Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Tagihan (Bayar) Listrik Membengkak, Disetiap Bulannya.

Tagihan listrik membengkak alias selalu bayar mahal per tiap bulannya? Padahal, pemakaian listriknya biasa-biasa saja. Berikut ini 16 penyebab tagihan listrik membengkak yang merupakan hal kecil, namun selalu di sepelekan.
tagihan listrik membengkak, ini dia penyebabnya?
Ya, sobat boleh mengira pemakaian listriknya biasa-biasa saja. Akan tetapi mungkin saja ada yang tidak sobat sadari, yang dapat menyebabkan bayar listrik selalu tinggi di setiap bulannya.

Pasalnya, di setiap rumah selalu saja ada kebiasaan dari anggota keluarga yang dianggapnya sepele atau biasa-biasa saja, namun ternyata kebiasaan tersebut merupakan penyebab tagihan listrik membengkak.

Lantas, seperti apakah kebiasaan yang tampak sepele tersebut? Yuk, simak ulasan selengkapnya tentang penyebab tagihan listrik di rumah membengkak, berikut ini.

Penyebab Tagihan Listrik di Rumah Membengkak

1. Karena di rumah memakai Microwave dan Kompor Listrik

Penyebab bayar listrik mahal yang pertama, bisa jadi karena di rumah sobat menggunakan microwave dan kompor listrik sebagai alat untuk memasak?

Bila ya, maka penggunaan microwave dan kompor listrik itulah yang menjadi biang kerok tagihan listrik membengkak.

Pasalnya, daya listrik yang di konsumsi oleh microwave saja sudah mencapai 800 watt! Sementara untuk kompor listriknya sendiri, bisa mencapai 850 watt sampai 2.000 watt untuk pemakaian daya listriknya.

Jadi sudah sangat jelas, bahwa kedua alat elektonik untuk memasak tersebut bisa membuat tagihan listrik di rumah sobat jadi membengkak, bila terus menggunakannya.

So, saran kita buat sobat yang ingin menghindari tagihan listrik mahal dan membengkak, maka gunakan alat memasak yang sederhana saja guna bisa menghemat listrik di setiap bulannya.

2. Pasalnya, di Rumah memakai pompa air tanpa jadwal.

Menggunakan pompa air di rumah dengan secara sembarang alias memakai tanpa jadwal yang tetap, juga merupakan salah satu penyebab membengkaknya tagihan listrik di rumah di setiap bulannya.

Pasalnya, konsumsi daya listrik yang dibutuhkan untuk pompa air itu sekitar 100 watt sampai dengan 10.000 watt!

So, sobat atur jadwal pemakaian pompa air secara benar dan tepat misalnya di saat PDAM airnya keluar, jangan sobat nyalakan pompa airnya sampai persediaan air di bak penampung habis.

Jadi pada intinya bilamana di rumah bisa menghemat air, maka bisa juga menghemat biaya pengeluaran listrik!

Namun, bila memang terpaksa harus selalu menggunakan pompa air di rumah, maka gunakan jadwal untuk membuka pompa airnya agar biaya listrik yang mahal bisa ditekan.

3. Karena suhu AC di rumah selalu di bawah 22 Derajat Celcius

AC yang sobat atur suhunya saat di nyalakan, langsung berada di suhu 16 sampai 18 derajat celcius di waktu cuaca panas supaya ruangan bisa cepat dingin.

Padahal, dengan menyalakan AC langsung seperti itu adalah suatu hal yang harus di hindari!

Pasalnya saat AC di nyalakan di suhu yang kuran tepat, alhasil bisa membuat mesin AC bekerja dengan lebih keras! Dan inilah, yang mengakibatkan tagihan listrik menjadi mahal setiap bulannya.

Cobalah biasakan menyalakan AC di suhu 22 derajat celcius, agar AC dapar bekerja secara stabil!

Karena, angka tersebut yakni 22 derajat celcius adalah angka suhu ruangan yang berlaku di Indonesia! Sehingga, tidak akan menyebabkan tagihan listrik membengkak.

4. Mengurang pemakaian blender untuk menghaluskan bumbu dapur.

Pemakaian blender secara berlebihan untuk menghaluskan bumbu-bumbu dapur di saat memasak juga merupakan penyebab pembayaran listrik setiap bulannya, selalu mahal dan membengkak.

Untuk menghaluskan bumbu dapur dengan menggunakan blender, memang merupakan cara ampuh untuk mempercepat serta mempersingkat waktu memasak di dapur.

Akan tetapi, mungkin sobat tidak sadar bahwa hal tersebut bila dilakukan secara terus menerus setiap hari memasak! Maka, bisa di pastikan pemakaian blender secara berlebihan ini akan membuat tagihan listrik menjadi membengkak.

Karena daya listrik yang di butuhkan agar blender bisa bekerja maksimal, mencapai 250 watt sampai 450 watt! Daya sebesar itu, akan selalu di konsumsi oleh blender yang di pakai untuk mengahaluskan bumbu-bumbu di dapur.

Maka dari itu, cobalah untuk menghaluskan sebagian bumbu dapur dengan cara manual yakni dengan di tumbuk supaya bisa mengirit daya listrik.

Bila bisa mengirit daya listrik, tentunya tagihan listrik pun tidak akan mahal atau membengkak lagi.

5. Kurangi penggunaan pengering pakaian pada mesin cuci

Siapapun di saat mencuci pakaian dengan menggunakan mesin cuci, pastinya tidak akan terlepas dengan mesin pengering pakainnya dan ini sudah menjadi sebuah kebiasaan bagi setiap pemakainya.

Ya, mencuci pakaian dengan menggunakan tips memilih mesin cuci akan dapat memudahkan sekaligus meringankan beban kerja, terutama untuk ibu rumah tangga.

Dengan mesin cuci, pekerjaan cuci mencuci pakaian akan menjadi lebih cepat terselesaikan!

Bahkan bila di kalkulasikan secara terperinci, mencuci pakaian sendiri dengan memakai mesin pencuci ternyata jauh lebih hemat ketimbang menggunakan jasa cuci laundry.

Namun di saat menggunakan mesin cuci, ternyata ada hal sepele yang secara tidak sadar terus di lakukan yang nyatanya dapat menyebabkan tagihan listrik menjadi mahal.

Sekedar di ketahui, kebutuhan daya mesin cuci pakaian di saat bekerja rata-rata berkisar di antara angka 250 watt sampai 300 watt dan ini merupakan daya yang terbilang cukup besar.

Lalu ketika sobat hendak menggunakan mesin pengering pada mesin cuci, maka daya listrik akan bertambah menjadi jauh lebih besar ketimbang mesin pencucinya itu sendiri.

Entah sobat percaya atau tidak, bahwa mesin pengering pada mesin cuci ternyata memerlukan daya listrik 2 kali lipat lebih besar dari mesin cucinya.

Sehingga menjadi tak heran, tagihan listrik menjadi tinggi dan membengkak bila di rumah selalu menggunakan pengering mesin sebagai alat untuk mengeringkan pakaian dengan cepat.

Cobalah untuk mengurangi penggunaan mesin pengering pada mesin cuci, agar tagihan listrik bisa di tekan. Gunakan mesin pengering di waktu tertentu saja, semisal di saat cuaca mendung atau musim hujan.

6. Seringkali masukan makanan panas di dalam lemari es

Kebiasaan sepele seperti ini yakni sering memasukan makanan panas di dalam kulkas atau lemari es juga secara tidak sadar, dapat menyebabkan tagihan listrik membengkak di setiap bulannya.

Kenapa bisa begitu?

Karena, dengan memasukan makanan panas di dalam kulkas, dapat berpengaruh pada suhu kulkas! Dalam arti, mesin kulkas akan bekerja dengan sangat keras untuk menyesuaikan suhunya dengan makanan yang masih panas tersebut.

Jadi di saat minuman atau makanan yang masih panas masuk di deretan kulkas paling murah 1 pintu, maka suhu dalam lemari es akan melonjak dengan sangat signifikan.

Nah, di waktu mengalamai pelonjakan suhu inilah daya listrik di rumah secara otomotis akan di sedot tinggi pula yang membuat terjadinya pemborosan daya listrik.

Adapun makanan panas yang biasa langsung masukan dalam kulkas, contohnya ialah puding atau agar-agar dengan harapan tentunya supaya cepat mengental agar bisa segera di makan.

So, hindari kebiasaan seperti itu bila ingin tagihan listrik tidak melonjak! Kan bisa menunggu dingin dulu pudingnya, baru di masukan ke dalam kulkas.

7. Keseringan buka tutup kulkas

Kalo pada poin ke enam memasukan makanan panas pada kulkas, yang berikutnya ini adalah keseringan buka tutup kulkas juga dapat membuat tagihan listrik di bulan ini melonjak.

Buka tutup kulkas, umumnya sering di lakukan oleh anak-anak di rumah! Dan sebagai orang tua, harus selalu mengingatkan anak-anaknya agar tidak sering melakukan buka tutup kulkas.

Tak cuma anak-anak sih, terkadang orang dewasa juga sering tidak sadar melakukan buka tutup kulkas.

Sekedar sobat ketahui, untuk buka tutup kulkas itu membutuhkan daya listrik yang terbilang lumayan!

Contohnya saja, buka tutup kulkas 2 pintu saja bisa menkonsumsi daya listrik mencapai 100 watt sampai 120 watt! Sementara kulkas yang satu pintu, kebutuhan akan daya listrik untuk buka tutupnya itu bisa mencapai 50 watt sampai 80 watt.

Tak cuma buka tutup pintu kulkas saja sih, sebenarnya dengan membiarkan pintu kulkas terbuka lama pun, misalnya 15 detik! Maka, akan membutuhkan waktu selama 15 detik pula agar kulkas bisa kembali dingin.

Dan di saat proses pendinginan itulah, daya listrik akan kembali di sedot cukup tinggi. Sehingga, menyebabkan tagihan listrik di bulan depan akan melonjak.

Jadi buat sobat yang ingin menghemat daya listrik agar tidak terjadi pembayaran listrik yang mahal, maka hindari kebiasaan seperti ini, yakni keseringan buka tutup kulkas atau membiarkan pintu kulkas terbuka cukup laman sampai 15 detik.

8. Membiarkan tv menyala semalam suntuk

Membiarkan tv menyala hingga semalam suntuk, bisa jadi tidak sengaja atau kelupaan. Namun, bila keseringan lupa mematikan TV hingga berturut sampai 30 hari? Maka, bisa di pastikan tagihan listrik bulan depan akan membengkak.

So, hindari kebiasaan sepele seperti ini ya, supaya daya listrik bisa di hemat. Maka, tagihan listrik pun tidak akan mahal alis bisa di irit.

8. Suhu panas setrika terlampau tinggi

Bagi sobat yang sering merapihkan pakaiannya dengan cara di setrika, maka harus selalu memperhatikan suhu panas pada setrika yang di pakainya.

Pasalnya, suhu panas setrika yang terlampau tinggi dapat mempengaruhi konsumsi daya listrik yang besar pula! Bila daya listrik tersedot cukup banyak, maka pastinya akan mempengaruhi pembayaran listrik bulan ini akan mahal alias membengkak.

9. Mencolok dispenser full time

Sobat punya dispenser di rumah dan tak pernah di cabut itu colokannya, secara full time? Maka, kebiasaan sepele seperti ini juga akan mempengaruhi tagihan listrik di bulan depan akan membengkak.

Kok bisa? Ya, bisa dong.

Karena walaupun dingin panasnya air tidak sobat pakai, namun dengan dispenser yang tetap menyala akan tetap tersedot pula daya listriknya.

Adapun kebutuhan daya listrik untuk dispenser yakni beriksar antara, 80 watt sampai 450 watt besarnya.

So, sobat hindari kebiasaan seperti ini bila ingin berhemat tagihan listrik di rumah.

10. Menyalakan Rice Cooker terlalu lama

Ini juga, merupakan hal sepele yang perlu di perhatikan! Karena, dengan menyalakan Rice Cooker terlalu lama akan menyebabkan tagihan listrik untuk bulan berikutnya, melonjak.

Mengingat kebutuhan daya listrik pada rice cooker di saat memasak nasi, yakni sekitar 395 watt! Sementara di waktu menghangatkannya, bisa mencapai 77 watt daya listrik yang di butuhkannya.

Sehingga bisa terbayang, bagaimana pemborosan daya listrik terjadi bilamana rice cooker di suruh bekerja menghangatkan nasi secara terus menerus! Tentunya, tagihan listrik bulan depan akan melonjak, bukan?

Bila sobat sering melakulan kebiasaan seperti ini di rumah, maka jangan heran bila nanti bayar listriknya menjadi mahal.

So hindari penggunaan rice cooker terlalu lama, karena tanpa di sadari akan menyebabkan tagihan listrik membengkak.

11. Menyalakan lampu di waktu siang hari

Hari sudah siang kok masih menyalakan lampu downlight di dalam ruangan sih, matikan dong lampunya! Karena, ini juga merupakan salah satu penyebab tagihan listrik di akhir bulan selalu mahal bahkan melonjak.

So, hindari kebiasaan buruk seperti ini ya yakni jangan untukn mematikan lampu di saat hari sudah siang, supaya tagihan bulan depan tidak membengkak.

12. Membiarkan colokan listrik terpasang secara full time

Nah, ini juga merupakan kebiasaan tidak bagus seseorang dalam rumah yakni lupa mencabut colokan listrik yang terpasang seharian bahkan ada yang sampai berhari-hari atau full time.

Tanpa di sadari kebiasaan lupa mencabut colokan listrik, ternyata bisa menyebabkan tagihan listrik mahal di saat biaya pasang pln baru lagi murah.

Jadi, sobat hilangkan kebiasan seperti ini agar bisa menghemat tagihan listrik di rumah dengan mencabut semua colokan listrik perlukan dan gunakan colokan listrik saat di butuhkan saja.

Sehingga masalah tagihan listrik membengkak tiap bulannya, bisa dengan segera teratasi.

Itulah pembahasan kita kali ini, yakni tentang tagihan listrik yang membengkak dan di atas itulah beberapa penyebab bayar listrik selalu mahal di setiap bulannya.

Apakah ini bisa membantu ? Sekian dan terimakasih sudah berkunjung dan menyimak informasi tentang penyebab tagihan listrik yang membengkak ini. Semoga artikel ini, bisa bermanfaat.