebagai komponen yang memiliki kegunaannya tersendiri.

Jika sobat ingin mengetahuinya lebih lanjut apa itu kawat bronjong dan fungsinya di jaman millenium ini ? Yuk mas bro, simak terus ulasannya hingga akhir.

Apa Itu Kawat Bronjong?

Pengertian kawat bronjong sudah di gambarkan pada awal-awal paragraf di atas, yakni: sebagai salah satu bahan material berupa anyaman yang di buat dari bahan baja dengan bentuk persegi enam atau persegi empat, pada setiap bulatan anyamannya.

Adapun, jenis kawat yang biasa di pakai untuk membuat gabion atau bronjong bronjong adalah kawat yang terbuat dari bahan baja yang sudah di lapisi galvanis.

Sedangkan, sifat dari lapisan galvanis itu sendiri yakni sebagai anti karat dan tahan terhadap air! Jadi, bahan kawat untuk bronjong ini sama halnya semacam Krom yang di campur dari serbuk baja galvanis!

Sehingga sering muncul sebuah pertanyaan, kenapa kawat bronjong ini seringkali di aplikasikan pada pinggiran bendungan, pegunungan, dan pinggiran sungai? Salah satu alasannya karena kawat beronjong ini bisa menahan longsor dan erosi (pergeseran) tanah.

Selain itu, ternyata kawat jenis ini pun bisa juga di buat dari bahan material PVC yang bisa sobat aplikasikan di rumah untuk tujuan meningkatkan nilai estestika desain, khususnya exterior rumah.

Sehingga tampilan exterior rumah menjadi lebih menarik jika dengan menggunakan kawat berbahan pvc yang lebih unggul, ketimbang kawat bronjong dari bahan baja galvanis.

Pasalnnya, selain kawat pvc mempunyai banyak macam warna yang bisa di pilih juga terdapat 2 lapisan eyechating untuk memperkokoh struktur yang di susun dan tak cuma itu, kawat dari bahan PVC juga bisa lebih tahan terhadap air, maka akan sangat cocok sekali di aplikasikan di outdoor ecterior rumah.

Kekurangan Kawat Bronjong

Kelemahan atau kekurangan dari kawat bronjong selain untuk material penguat juga sebagai material penambah nilai estestika exterior rumah, dapat sobat ketahui berikut ini:

1. Prosesnya Terbilang Sulit.

Sobat tak bisa secara sembarang atau asal-asalan dalam memasangankan kawat bronjong ini, oleh karena proses membuatnya terbilang sulit dan juga sangat rumit!

Apalagi proses pembuatannya di lakukan secara manual dengan menggunakan tangan to, mungkin akan menjadi semakin sulit dan lebih rumit lagi.

Pasalnya, proses pembuatannya kawat bronjong ini akan menjadi lebih mudah di bentuk dan di desain dengan menggunakan mesin serta tenaga kerja yang sudah ahli di bidang ini.

2. Harga Relatif Mahal

Kawat bronjong bisa di katakan, relatif lebih mahal harganya! Meskipun begitu, tentunya kualitas yang di dapat pun berimbang dengan harga yang di tawarkan! Adapun salah satu kualitas yang berimbang yang di maksud yakni dari segi bahan yang di buat dari olahan baja, dan olahan baja inilah yang membuat harga kawat bronjong tidaklah murah.

Keunggulan Kawat Bronjong

Selain kelemahan atau kekurangan di atas, tentunya kawat bronjong juga mempunyai kelebihan atau keunggulannya tersendiri, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Tidak Mudah Menyusut

Ketahanan kawat bronjong ini suudah terbukti sangat tangguh di bandingkan dengan kawat seng, dan ini artinya adalah kawat bronjong ini tidak akan mudah melar dan menyusut atau memuai dalam waktu yang sangat lama.

Jadi ini juga merupakan alasan lainnya, kenapa kawat bronjong ini juga sering di pakai sebagai lapisan untuk pagar rumah, yang material pagarnya di susun dari bahan material yang nilai estestikanya ingin sobat perlihatkan.

2. Tidak Mudah Karat

Selain itu keunggulan atau kelebihan kawat bronjong yang kedua adalah tidak akab mudah karat dalam waktu yang cukup lumayan lama, meskipun kawat terkena air asin maupun air tawar serta air hujan.

Maka kawat bronjong ini sangat bisa sekali dan di rasa cocok untuk dapat di aplikasikan atau di pasangkan di bagian luar (exterior) rumah, misalnya:

  • Sebagai pelapis pagar rumah yang pasagarnya tersusun dari bebatuan yang antik dan cantik dengan dibungkus oleh kawat bronjong tersebut.

3. Konfigurasi Kuat dan Kokoh

Sobat lihat saja pada gambar utama di atas, kawat bronjong tersebut terbentuk melalui anyaman yang sedikit rumit dengan menggunakan sebuah teknik lilitan ganda yang sangat detail!

Maka tentunya itu, sudah bisa di pastikan kawat bronjong bakal lebih kuat dan kokoh dalam hal konfigurasinya apabilan di bandingkan dengan kawat jenis lainnya.

Fungsi Kawat Bronjong Untuk Exterior Rumah

Asal mula kawat bronjong ini di pakai, yaitu : sebagai pelapis bagian luar pada bebatuan yang tersusun rapih hingga membentuk sebuah balok-balok bebatuan yang besar.

Bebatuan yang membentuk balok besar tersebut, sengaja di susun untuk dapat di jejerkan di sebuah daerah atau tempat yang seringkali di landa erosi dan longsor.

Akan tetapi, seperti yang sudah kita gambarkan pada uraian-uraian di atas, bahwasanya kawat bronjong ini pun sangat bisa sekali untuk sobat gunakan sebagai material konstruksi rumah atau sebagai komponen yang dapat menngkatkan nilai estetika desain exterior rumah.

Dan berikut di bawah inilah Fungsi Kawat Bronjong yang di aplikasikan pada area exterior rumah:

1. Kawat Bronjong Sebagai Kursi Santai

fungsi kawat bronjong  Kawat Bronjong Sebagai Kursi Santai

Kawat bronjong dapat sobat fungsikan sebagai kursi untuk bersantai, di pekarangan halaman rumah!

Sobat lihat saja pada gambar di atas, sungguh sangat terlihat elok, bukan?

Asalkan di desain dengan secara benar dan tepat, maka akan menjadi sebuah bentuk kursi yang sobat inginkan untuk bisa bersantai.

2. Kawat Bronjong Sebagai Tiang Meja Kayu

fungsi kawat bronjong  Kawat Bronjong Sebagai Tiang Meja Kayu

Lalu, kawat bronjong juga dapat sobat fungsikan sebagai pondasi atau tiang meja kayu supaya beban yang tampung bisa lebih kuat dan kokoh! Selain itu nilai estetika yang di perlihatkan dari pondasi kawat bronjong tersebut, pastinya dapat sekali terasa bagi yang melihatnya dan lebih terlihat bergaya dan sylist.

3. Kawat Bronjong Penghias Taman

fungsi kawat bronjong sebagai Penghias Taman

Tak hanya bisa di fungsikan sebagai kursi dan pondasi meja, kawat bronjong juga dapat berfungsi sebagai penghias tanam di pekarangan rumah sobat. Sobat lihat saja pada gambar di atas, terdapat cahaya warna biru! Itu adalah kawat bronjong yang berisi entah apa di dalamnya!

Namun malah menjadi terlihat menarik dan unik di malam hari, oleh karena di pasangi lampu led warna biru langit di sekeliling kawat bronjong tersebut.

4. Kawat Bronjong Pot Tanaman

fungsi kawat bronjong

Sangat bisa sekali kawat bronjong difungsikan sebagai pot atau tempat untuk menaruh tanaman pohon kelapa, seperti yang sobat lihat pada gambar diatas tersebut.

Mungkinkah sobat tidak tergoda untuk membuatnya sendiri di rumah, agar bisa mengganti pot yang sudah usang dan juga sudah membosankan?

Sobat lihat saja, desain potnya sungguh unik sekali loh ! Malah mungkin akan terasa lebih kuat dan kokoh, apabila di bandingkan dengan pot yang terbuat dari plastik, keramik, maupun tanah liat.

5. Kawat Bronjong Pagar Rumah

fungsi kawat bronjong

Yang ini mungkin nilai estetika desain exeterior rumahnya, akan lebih terlihat wuah dan wow! Coba, sobat lihat lagi gambarnya diatas dan itu artinya kawat bronjong ini bisa di fungsikan juga sebagai pelapis pagar rumah yang tersusun dari beragam macam jenis pecahan-pecahan bebatuan yang sudah dipilih. Sehingga kesan desain extreior rumah, bisa telihat lebih natural dengan kesannya seperti menyatu dengan alam di sekitar.

Demikian ulasan di kesempatan ini, yang membahas tentang apa itu kawat bronjong dan fungsinya untuk desain bangunan exterior rumah yang sudah sobat ketahui di atas.

Apakah ini dapat membantu ? Sekian dan terimakasih, telah berkunjung di situs ini sekaligus juga menyimak ulasan ini. Semoga ini bisa berguna serta bermanfaat bagi yang memmbutuhkan.